Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016203499/wew-mobil-bisa-di-lipat
Hiriko Fold, Mobil Listrik Yang Bisa Dilipat Suasana lalu lintas yang padat (macet) dan tempat parkir yang semakin sulit merupakan masalah utama kota-kota besar di dunia saat ini. Tidak mudah mengatasinya! Kendati demikian, gagasan baru untuk mengatasi masalah tersebut terus bermunculan. Khususnya kendaraan bermotor yang menyebabkan kemacetan, polusi dan ruang parkir yan semakin susah. Salah satu
Lapor Hansip
30-08-2012 22:36

Wew, Mobil Bisa di Lipat

Hiriko Fold, Mobil Listrik Yang Bisa Dilipat

Quote:


Wew, Mobil Bisa di Lipat


Suasana lalu lintas yang padat (macet) dan tempat parkir yang semakin sulit merupakan masalah utama kota-kota besar di dunia saat ini. Tidak mudah mengatasinya!
Kendati demikian, gagasan baru untuk mengatasi masalah tersebut terus bermunculan. Khususnya kendaraan bermotor yang menyebabkan kemacetan, polusi dan ruang parkir yan semakin susah.
Salah satu yang menarik adalah yang disodorkan konsorsium oleh Hiriko dari Bilboa, Basque, Spanyol. Konsep kendaraan yang ditawarkan juga diberi nama Hiriko dua kata dalam Basque, “hiri” (kota) dan “ko” (milik) yang diterjemahkan dari kota.
Untuk menggurang polusi, Hiriko menawarkan mobil listrik. Targetnya sebagai transportasi komuter urban. Khususnya dari rumah ke stasiun kereta api atau terminal bus dan sebaliknya.



Wew, Mobil Bisa di Lipat

Ciri khas yang menarik dari mobil, bukan hanya karena dimensi yang sangat munggil, panjang 2,5 meter saja jalan. Bila diparkir, bisa dilipat dan menciut menjadi 1,5 meter. Jelas ini akan memudah untuk parkir.

Wew, Mobil Bisa di Lipat


Berbalik arah
Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi dan penumpang keluar-masuk dari bagian depan mobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsi sebagai pintu.
Selanjutnya, pelipatan bagian belakang mobil ke depan, dikontrol secara independen oleh “roda robot”. Hebatnya lagi, keempat roda bisa berbelok 60 derajat, yang memungkinkan kendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalik arah dengan mudah. Berarti untuk parkir sangat gampang, tidak perlu maju-mundur.

Heptic Steer
Daya tarik lain dari mobil ultra-kompak ini adalah kontrol kerjanya, misalnya untuk berakselerasi, diperlambat dan berbelok. Untuk itu digunakan setir model pesawat terbang dengan teknologi heptic steering wheel. Tepatnya setir yang bisa memberikan umpan balik atau bekerja berdasarkan tekanan dan setuhan yang diberikan oleh pengemudi.
Untuk mempercepat laju mobil, setir hanya ditekan ke depan. Sebaliknya bila ingin mengurangi kecepatan, ditarik ke belakang. Selanjutnya, bila ingin berbelok, putar sesuai dengan arah yang diinginkan. Praktiskan!


Pengisian cepat
Dijelaskan pula, baterai lithium-ion yang digunakan mobil ini bisa diisi penuh dalam 15 menit. Baterai ditempatkan di lantai untuk menjaga titik pusat mobil rendah. Dengan demikian, stabilitas dijamin mantap.
Keempat roda langsung dipasangi motor listrik bertenaga 15 kW. Karena dirancang untuk jarak dekat di dalam kota, kecepatan maksimumnya dibatas 50 kpj. Sedangkan jarak tempuh 120 km. Bobot total mobil ini hanya 500 kg dan didaftarkan sebagai sepeda motor empat roda, yang berarti di beberapa negara tidak perlu SIM untuk mengemudikannya.

Hiriko juga mengatakan, mobil listriknya ini telah berhasil melewati tes keselamatan dan tabrakan yang dilakukan oleh Hiriko pada awal tahun ini. Sejauh ini sudah dibuat 20 untuk dipamerkan dan dites.
Dirakit sendiri

Berbalik arah Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi dan penumpang keluar-masuk dari bagian depan mobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsi sebagai pintu. Selanjutnya, pelipatan bagian belakang mobil ke depan, dikontrol secara independen oleh “roda robot”. Hebatnya lagi, keempat roda bisa berbelok 60 derajat, yang memungkinkan kendaraan dapat berputar sumbunya atau berbalik arah dengan mudah. Berarti untuk parkir sangat gampang, tidak perlu maju-mundur. Heptic Steer Daya tarik lain dari mobil ultra-kompak ini adalah kontrol kerjanya, misalnya untuk berakselerasi, diperlambat dan berbelok. Untuk itu digunakan setir model pesawat terbang dengan teknologi heptic steering wheel. Tepatnya setir yang bisa memberikan umpan balik atau bekerja berdasarkan tekanan dan setuhan yang diberikan oleh pengemudi. Untuk mempercepat laju mobil, setir hanya ditekan ke depan. Sebaliknya bila ingin mengurangi kecepatan, ditarik ke belakang. Selanjutnya, bila ingin berbelok, putar sesuai dengan arah yang diinginkan. Praktiskan! Pengisian cepat Dijelaskan pula, baterai lithium-ion yang digunakan mobil ini bisa diisi penuh dalam 15 menit. Baterai ditempatkan di lantai untuk menjaga titik pusat mobil rendah. Dengan demikian, stabilitas dijamin mantap. Keempat roda langsung dipasangi motor listrik bertenaga 15 kW. Karena dirancang untuk jarak dekat di dalam kota, kecepatan maksimumnya dibatas 50 kpj. Sedangkan jarak tempuh 120 km. Bobot total mobil ini hanya 500 kg dan didaftarkan sebagai sepeda motor empat roda, yang berarti di beberapa negara tidak perlu SIM untuk mengemudikannya. Hiriko juga mengatakan, mobil listriknya ini telah berhasil melewati tes keselamatan dan tabrakan yang dilakukan oleh Hiriko pada awal tahun ini. Sejauh ini sudah dibuat 20 untuk dipamerkan dan dites. Dirakit



Wew, Mobil Bisa di Lipat

Tiga varian yang ditawarkan terdiri dari Fold, Alai (konvertibel) dan Laga (truk kecil). Beberapa produk pertama akan dikirim pada musim panas ini kepada beberapa kota di Eropa untuk dites oleh calon pembeli potensial.
Hiriko Fold dijawalkan mulai dijual pada 2013 dengan harga 16.00 dollar AS (Rp 152 juta). Tidak bisa dikatakan murah.









Sumber :








Quote:

Wajah Lucu, Panda Merah Terancam Punah
Robot Google Android akan Resmi Dijual
Domba Bisa SMS Majikan, Shaun The Sheep Kalah
WOW ! Tulisan Tangan Bisa Dipakai di Google
Mudah Depresi, Gejala Terkena Depresi







profile-picture
koplakbinon17 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:38
bisa jadi alat transportasi alternatif gan emoticon-Kiss

tapi harganya gan.. emoticon-Berduka (S)


Wew, Mobil Bisa di Lipat
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:38
hebat gan ane pingin punya yang kayak gituemoticon-Matabelo
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:41
beuh mantep mobilnya
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:41
bentuknya unyu banget gan emoticon-Genit
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:44
mobil masa depan emoticon-Matabelo
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:46
canggih... kaya mainan emoticon-Ngakak

kalau mobil disini malah bisa dilipat jadi uang gan emoticon-Hammer2
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:50
abis dilipet tar segede apa gan , menuggu mobil yang bisa masuk dompet emoticon-Ngakak
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:50
kayaknya mobil jepang ya gan, ane ga baca semua emoticon-Malu
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:55
emoticon-Matabelo keren gan.
bisa jadi solusi kemacetan tu mobil,body'x kecil jadi gak mkn banyak ruang saat d'jalan.emoticon-Matabelo
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:56
dibandaing Smart ini termasuk murah gan dengan keunggulan teknologi yang diusungnya.

thread nya mantabh gan emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 22:56
keren gan...mobil masa depan dan ramah lingkungan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:06
Quote:Original Posted By tachinardi
bisa jadi alat transportasi alternatif gan emoticon-Kiss

tapi harganya gan.. emoticon-Berduka (S)


Wew, Mobil Bisa di Lipat


ia gan harga g nguatin banget emoticon-Nohope
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:07
Quote:Original Posted By IAMthegenius
hebat gan ane pingin punya yang kayak gituemoticon-Matabelo


siapkan rogoh kocek gan emoticon-Embarrassment
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:10
eh bujeg tu mobil apa jemuran emak gw ?? emoticon-Bingung


[RIGHT]Wew, Mobil Bisa di Lipat[/RIGHT]
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:15
emoticon-Matabelo keren abis nih gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:16
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:23
keren gan... belum d produksi massal yah?
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:24
kecil banget ya gan mobil nya.. ga bisa nampung bapak emak sama adik" ane.. emoticon-Ngakak
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:25
buset dah makin canggihnya aja ni
0 0
0
Wew, Mobil Bisa di Lipat
30-08-2012 23:26
keren gan cocok unt transportasi kota besar & futuristik modelnya.. Jd pengen tp kok mahal ya? emoticon-Malu
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia