News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1022
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50bad9c66012435804000003/ipa-dan-ips-dihapus-di-kurikulum
:hn Berita terbaru tentang dunia pendidikan :hn VIVAnews – Kurikulum 2013 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengurangi mata pelajaran di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Mata pelajaran SD yang sebelumnya ada 10 dipadatkan menjadi 6, sedangkan mata pelajaran SMP yang sebelumnya berjumlah 12 diringkas menjadi 10. Enam mata pelajaran yang diajarkan di S
Lapor Hansip
02-12-2012 11:32

IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum

emoticon-Hot NewsBerita terbaru tentang dunia pendidikan emoticon-Hot News


no repsol


SUMBER
BONUS
Diubah oleh deni12
0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 52
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:35
PERTAMAX buat TS aja emoticon-Ngakak
HT PERDANA DI TRID PERTA.MA ANE GAN emoticon-Selamat
Buat yang udah ISO diharap kan emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya ya gan atau cukup emoticon-Rate 5 Star
HT

IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
maksih buat yang dah ngasih reputasi walau cuma abu gosok emoticon-2 Jempol
Buat yang ngasih cendol ane amin in DOA nya emoticon-Cool
Diubah oleh deni12
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:37
Quote:Original Posted By batu.merah
mentri yang sekarang luar biasa..

1. 2009 AKTA 4 dihapus, banyak mahasiswa sedang kuliah tau2 perkuliahannya dihentikan dan ada beberapa kampus tidak mengembalikan uang kuliahnya.

2. sekarang IPA, IPS dihapus dan digabung, yang ane tau kalo IPA itu diluar negeri bukan cuma teori tapi praktek dan lihat alamnya, biar si anak ga jenuh dan sambil belajar, disini malah digabung emoticon-Ngakak

3. bahasa inggris dihapus di SD, kalo menurut para guru bahasa inggris cukup dikelas besar dan itu pun dasarnya saja.

4. nyusul aturan terbaru IT dihapus dan mau diganti prakarya.

emoticon-No Hope

ganti mentri ganti peraturan, arahnya ga jelas, dan siswa & guru yang akan jadi kelinci percobaan sistem yang dibuat.

nilai stadar dan kelulusan cuma jadi hal utama di negara ini, seharusnya berpatokan sama finlandia pendidikan No.1 didunia.



justru yang sekarang ini mulai meniru sistem pendidikan di finlandia, gan. kaga terlalu banyak pelajaran. makanya dihapusin yang kaga perlu.

apa perlu anak sd sekarang sudah diajarin bahasa inggris? lah, bahasa indonesia aja mereka belum bisa?

ngaku ente bisa bahasa indonesia? ane tanya, apa itu metafora dalam bahasa indonesia. contohnya apa? kalau kata yang diambil dari bunyi-bunyian itu apa namanya, kayak jeger, kukuruk, mengeong, menggonggong, mengembik, dll? tolong jawab spontan, jangan search di google.

kalo ente kesulitan jawab pertanyaan ane, itu tandanya ente belum paham benar bahasa indonesia. itu ente, apalagi anak kelas 1 sd.

ane pernah nonton film dokumenter tentang pendidikan di finlandia. filmnya bikinan orang amerika (niru-niru michael moore gitu). di sana anak sd kaga diajarin bahasa inggris, kok. mereka pake bahasa finland di sekolah.

soal praktik, ente benar. seharusnya siswa sd kaga perlu diajarin air itu co2, mengalir ke tempat yang lebih rendah, mengikuti bentuk tempat, membeku di suhu 0 derajat c, dan mendidih di suhu 100 derajat c. KAGA PERLU ITU SEMUA!

tapi suruh anak-anak itu bikin agar dengan wadah yang bermacam-macam. suruh mereka merebus air hingga mendidih. suruh mereka bikin es di kulkas. itu semua praktik tentang air.

dari praktik itu, suruh mereka presentasi di depan kelas. suruh mereka cerita tentang sifat-sifat air. itu cara belajar ipa yang bener. itu yang diterapkan di sd-sd di amerika serikat (bukan finlandia).

ips juga kaga perlu diajarin kalo lembaga tertinggi negara itu mpr. kaga perlu itu. emang tamat sd mereka akan langsung jadi pamong praja, jadi camat, jadi lurah, jadi hansip, jadi politikus? kan engga? jadi ajarkan aja budi pekerti, sopan santun ketimuran (yang sekarang sudah nyaris punah), akhlak mulia, dll.

it diajarkan di sd?!?! wtf!!! apa mereka mau belajar boolean, variabel, operasi aritmatika, fungsi, rutin, enkripsi, dll?!?

belom perlu gan. lagian kaga ada tamatan sd (usia 12-13 tahun) yang langsung kerja jadi admin server di indonesia. rata-rata tamatan s1 (ada juga yang sma, tapi jumlahnya sedikit).

sudah betul mereka diajarkan prakarya. jangan anggap enteng prakarya. hampir semua pekerjaan kelak mereka dewasa berhubungan dengan prakarya.

kemaren ane barusan bayar tukang ledeng buat benerin saluran air pam di rumah ane. ane baru ngeh kalo pekerjaannya nyari 100% sama dengan prakarya waktu di sd dulu. gimana bikin belokan pipa, nyambung pipa, dll. sambil bercanda ane bilang sama tukang ledeng, "kayak prakarya zaman sd dulu ya, pak?" emoticon-Big Grin

ane bersyukur dengan kebijakan baru dari mendikbud ini. soalnya ane udah bertekad buat kaga nyekolahin anak ane di sd konvensional karena kurikulumnya bikin mereka kesurupan massal waktu smp dan sma (baca tulisan dr. rhenald kasali di sindo tentang ini -red), tapi sekarang hati ane melunak. taon depan anak sulung ane bakalan ane masukin ke sd negeri. dengan satu syarat: mapelnya jangan banyak-banyak. anak ane bukan robot!
Diubah oleh imansyah
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:40
Ane kira matematika digabung ma bhs indo,jadinya b4h454 ind0n3s14
emoticon-Ngakak
Diubah oleh FlameLoki
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:42
Quote:Original Posted By FlameLoki
Ane kira matematika digabung ma bhs indo,jadinya b4h454 ind0n3s14
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum


makin bahaya gan emoticon-Takut
makin banyak generasi para 4L4Y di indonesia ini emoticon-Ngakak
Diubah oleh deni12
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:42
mentri yang sekarang luar biasa..

1. 2009 AKTA 4 dihapus, banyak mahasiswa sedang kuliah tau2 perkuliahannya dihentikan dan ada beberapa kampus tidak mengembalikan uang kuliahnya.

2. sekarang IPA, IPS dihapus dan digabung, yang ane tau kalo IPA itu diluar negeri bukan cuma teori tapi praktek dan lihat alamnya, biar si anak ga jenuh dan sambil belajar, disini malah digabung emoticon-Ngakak

3. bahasa inggris dihapus di SD, kalo menurut para guru bahasa inggris cukup dikelas besar dan itu pun dasarnya saja.

4. nyusul aturan terbaru IT dihapus dan mau diganti prakarya.

emoticon-No Hope

ganti mentri ganti peraturan, arahnya ga jelas, dan siswa & guru yang akan jadi kelinci percobaan sistem yang dibuat.

nilai stadar dan kelulusan cuma jadi hal utama di negara ini, seharusnya berpatokan sama finlandia pendidikan No.1 didunia.

Diubah oleh batu.merah
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:44
Quote:Original Posted By batu.merah
mentri yang sekarang luar biasa..

1. 2009 AKTA 4 dihapus, banyak mahasiswa sedang kuliah tau2 perkuliahannya dihentikan dan ada beberapa kampus tidak mengembalikan uang kuliahnya.

2. sekarang IPA, IPS, & bahasa inggris dihapus

3. nyusul aturan terbaru IT dihapus dan mau diganti prakarya.

IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum

ganti mentri ganti peraturan, arahnya ga jelas, dan siswa & guru yang akan jadi kelinci percobaan sistem yang dibuat.

nilai stadar dan kelulusan cuma jadi hal utama di negara ini, seharusnya berpatokan sama finlandia pendidikan No.1 didunia.

setau ane prakarya itu SENI BUADAYA kan gan emoticon-Hammer2
kok nyambung ke IT yak emoticon-Ngakak
Diubah oleh deni12
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:45
Quote:Original Posted By imansyah
bukan dihapus, gan. tapi disatukan jadi mapel baru, namanya ipu.


ntar buku panduannya buku RPUL ya gan...
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:47
Quote:Original Posted By deni12


makin bahaya gan emoticon-Takut
makin banyak generasi para 4L4Y di indonesia ini emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ia gan makin banyak alaykers bertebaran
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:51
benar dan tidaknya berita ini. ane kurang setuju klo ipa dan ips dihapus...

justru yg seharusnya di hapus itu adalah agama dan budi pekerti coz itu bisa diajarkan di rumah oleh ortu masing2 siswa

dari yg pernah ane baca y di jepang sono pelajaran kimia bahkan dah di dapet dari kelas 2 sd. sedang di negara kita baru dapet setelah masuk smp jaman ane malahan setelah masuk sma baru dapet kimia
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:55
Quote:Original Posted By deni12

setau ane prakarya itu SENI BUADAYA kan gan emoticon-Hammer2
kok nyambung ke IT yak emoticon-Ngakak


liat tahun ajaran baru 2013, entah jadi apaan tu pelajaran IT.

diluar negeri IT udah dari SD diajarin.

ada pepatah untuk menguasai dunia diperlukan 2 hal kuasai teknologi & informasi dan ekonominya,perlu bukti ? emoticon-Big Grin liat aja negara ini.

Quote:Original Posted By imansyah


justru yang sekarang ini mulai meniru sistem pendidikan di finlandia, gan. kaga terlalu banyak pelajaran. makanya dihapusin yang kaga perlu.

apa perlu anak sd sekarang sudah diajarin bahasa inggris? lah, bahasa indonesia aja mereka belum bisa?

ngaku ente bisa bahasa indonesia? ane tanya, apa itu metafora dalam bahasa indonesia. contohnya apa? kalau kata yang diambil dari bunyi-bunyian itu apa namanya, kayak jeger, kukuruk, mengeong, menggonggong, mengembik, dll? tolong jawab spontan, jangan search di google.

kalo ente kesulitan jawab pertanyaan ane, itu tandanya ente belum paham benar bahasa indonesia. itu ente, apalagi anak kelas 1 sd.

ane pernah nonton film dokumenter tentang pendidikan di finlandia. filmnya bikinan orang amerika (niru-niru michael moore gitu). di sana anak sd kaga diajarin bahasa inggris, kok. mereka pake bahasa finland di sekolah.

soal praktik, ente benar. seharusnya siswa sd kaga perlu diajarin air itu co2, mengalir ke tempat yang lebih rendah, mengikuti bentuk tempat, membeku di suhu 0 derajat c, dan mendidih di suhu 100 derajat c. KAGA PERLU ITU SEMUA!

tapi suruh anak-anak itu bikin agar dengan wadah yang bermacam-macam. suruh mereka merebus air hingga mendidih. suruh mereka bikin es di kulkas. itu semua praktik tentang air.

dari praktik itu, suruh mereka presentasi di depan kelas. suruh mereka cerita tentang sifat-sifat air. itu cara belajar ipa yang bener. itu yang diterapkan di sd-sd di amerika serikat (bukan finlandia).

ips juga kaga perlu diajarin kalo lembaga tertinggi negara itu mpr. kaga perlu itu. emang tamat sd mereka akan langsung jadi pamong praja, jadi camat, jadi lurah, jadi hansip, jadi politikus? kan engga? jadi ajarkan aja budi pekerti, sopan santun ketimuran (yang sekarang sudah nyaris punah), akhlak mulia, dll.

it diajarkan di sd?!?! wtf!!! apa mereka mau belajar boolean, variabel, operasi aritmatika, fungsi, rutin, enkripsi, dll?!?

belom perlu gan. lagian kaga ada tamatan sd (usia 12-13 tahun) yang langsung kerja jadi admin server di indonesia. rata-rata tamatan s1 (ada juga yang sma, tapi jumlahnya sedikit).

sudah betul mereka diajarkan prakarya. jangan anggap enteng prakarya. hampir semua pekerjaan kelak mereka dewasa berhubungan dengan prakarya.

kemaren ane barusan bayar tukang ledeng buat benerin saluran air pam di rumah ane. ane baru ngeh kalo pekerjaannya nyari 100% sama dengan prakarya waktu di sd dulu. gimana bikin belokan pipa, nyambung pipa, dll. sambil bercanda ane bilang sama tukang ledeng, "kayak prakarya zaman sd dulu ya, pak?" emoticon-Big Grin

ane bersyukur dengan kebijakan baru dari mendikbud ini. soalnya ane udah bertekad buat kaga nyekolahin anak ane di sd konvensional karena kurikulumnya bikin mereka kesurupan massal waktu smp dan sma (baca tulisan dr. rhenald kasali di sindo tentang ini -red), tapi sekarang hati ane melunak. taon depan anak sulung ane bakalan ane masukin ke sd negeri. dengan satu syarat: mapelnya jangan banyak-banyak. anak ane bukan robot!


ane jawab yang ane anggap penting saja.

ane khan udah bilang, pilah2 materinya sesuai tingkatan tuk semua pelajaran dari SD, SMP dan SMA / SMK.

yang ane saranin tuk dikurangi seharusnya jam belajar, waktu bermain anak sekarang kurang lho apalagi smp dan sma banyak mereka ngeluh stress, kalo liburan PR seabreg-abreg apalagi yang kelas 3

soal boolean, variabel, operasi aritmatika, fungsi, rutin, enkripsi, ngaco aja ente, ane udah pilah-pilah pelajaran IT yang cocok buat mereka, gimana biar mereka seneng dan bisa nangkep pelajaran ane tanpa perlu ngafalin, ane guru khusus IT bukan guru kelas namun jika ada siswa bertanya diluar bidang ya ane jawab sebisa ane.

prakarya ? tolong lingkupnya ? prakarya itu luas, idealnya prakarya itu bagian seni rupa / kesenian, prakarya IT cocoknya di, SMA / SMK.

ane cuma tuliskan curhatan, guru, siswa dan ortu lain disini, jadi ini hasil survey ane selama ngajar bukan keinginan pribadi semata.

kalo keinginan pribadi ane guru honor tolong diperhatikan, guru honorer digaji rp.150rb/bulan,

dan guru yang ditempat terpencil kasih fasilitas dan gaji yang lebih besar dari guru yang di kota.

satu hal lagi, ganti pelajaran = ganti buku = proyek baru

done...

Diubah oleh batu.merah
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:56
Quote:Original Posted By phantomile
benar dan tidaknya berita ini. ane kurang setuju klo ipa dan ips dihapus...

justru yg seharusnya di hapus itu adalah agama dan budi pekerti coz itu bisa diajarkan di rumah oleh ortu masing2 siswa

dari yg pernah ane baca y di jepang sono pelajaran kimia bahkan dah di dapet dari kelas 2 sd. sedang di negara kita baru dapet setelah masuk smp jaman ane malahan setelah masuk sma baru dapet kimia


kalo pelajaran agama cuma di dapet di rumah malah tambah rumit gan emoticon-Cool
bayangin aja gak semua orang tua ngerti tentang agama
terus udah di kasih di sekolah aja masih banyak yang gak bener emoticon-No Hope apalagi cuma di rumah gan emoticon-Mewek
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 11:58
Quote:Original Posted By batu.merah
liat tahun ajaran baru 2013, entah jadi apaan tu pelajaran IT.

diluar negeri IT udah dari SD diajarin.

ada pepatah untuk menguasai dunia diperlukan 2 hal kuasai teknologi & informasi dan ekonominya, perlu bukti ? IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum liat aja negara ini.

betul gan emoticon-Cool
negara laen pake NUKLIR kita cuma bisa pake DUKUN emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Diubah oleh deni12
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:02
pelajaran P4 kok ngga diadain lagi ya? biar persatuan Indonesia lebih mantap ngga pada main hakim sendiri2 emoticon-I Love Indonesia (S)

orang luar aja mengakui Pancasila bagus kok bangsa sendiri malah kurang respek, entr kalo diambil bangsa lain baru deh .......
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:02
kasian para siswa di indonesia, harus adapatasi mulu dgn kebijakan mentri yang selalu berubah2
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:04
buset IT diapus jd prakarya???
kok rada ga nyambung ya.. emoticon-Ngakak
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:06
Quote:Original Posted By phantomile
benar dan tidaknya berita ini. ane kurang setuju klo ipa dan ips dihapus...

justru yg seharusnya di hapus itu adalah agama dan budi pekerti coz itu bisa diajarkan di rumah oleh ortu masing2 siswa

dari yg pernah ane baca y di jepang sono pelajaran kimia bahkan dah di dapet dari kelas 2 sd. sedang di negara kita baru dapet setelah masuk smp jaman ane malahan setelah masuk sma baru dapet kimia


ane ga setuju agama dihapus seharusnya menjadi agama dan budi pekerti.

0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:21
Quote:Original Posted By phantomile
benar dan tidaknya berita ini. ane kurang setuju klo ipa dan ips dihapus...

justru yg seharusnya di hapus itu adalah agama dan budi pekerti coz itu bisa diajarkan di rumah oleh ortu masing2 siswa

dari yg pernah ane baca y di jepang sono pelajaran kimia bahkan dah di dapet dari kelas 2 sd. sedang di negara kita baru dapet setelah masuk smp jaman ane malahan setelah masuk sma baru dapet kimia


biarin gan yang penting sering juara olimpiade
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:23
jangan2 ini perbuatan dari ef pe i dan antek2 zionis! emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-Bingung (S)
weleh2 ada2 aja , kalo ipa ips digabung terus b.ing sama tik diilangin kenapa gak sekalian aja ppkn sama prakarya dimasukin ke UN?? ga ngerti sama kebijakannya , untung ane udah SMA , malah ane jadi kasian sama adek2 ane kalo emang beneran kurikulum diganti.... , hm.. ane gak bisa ngejudge begitu aja sih , tapi emang liat aja nanti hasilnya..

emoticon-Belomatabelo
CMIIW
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:24
tai lah emoticon-Tai:
ganti menteri ganti kebijakan emoticon-fuck3
0 0
0
IPA dan IPS Dihapus di Kurikulum
02-12-2012 12:35
bingung ni
apa ini yg dimaksud dg pembodohan sejak usia dini ?
emoticon-Ngakak












galau tingkat tinggi
tahun depan anak satu2nya baru masuk SD
emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 1 dari 52
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia