Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3665
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014791494/penderita-cidera-lutut-acl-pcl-dsb-masuk-sini
Halo Agan2... Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua.. baik saya mulai duluan. *
Lapor Hansip
06-06-2012 02:27

Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini

Halo Agan2...

Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua..

baik saya mulai duluan.

* Untuk MRI saya di RS CIkini Jakarta Pusat. Biaya 2 juta rupiah
* Operasi saya di Rumah Sakit Pondok Indah. Biaya kurang lebih 50 juta rupiah. ditangani langsung oleh dokter Andre Pontoh yang cukup terkenal (Googling aja sendiri, Gan). Kamar kelas 3.
* Hasil Operasi? masih proses rehabilitasi, Gan... tapi byk pasien yang sukses operasi dengan Dokter Andre Pontoh, dan beliau sudah sukses operasi 400 pasien lebih yang mengalami gangguan di lutut. saya juga melihat beliau mendapat penghargaan MURI dalam hal operasi terbanyak (Tahunnya saya lupa)


bagi Agan yang pernah mengalami hal yang serupa (Cidera Lutut) silakan menceritakan pengalamannya dan kondisi Agan sekarang (membaik atau tidak. hehe). Saya merasa ini penting karena saya tidak menemukan sebuah forum di mana penderita cidera lutut dapat saling berbagi..

Oh iya, Agan2 bisa jg saling berbagi informasi dokter mn saja yg pny reputasi baik. Saya mulai:
1. Andre Pontoh (Googling sndr gan.. hehehe.. Dokter ane jg.. di RSPI, Pondok Indah)
2. dr. Bobby Nelwan (Dokter yang berhasil mengoperasi Boaz Salossa, Striker tim sepakbola Persipura. Praktek di RS Omni Internasional Jakarta)

Threat ini pasti jauh dari kata sempurna, oleh krn itu, kedepannya akan terus ane tambah dan perbaiki ya.. Mohon bantuannya.. untuk kita dan tmn2 yang memiliki masalah yang sama dan butuh informasi dan berbagi pengalaman..

Terima kasih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Muhamadgogon dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Halaman 1 dari 185
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
10-12-2019 17:08
Balasan post hp170479
@hp170479 iya semangat aja gan, usia memang pengaruh banget kemaren ngobrol sama dokter physio. asal rutin dan rajin physio, bisa itu otot balik mendekati normal.
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
09-12-2019 14:37
Balasan post vierihadid
40 gan.... iya rata2 2 minggu dah bs nekuk lbh dr 100 derajat. sy 2 bulan msh 70-80 derajat. wl ada terapis yg sedikit pesimis tp sy tetep semangat smoga otot ini bs pulih kembali. tks gan dah share
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
09-12-2019 14:34
Balasan post eggwhite999
wah tks masukannya. hr ini br plg terapi di rs. terapisnya masa nyerah... katanya sangat kaku, ototnya dah pada nempel. katanya bs dimobilisasi tp sy dibius spy lbh maksimal.... entahlah sy jg bingung... jumat ini rencana konsul lagi ke dr ortopedi yg operasi saya. smoga ada pencerahan.

setelah di rs sy lanjut fisio di luar. ada terapis yg juga prihatin liat kondisi sy yg lambat sekali progressnya tp ada terapis yg kasih semangat "pasti bisa" , pelan2 pasti bisa. kondisi otot tiap org berbeda. yg penting gerak2 n latihan tuk mencegah tambah kaku.

makasih gan, sy semangat lagi.....
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
06-12-2019 19:32
Balasan post hp170479
Usia berapa ni gan. Ane 29 tahun tp bikin acl aja ga ada potong meniskus, seminggu udah nekuk duduk dan jalan biasa tp msh pincang. Minggu 2 udah jalan biasa tp msh pake brace sampe 4 bulan kalo ga salah
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
05-12-2019 16:46
Quote:Original Posted By hp170479
Bro n Sist share pengalaman dong mengenai fisionya....

17 Okt sy operasi acl (bikin baru) n potong meniskus di lutut kanan di rs omni alamsutera. Biaya cover BPJS + tambah hampir 20jt. 25 Okt ganti perban. 29 okt pertama x fisio diluar krn di rs penuh dan dischedulekan bulan des. 4 nov buka jaitan n boleh belajar napak kata dokternya. kemudian lanjut lg fisionya. skrg sudah mulai berjalan tanpa tongkat tp msh tdk kuat jauh (kadang bs bengkak n sakit). sdh bs berdiri 1 kaki bertumpu di kaki yg sakit tp sambil jinjit blm bisa.

yg terasa lama adalah nekuk br smp 65-70 derajat dan kaki lurus masih kurang 10 derajat padahal sudah 1 bulan terapi (11x). terapis bilang memang ada lambat prosesnya.... tp selama sy terapi bertemu org2 rata2 dalam 2 minggu nekuknya sdh lebih dr 110 derajat sehingga bs naik sepeda statis.

apakah bro n sist ada yg seperti saya? ada rasa khawatir apakah hasil operasi kurang sempurna atau ada hal lain.....


Jangan buru2 buat bisa nekuk full gan, tiap orang kan beda2. Kalo di paksa nanti malah acl kendor atau acl lexity. Skrng mungkin ga keliatan, tp setelah 9-12 bulan baru berasa feeling give away di lutut waktu olahraga. Jadi kalo acl lexity artinya operasi nya gagal gan. Cara perbaikin nya yah di reconstruksi acl ulang.
Saran ane, pelan2 aja recovery nya. Bertahap aja gan. Emang lama, tp bukan nya cepet2an sembuh, tp yg penting jgn ampe gagal operasi nya gara2 salah therapi nya.
Note: yg penting fokus sama penguatan otot2 di sekitar lutut gan biar ga ampe mengecil sangat dan lutut nya di gerak2in biar ga kaku.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
05-12-2019 14:02
Balasan post eggwhite999
ok thx gan ....
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
05-12-2019 10:01
Quote:Original Posted By david_newcastle
nanya lagi gan .... gak dikasi obat penahan sakit ? ... sakit nya itu bener bener parah banget ato sakit gimana yak ...

implan yg dipake ke nyokap ente itu titanium ato keramik ?

dokternya bilang kapan bisa normal lagi tanpa pakai tongkat ?


Obat penahan sakit setelah operasi yah di ksh lah gan, cuman untuk 2-3 minggu aja.
Sakit nya yah lumayan kalo seminggu pertama, makanya phyisio 3x seminggu.
Kayaknya implant nya titanium, kalo yg keramik ane kurang tahu yah.
Dokter bedah nya sih bilang bisa jalan setelah 1,5 bulan ampe 2 bulan setelah operasi, cuman yah tergantung physio nya sama aktivitas di rumah. Makin banyak gerak yah makin cepet sembuh gan. Kalo ga di pake gerak lutut nya yah bakalan kaku and makin lama sembuh nya.
Nanti setelah 2 bulan bakalan check up lg sama dokter s.p.ot. nya buat di liat perkembangan nya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
05-12-2019 06:24
Balasan post eggwhite999
Quote:Original Posted By eggwhite999


Pengalaman ane 4 minggu lalu anter nyokap ane di malay, kuchink. Biaya 21rbu ringgit.
Kalo implant bisa lgsng nanya ke dokter nya mau pake apa, beda bahan yah beda harga, tiap dokter biasa punya recomend nya.
Abis operasi 3-5 hari bisa jalan pake walker, tp saat week 2-4 bisa pake tongkat tergantung kuat atau ga nya otot kaki yg di TKR. Kalo dokter therapy physio justru di bilang sehari setelah TKR di suruh jalan, biar lutut nya ga kaku.
Proses physio yah sakit, tp namanya penyembuhan pasti sakit. Lutut setelah physio biasa panas, malem nya sakit untuk 2-4 weeks pertama. Tiap hari walau tdk phisio, lutut harus di gerak2kan. Sakit yah memang sakit tp, lbh baik sakit di awal ketimbang setelah 2-4 minggu lutut jadi kaku dan lbh sakit lagi untuk di gerakkan, otot2 nya jadi mengecil (fungsi therapy sesungguhnya untuk mengurangi pengecilan pada otot)

Semoga membantu.

Note: implant biasanya bisa bertahan selama 20 tahun. 1 dari 10 orang ada yg harus ganti setelah 10 tahun. Panjang pendek nya juga bergantung dari berat badan dan penguatan otot kaki biar lebih tahan lama.


nanya lagi gan .... gak dikasi obat penahan sakit ? ... sakit nya itu bener bener parah banget ato sakit gimana yak ...

implan yg dipake ke nyokap ente itu titanium ato keramik ?

dokternya bilang kapan bisa normal lagi tanpa pakai tongkat ?
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
04-12-2019 00:42
Quote:Original Posted By david_newcastle
Gan ...

Ada punya ortu yg pernah operasi TKR krn tua ?

tuh pake implan apa yg enak dan ringan serta awet ?

biasanya tuh di RS 3-5 hari ... emang abis itu bisa langsung jalan ? trus proses fisio terapinya sakit sekali ?

biaya TKR umumnya berapa sih gan ? tindakan + implan

emoticon-Sundul


Pengalaman ane 4 minggu lalu anter nyokap ane di malay, kuchink. Biaya 21rbu ringgit.
Kalo implant bisa lgsng nanya ke dokter nya mau pake apa, beda bahan yah beda harga, tiap dokter biasa punya recomend nya.
Abis operasi 3-5 hari bisa jalan pake walker, tp saat week 2-4 bisa pake tongkat tergantung kuat atau ga nya otot kaki yg di TKR. Kalo dokter therapy physio justru di bilang sehari setelah TKR di suruh jalan, biar lutut nya ga kaku.
Proses physio yah sakit, tp namanya penyembuhan pasti sakit. Lutut setelah physio biasa panas, malem nya sakit untuk 2-4 weeks pertama. Tiap hari walau tdk phisio, lutut harus di gerak2kan. Sakit yah memang sakit tp, lbh baik sakit di awal ketimbang setelah 2-4 minggu lutut jadi kaku dan lbh sakit lagi untuk di gerakkan, otot2 nya jadi mengecil (fungsi therapy sesungguhnya untuk mengurangi pengecilan pada otot)

Semoga membantu.

Note: implant biasanya bisa bertahan selama 20 tahun. 1 dari 10 orang ada yg harus ganti setelah 10 tahun. Panjang pendek nya juga bergantung dari berat badan dan penguatan otot kaki biar lebih tahan lama.
Diubah oleh eggwhite999
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
02-12-2019 21:58
Gan ...

Ada punya ortu yg pernah operasi TKR krn tua ?

tuh pake implan apa yg enak dan ringan serta awet ?

biasanya tuh di RS 3-5 hari ... emang abis itu bisa langsung jalan ? trus proses fisio terapinya sakit sekali ?

biaya TKR umumnya berapa sih gan ? tindakan + implan

emoticon-Sundul
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
30-11-2019 12:17
Bro mau nanya,ane udah 2 minggu pasca operasi acl dan meniscus,tapi lutut masih berasa kaku untuk bengkokin dan lurusnya juga belom bisa

Ada saran kah?
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
Lapor Hansip
30-11-2019 10:52
Balasan post oyongrahadian
Mbak mau tanya" soal operasi,nomer wanya ada gak,itu yg dipost nomernya kok gabisa
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
29-11-2019 14:19
Buat teman-teman penderita ACL Rupture dan/atau Meniscus Tear yang berdomisili di Jakarta Selatan dan sekitarnya, silakan join ke group WA dengan klik link berikut :

https://chat.whatsapp.com/J8XlTyPV17DEOS6LKJaTIM

Yuk kita bahas permasalahan ini bareng-bareng, semoga teman-teman bisa segera pulih dan bisa olah raga kembali.
Dilarang berdagang, no sara
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
25-11-2019 16:34

Fisioterapi rata2 berapa lam?

Bro n Sist share pengalaman dong mengenai fisionya....

17 Okt sy operasi acl (bikin baru) n potong meniskus di lutut kanan di rs omni alamsutera. Biaya cover BPJS + tambah hampir 20jt. 25 Okt ganti perban. 29 okt pertama x fisio diluar krn di rs penuh dan dischedulekan bulan des. 4 nov buka jaitan n boleh belajar napak kata dokternya. kemudian lanjut lg fisionya. skrg sudah mulai berjalan tanpa tongkat tp msh tdk kuat jauh (kadang bs bengkak n sakit). sdh bs berdiri 1 kaki bertumpu di kaki yg sakit tp sambil jinjit blm bisa.

yg terasa lama adalah nekuk br smp 65-70 derajat dan kaki lurus masih kurang 10 derajat padahal sudah 1 bulan terapi (11x). terapis bilang memang ada lambat prosesnya.... tp selama sy terapi bertemu org2 rata2 dalam 2 minggu nekuknya sdh lebih dr 110 derajat sehingga bs naik sepeda statis.

apakah bro n sist ada yg seperti saya? ada rasa khawatir apakah hasil operasi kurang sempurna atau ada hal lain.....
0 0
0
Lihat 3 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
23-11-2019 21:02
halo gan, baru operasi acl seminggu yg lalu. Kejadian injury dr tahun 2017 gegara maen basket. diagnosa kmrn terakhir Total rupture acl dan partial meniscus tear dan akhirnya di buang dan ada meniscus yg di repair. operasi di malay di daerah kuchink. total abis sktr 17rbu ringgit sama kamar 3 malam.
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
22-11-2019 13:51
gan newbie mau nanya kemaren ane baru kecelakaan motor , posisinya ane keseret, kaki kanan nyium aspal dan ketimpa motor ane juga, akhirnya di bawa ke rs , setelah hasil ronsen tulang normal tapi waktu hasil MRI 2 ligamen ane putus. kata dokter si kalo bisa di tekuk kakinya dan jalan ga usa operasi. nah pertanyaan ane , kalau emang ane ga perlu operasi, hal apa saja yang harus ane lakukan ? kalau untuk fisioterapi rutinnya berapa kali ya dalam sebulan ? dan daerah bsd/jakarta tempat fisioterapi yang disarankan dimana saja ya ? mohon bantuannya agan2
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
06-11-2019 00:20
baru jam 2 td ane selesai operasi ACL & minescus di RSPAD pav. Kartika, waktu operasi di bius lokal dan sambil nonton proses operasinya yg dmna minescus yg sobek d jahit sama pembenahan ACL.... seru lihat prosesnya tanpa ada rasa sakit.... tp sekarang berasa ngilunya mungkin karena efek biusnya habis.... kwkwkw.... ane istirahat dlu... nanti lanjut lg....
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
04-11-2019 14:54
Maaf mau tanya
Kemarin hasil MRI baru keluar dan hasilnya parsial tear acl,
untuk pengobatannya apakah hanya dengan jalan operasi atau ada pengobatan dengan cara lain kah?
0 0
0
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
03-11-2019 09:59
Quote:Original Posted By choiannadream
Sebanyak 4x Operasi ACL & meniscus repair dg teknik Arthoscopy GRATIS biaya ditanggung 100% oleh BPJS.

Singkat cerita, saya cewek thn ini usia 28 thn memanfaatkan pembiayaan BPJS untuk melakukan operasi ACL dan operasi Meniscus repair sebanyak 4x yaitu:

(1) Tahun 2014 - 1x Operasi rekonstruksi ACL lutut KANAN - dg hasil MRI putus total
(2) Tahun 2014 - 1× operasi meniscus repair lutut KANAN - didiagnosa meniskus robek (di saya gejalanya locking parah, salah posisi kaki dikit aja bkin lutut nekuk trus gak bisa dilurusin, musti ditekuk2 lg kesana kemari biar bisa lurus)
(3)Tahun 2014 - 1x Operasi meniscus repair utk ke 2 kalinya pada lutut KANAN - karena masih juga locking (ternyata ada serpihan2 meniskus lagi yg ganggu di lutut)
(4) Juni 2018 - 1× Operasi rekonstruksi ACL lutut KIRI - hasil MRI menunjukkan ACL putus

Berapa biaya yang saya keluarkan selama di RS?
Hanya biaya untuk jajan snack selama opname aja

Dimana saya operasi?
Di rumah sakit Saiful Anwar Malang

Dioperasi dokter siapa?
Dr. Edi Mustamsir, SpoT
Dokter ortopedi senior terbaik yang sabar banget n komunikatif. Orangnya selalu detail dan gak pernah buru2 klo diajak konsultasi. Selalu dijelaskan dg gamblang apapun itu.

Biaya MRI juga ditanggung BPJS?
Iya gratis. Waktu itu saya MRI di Persada Hospital Malang. Kalo gak salah inget 2jt apa 2,5 jt yaa agak lupa

Sejarah cideranya bagaimana?
Di bagian ini rasanya penting, agar bisa jadi pelajaran buat yg lain. Awalnya thn 2007 lutut KANAN saya keseleo waktu landing saat melakukan gerakan Lay-up pada olahraga basket. Terdengar suara krak. Kurangnya wawasan soal ACL membuat saya berpikir ini keseleo biasa. Sebulan kemudian setelah sembuh saya ngeyel olahraga lagi dan kejadian yg sama terulang. Masih ngeyel juga nih ikut kompetisi lompat jauh dan berhasil di posisi juara 2 walopun pulangnya pincang gara2 keseleo lg di tmp yg sama (masih aja sempet sombong, minta dihajar dulu baru kapok) 😂
Begitu seterusnya sampai terakhir di thn 2013 lagi2 cedera di lutut yg sama pas jogging (cedera ke-8) dan mulai curiga ni lutut nggak normal. Selain gampang cidera, kali ini bengkak dan rasa nyeri nya hampir setiap waktu dan saya menahannya selama hampir 1 tahun dg minum anti nyeri pas kalo rasa nyerinya gak tertahankan dan ganggu tidur (mgkn overdosis nih semau gue gitu minumnya 😂). Puncaknya di awal 2014 saya akhirnya mengangkat bendera putih saat perjalanan naik bus antar kota Surabaya - Malang dimana obat anti nyeri nya kalah telak dan gak mempan sama sekali! Nangis deh di bis yg rasanya ke Malang itu kayak ke Papua Nugini, gak nyampe2 😭 (mas2 sebelah sampe ngeliatin dan mgkn dikiranya aku hbs diputusin pacar wkwkwk). Akhirnya baru cek utk pertamakalinya ke dokter ortopedi. Tanpa MRI Dr. Erwin yg ternyata lbh ke spesialis tangan langsung tau ACL putus krn udh goyang banget kondisi lututnya.

Nah kalo yg lutut KIRI ini sepele banget. Ceritanya lagi gendong bayiku. Di parkiran RS Hermina aku ambruk keseleo gara2nya aku maksain naik motor kan dibonceng, trus pas mau naik kan bertumpu di 1 kaki dulu, kaki kananku aku puter dikit krn aku pikir nanggung ngepasinnya. Krn aku maksain puter inilah langsung jeglekkkk kedenger bunyi pop krak. Sakit nya jangan ditanya deh. Setelah itu dibuat jalan gak bisa kyk goyang2 mlengse2 gitu.
Dari cuma 1x keseleo itu tadi hasil MRI bilang ACL putus 😭
Mgkn krn sdh melemah nahan beban selama yg kanan cedera, plus Berat badan sempat tembus 85 kg pas hamil gede. Skrg masih flat di angka 73 kg. Pdhl gadisku 50 kg aja lho 😂
Juga faktor aku lagi2 ngeyel gak mau naik lift tp nyobain naik tangga biar cepet krn waktu itu posisinya lagi buru2 banget udh telat ke dokter anaknya.

Olahraga di rumah?
Kalo aku rutin pake sepeda fitnes di rumah
Juga 1-2 minggu sekali renang

Kondisi sekarang?
Lutut yg operasi thn 2014 sudah berfungsi maksimal tp sayang masih agak atrofi krn berbagai alasan kesibukan dan kemalasan buat latihan 😇
Sedangkan lutut yg dioperasi thn juni 2018 (krg lebih 7 bulan) saat ini bisa nekuk 80% tinggal dikiit lagi. Aktifitas normal. Tp masih DILARANG gendong2 bayi atau angkat2 yg berat. Krn aku sendiri aja kan udh berat banget 🙈
Kalo dipake gendong babyku yg skrg bobotnya 12 kg malemnya gak bs tidur krn nyeriii banget dua2nya. Namanya ibu kdg gak bs nolak kalo anaknya minta gendong..sering kasian gitu sih 😢

Bisa minta no. Whatsapp? (khusus utk tny2 soal cedera ACL, soal operasinya, dll)
082217290179
Note: pertanyaan selain topik ini tidak akan saya balas dan bisa juga saya block. Terimakasih 😇
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
03-11-2019 07:32
Quote:Original Posted By abidwibowo
emang bener gan, ACL itu gak masalah kalo gak di operasi, tapi resikonya gak akan bisa lari atau aktivitas berat lagi. waktu itu ane juga dikasih advice sama dokternya seperti itu. tetapi ane memutuskan untuk operasi emoticon-Leh Uga


Iya gan sama kayak saya dijelaskan seperti itu kemudian saya putuskan untuk operasi
0 0
0
Halaman 1 dari 185
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia