Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016571123/bahasa-inggris-bukan-bangga-tapi-butuh
Seperti yang kita ketahui, bahasa merupakan alat transfer informasi dari satu mahluk ke mahluk lain. Di planet yang memiliki jumlah penduduk hingga lebih dari 7 milyar ini pun jumlah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi juga begitu banyak, ratusan dan bahkan ribuan jumlahnya. Banyak bahasa yang digunakan oleh hanya sedikit orang. Umumnya bahasa-bahasa ini adalah bahasa daerah atau bahasa suat
Lapor Hansip
22-09-2012 14:23

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
Seperti yang kita ketahui, bahasa merupakan alat transfer informasi dari satu mahluk ke mahluk lain. Di planet yang memiliki jumlah penduduk hingga lebih dari 7 milyar ini pun jumlah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi juga begitu banyak, ratusan dan bahkan ribuan jumlahnya. Banyak bahasa yang digunakan oleh hanya sedikit orang. Umumnya bahasa-bahasa ini adalah bahasa daerah atau bahasa suatu suku tertentu yang jumlah penduduknya tidak terlalu banyak. Namun beberapa bahasa lain, dipakai secara luas oleh begitu banyak manusia di muka bumi ini. Penyebabnya ada beberapa, salah satunya yaitu aktifnya penduduk asli yang memiliki bahasa tersebut dalam mengembangkan dan menyebarkan bahasa yang mereka miliki. Perkembangan suatu bahasa pun juga linear dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta ekonomi suatu bangsa pemilik bahasa.


Memang susah jika kita ingin belajar sesuatu dari orang atau bangsa lain, namun kita tidak mengerti bahasa yang mereka pakai. Perbedaan bahasa ini pun banyak menjadi hambatan dalam pemerataan penguasaan IPTEK serta pengembangan ekonomi. Namun hal ini tentu saja bukanlah faktor utamanya. Etos kerja dan semangat dari suatu bangsa untuk maju adalah faktor utama untuk mencapai kejayaan. Walaupun begitu, dengan adanya kesamaan bahasa yang di pakai, tentu saja sangat membantu dalam proses kemajuan suatu bangsa tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkanlah sebuah bahasa universal, yang dimengerti oleh seluruh masyarakat dunia.


Bahasa inggris saat ini menjadi sebuah bahasa universal yang seakan-akan wajib di kuasai oleh setiap individu. Banyak orang tua, berlomba-lomba mengkursuskan anaknya di tempat kursus bahasa inggris. Tidak salah memang, karena saat ini begitu banyak informasi yang bisa menunjang belajar anak-anak mereka disekolah, menggunakan bahasa inggris. Kebutuhan yang mendesak terhadap bahasa inggris mungkin saja belum terlalu dirasakan pada jenjang pendidikan SD hingga SMA. Namun, begitu mereka memasuki bangku kuliah, bahasa inggris bisa menjadi merupakan bahasa sehari-hari. Apapun jurusan mereka.


Ketika seseorang menjadi mahasiswa, yang menjadi “makanan” sehari-hari adalah buku dan tugas-tugas dosen. Disetiap mata kuliah, umumnya seorang mahasiswa diwajibkan mempelajari 1 hingga 2 textbook kuliah. Dan kalau dalam 1 semester ada sekitar 6-9 mata kuliah, berapa banyak buku yang harus mereka baca? Apalagi saat ini harga-harga textbook yang hampir seluruhnya berisi ratusan halaman, sangatlah mahal. Salah satu solusinya mungkin adalah meminjam buku di perpustakaan. Namun faktanya, buku-buku yang memenuhi perpustakaan kampus adalah buku-buku lama yang suadah tiak lagi relevan untuk dipergunakan. Banyak textbook yang berusia lebih dari 10 tahun, bahkan tak sedikit diantaranya yang dicetak sebelum tahun 80-an.
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

Ironis memang, namun, buku-buku yang mahal inibisa kita dapatkan filenya secara gratis dari internet. Buku seharga ratusan US dollar bisa kita unduh dengan gratis. Namun, sebagian besar buku-buku ini berbahasa inggris. Dan tentu saja melanggar hak cipta. Namun, tak ingin munafik, banyak mahasiswa yang tidak memperdulikan tentang hak cipta (karena masalah ekonomi tadi, hehe). Selain dari internet, kita pun bisa mendapatkannya dari teman-teman sesama mahasiswa, dan bahkan tak jarang kita mendapatkan file tersebut dari dosen kita ! (Nah lho..).


Seandainya semua mahasiswamampu menguasai bahasa inggris secara
aktif maupun pasif, tentu hambatan tentang masalah pengadaan textbook ini bisa dikurangi atau malah ditiadakan. Kita bisa membacanya lewat gadget yang kita miliki, ataupun juga kita bisa mencetaknya. Kelebihan dari file yang kita punya adalah kita tidak membutuhkan media penyimpanan yang besar. Hanya dengan seuah notebook misalnya, kita bisa menyimpan seluruh buku yang kita punya. Kita bisa membacanya di manapun dan kapanpun kita mau. Praktis dan ekonomis.


Disaat kita menginginkan kuliah keluar negeri, salah satu yang menjadi syarat masuknya yaitu nilai toeflkita yang harus sudah diatas standar, sekitar 550. Tentu syarat ini bukanlah tanpa maksud dan tujuan. Ketika kita kuliah ke luar negeri, khusunya Eropa dan Amerika, sebagian besar universitas-universitas disana menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Jadi buka hanya bukunya yang berbahasa inggris, namun juga proses belajar mengajarnya.


Selain itu, bahasa inggris dipelajari juga demi mengenalkan budaya, kemajuan ekonomi, dan lain-lainnya ke luar negeri. Kalau bahasa inggris saja kita tidak bisa,bagaimana caranya kita menyebarkan ini semua. Jadi intinya, bahasa inggris bukan sekedar untuk gaya-gayaan. Juga bukan berarti kita tidak mencintai bahasa ibu kita, dan kehilangan rasa nasionalisme. Namun kita mempelajari bahasa inggris, karena kita butuh !

0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:18
emoticon-Cool
betul tuh gan, mau sekolah harus bahasa linggis, mau belajar komputer harus bahasa linggis, mau baca baca materi dari luar harus bahasa linggis, mau ngobrol sama temen-temen otaku harus bahasa linggis, mau norrent harus bahasa linggis, mau baca lyric-subtitile konser hatsune miku juga harus pakek bahasa linggis emoticon-Hammer (S)

but, what the fuck is "sok linggis lu" word emoticon-Cape d... (S)
kalau ane ke Jepun tapi pakek bahasa Indo kan it's nonsense
toh nasionalisme ane tetep gak bakal berkurang karna linggis emoticon-Cool
0 0
0
Post ini telah dihapus
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:11
Yah ngak pertamaxxx gan emoticon-Frown , TOEFL gimana nih? ahaha

Quote:Gan intip, beneran deh kalau ngak, Nyesel! .
Jadi emoticon-Ngacir http://www.tekanini.com/fauziafalah . Pake email yah emoticon-thumbsup

emoticon-EEK!: bantuin ane
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:12
Iya butuh buat formalitas cari pekerjaan, yang gw jengkel pake TOELF segala tuh toh buat apa juga kalo jadi PNS paling2 buat jalan2 keluar negeri doank.
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:32
Emang bener, gan..
ane juga rada' jengkel kalo ada yang bilang "ah, sok kem-inggris, koen.."
ya gimana ya.., kalo ngga practice mana lancar.. lagian ane juga punya cita-cita mo keluar,gan..(doain yee.. emoticon-Big Grin)
Ane juga ngga mau selamanya jadi katak yang ada di dalam sumur, yang cuma bisa ngeliat langit doang..
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:27
susah gan bahasa inggris palingan bahasa inggris google emoticon-Ngakak
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:20
copy paste kaya bikin tugas anak smp gan

rapihin gan baru mau baca udah gaenak mata
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:21
yah memang gan...bahasa mandarin juga lama2 akan jadi kebutuhan gan...krn negara cina semakin mendominasi..so Indonesia, Mandarin dan Inggris harus kita kuasai...

emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:21
wah bner bngt gan emoticon-Big Grin



Quote:
emoticon-BolaWELCOME TO NEW SEASON 2012-2013emoticon-Bola
KALO ADA YANG LAGI CARI-CARI JESEY GRADE ORI CLUB NEW SEASON BISA MAMPIR ATAU BISA DI PESAN DI SINI HARGA MURAH MERIAH!!
emoticon-Shakehand2emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Selleremoticon-Shakehand2


UNTUK MEMESAN TINGGAL KLIK GAMBAR emoticon-Smilie

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !


[Center]BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
[/CENTER]

0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:26
untuk belajar gan bahasa inggris tuh
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:51
jaman skrg kl kerja kyknya wajib deh gan, mknya kl ada lowngan ada tulisan, "dpt mengusai inggris " bwanya udh sbel aja
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:39
nice inpo gan, bener tuh b.inggris sekarang udah jadi kebutuhan emoticon-2 Jempol

ijin ane nitip lapak ya gan emoticon-Smilie
==========================================================
SAMSUNG GALAXY S2 MURAH, Cuma 1,9 jt, Cek disini gan!
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

penampakan:
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

cek dimari gan: hp_keren
========================================================
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:40
emang jaman sekarang butuh bahasa inggris gan
dimana2 mau gawe pasti bhs inggris yg di perluin emoticon-Big Grin
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:44
tergantung kebutuhan sih menurut ane emoticon-Big Grin
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:46
Quote:Original Posted By Mikusan
emoticon-Cool
betul tuh gan, mau sekolah harus bahasa linggis, mau belajar komputer harus bahasa linggis, mau baca baca materi dari luar harus bahasa linggis, mau ngobrol sama temen-temen otaku harus bahasa linggis, mau norrent harus bahasa linggis, mau baca lyric-subtitile konser hatsune miku juga harus pakek bahasa linggis emoticon-Hammer (S)

but, what the fuck is "sok linggis lu" word emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Ngakak, bener banget nih agan ini emoticon-Ngakak

Bahasa Inggris emang perlu, tapi klo buat belajar lebih baik ilmunya yang pake bahasa asing di kebahasa Indonesia in, soalnya gw pernah baca, orang jepang tuh klo ada ilmu dari luar yang pake bahasa asing buat mereka pelajari, langsung di terjemahin ke bahasa mereka sendiri, ga tau dah tujuannya apaan.

CMIIW loh gan
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:49
memang bhs inggris telah menjadi kebutuhan
bukan hanya sok2an emoticon-Big Grin

~VDA
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 14:50
dari TK sampe kuliah ane diajarin bahasa inggris tapi belom bisa2 juga emoticon-Frown
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 15:00
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !



Random *checklist
Starting Conversation..
u've already connected with stranger

me : hi

stranger : hi asl pls.

me : from jakarta, u?

stranger : american, sup bro?

me : just meet.

stranger : i m Gay, and you?

me : emoticon-Belo how big your size?

stranger : 18cm, black big and veiny emoticon-Wink

me : emoticon-Takut (S)

emoticon-Ngacir


COnversation ending. try with another klik here..
original post by anti.rootkit —QR™
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 15:06
untung ane bisa bahasa inggris tanpa harus les sana sini
caranya gampang cm maen game bahasa inggris + nonton film subtitle nya bahasa inggris emoticon-Big Grin






Kaos Distro Keren
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
0 0
0
BAHASA INGGRIS: BUKAN BANGGA, TAPI BUTUH !
22-09-2012 15:07
ane ga ngerti bahasa linggis gan ...

nais syerr yak
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia