Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3678
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini
Halo Agan2... Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua.. baik saya mulai duluan. *
Lapor Hansip
06-06-2012 02:27

Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini

Halo Agan2...

Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua..

baik saya mulai duluan.

* Untuk MRI saya di RS CIkini Jakarta Pusat. Biaya 2 juta rupiah
* Operasi saya di Rumah Sakit Pondok Indah. Biaya kurang lebih 50 juta rupiah. ditangani langsung oleh dokter Andre Pontoh yang cukup terkenal (Googling aja sendiri, Gan). Kamar kelas 3.
* Hasil Operasi? masih proses rehabilitasi, Gan... tapi byk pasien yang sukses operasi dengan Dokter Andre Pontoh, dan beliau sudah sukses operasi 400 pasien lebih yang mengalami gangguan di lutut. saya juga melihat beliau mendapat penghargaan MURI dalam hal operasi terbanyak (Tahunnya saya lupa)


bagi Agan yang pernah mengalami hal yang serupa (Cidera Lutut) silakan menceritakan pengalamannya dan kondisi Agan sekarang (membaik atau tidak. hehe). Saya merasa ini penting karena saya tidak menemukan sebuah forum di mana penderita cidera lutut dapat saling berbagi..

Oh iya, Agan2 bisa jg saling berbagi informasi dokter mn saja yg pny reputasi baik. Saya mulai:
1. Andre Pontoh (Googling sndr gan.. hehehe.. Dokter ane jg.. di RSPI, Pondok Indah)
2. dr. Bobby Nelwan (Dokter yang berhasil mengoperasi Boaz Salossa, Striker tim sepakbola Persipura. Praktek di RS Omni Internasional Jakarta)

Threat ini pasti jauh dari kata sempurna, oleh krn itu, kedepannya akan terus ane tambah dan perbaiki ya.. Mohon bantuannya.. untuk kita dan tmn2 yang memiliki masalah yang sama dan butuh informasi dan berbagi pengalaman..

Terima kasih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Muhamadgogon dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 185 dari 186
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
25-11-2019 16:34

Fisioterapi rata2 berapa lam?

Bro n Sist share pengalaman dong mengenai fisionya....

17 Okt sy operasi acl (bikin baru) n potong meniskus di lutut kanan di rs omni alamsutera. Biaya cover BPJS + tambah hampir 20jt. 25 Okt ganti perban. 29 okt pertama x fisio diluar krn di rs penuh dan dischedulekan bulan des. 4 nov buka jaitan n boleh belajar napak kata dokternya. kemudian lanjut lg fisionya. skrg sudah mulai berjalan tanpa tongkat tp msh tdk kuat jauh (kadang bs bengkak n sakit). sdh bs berdiri 1 kaki bertumpu di kaki yg sakit tp sambil jinjit blm bisa.

yg terasa lama adalah nekuk br smp 65-70 derajat dan kaki lurus masih kurang 10 derajat padahal sudah 1 bulan terapi (11x). terapis bilang memang ada lambat prosesnya.... tp selama sy terapi bertemu org2 rata2 dalam 2 minggu nekuknya sdh lebih dr 110 derajat sehingga bs naik sepeda statis.

apakah bro n sist ada yg seperti saya? ada rasa khawatir apakah hasil operasi kurang sempurna atau ada hal lain.....
0 0
0
Lihat 3 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
29-11-2019 14:19
Buat teman-teman penderita ACL Rupture dan/atau Meniscus Tear yang berdomisili di Jakarta Selatan dan sekitarnya, silakan join ke group WA dengan klik link berikut :

https://chat.whatsapp.com/J8XlTyPV17DEOS6LKJaTIM

Yuk kita bahas permasalahan ini bareng-bareng, semoga teman-teman bisa segera pulih dan bisa olah raga kembali.
Dilarang berdagang, no sara
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
30-11-2019 10:52
Balasan post oyongrahadian
Mbak mau tanya" soal operasi,nomer wanya ada gak,itu yg dipost nomernya kok gabisa
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
30-11-2019 12:17
Bro mau nanya,ane udah 2 minggu pasca operasi acl dan meniscus,tapi lutut masih berasa kaku untuk bengkokin dan lurusnya juga belom bisa

Ada saran kah?
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
02-12-2019 21:58
Gan ...

Ada punya ortu yg pernah operasi TKR krn tua ?

tuh pake implan apa yg enak dan ringan serta awet ?

biasanya tuh di RS 3-5 hari ... emang abis itu bisa langsung jalan ? trus proses fisio terapinya sakit sekali ?

biaya TKR umumnya berapa sih gan ? tindakan + implan

emoticon-Sundul
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
04-12-2019 00:42
Quote:Original Posted By david_newcastle
Gan ...

Ada punya ortu yg pernah operasi TKR krn tua ?

tuh pake implan apa yg enak dan ringan serta awet ?

biasanya tuh di RS 3-5 hari ... emang abis itu bisa langsung jalan ? trus proses fisio terapinya sakit sekali ?

biaya TKR umumnya berapa sih gan ? tindakan + implan

emoticon-Sundul


Pengalaman ane 4 minggu lalu anter nyokap ane di malay, kuchink. Biaya 21rbu ringgit.
Kalo implant bisa lgsng nanya ke dokter nya mau pake apa, beda bahan yah beda harga, tiap dokter biasa punya recomend nya.
Abis operasi 3-5 hari bisa jalan pake walker, tp saat week 2-4 bisa pake tongkat tergantung kuat atau ga nya otot kaki yg di TKR. Kalo dokter therapy physio justru di bilang sehari setelah TKR di suruh jalan, biar lutut nya ga kaku.
Proses physio yah sakit, tp namanya penyembuhan pasti sakit. Lutut setelah physio biasa panas, malem nya sakit untuk 2-4 weeks pertama. Tiap hari walau tdk phisio, lutut harus di gerak2kan. Sakit yah memang sakit tp, lbh baik sakit di awal ketimbang setelah 2-4 minggu lutut jadi kaku dan lbh sakit lagi untuk di gerakkan, otot2 nya jadi mengecil (fungsi therapy sesungguhnya untuk mengurangi pengecilan pada otot)

Semoga membantu.

Note: implant biasanya bisa bertahan selama 20 tahun. 1 dari 10 orang ada yg harus ganti setelah 10 tahun. Panjang pendek nya juga bergantung dari berat badan dan penguatan otot kaki biar lebih tahan lama.
Diubah oleh eggwhite999
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
05-12-2019 06:24
Balasan post eggwhite999
Quote:Original Posted By eggwhite999


Pengalaman ane 4 minggu lalu anter nyokap ane di malay, kuchink. Biaya 21rbu ringgit.
Kalo implant bisa lgsng nanya ke dokter nya mau pake apa, beda bahan yah beda harga, tiap dokter biasa punya recomend nya.
Abis operasi 3-5 hari bisa jalan pake walker, tp saat week 2-4 bisa pake tongkat tergantung kuat atau ga nya otot kaki yg di TKR. Kalo dokter therapy physio justru di bilang sehari setelah TKR di suruh jalan, biar lutut nya ga kaku.
Proses physio yah sakit, tp namanya penyembuhan pasti sakit. Lutut setelah physio biasa panas, malem nya sakit untuk 2-4 weeks pertama. Tiap hari walau tdk phisio, lutut harus di gerak2kan. Sakit yah memang sakit tp, lbh baik sakit di awal ketimbang setelah 2-4 minggu lutut jadi kaku dan lbh sakit lagi untuk di gerakkan, otot2 nya jadi mengecil (fungsi therapy sesungguhnya untuk mengurangi pengecilan pada otot)

Semoga membantu.

Note: implant biasanya bisa bertahan selama 20 tahun. 1 dari 10 orang ada yg harus ganti setelah 10 tahun. Panjang pendek nya juga bergantung dari berat badan dan penguatan otot kaki biar lebih tahan lama.


nanya lagi gan .... gak dikasi obat penahan sakit ? ... sakit nya itu bener bener parah banget ato sakit gimana yak ...

implan yg dipake ke nyokap ente itu titanium ato keramik ?

dokternya bilang kapan bisa normal lagi tanpa pakai tongkat ?
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
05-12-2019 10:01
Quote:Original Posted By david_newcastle
nanya lagi gan .... gak dikasi obat penahan sakit ? ... sakit nya itu bener bener parah banget ato sakit gimana yak ...

implan yg dipake ke nyokap ente itu titanium ato keramik ?

dokternya bilang kapan bisa normal lagi tanpa pakai tongkat ?


Obat penahan sakit setelah operasi yah di ksh lah gan, cuman untuk 2-3 minggu aja.
Sakit nya yah lumayan kalo seminggu pertama, makanya phyisio 3x seminggu.
Kayaknya implant nya titanium, kalo yg keramik ane kurang tahu yah.
Dokter bedah nya sih bilang bisa jalan setelah 1,5 bulan ampe 2 bulan setelah operasi, cuman yah tergantung physio nya sama aktivitas di rumah. Makin banyak gerak yah makin cepet sembuh gan. Kalo ga di pake gerak lutut nya yah bakalan kaku and makin lama sembuh nya.
Nanti setelah 2 bulan bakalan check up lg sama dokter s.p.ot. nya buat di liat perkembangan nya.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
05-12-2019 14:02
Balasan post eggwhite999
ok thx gan ....
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
05-12-2019 16:46
Quote:Original Posted By hp170479
Bro n Sist share pengalaman dong mengenai fisionya....

17 Okt sy operasi acl (bikin baru) n potong meniskus di lutut kanan di rs omni alamsutera. Biaya cover BPJS + tambah hampir 20jt. 25 Okt ganti perban. 29 okt pertama x fisio diluar krn di rs penuh dan dischedulekan bulan des. 4 nov buka jaitan n boleh belajar napak kata dokternya. kemudian lanjut lg fisionya. skrg sudah mulai berjalan tanpa tongkat tp msh tdk kuat jauh (kadang bs bengkak n sakit). sdh bs berdiri 1 kaki bertumpu di kaki yg sakit tp sambil jinjit blm bisa.

yg terasa lama adalah nekuk br smp 65-70 derajat dan kaki lurus masih kurang 10 derajat padahal sudah 1 bulan terapi (11x). terapis bilang memang ada lambat prosesnya.... tp selama sy terapi bertemu org2 rata2 dalam 2 minggu nekuknya sdh lebih dr 110 derajat sehingga bs naik sepeda statis.

apakah bro n sist ada yg seperti saya? ada rasa khawatir apakah hasil operasi kurang sempurna atau ada hal lain.....


Jangan buru2 buat bisa nekuk full gan, tiap orang kan beda2. Kalo di paksa nanti malah acl kendor atau acl lexity. Skrng mungkin ga keliatan, tp setelah 9-12 bulan baru berasa feeling give away di lutut waktu olahraga. Jadi kalo acl lexity artinya operasi nya gagal gan. Cara perbaikin nya yah di reconstruksi acl ulang.
Saran ane, pelan2 aja recovery nya. Bertahap aja gan. Emang lama, tp bukan nya cepet2an sembuh, tp yg penting jgn ampe gagal operasi nya gara2 salah therapi nya.
Note: yg penting fokus sama penguatan otot2 di sekitar lutut gan biar ga ampe mengecil sangat dan lutut nya di gerak2in biar ga kaku.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
06-12-2019 19:32
Balasan post hp170479
Usia berapa ni gan. Ane 29 tahun tp bikin acl aja ga ada potong meniskus, seminggu udah nekuk duduk dan jalan biasa tp msh pincang. Minggu 2 udah jalan biasa tp msh pake brace sampe 4 bulan kalo ga salah
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
09-12-2019 14:34
Balasan post eggwhite999
wah tks masukannya. hr ini br plg terapi di rs. terapisnya masa nyerah... katanya sangat kaku, ototnya dah pada nempel. katanya bs dimobilisasi tp sy dibius spy lbh maksimal.... entahlah sy jg bingung... jumat ini rencana konsul lagi ke dr ortopedi yg operasi saya. smoga ada pencerahan.

setelah di rs sy lanjut fisio di luar. ada terapis yg juga prihatin liat kondisi sy yg lambat sekali progressnya tp ada terapis yg kasih semangat "pasti bisa" , pelan2 pasti bisa. kondisi otot tiap org berbeda. yg penting gerak2 n latihan tuk mencegah tambah kaku.

makasih gan, sy semangat lagi.....
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
09-12-2019 14:37
Balasan post vierihadid
40 gan.... iya rata2 2 minggu dah bs nekuk lbh dr 100 derajat. sy 2 bulan msh 70-80 derajat. wl ada terapis yg sedikit pesimis tp sy tetep semangat smoga otot ini bs pulih kembali. tks gan dah share
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
10-12-2019 17:08
Balasan post hp170479
@hp170479 iya semangat aja gan, usia memang pengaruh banget kemaren ngobrol sama dokter physio. asal rutin dan rajin physio, bisa itu otot balik mendekati normal.
profile-picture
nomorpower memberi reputasi
0 1
-1
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
06-01-2020 05:33

Achilles Tendon Rupture

Halo Agan2... mohon info apakah ada teman2 yg pernah cedera Achilles Tendon Rupture 100%. Mau tanya dan minya share info. Terima kasih
Diubah oleh mr.fransisko
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
06-01-2020 12:12
Balasan post eggwhite999
Quote:Original Posted By eggwhite999


Obat penahan sakit setelah operasi yah di ksh lah gan, cuman untuk 2-3 minggu aja.
Sakit nya yah lumayan kalo seminggu pertama, makanya phyisio 3x seminggu.
Kayaknya implant nya titanium, kalo yg keramik ane kurang tahu yah.
Dokter bedah nya sih bilang bisa jalan setelah 1,5 bulan ampe 2 bulan setelah operasi, cuman yah tergantung physio nya sama aktivitas di rumah. Makin banyak gerak yah makin cepet sembuh gan. Kalo ga di pake gerak lutut nya yah bakalan kaku and makin lama sembuh nya.
Nanti setelah 2 bulan bakalan check up lg sama dokter s.p.ot. nya buat di liat perkembangan nya.


Gan ... sory nanya lagi ... nyokap ane baru operasi TKR seminggu lalu kaki kanannya .... dia rada bengkak ungu dari paha lutut mata kaki ... klo utk jalan pake tongkat ....

hanya sajah rada kram, tegang otot, dan kaku .... itu hal wajarkah ?

dan utk fisio terapi, dokter gak ada saran, cuma dibilang harus blajar jalan .... seumpama ane mau fisioterapu itu dimana yah gan ... ane jakarta ...

thx

0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
09-01-2020 21:34
Quote:Original Posted By david_newcastle
Gan ... sory nanya lagi ... nyokap ane baru operasi TKR seminggu lalu kaki kanannya .... dia rada bengkak ungu dari paha lutut mata kaki ... klo utk jalan pake tongkat ....

hanya sajah rada kram, tegang otot, dan kaku .... itu hal wajarkah ?

dan utk fisio terapi, dokter gak ada saran, cuma dibilang harus blajar jalan .... seumpama ane mau fisioterapu itu dimana yah gan ... ane jakarta ...

thx


Kalo bengkak wajar gan, ungu2 itu pertanda embolism dan itu wajar. Coba agan cepet2 beli stocking anti embolism. Banyak yg jual, itu di pakai selama 2 bulan pertama pasca operasi gan. Kalo di luar biasanya lgsng di kasih pasca operasi, kalo disini ga di kasih yah beli sendiri aja. Di pake tiap hari, cuman di lepas waktu mandi aja.
Kram, otot tegang dan kaku wajar kalo msh seminggu. Coba di terapi di physio aja gan. Biasa sebulan pertama di target in buat bisa nekuk sampe 90 derajat atau 120 derajat. 2 minggu pertama pasti rada sakit gan, pelan2 aja. Jalan pakai walker, banyakin jalan pakai walker dulu, setelah 2 minggu atau 1 bulan ud bisa pakai crutch 1 tongkat.
Kalo physio yah kalo bisa di rumah sakit gan yg agak besar. Biasa 2 minggu awal di kasih alat buat di bantu nekuk dalam posisi tiduran. Perlahan2 dri 45 - 90 derajat dulu 2 minggu pertama. Tiap malem abis terapi pasti sakit apalagi 2 minggu pertama, obatnya cuman paracetamol aja gan. Kalo sakit wajar, pemulihan, nanti pasti ada masa dimana ada kebas, dan itu wajar. Kalo lg istirahat tiduran sering2in di gerak2in telapak kaki buat melancarkan darah dan mengurangi embolism nya gan.
Saran aja kalo buat bantu penyembuhan bisa minum obat cina kayak binahong gtu.
Cuman jangan di minum barengan sama obat dr apotik.
Embolism biasa karena peredaran darah kurang lancar karena kebanyakan diem dan ga gerak gan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
09-01-2020 21:41
Quote:Original Posted By mr.fransisko
Halo Agan2... mohon info apakah ada teman2 yg pernah cedera Achilles Tendon Rupture 100%. Mau tanya dan minya share info. Terima kasih


Achiles tendon rupture, kalo positif memang 100% rupture mesti cepet2 di operasi setelah kejadian rupture dalam 1 minggu. Biar otot betis nya ga mengecil dan masih bisa di jahit. Kalo lewat dr 1 minggu, otot betis bakalan mengecil; butuh di buatkan graft buat nyambung achiles yg putus dan ga bisa kalo hanya di tarik aja.
Dan kalau harus di buatkan graft yah pasti biayanya bakalan nambah. Pemulihan nya yah about 3 months paling cepet. Harus rest selama 1 bulan dan setelah sebulan sudah bisa buat di latih otot betis nya lg pelan biar ga mengecil terlalu jauh yah gan.
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
09-01-2020 21:43
Balasan post eggwhite999
kemarin buka ke dokter umum bedah di siloam (pas ganti kasa operasi) bilang nya klo ini masih bengkak dan difisio terapi lebih baik 3 minggu kemudian ...

nyokap ane ini seringnya jalan pake 1 tongkat .... klo nekuk paling mgk 30-45 derajat klo jalan ...

makanya bingung fisio ato kaga ... bengkak ungu di paha lutut mata kaki ...

nyokap ane gak dapet alat apapun utk nekuk gan .... mesti beli knee brace ?

0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
09-01-2020 21:52
Quote:Original Posted By hp170479
wah tks masukannya. hr ini br plg terapi di rs. terapisnya masa nyerah... katanya sangat kaku, ototnya dah pada nempel. katanya bs dimobilisasi tp sy dibius spy lbh maksimal.... entahlah sy jg bingung... jumat ini rencana konsul lagi ke dr ortopedi yg operasi saya. smoga ada pencerahan.

setelah di rs sy lanjut fisio di luar. ada terapis yg juga prihatin liat kondisi sy yg lambat sekali progressnya tp ada terapis yg kasih semangat "pasti bisa" , pelan2 pasti bisa. kondisi otot tiap org berbeda. yg penting gerak2 n latihan tuk mencegah tambah kaku.

makasih gan, sy semangat lagi.....


Saran gan, Agan latihan pakai cycling gan yg sepeda, itu ngebantu banget. Tp perlahan yah gan.
Banyak2in cycling tiap hari buat bantu. Dari posisi tinggi duduk nya trus perlahan turunin sedikit2. Emang pertama rada sakit waktu di turunin, tp itu ngebantu buat melancarkan darah di lutut juga.
Di buat schedule aja gan every week nya di bantu buat nambah jarak nekuk kaki nya. Skalian buat ngelatih otot2 kaki pasca operasi juga.
Pelan2 juga latihan jinjit dan kalo dah lancar jinjit nanti belajar dr jinjit ke posisi kuda2 tp 60 derajat aja tp tetep jinjit yah gan. Lutut emang berasa mau copot tp itu wajar bakalan sakit bgt after exercise. Kalo sakit kasih paracetamol 500mg x 2 biji yah gan.
Kalo rumah agan ada lantai 2 nya, coba belajar naik tangga pakai kaki yg pasca operasi. Pelan2 aja gan. Ini ngebantu buat otot paha dan betis juga.
0 0
0
Halaman 185 dari 186
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia