alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3661
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini
Halo Agan2... Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua.. baik saya mulai duluan. *
Lapor Hansip
06-06-2012 02:27

Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini

Halo Agan2...

Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua..

baik saya mulai duluan.

* Untuk MRI saya di RS CIkini Jakarta Pusat. Biaya 2 juta rupiah
* Operasi saya di Rumah Sakit Pondok Indah. Biaya kurang lebih 50 juta rupiah. ditangani langsung oleh dokter Andre Pontoh yang cukup terkenal (Googling aja sendiri, Gan). Kamar kelas 3.
* Hasil Operasi? masih proses rehabilitasi, Gan... tapi byk pasien yang sukses operasi dengan Dokter Andre Pontoh, dan beliau sudah sukses operasi 400 pasien lebih yang mengalami gangguan di lutut. saya juga melihat beliau mendapat penghargaan MURI dalam hal operasi terbanyak (Tahunnya saya lupa)


bagi Agan yang pernah mengalami hal yang serupa (Cidera Lutut) silakan menceritakan pengalamannya dan kondisi Agan sekarang (membaik atau tidak. hehe). Saya merasa ini penting karena saya tidak menemukan sebuah forum di mana penderita cidera lutut dapat saling berbagi..

Oh iya, Agan2 bisa jg saling berbagi informasi dokter mn saja yg pny reputasi baik. Saya mulai:
1. Andre Pontoh (Googling sndr gan.. hehehe.. Dokter ane jg.. di RSPI, Pondok Indah)
2. dr. Bobby Nelwan (Dokter yang berhasil mengoperasi Boaz Salossa, Striker tim sepakbola Persipura. Praktek di RS Omni Internasional Jakarta)

Threat ini pasti jauh dari kata sempurna, oleh krn itu, kedepannya akan terus ane tambah dan perbaiki ya.. Mohon bantuannya.. untuk kita dan tmn2 yang memiliki masalah yang sama dan butuh informasi dan berbagi pengalaman..

Terima kasih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Muhamadgogon dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 185
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
12-09-2012 23:57
Quote:Original Posted By crossfx
Permisi gaan, saya 2 minggu lalu sudah operasi rekonstruksi ACL di Rs. Fatmawati. Saya lagi nyari tempat rehabilitasi lutut. Pernah denger tentang jakarta knee center yang Dr. Andre Pontoh ituu. Kalo biaya rehabilitasi saja di sana ada yang tau gak agan2 berapa biayanya? emoticon-Smilie atau mungkin ada yang punya rekomendasi lain, harap informasinya ya gan emoticon-Smilie


Bisa ke jakarta knee center di rs.pondok indah.untuk therapy bukan dgn Dr.Andre Pontoh tapi dgn Dr.Carmen biaya kisaran 300-500rb.ane kmrn kena 300rb gan
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
23-09-2012 22:18
Woow, mahal2 bener operasinya..

lutut ane juga bermasalah nih gan waktu salah jatoh pas maen bola, ane diemin aja, sekarang normal sih tp klo di paksain maen bola lagi suka kambuh..

oh iya mau tanya, klo buat cek ligamen rusak ato ngganya dimana ya? dan biayanya brp? cuma pengen tau aja, klo operasi mah ogah dah.. mahal beud sepertinya..
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
07-10-2012 15:53
lutut ane jg bermasalah nih gan
tanggal 16 september lalu, ane ikut lomba lari 16,8K di BSD city
tp di kilometer 12an tiba2 lutut ane bermasalah
sejak itu ane istirahat lari
dan baru lari hari sabtu lalu tanggal 6 oktober
tp baru 2 kilo lari tiba2 lutut kanan ane sakit lagi
diluar dugaan, ane kira udah sembuh
dan dari kejadian kemaren, ane nyadar ada yang ga beres sama lutut ane emoticon-Frown

kira2 ane cedera apa ya?
soalnya klo baca cerita agan/sista sbelomnya kebanyakan karena kecelakaan, salah jatoh waktu maen bola dsb..
nah klo cuma lari kayak ane apakah juga ada kemungkinan cedera separah cerita2 sebelomnya?
mohon pencerahanya agan2

fyi : sebelom cedera, ane sanggup lari 7-10KM rutin tiap pagi
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
11-10-2012 22:20
2 minggu yang lalu saya jatoh pas lagi futsal,sialnya lutut duluan yang kehantem....setelah jatuh masih bisa jalan tapi ngilu2 aja,keesokannya pas bangun tidur wadaw ga bisa jalan sama sekali....

akhirnya coba buat diurut tp ga ada perubahan,terus memutuskan ke dokter ortopedi,dokter dipa.....udah dirontgen tulang ga ada yang bermasalah,udah dikasih obat sih buat sendi sama buat otot..alhamdulillah sekarang udah bisa jalan,tapi masih ga bisa sujud,nekuk juga ga bisa sampe mentok......

kalo mau bangun dari kasur gitu yang bertumpu sama lutut juga bisa,nyeri banget dibagian kiri tempurung lutut sama bagian belakang lutut.....kira2 penyembuhan berapa lama yaa yang model begini...??udh ga sabar banget pengen gerak......
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:19
Quote:Original Posted By sandibud
kalo saya sih diistirahatkan aja gan...kalo ga sembuh2 baru dipijat emoticon-Big Grin


Haha.. Ane sih diurut juga dulu ni Gan.. tp kalau uda putus, kagak bakal normal lagi kalo gak operasi..

Ane jg sempet coba alternatif kaya sama Hj Naim yg di Fatmawati (Doi terkenal bgt). Hasilnya? NOL.. hehe
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:21
Quote:Original Posted By kakidal27
nemu juga thread ttg lutut .. ternyata saya tidak sendiri emoticon-Matabelo


kl ane sech MCL lutut kanan ane gan yg pernah kena, gak ampe putus sech mcl nya emoticon-Matabelo

jatuh waktu maen futsal skitar 3,5 tahun yg lalu emoticon-Sorry

penyembuhannya sech cuma fisioterapi aja ama ampir 1tahun lbh gk maen futsal (barengan ama sibuknya2 skripsi) emoticon-Berduka (S)

skrg udh mulai futsal lagi sejak setahunan kemarin, tp ya gitu tiap futsal ane pake knee support utk cegah hal2 yg gak di inginkan, trus minggu kemarin kambuh lg emoticon-Hammer2
untung cuma nyeri aja .... .. hehehe


Kalau pendapat ane yg ga kompeten ini sih yakin Agan kaga putus ligamen nya, cuma robek.. mudah2an salah.. hehe.. karena cuma robek, agan jd cuma butuh istirahat dan lutut akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.. mungkin juga cuma trauma krn impact yg besar di lutut agan.. mudah2an salah ya ane.. hehe
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:25
Quote:Original Posted By PirantiMan
Pagi Agan-agan,

Ane juga mengalami cidera di Lutut sebelah kanan. 1 Bulan yang lalu.
Kejadiannya pun dikarenakan keteledoran saya. Yang biasanya sebelum main badminton pemanasan dulu +- 15 menit.

Ane baru dateng ke lapangan, tiba2 ada pasangan ganda putra kurang satu orang, ane langsung buru-buru main. Singkat cerita , sambil lari dan memukul shuttlekok ke arah lawan. Tiba-tiba , terdengar suara "krek" sampai ngilu. dan tergeletak. emoticon-No Hope

Pertolongan pertama, diurut sama lawan tanding ane. Dan saat itu juga jalan sedikit pincang , perut mual , kepala pusing, dan pandangan mata kabur. emoticon-Cape d... (S)

Pulangnya ane langsung panggil tukang urut keseleo, reaksi dari urut dengkul bengkak dan sulit ditekuk.

1 minggu berselang, ane ke Dokter ahli saraf diagnosanya ada perubahan struktur urat saraf lalu dirujuk untuk X-Ray. Alhamdulillah, Hasilnya tidak ada pergeseran tulang. Dan dokter merekomendasikan ke MRI, cuma saya ga mau. Menyangkal nantinya ujung-ujung nya operasi. emoticon-Takut (S)

Sekarang Alhamdulillah, bengkak sudah rada kempes. Cuma kalau ditekuk ada sedikit tonjolan di pojok kanan dengkul (kalau dipencet-pencet , kayak urat). Dan aktifitas beribadah (sholat) juga udah normal. Hanya terkadang masih ngilu dan nyeri.

Dan sepertinya belum boleh olah raga yang berat-berat.

Mau tanya dong, kepada Agan-agan. Kira-kira perlu medis lagi ga ya? dan berapa lama ya untuk beraktifitas seperti biasanya lagi? (saya hobi Badminton, dan Futsal) mohon pencerahannya. Tku...emoticon-I Love Indonesia (S)


Waduh... Cerita Agan sama kaya ane... ane jg pas cidera dulu (main futsal) langsung main tanpa pemanasan.. penting bgt pemanasan.. guna mengendorkan otot2 tubuh kita.. emoticon-Frown dan ane lupa dulu..

menurut ane, walaupun dokter di Indonesia suka ngaco, percaya deh sama omongan dokter.. Knp? krn dokter pny etika profesi.. kalau dilanggar, izin prakteknya bs dicabut... GWS ya Gan.. emoticon-Smilie
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:27
Quote:Original Posted By jamrud_ijo
ane baru aja kelar operasi ACL di RS.Pondok Indah dengan Dr.Andre Pontoh..so far so good..cideranya uda lama banget kira2 taon 2002 tapi dulu ga diapa2in cuma istirahat maen basket selama 6 bulan dan aktif lagi dengan menggunakan decker lutut.tapi lama kelamaan ane ngerasa kondisi lututnya tambah parah akhirnya ane mutusin operasi.mudah2an setelah operasi ane bisa basket lagi..amin...liat2 dari forum luar masa recovery pasca operasi acl bisa memakan waktu 6-8 bulan ada yang bisa kasih masukkan untuk mempercepat proses penyembuhan?


Biar cepat pemulihan? Ikutin omongan dokter Carmen, Gan... Gerak latihan yg disuruh latih terus di rmh... hehehe
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:43
Quote:Original Posted By Delonk
gan.. ane jg bekas operasi acl akibat main futsal 2 thn yg lalu... acl ane putus gan.. ane operasi di RS. Hsd Mabes.. di tanganin sama Dr. Hend..
tp setelah 2 thn operasi lutut ane masih krg stabil dan kendur...
pas kemarin ane antar keponakan periksa lutut jg akibat futsal ke Rs. MItra Kemayoran dgn Dr.Roy dinyatakan keponakan ane jg acl sobek.. sekalian ane periksa jg kaki ane.. ternyata kaki ane gagal pas operasi di Rs.Hsd.. ane di saran kan operasi ulang emoticon-Berduka (S).... pdhl ane sdh abis biaya Rp.100jt lbh tp sia"...emoticon-Berduka (S)...


Sabar ya gan.. kita sebagai pasien jg harus pintar.. jangan suka percaya sama 1 dokter saja.. secong n third opinion is a must.. emoticon-Smilie
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:47
Quote:Original Posted By prd0000


Kalau urusan operasi mahal kayak gini jangan yang macem macem de gan.. Kemarin ane juga sempet mua dokter Roy. Kelihatan sih skill ada, tapi harga mahal bukan main. Jadi ane coba cari cari, sebetulnya siapa tahu dapet yang lebih murah.. eeehhh.. ternyata malah dapet referensi Andre Pontoh. Harga memang lebih murah 5 juta, tapi faktor dokter, pengalaman dan fasilitas jauh. Apalagi dibanding Hsd. BTW, nyokap ane meninggal gara gara salah diagnosa di Hsd.
Dan kalau agan abis 100 juta, ane cuman abis total 50 juta, di 2 rumah sakit. 5 juta Dokter Roy di Mitra Kemayoran, dan 45 juta di Pondok Indah. Sekarang ane udah bisa lompat dikit dikit kalo turun tangga. Karena kalo turun nekuknya rada susah jadi ane lompat dikit. Naik udah lancar, tak tok tak tok.. Kalau di pondok indah ambil kelas 3 aja gan. Fasilitas oke banget kok disana.


Mahal ya.. :'(

bersyukur ane masih dapet bantuan dari asuransi... kalau ga, gak tau deh gmn ni...

Iya Gan.. Kelas 3 nya manteb.. knl Suster Zeta gak? cantik bgt.. hehehe

cepat sembuh ya Gan.. ane mau fokus lulus kuliah dulu... baru nanti operasi lagi sama dokter Andre Pontoh lagi.. emoticon-Frown

Dokter Carmen keren bgt.. ramah n bersahabat..
kalau dokter Andre, baik tp sibuk banget doi.. waktu konsultasi selalu sedikit.. hehe
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:48
Quote:Original Posted By prd0000


Ane sih baru fisio 2 kali. Tapi ane rada telat soalnya pas itu dr. Carmen lagi tugas ngurus olympic di london. Tapi abis dibenahin dia dalam 2 hari ane bisa nekuk jauh. Kalau awal awal bukannya masih ga boleh terlalu banyak naik turun tangga? Sekarang sih lutut stabil banget sih. Kaki sempet kepeleset tadi pas ujan ujan ga kenapa napa. Masih bisa menyesuaikan.


Ane dulu di sindir mulu sama dokter Carmen... Ane jarang latihan sih di rmh.. emoticon-Ngakak
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:50
Quote:Original Posted By siiboiim
mau share sekaligus nanya nih gan

kira-kira 5 hari yang lalu ane olahraga (badminton)...dg waktu pemanasan yang sebentar, ane langsung masuk tuh kelapangan...setelah main kira-kira 3 game, di game ke 3 ane ngerasa ada yang aneh sama lutut ane. pada saat itu sama sekali ga berasa sakit. setelah game ke 3 mau selesai, tiba-tiba kaki sebelah kiri ane berasa lemes dan ga bisa buat digerakin, dibuat jalan pun agak sedikit pincang dan saat itu masih ga terasa sakit..hanya terasa seperti pegal-pegal.

ane berenti main..aneliat lutut ane, ternyata udah bengkak gede banget dan ga bisa ditekuk. sampai saat itu juga ga terasa sakit, cuma kaya pegel-pegel aja.
saat itu juga langsung ane bawa ke tukang urut..dan tukang urutnya bilang tulang lutut ane geser. setelah beberapa kali di urut..bengkaknya udah lumayan kempes dan perlahan-lahan udah bisa ditekuk walaupun belum bisa sampe full.
sekarang sih udah bisa jalan normal walaupun kadang masih suka timbul rasa pegel, dan masih blm bisa full ditekuk. emoticon-Sorry

klo dari pengelaman agan2 sekalian..untuk kasus kaya ane..kira-kira masa penyembuhannya lama ga ya??





di game ketiga lutut agan aneh krn apa? salah loncat? salah tumpuan? atau gerakan memutar? atau apa Gan? saran ane sih konsultasi ke dokter dulu.. mungkin nama2 dokter yang yg disebut di threat ini bisa jd bahan pertimbangan.. emoticon-Smilie

cepat sembuh ya Gan
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 01:57
Quote:Original Posted By jamrud_ijo


Baru balik fisio nih sama Dr.Carmen..Dia juga kaget ane uda bisa lipet lutut ahaha...tapi menurut Dr.Carmen paha ane beda jauh besarnya antara yang operasi dan yang ngga...jadi kudu dilatih agar besarnya sama..perkiraan bisa mane basket lagi 8 bulan...hiks..ga sabar banget nunggunya...

Agan bantu terapi di tempat fitness ga? Ane rencana mau ikiut fitness deket rumah biar cepet recoverynya...


Sama gan... ane dulu cepet nekuk, tp diameter kaki kanan (yg operasi) dan kaki kiri jauh.. kanan bagian atas waktu pertama diukur beda 7 CM lebih kecil dari yg kiri, kanan bagian bawah beda 5 CM dari yang kiri.. ketahuan deh ane jarang latihan... hehehe...

fitness sih ok bgt buat bantu proses pemulihan.. tp jangan main leg curl dan leg extention , bisa bahaya buat lutut yg dioperasi.. main Leg Press n sepeda statis aja.. CMIIW
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 02:01
Quote:Original Posted By jamrud_ijo


Bisa ke jakarta knee center di rs.pondok indah.untuk therapy bukan dgn Dr.Andre Pontoh tapi dgn Dr.Carmen biaya kisaran 300-500rb.ane kmrn kena 300rb gan


bener Gan.. saat ini dokter Carmen terbaik di Indonesia.. menurut ane.. biaya 300 dulu ane..
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 02:05
Quote:Original Posted By capocanonieri89
lutut ane jg bermasalah nih gan
tanggal 16 september lalu, ane ikut lomba lari 16,8K di BSD city
tp di kilometer 12an tiba2 lutut ane bermasalah
sejak itu ane istirahat lari
dan baru lari hari sabtu lalu tanggal 6 oktober
tp baru 2 kilo lari tiba2 lutut kanan ane sakit lagi
diluar dugaan, ane kira udah sembuh
dan dari kejadian kemaren, ane nyadar ada yang ga beres sama lutut ane emoticon-Frown

kira2 ane cedera apa ya?
soalnya klo baca cerita agan/sista sbelomnya kebanyakan karena kecelakaan, salah jatoh waktu maen bola dsb..
nah klo cuma lari kayak ane apakah juga ada kemungkinan cedera separah cerita2 sebelomnya?
mohon pencerahanya agan2

fyi : sebelom cedera, ane sanggup lari 7-10KM rutin tiap pagi


lari juga bisa gan.. lari kan juga termasuk high impact sport.. beban ke lutut sangat besar apalagi tidak didukung oleh penggunaan sepatu yg empuk khusus utk running (running shoes kan didesign sedemikian rupa untuk meminimalisir cidera kaya Nike dengan teknologi Lunarion)
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
15-10-2012 02:09
Quote:Original Posted By rezacs
2 minggu yang lalu saya jatoh pas lagi futsal,sialnya lutut duluan yang kehantem....setelah jatuh masih bisa jalan tapi ngilu2 aja,keesokannya pas bangun tidur wadaw ga bisa jalan sama sekali....

akhirnya coba buat diurut tp ga ada perubahan,terus memutuskan ke dokter ortopedi,dokter dipa.....udah dirontgen tulang ga ada yang bermasalah,udah dikasih obat sih buat sendi sama buat otot..alhamdulillah sekarang udah bisa jalan,tapi masih ga bisa sujud,nekuk juga ga bisa sampe mentok......

kalo mau bangun dari kasur gitu yang bertumpu sama lutut juga bisa,nyeri banget dibagian kiri tempurung lutut sama bagian belakang lutut.....kira2 penyembuhan berapa lama yaa yang model begini...??udh ga sabar banget pengen gerak......


waduh... Gan, kalau lutut setahu ane sangat komplek... selain tulang belakang, lutut adalah bagian tubuh manusia yang sangat kompleks strukturnya.. (kata dokter ane). Rongent itu beda sama MRI. Rongent gunanya untuk melihat jaringan keras dalam tubuh kita. cnthnya tulang. Sedangkan MRI, untuk melihat jaringan lunaknya. cnthnya otot. mungkin tulang agan tidak mengalami kerusakan, tetapi mungkin otot agan ada yg bermasalah.. mudah2an ane salah ya gan.. krn ane bukan dokter..hehehe.. cepat sembuh gan..
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
19-10-2012 06:48
Quote:Original Posted By rezacs
2 minggu yang lalu saya jatoh pas lagi futsal,sialnya lutut duluan yang kehantem....setelah jatuh masih bisa jalan tapi ngilu2 aja,keesokannya pas bangun tidur wadaw ga bisa jalan sama sekali....

akhirnya coba buat diurut tp ga ada perubahan,terus memutuskan ke dokter ortopedi,dokter dipa.....udah dirontgen tulang ga ada yang bermasalah,udah dikasih obat sih buat sendi sama buat otot..alhamdulillah sekarang udah bisa jalan,tapi masih ga bisa sujud,nekuk juga ga bisa sampe mentok......

kalo mau bangun dari kasur gitu yang bertumpu sama lutut juga bisa,nyeri banget dibagian kiri tempurung lutut sama bagian belakang lutut.....kira2 penyembuhan berapa lama yaa yang model begini...??udh ga sabar banget pengen gerak......


ane juga pernah gan, kyk gini sama ceritany,
kena pas main futsal, kebesokannya langsung bengkak, ane sampe gak bisa main futsal 6 bulan gan, masa rehabilitasi nya emg agak lama kalo lutut,
menurut ane gak usah berolahraga yg high impact dulu gan, resiko nya berat.
banyak2 minum susu kedelai kalo kata temen ane, hehhee gak tau apa ngaruhnya, tapi sekarang ane udh bisa jalan dan bisa main futsal lagi, walau harus pake knee support agar tidak ada hal yang tidak diinginkan. sekian smoga bermanfaat. emoticon-Big Grin
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
22-10-2012 19:55

Sharing & Asking

Permisi Agan2 & Aganwati2. Ane mau share & nanya jg mslh cedera lutut rupture ACL.
Ane cedera putus ACL kejadiannye udah lama, Desember 2009 pas maen futsal. Jd pas nggocek, ane berhenti mendadak & melintir. Waktu itu blm tau jenis cederanye. Sempet dipijit/urut jg di H. Naim. Browsing2 & nanya2 sana sini, akhirnye tau kalo ACL ane putus. Pertama kali konsul ke dokter orthopedi ke dokter lukman shebubakar di Rumah Sakit Siaga. Ternyata dokter orthopedi itu beda2 sub spesialisasinye. Cari punya cari, ketemulah dokter Andre Pontoh di RSPI yg ah,i di lutut. Pertama kali konsul awal 2010. Dari pemeriksaan palpasi/fisik di kaki, diketahui kemungkinan besar memang cedera ACL. Disuruh utk test MRI.
Karena ane kerja di luar kota jd ngga bisa intensif pengobatannye. Ane baru MRI April 2012. Dari hasil test MRI diketahui bahwa ACL ane rupture total, meniskus ruptur sebagian (mungkin krn terlalu lama ngga ditangani).
Ane selama konsultasi di RSPI dgn Andre Pontoh. Tp ane operasi di RS Fatmawati. Knp di RS Fatmawati ? Biar bisa pake Askes. dan krn dr. Andre Pontoh jg praktek di sana.
Karena pake Askes jd agak sedikit capek karena hrs ngurus ini itu. Selain itu harus konsul2 dulu ke poli orthopedi/bedah tulang, pemeriksaan pra operasi, & nunggu skedul krn utk operasi lutut cuma ada sekali seminggu pd hari Rabu. Ane dpt skedul operasi 3 minggu pasca pemeriksaan pra operasi.
Akhirnye tgl 10 Oktober 2012 ane operasi athroslcopy rekonstruksi ACL di RS Fatmawati. Operasinye sih cuma 45 menit doang dgn bius hispinal atau sebagian, yaitu perut ke bawah. Ane dirawat cuma semalam aja.
Biaya operasi, biaya perawatan & obat dicover sama Askes. Yang ngga dicover itu alat2 implan yg utk dipasang di lutut. Biayanye total sekitar 20 juta.
Ane baru kontrol sekali tgl 18 Oktober 2012. Rencana kontrol lg tgl 25 Oktober 2012 utk buka jahitan sekalian ketemu dr. Carmen utk konsultasi fisioterapi dan program2 latihan rehabilitasi.
Di hari ke 12 ini, Alhamdulillah ane udah bisa jalan tanpa tongkat walau msh kaku & agak ngilu2.
Ane pernah baca ttg Rule of Third, jd selain operasi, penyembuhan pasca operasi, rehabilitasi pasca operasi jg penting banget supaya bisa kembali ke dalam kondisi semula. Krn hasil rehabilitasi pasca operasi itu ada 3 kemungkinan: 1. Bisa kemunduran & menyebabkan kondisi lutut jd lebih parah/tidak normal yg pd akhirnya memerlukan operasi lanjutan, 2. Gitu2 aja, & menyebabkan kita ngga bisa lg beraktivitas secara normal & ke 3, Mengalami kemajuan & bisa beraktivitas normal kembali seperti sediakala.
Makanya diperlukan keinginan kuat dan juga program2 latihan yg baik. Ane jg seneng ada thread ini sbg sarana sharing & jg memberikan semangat kpd rekan2 kita yg senasib.
Semoga bisa bermanfaat emoticon-Smilie

Ane mau tanya2 khususnye Agan Jun Aguero & prd0000, utk program2 rehabilitasi sama dr. Carmen itu ketemu tiap brp minggu/bulan sekali ya, soalnye ane kan kerja di luar kota, jd biar bisa menyesuaikan skedul jg.
Gimana perkembangan rehabilitasi Agan2 s.d sekarang. Thanks.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
30-11-2012 02:00
DodoAja: 3 s.d 4 minggu Sekali Gan... gmn cidera agan skrng?
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
03-12-2012 05:25
nais share gan
0 0
0
Halaman 2 dari 185
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia