alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50de66872c75b4ba6a00001b/share-askperlukah-software-pembersih-registry

(Share/ask)Perlukah software pembersih registry

Sekalipun termasuk awam untuk urusan komputer, tapi saya tidak nyaman dengan opsi atau saran tentang pembersih registri (registry cleaner). Ada yang memberikan saran untuk melakukan pembersihan registry secara rutin. Ada pula yang mengatakan apabila registry cleaner dan sejenisnya dapat membuat sistem operasi bekerja efisien dan lebih cepat. Bahkan ada yang mewajibkan pengguna komputer (user) untuk memiliki pembersih registry di komputernya. Benarkah demikian?

Awalnya, saya termasuk yang paling fanatik dengan utility seperti pembersih registry. Berbagai utility registry cleaner terbaik atau yang direkomendasikan terinstal di komputer. Sebut saja di antaranya seperti CCleaner, RegCleaner, dan RegCure. Ini masih belum ditambahkan lagi utility terpadu yang di dalamnya menyertakan pula pembersih registry. Saya selalu melakukan langkah pembersihan secara berkala dengan semua utility tadi.

Mengapa lebih dari satu?

Saya berpikir, masing-masing pembersih registry memiliki keunggulan dalam mendeteksi kerusakan registry. Jika diperhatikan, setiap pembersih registry selalu menampilkan angka pendeteksi kesalahan/kerusakan (error found) yang berbeda. Jadi saya di sini berpikir, jika akan lebih sempurna dengan menggunakan semua registry yang direkomendasikan/terbaik.

Apa yang terjadi?

Dalam setahun, saya pasti melakukan instalasi ulang Windows XP (SP2 dan SP3) sebanyak 3-4 kali. Sistem operasi bekerja semakin lambat di mana waktu untuk membuka aplikasi menjadi semakin lama dari sebelumnya. Padahal, tidak ditemukan adanya virus, spyware, dan sejenisnya. Waktu untuk booting juga semakin lama, semakin bertambah. Apalagi sewaktu menggunakan Windows XP SP3, waktu booting bisa mencapai lebih dari 2 menit.

Suatu ketika, saya menemukan artikel mengenai pembersih registry yang isinya cukup bertolak-belakang. Artikel yang ditulis oleh Leo (Ask Leo) dengan tegas mengatakan apabila pembersih registry terbaik adalah tidak pernah menggunakan pembersih registry. Ini sangat menarik karena si penulis punya alasan yang menurut saya cukup rasional. Semakin menarik jika melihat komentar-komentar yang bernada kontroversi dengan si penulis. Namun, si penulis terlihat tetap pada pendiriannya untuk tidak menggunakan pembersih registry.

Masuk akal?

saya memiliki pandangan yang didasarkan pada petunjuk dan rekomendasi dari Microsoft tentang produk Windows XP. Dalam hal ini, pihak Microsoft tidak pernah memberikan saran ataupun rekomendasi bagi pengguna Windows XP untuk melakukan pembersihan registry, hingga dikeluarkannya seri XP SP3. Jika pihak Microsoft menyarankan, maka akan dikeluarkan aplikasi terpisah atau disertakan dalam update terbaru. Ini berarti, pihak Microsoft mengklaim jika registry bukan permasalahan dalam sistem operasi Windows XP. Oleh karenanya, pihak Microsoft hingga kini tidak mengeluarkan aplikasi khusus.

Ada yang mengatakan jika registry bermasalah apabila sering melakukan install dan uninstall. Ada pula yang mengatakan apabila registry bisa mengalami kerusakan akibat virus dan sejenisnya. Dari semua ini, akan menyebabkan komputer menjadi cenderung lambat. Seringkali ditemukan kasus komputer menjadi ‘hang’ atau macet yang ditengarai akibat kerusakan registry. Oleh karenanya dibutuhkan aplikasi pembersih registry.

Sistem operasi Windows XP tidak akan bermasalah sekalipun dilakukan install dan uninstall. Registry yang tidak terpakai akibat adanya uninstall tidak absolut menyebabkan sistem operasi berjalan semakin lambat atau tidak efisien. Untuk kasus virus komputer yang merusak registry, jika benar didapati merusak registry, maka solusinya bukan dengan pembersih registry, akan tetapi dengan melakukan instalasi ulang. Jika registry rusak, maka sistem operasi Windows XP tidak akan bekerja dengan normal. Mengenai anjuran untuk melakukan pembersihan registry secara berkala juga tidak dianjurkan.

Memang benar jika setelah melakukan uninstall, akan ditemukan jejak-jejak registry yang tidak digunakan. Misalnya jejak registry untuk shortcut dan folder yang semula menjadi lokasi instalasi. Inilah yang kemudian disebut pula jejak registry kosong. Sekalipun demikian, tidak benar adanya anggapan apabila jejak registry kosong tadi berpengaruh absolut/signifikan membuat sistem operasi bekerja lebih lambat. Membersihkan registry dengan menggunakan utility registry cleaner justru jauh lebih beresiko ketimbang tidak menggunakan sama sekali.

Pembersihan registry sebenarnya hanya diperuntukkan bagi pengguna yang dianggap cukup mahir dalam menangani sistem operasi. Itu sebabnya, setiap utility pembersih registry selalu memberikan laporan terlebih dahulu kepada pengguna tentang isi registry hasil pemindaian (scan). Seringkali pengguna mengabaikan informasi-informasi di dalam laporan hasil pemindaian. Pengguna hanya menilai dari banyaknya error yang ditemukan, dan selanjutnya langsung melakukan pembersihan total. Padahal, terdapat kemungkinan baris registry yang dihapus memiliki link atau keterkaitan dengan registry pada sistem operasi maupun aplikasi lainnya.

Jika diperlukan untuk melakukan pembersihan registry, sebaiknya pembersihan dilakukan secara manual dengan menggunakan aplikasi registry editor. Cara ini pun bisa jadi sia-sia karena tidak absolut akan mendongkrak performa sistem operasi. Lebih aman jika tidak melakukan pembersihan apapun terhadap registry. Satu hal, jika saja registry Windows XP bermasalah, maka solusinya hanyalah melakukan instalasi ulang.

Saya tidak lagi pernah melakukan pembersihan registry sejak 3 bulan yang lalu. Itu adalah 3 bulan setelah dilakukan instalasi ulang sistem Windows XP SP3. Selama waktu itu pula, cukup banyak kegiatan untuk install maupun uninstall. Alhamdulillah, sejauh ini komputer berjalan masih normal. Saya tidak mendapati lagi aplikasi yang dibuka semakin lama atau waktu booting yang semakin bertambah secara signifikan, seperti kejadian sebelumnya. Saya juga perhatikan pengguna-pengguna yang sama sekali tidak memahami dan menggunakan pembersih registry justru didapatkan komputernya tidak bermasalah.


maaf klo emoticon-Blue Repost dan jgn juga di kasihemoticon-Blue Guy Bata (L)
ane soalnya capeknulisnya ganemoticon-Big Grin
harusnya masuk taman bacaan nih
XP aja ngga perlu apalagi Windows 8 dengan booting dibawah 10 detik tambah ngga perlu juga pembersih registry emoticon-Stick Out Tongue
saya masih pake gan pembersih registry, peace of mind aja kali ya, tapi saya masih ngandalin CCleaner
ane dulu juga suka pake progie yang begituan, sekali scan bsa ratusan bahkan ribuan registry yang katanya error
setelah dibersihkan windows ane malah banyak errornya emoticon-Hammer
sekarang cuman pake ccleaner itupun cuman buat bersihin junk file/temp file, jarang pake registry tweakernya
kalau ane pakai Tune Up gan, ane percaya dengan clean registry bisa menmpercepat PC, TAPI...............
ingeet, klo mnrutu ane tinggal bagaimana kita plih2 software yang bagus gan, klo ane sendiri buat masalah Tweak2an windows, software HARUS dapet lisensi MICROSOFT PARTNER, biasanya ada logo giniannya di website tuh software :
Lihat Disini
misal : Tune up utilities, emoticon-Big Grin dan software lain yang masuk dlam kategori TopTenReview.com atau tempat review yang ternama lainnya. emoticon-Kiss (S) software kaya gitu, ibaratnya udah bener2 tahu batasan tweak yang PAS tanpa berlebihan, misal gan, pernah ane scan sama CCleaner, sampe ratusan Registry kedeteksi, trus sma Tune Up cuma 50an, nah, ane tetep deh lbih prcaya Tune up, soalnya masa tu lapto baru aja beberapa minggu udah ribuan ? emoticon-Cape d... (S) jadi tinggal bagaimana kita milih software yang PAS gan, itu versi berbayar, kalau versi yang FREE ane recommended WISE REGISTRY CLEANER, ane bandingin hasil scan hmpir sama dengan Tune - up emoticon-Malu (S)
engak banged deh
emoticon-Embarrassment

yg lebih penting software pemersih .3gp emoticon-Embarrassment
info ini cukup baik ubtuk disimak ... terlebih setelah terbentuk opini bahwa "system regitry" harus selalu/secara rutin dibersihkan
Makasih Gan ... lanjut
sama gan ane juga kagak pake dh setahun,win ane baik'' aja
emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By eiduy
XP aja ngga perlu apalagi Windows 8 dengan booting dibawah 10 detik tambah ngga perlu juga pembersih registry emoticon-Stick Out Tongue

Betul banget gan, ane kalo pake registry cleaner windows 8 nya jadi berat banget.

Nice Inpoh gan...

WOOHHH....emoticon-Matabelo
Begono ta.....emoticon-Matabelo
Pantesan ane jg dulu pernah ngalamin hal yg sama waktu ane msh make XP.
Tp klo ane inget2 pas make si Sepen si ya sama jg si....emoticon-Bingung (S)
Palingan ane make CCleaner cuma buat uninstall, atur start-up sama ngebuangin sampah alias junk file doank tuh....emoticon-Malu (S)
kalo buat tune-up ane msh megang buatannya AVG gan...emoticon-Malu (S)

bener2 nice inpoh deh...emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By vidyan
harusnya masuk taman bacaan nih


Quote:Original Posted By cerahati
saya masih pake gan pembersih registry, peace of mind aja kali ya, tapi saya masih ngandalin CCleaner


Sory gan klo salah kamar....


klo ccleaner emang bagus gan tapi yg buat registry jgn di run
Quote:Original Posted By Holykids
WOOHHH....emoticon-Matabelo
Begono ta.....emoticon-Matabelo
Pantesan ane jg dulu pernah ngalamin hal yg sama waktu ane msh make XP.
Tp klo ane inget2 pas make si Sepen si ya sama jg si....emoticon-Bingung (S)
Palingan ane make CCleaner cuma buat uninstall, atur start-up sama ngebuangin sampah alias junk file doank tuh....emoticon-Malu (S)
kalo buat tune-up ane msh megang buatannya AVG gan...emoticon-Malu (S)

bener2 nice inpoh deh...emoticon-I Love Indonesia (S)


thx gan..
ya perlu menurut ane, kalo ente uninstal software suka masih ada registry yang nemplok di kompi emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak panjang kali....
gini aja Gan. pake 1 aja dan bersihin maksimal 1x2minggu.
Untuk registry ane jarang banget ngebersihin,palingan ane make ccleaner untuk pembersihan cache,junk file dll..
buat ane cuma registry tweaker + ccleaner + your uninstaller = emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By rickorockers
emoticon-Ngakak panjang kali....
gini aja Gan. pake 1 aja dan bersihin maksimal 1x2minggu.


biarin biar Reputasi ane naek Ganemoticon-I Love Kaskus (S)
Tidak perlu sebab tidak menawarkan dampak yang sesignifikan dengan yang diberikan oleh defragmentasi. Malah ada beberapa pembersih registri yang pemindaiannya terlampau agresif sehingga bisa-bisa nilai dan untai registri yang sebenarnya penting akhirnya ikut terhapus.

Kalaupun hendak menggunakan pembersih registri, saya anjurkan agar memilih yang relatif aman, contohnya CCleaner atau Glarysoft Registry Cleaner. Serta jangan lupa untuk membuat System Restore terlebih dahulu supaya sistem dapat disimpan ulang andai kata terjadi masalah seusai membersihkan registri.
baru tau nih ane malahan emoticon-Ngakak (S)
tp win 7 ane slama ini uda lebih 2taun slalu pake ccleaner ga pernah ada eror & makin lambat ini kompi emoticon-Bingung (S)
ttp aja sgini gini aja booting,performance nya juga stabil" aja gan emoticon-Bingung (S)