justerjuster
TS
justerjuster
[Share] Pengalaman Trip Johor Bahru-KL naik kereta api
Ane mau sekedar sharing aja gan, perjalanan Johor Bahru-KL yang ane dengan istri lakukan dengan kereta api hari Rabu tanggal 23 Januari 2013 yang lalu, sebagai bagian dari 5 hari trip Sin-JB-KL tanggal 20-25 Jan 2013, yang FR nya sampe sekarang masih ane susun.

Sebelumnya ane udah sempet buka2 situs KTMB (KAI-nya Indonesia) sambil liat2 pilihan keretanya. Akhirnya ane mutusin mau ambil KA Ekspres Rakyat ke KL, berangkat jam 8.50 dari JB dan jadwal sampai KL Sentral jam 14.56. Liat di situsnya, harga karcisnya RM 33 seorang, lumayan gak terlalu mahal. Oyah, rute penuhnya Ekspres Siang ini Woodlands-Butterworth, jadwal sampai Butterworth jam 21.20 kalo nggak salah.
Sampe JB pada hari Selasa tanggal 21 siang dari Singapura, ane langsung ke stasiun JB Sentral buat beli karcis KA Ekspres Rakyat ke KL Sentral untuk besok paginya, berdua jadinya RM 66.
Oyah, malem itu ane nginep di Hotel Sentral, gak jauh dari stasiun, jalan kaki cuma 5 menitan. Hotelnya sendiri ane gak terlalu rekomendasiin, soalnya keliatan tua, sepi dan agak spooky, tapi kebetulan ane dapet kamar di lantai 17 yang viewnya bagus.

Esok paginya bangun dan ngepack untuk ngelanjutin perjalanan ke KL. Sebelum checkout ane dan istri sarapan dulu di restoran di lantai 4 hotel yang ada teras balkonnya. Dari teras itu ane sempetin foto2 ke arah stasiun.

Spoiler for JB Sentral 1:

Spoiler for JB Sentral 2:


Oyah, di teras itu ada bendera Malaysia, berdampingan dengan bendera Johor. Namanya lagi di Malaysia, di mana2 ya pasti ada bendera Malaysia, namun ada sesuatu yang bikin ane fotoin tu bendera.

Spoiler for Bendera Malaysia:


Habis sarapan, balik kamar terus kami checkout dan jalan ke stasiun. Struktur ruangan stasiun mirip sta Tanah Abang, jadi ruang tunggunya di atas. Sampai di sana sudah cukup banyak penumpang yang nunggu kereta. Ane liat jalan ke peron belum dibuka, karena penumpang harus tunggu pemberitahuan dulu baru boleh turun ke peron.

Spoiler for Ruang tunggu di stasiun JB Sentral:


Beberapa menit kemudian diumumkan kepada penumpang KA Ekspres Rakyat agar ke peron karena kereta sudah siap. Jadinya kami pun turun beriringan. Kebetulan ane di gerbong 4, seat nomor 7C dan 7D.

Seinget ane ketika dah sampe di seat masing2 masih ada beberapa menit (sekitar 10 menit) sebelum KA nya jalan. Kami naik ke atas KA cuma semenit sebelum jadwal KA berangkat 8.50, tapi keretanya baru berangkat jam 9. Rupanya budaya ngaret juga berlaku di negeri jiran ini ya...

Oh ya, rangkaian kereta luar kota KTMB sebetulnya ada 5 kelas, 3 kelas kereta tidur dan 2 kelas kereta biasa (coach car). Tapi untuk KA yang jalan siang, seperti yang ane naikin, kereta tidurnya nggak ada, cuma kereta duduk. Kelas yang ane beli, RM 33 rute JB-KL, merupakan kereta duduk kelas 2 (Air Conditioner Second Class=ASC), sedang yang kelas 1 AFC (Air-Conditioned First Class). Sebelumnya di situs KTMB ane liat perbedaan antara kedua kelas itu cuma yang AFC kursinya bisa diputar (plus AFC dapet makan) sedang ASC nggak, tapi harganya beda hampir 2x lipat, yang AFC rute JB-KL kalo gak salah RM 64 per orang. Makanya ane milih yang kelas 2 aja, sama2 ber AC juga.
Ane sebetulnya bingung apa bedanya kursi yang bisa diputer apa nggak, karena sama2 empuk (mirip kursi KA eksekutif disini). Pas naik barulah ane liat bedanya, rupanya yang ASC, setengah gerbong kursinya hadap depan, sedang setengah lagi hadap belakang! Dan apesnya lagi kursi ane termasuk kursi yang hadap belakang. Jadinya selama perjalanan JB-KL ane berasa jalan mundur.

Spoiler for Suasana gerbong yang ane naikin:


Gak jauh beda sama KA di Indonesia ya? Bedanya kalo di kita yang kayak gini kelas eksekutifnya (plus kursinya aja bisa diputer, kayak AFC), dan di Malaysia semua kereta ada AC nya, nggak ada KA yang nggak pake AC.

Pemandangan selepas JB Sentral standar aja. Kalo agan pernah naik KA Jogja-Jakarta atau Jogja-Bandung, kira2 mirip pemandangan antara Jogja-Kutoarjo. Gak jelek, tapi juga gak bagus. AC nya juga lumayan dingin, jadi ane gak terlalu merhatiin pemandangan lama2 juga, masih bagusan pemandangan jalur Bandung-Cikampek, enakan ngobrol sama istri terus tidur.

Habis JB Sentral stasiun berikutnya namanya Kempas Baru.Jarak JBS ke Kempas Baru ternyata lumayan jauh. Dari JB Sentral mungkin sekitar 20 kilometer atau lebih. Ini bukan pemberhentian berikutnya ya, ini bener2 stasiun berikutnya. Kalo di Indonesia jarak antar stasiun walaupun di luar kota mungkin cuma 5 km-an. Sebagai railfan dan pemerhati KA, buat ane cukup mengherankan juga. Kenapa begitu?
Nah sampe Kempas Baru ini itu KA berhenti. Ane longok stasiunnya, bener2 mirip kayak stasiun di Indonesia. Sepi, yang ada cuma pegawai stasiunnya beberapa orang. Dan sama sekali nggak ada orang jualan disitu, bahkan kios sekalipun.

Spoiler for Stasiun Kempas Baru selepas JB Sentral:


Di Kempas Baru kereta berhenti lumayan lama, mungkin sekitar 30 menit. Padahal dari sepinya suasana stasiun, jelas ini bukan stasiun tempat naik/turun penumpang. Apa mungkin silangan dengan KA di depannya, karena sepanjang jalur yang dilewatin cuma single track? Tapi rasanya di Indonesia pun gak lama2 banget nunggu bersilang.
Sekitar setengah jam berlalu, dari depan datang KA yang ke arah JB. Setelah itu baru KA ane jalan. Kalo gitu bener ini cuma bersilang? Ane ngebayangin, kalo single track sampe KL, dengan jarak stasiun yang sedemikian jauh, musti berapa kali lagi ni KA berhenti buat bersilang?

Habis stasiun Kempas Baru, pemandangan juga gitu2 aja, silih berganti antara kota, tanah kosong, dan pepohonan. Mending tidur aja, pikir ane.

Lanjut di bawah ya gan







Diubah oleh justerjuster 30-01-2013 09:51
tata604
tata604 memberi reputasi
1
102.2K
39
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
Mancanegara
icon
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.