Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013754958/sack-sirion-auto-community-kaskus
WELCOME TO THE HOME BASE OF SACK (SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS) Thread ini merupakan lanjutan dari thread tempat ngumpul sebelumnya di Tentang DAIHATSU SIRION ngobrol disini nyok! Dimana TS thread sebelumnya udah gak aktif lagi. Semoga dengan dibuatnya thread baru ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi para pengguna Sirion di Indonesia dan menambah referensi tentang Sirion untuk para calon
Lapor Hansip
30-03-2012 09:05

SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]

WELCOME TO THE HOME BASE OF
SACK
(SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS)


SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
Quote:Thread ini merupakan lanjutan dari thread tempat ngumpul sebelumnya di Tentang DAIHATSU SIRION ngobrol disini nyok!
Dimana TS thread sebelumnya udah gak aktif lagi.

Semoga dengan dibuatnya thread baru ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi para pengguna Sirion di Indonesia dan menambah referensi tentang Sirion untuk para calon pengguna Sirion.

SACK terbuka bagi siapa saja baik itu pengguna, calon pengguna maupun mantan pengguna Daihatsu Sirion. Silahkan berbagi tips & trick, pengalaman, keluhan, modifikasi, etc tentang Daihatsu Sirion tentu dengan selalu memegang nilai-nilai kesopanan dan etika.

Di SACK, semua member diperlakukan sama rata dan sama tinggi. Tidak ada Ketua, tidak ada wakil, or whatever...


BestRegards

SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]


ABOUT SIRION
About Sirion


SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN SIRION DI INDONESIA
Sejarah

Cara Gabung SIC (SIRION INDONESIA CLUB)
Diubah oleh S.A.C.K
profile-picture
grg. memberi reputasi
1
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 501
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:10
SPESIFIKASI
Spek


ALL NEW SIRION DELUXE
ANS Deluxe
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:11
tips & trik
tips & trick

modifikasi & aksesoris
modifikasi & aksesoris
Diubah oleh S.A.C.K
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:12

Members of sack

Quote:
JABODETABEK

deepoceanblue | Azhar | B2455DT | Sirion | Grey | jakarta
mwaddicted | DWI | B 1855 VFK | ANS A/T |Icy White| Tangerang-Jakarta
bobbyzz | BOBBY | B 1289 NKI |ANS M/T | White | Tangerang
schoedafunk | DIGDO | B 1287 NKI |ANS A/T 2012 | Icy White | Tangerang
oonbgt | AMIN | |ANS M/T | 2011 | Hitam | Cibubur
Yes.I.4m | ALDY B 1105 SFD |Sirion D 2008 | Abu-Abu Metalik | Bintaro
biru_laut |B 1316 CFS |ANS 2011 | Noble Grey | Tangerang
Chansnowe | CHANDRI | ANS A/T 2012 | Icy White | Graha Raya Bintaro
chronosbudo | IRFAN |B1701KKK [ANS M/T 2011 | Noble Grey | Bekasi
tukangkebon78 | B 14XX SZE |ANS 2012 | Noble Grey | Jakarta – Bogor
dowjoy | Dowfik | B 1917 ZFC |ANS A/T 2012 | Purple | Cibubur
Victhor | Victhor | B 1997 TOI |ANS 2011 | Noble Grey | Jakarta Timur
calichaplin | GHOZALI | B 114 LIF |ANS 2011 | Putih | Djakarta
ddiadi | B 1 XXX |Sirion D A/T 2007 | Hitam | Jakarta-Selatan
VERSCHRICKKELIJ | B 1759 TOZ |ANS M/T 2012 | Icy White | Lebak Bulus Jakarta
dj_jimz | JIMMY | B 1773 BZC | ANS 2012 | Hitam | Jakarta
kaedesoul27 | MADE | B 1303 SKC |Sirion D Smart 2010 | Biru | Pondok Labu Jakarta Selatan
aldolpet | ALDO | A 1088 UI | Sirion Femme A/T | 2010 | Pink | Jaktim
myvipurple | Satrio | B 1200 SZI | ANS 2011 | Ungu | Permata Pamulang, Tangsel
amenity1794 | A 131 3CA |ANS 2012 | Putih | Serang Banten
bargahs25 | B 1789 TOX |ANS STD A/T | White | Kayuputih Jakarta Timur
inov8 | Nabil | B1352PFD |Sirion D 2008 A/T | Biru Metalic | Graha Raya Bintaro
plenoz | B 1283 WFR |ANS Deluxe A/T 2011 | Noble Grey | Depok
Piets | B 1871 ZFD |ANS STD M/T | Midnight Black | Depok
ronald.ekaputra | B 1508 GS | Sirion M 2007 A/T | Merah | Jakarta barat
Fire001 | B 1976 POI |ANS A/T 2012 | icy white | Jakarta
orangjualanaja | MICHAEL | B 1246 BZH | ANS A/T 2012 | Icy White | Jakarta Utara
indraroh0808|indra| B 1635 VFL |ANS A/T 2012|Noble Grey|Graha Raya Bitaro
Hipopotemus29 | Lius Hendra a.k.a Bie | B 13 HNY | ANS | Purple | Jakarta Barat
f1zr_ek | evan | B 1139 BZD | ANS | Putih | JakBar Meruya
Esfan | esfan | B 35 FAN | All New Sirion | hitam | bekasi - cikarang PP on weekdays
stefensinyo | Stefen Sidharta | All New Sirion | Hitam | Jakarta
valovine| Yustine | B 1648 KKR | A/T | Noble Grey | jakarta Utara
Syah611 | Ferdy | B1384EFV | ANS | Black | Depok
danielkinoshi | DANIEL | B 1421 FFA | Sirion D 2008 | Silver Metalik | Depok
rudevimogenheap | DEVI| D 1627 PD | ANS A/T 2011| Mystical Purple | Jakarta-Bandung
sandysugoi | SANDY| B 8687 IO | Sirion M 2009 | Biru | Bekasi
maynamekez| belum dapet plat |ANS A/T |Icy White| Jakarta Timur
Blackzaque | Hendra | B 1025 TOS | ANS A/T 2011 | Hitam | Jakarta Timur
coolcast08 | B 1998 | ANS M/T 2011 | Noble Grey | Jakarta Barat
FunPerson | Reza | B1432BZ* | ANS 2012 | Putih | Jakarta Barat
renzzoman1 | B1338ZFD | ANS 2012 | Icy White | Jakarta
m1ll3n1um | B1501BZL | ANS 2012 | Icy White | Jakarta
mommywerx | Mommy | B 1230 SZN | ANS Deluxe 2012 | Icy White | Jagakarsa, Jakarta Selatan
Lowmillions | B 1138 TZC | ANS 2012 | Black | Jakarta timur
appleguy | rhevano dp | B 1446 WUF | Sirion | Hitam | BSD
JT728 | Jati | B 1622 CFU | ANS M/T 2012 | Icy White | Tangerang
"badboys_125" | Ruly oskar juardo | B.1272.SOG | Sirion Drift 2011 | black metalic | Bintaro-jakarta
ekofebrianto118 | ekofebrianto | b1477nkg | all new sirion | putih | BSD
Droshopstore | Riry | B1575KKT | ANS M/T 2012 | icy white | Jakarta timur – Bekasi
Debhoz | B 1635 TZF | ANS A/T 2012 | Midnight Black | Bekasi - Jakarta Timur
akubukananu| angga| B 1923 KKX| ANS A/T 2012 | icy white | Jakarta timur - Bekasi
motzymotzy | L 38 AR | ANS AT 2012 | Icy White | Jakarta
onmax2/noventino| Noventino | B 1202 POI | ALL New Sirion AT 2012 | PUTIH | BSD
arghaka | Aris | B 1xx6 SZL| ANS AT 2012 | Icy White | Kalibata, Jakarta Selatan
raya19 | taufik adilesmana | B 1901 TOJ | ANS A/T 2011 | ice white | jakarta timur
ranggab | Rangga Bachri | ANS A/T 2012 | ice white | jatisari Bekasi
kuLtheShAx | asrul a.k.a chokie | B 1296 FKF | ANS A/T 2012 | putih | cikarang
derrylicious | derry | B 1958 VFN | ANS M/T 2012 | ice white | tangerang
Quez | Alfin | B 2115 NB | Sirion A/T 2008 | Black | Jakarta Barat
BLUESKYRIDER | rivan | B 1325 TZN | ANS | Icy White | Cibubur, Jakarta
jimz_coolz | Jimmy | B 1580 POX | ANS M/T | 2012 | Grey | Jakarta Pusat
noez92 | B 1120 "BRA" | ANS Deluxe M/T | 2012 | Ivory White | Jakarta Barat
kimtekiloe | Tommy | B 1848 TZQ | ANS A/T | 2012
2163505 | REZA | B 1085 VFM | ANS A/T | 2012 | Black | Tangerang-Jakarta
sk8board88 | Eka | B 1358BZT | ANS 2012 | nobel grey | Tomang
joerkas | Dedy Krismanto | B 1677 NKR | ANS M/T 2012 | purple metalic | tangerang - banten
andrevixioner | Arif S | B 1371 EKD | ANS Deluxe M/T | Icy White | Depok
Chryogenics | ian | ANS M/T 2011 | mystical purple | Bekasi
malikmaliqmaliq | Malik | B 1551 VUE | Sirion M/T 2007 | Silverstone | Bekasi


Quote:
JAWA BARAT

R.1 | IRFAN | T 1365 AF | ANS M/T 2011 | Noble Grey | Purwakarta
reeze_wind | D 1315 ZI | ANS 2011 | Putih | Bandung – Cirebon
zookside | NEGY | D1257LU |Sirion D 2009 | Hitam | Bandung
papasaurus | IBINK | E 1223 BF |ANS Deluxe 2011 | Putih | Cirebon
ghaijal | RIZAL | E 1399 BF | ANS A/T 2012 | Icy White | Cirebon-Tasik-Bandung
jersey^mania | Deni | E 1208 PL | ANS Putih | Cirebon
Aecpopo | alex | D 911 QQ | ANS (A/T) | Icy White | Bandung
rudevimogenheap | DEVI | D 1627 PD | ANS (A/T) 2011 | Mystical Purple | Bandung
Siraje.geblek | Agil | F xx | ANS D A/T | Putih | Bogor
jayakusuma08 | hartono | E 1426 BH | ANS M/T 2012 | icy white | indramayu -cirebon


Quote:
YOGYAKARTA

Imoshy | Yan | B1349FKE | ANS matic 2012 | HItam | jogja


Quote:
JAWA TENGAH

upikfii | sirion M 2007 | Hitam | Semarang
hezz | BM 1776 QJ | Sirion D M/T 2008 | Abu-abu | Semarang
warastra.adhi | H 8998 ZR | ANS 2011| putih | semarang
gunawan75 | ARIF GUNAWAN | R 8913 BH | ANS 2011 AT | HITAM | PURWokerto
edm135 | Emil | H 8982 YC | ANS | Putih | Semarang
rakhakusuma| ADI D | AB 1620 SE | Sirion D M/T 2010 | Putih | PURWOKERTO JATENG
mr.archd | Ardhy Widyatmoko | G 2345 | Sirion M 2007 M/T | Merah | Semarang


Quote:
JAWA TIMUR

inuyasharema | N 1805 BD | ANS 2011 | Icy White | Malang
echo_darko | Eko Hadi | L1546NQ | Sirion M Sporty 2008 | Grey | Surabaya
whiteANS l erich l L 1514 VV l ANS 2012 l icy white l surabaya
straldin | adhitya putra | N 791 BI | ANS white manual 2013 | Malang


Quote:
SUMATRA

indra.broxz | INDRA | BE 2358 YF | ANS M/T 2011 | Black | Bandar Lampung
ayura.184 | Ardian | BD *88* AO |ANS M/T 2012 | Icy White | Bengkulu
Yongjay | Jaya | BE 2164 YD | ANS M/T 2011 | Icy White | Bandar Lampung
ndri1006 | andri | BH 1091AE | Sirion D MT 2008 | Grey | Jambi
agazyajalah | andre | BM1480ME | ANS M/T 2011 | icy white | medan
zetroindo | Hartanto | ANS A/T | Icy White | Bengkulu
1991.deri | Deri Aditya N | BG 1083 NA | M/ Sporty | Grey metalik| palembang
1991.deri | Deri Aditya N | BG 1083 NA | M/ Sporty | Grey metalik| palembang


Quote:
KALIMANTAN

chalik16 | CHALIK | DA 7184 ZB |Sirion M/T 2011 | Midnight Black | Batulicin Kal-Sel
batchmania | B3 50 FUN |ANS AT 2011 | Purple | Balikpapan
sideways|adhie | KT 1326 MN |ANS 2012 M/T|white |samarinda
nabil farren | nabil | DA 7206 AR | ANS 2012 M/T | Icy White | Sampit
Gilasenjata | Hendry Ismail | KT 1835 MO | All New Sirion | Putih | Samarinda
bharmonoxs l Bambang l KT1726KY l ANS M/T l Grey l Balikpapan
timelow | randy | KT 1986 KR | ANS M/T 2011 | hitam | Balikpapan
xienwien | DA 8749 AR | ANT M/T 2012 | PUTIH | BANJARMASIN
ekewmarikew/harna rizki/KT 1759 BW/Sirion D 2009/White/Samarinda
sunaji026 | Sun Aji | DA7502AO | Sirion M 2010 | Grey | banjarbaru
iqbalparay | B1027BZN | ANS Deluxe 2012 | Icy White | Palangkaraya KAL-TENG
SiNyoWin | Sinyo | DA 7148 AR | ANS 2012 M/T | Putih | Banjarmasin


Quote:
SULAWESI

lukiluke | santok | DD 1079 ID |Sirion M A/T 2009 | Noble Grey | Kendari
milday | mael | DD 815 JR |ANS M/T 2012 | Icy white | Makassar - SulSel
klikman | Marion Widjaya | DB 4484 AP |Sirion Drift 2010 | Black | Manado / SuLuT
boys.dont.cry | Dimaz | DD 1035 XM |ANS M/T 2012 | icy white | Makassar
asatari | asatari | DD365JO | ANS 2011 | Purple | Makassar


Quote:
MALAYSIA

Rangga | ronggo_sweet | WXU8750 | Myvi EZi 2012 | Solid White | PJ, Selangor, Malaysia

Diubah oleh S.A.C.K
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:13

SACK Show Off!

Quote:
R.1
pict ans std ane

reeze_wind
reeze_windsirion

deepoceanblue
deepoceanbluesirion

mwaddicted
masih plat putih

indra.broxz
pict

bobbyzz
Bobbyzzsirion!

schoedafunk
schoedafunksirion!

oonbgt
oonbgtsirion!

hezz
bluwek butut

lukiluke
pict

Yes.I.4m
Yes.I.4msirion

Chansnowe
Chansnowe

jersey^mania
jerseymaniasirion!

esfan
esfansirion!

chronosbudo
chronosirion!

zookside
zooksidesirion!

Quez
quezsirion!

upikfii
upikfiisirion!

kaedesoul27
kaedesoul27sirion!

chalik16
chalik16sirion!

dowjoy
Dowjoysirion

inuyasharema
pict

batchmania
pic

papasaurus
papasaurussirion!

Vichtor
vichtorsirion!

calichaplin
standar aja

ddiadi
Sirion

plenoz
ANS

adhedirga
My sirion

ayura.184
BD*88*AO

myvipurple
pict

Fire001
pict

ghaijal
ghaijalsirion

dj_jimz
pict

phiets
pict

nabil farren
mysiri

inov8
SirionBiru

indraroh0808
pict

Gilasenjata
my all new sirion icy white

danielkinoshi
pict

rudevimogenheap
pict

sandysugoi
pict

Blackzaque
pict

renzzoman1
pict

stefensinyo
ijin nampilin ya

mommywerx
pict

lowmillions
OON ane di parkiran MKG

ndri1006
pict

mommywerx
pict

appleguy
pict

JT728
pict

zetroindo
pict

raya19
pict
Diubah oleh S.A.C.K
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:16

SACK Show Off

Quote:"badboys_125"
pict

boys.dont.cry
sirion ane

mr.archd
si Jago Merah

sunaji026
pict

iqbalparay
pict

motzymotzy
pict

santow76
pict

sunputu
penampakan

Ichal2002
ans ane front & rear

Pict

Chryogenics
pict

malikmaliqmaliq
pict
Diubah oleh R.1
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:25

How Engine Work by SACKER

Quote:Original Posted By deepoceanblue
mohon masukannya

Bagaimana Mesin Bekerja

untuk mengoptimalkan mesin, kita harus memahami dulu cara kerjanya. Mesin bensin 4 tak memiliki 4 langkah:
suck-squish-bang-blow
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
suck = menghisap udara
squish = memadatkan dan mencampurnya dengan bensin dalam perbandingan tertentu
bang = peledakan
blow = pembuangan hasil ledakan

*ini kita bicara khusus mesin saja dulu ya*

mari kita bahas per langkah

suck
langkah ini memasukkan udara ke mesin. darimana sumbernya? udara dari luar mobil dihisap melalui filter udara, throttle body, header ke ruang bakar

squish
disini udara dicampur dengan bensin yg disemprotkan injector. untuk oon, pencampuran diatur melalui ECU mobil untuk mencapai perbandingan stoikometrik ideal 14.64 (udara) :1 (bensin) dimana seluruh komponen dalam pembakaran terbakar habis. perbandingan ini disebut Air Fuel Ratio. Dan rasio inilah yang paling seimbang antara power, fuel economy, dan emisi. bayangkan hubungan ketiga hal ini sebagai suatu segitiga sama sisi yang rapuh. kalau mengoptimalkan salah satu, kedua titik lain akan mengecil. terlalu ditarik, maka segitiganya bisa buyar. kasar nya: untuk hemat, tambahkan rasio udara, tapi kalau kebanyakan ya akan ngempos. untuk power, tambahkan rasio bensin, tapi kalau kebanyakan bisa banjir...

bang
campuran udara-bensin tadi diledakkan dengan busi

blow
hasil pembakaran dibuang melalui exhaust. untuk ngejar efisiensi dan target emisi kadang ada yang disirkulasikan lagi ke ruang bakar untuk diledakkan lagi


Quote:Original Posted By hezz

udah jelas itu prosesnya bro.. emoticon-thumbsup emoticon-Angkat Beer

---
tambahin dikit..
kondisi stokiometri ideal (14.7:1) adalah kondisi rpm idle atau <2000 rpm..
kondisi >2000 rpm stokiometri ideal tsb ga bisa dipake, krn pembakaran jadi terlalu 'kurus' bensin.. hasilnya ga bagus, selain menimbulkan kerak jg bikin panas berlebih di mesin.. simpelnya ga ada tenaga lah..

naa disitu fungsi oksigen sensor.. salah satu parameter ecu utk perintah injektor semprot bensin.. jadi di map ecu pasti ada kondisi utk rpm tertentu, misal 10:1 utk rpm tinggi, 12:1 utk rpm tengah dan 14:1 utk rpm bawah..

ada kemungkinan di O2 sensor jg masalah ndut2an di transmisi manual di rpm rendah.. sensor yg dipake range-nya sempit (0-1 volt) akirnya matrix mapping ecu mungkin ga sesuai atau kurang pas atau emang di-set utk ngejar irit..

trus ttg sirkulasi tahap blow yg dikembalikan ke intake, biasanya utk aplikasi turbo.. klo non turbo ya buang aja langsung.. emoticon-Smilie

*cmiiw* emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By deepoceanblue
Optimalisasi Mesin

Mesin sebagaimana dikirimkan ke konsumen seringkali belum optimal karena produsen memang harus berkompromi untuk mendapatkan keseimbangan bagi berbagai kebutuhan. banyak faktor yang harus dipertimbangkan: horse power, torsi, keandalan, konsumsi BBM, kemudahan produksi, keamanan, dan harga.
sebagai konsumen, adalah hak kita untuk mengatasi kompromi tersebut sesuai kebutuhan kita. tentu dengan pertimbanga matang-matang dan risiko ditanggung sendiri ya emoticon-Smilie

mari kita coba bahas sesuai dengan langkah kerja mesin

1. SUCK
tahap ini adalah menghisap udara yang jadi reaktan pembakaran di mesin. tanpa udara, mesin ngga akan nyala. premisnya: lebih banyakdan lebih cepat udara masuk, maka mesin akan lebih efisien pembakarannya. bagaimana caranya? udara dimasukkan melalui filter udara, throttle body, dan pipa2 intake... kebanyakan dimainkan disitu.

2. SQUISH
tahap pencampuran udara dan bensin sesuai dengan AFR yang diinginkan. kalau suplai udara sudah diperbanyak, maka ECU akan mengkompensasi dengan suplai bensin yang lebih banyak di tiap titik RPM. kadangkala kemampuan suplai bensin sudah maksimum sehingga harus diimbangi juga emoticon-Smilie *berlaku dua arah ya*

3. BANG
tahap meledakaan AFR tadi. ledakan dimantik melalui... busi. karena itu banyak dimainkan dari segi pengapian dan kelistrikan. dan konversi ledakan ke tenaga emoticon-Big Grin

4. BLOW
pembuangan hasil pembakaran tadi. banyak makan harus banyak juga kan yang dikeluarkan? emoticon-Stick Out Tongue efisiensi exhaust menjadi pilihan banyak orang.

=====

ada masukan dan pertanyaan? hihihi


Diubah oleh R.1
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:41
maap om TS, ane edit ganti poto kopdar perdana Sirioner Tangerang yak emoticon-Big Grin



Kopdar perdana Tangerang
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:44
n gabung.. ane baru beli all new sirion februari kemaren.. ungu metalik.. salam kenal
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:46
Quote:Original Posted By hezz
Perilaku eco-driving / mengemudi ekonomis dan hemat bahan bakar seharusnya menjadi pedoman serta acuan kita semua, karena menghasilkan dampak;

1. Menghemat biaya perawatan kendaraan
2. Hemat bahan bakar
3. Lebih berwawasan lingkungan
4. Nyaman bagi penumpang
5. Megurangi stress pengemudi

Ketentuan utama mengemudi ekonomis / eco-driving adalah sebagai berikut;

Pindahkan Transmisi ke Posisi yang Lebih Tinggi Secepat Mungkin
Kendaraan berbahan bakar bensin atau gas perpindahan transmisi dilakukan sebelum 2500 Rpm.
Kendaraan mesin Diesel pemindahan transmisi dilakukan sebelum putaran 2000 Rpm.

note:
bdasarkan pengalaman ane.. utk sirion paling efisien ganti gear di rpm 3200-3500..
kalo di rpm 2500 pasti rpm drop sampe 1500.. efeknya jd ndut2an.. emoticon-Ngacir2


Sedapat Mungkin Pertahankan Kecepatan pada Putaran Ekonomis
Kebanyakan tenaga mesin hanya terpakai untuk akselerasi atau kecepatan tinggi, apabila pengemudi berusaha untuk mempertahankan kecepatan dan putaran ekonomis, maka energi yang terbuang dan boros bahan bakar dapat dikurangi.

note:
hasil riset sementara.. emoticon-Smilie
utk sirion paling efisien jaga putaran mesin di rpm 2100-3500..
rpm >2000 vvt-i mulai bekerja..
rpm >3500 udah mendekati torsi puncak, garis kurva torsi mendekati garis kurva power.. injektor mulai ngocor deres..
lagian gear 5 @3500 rpm udah >120kpj.. emoticon-Big Grin
*cmiiw*


Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu.
Pengereman yang tak perlu memboroskan energi, hindari akselerasi yang ekstrim, kecuali keadaan terpaksa, antisipasi kondisi lalu lintas dan tidak mengikuti mobil lain terlalu dekat dapat menghemat bahan bakar 5 - 10%.

Antisipasi Arus Lalu Lintas
Antisipasi tersebut mencakup;
1. Lalu lintas di depan kendaraan kita.
2. Lalu lintas arah berlawanan.
3. Lalu lintas di persimpangan.
4. Mendahului dan mundur

Untuk itu pengemudi harus;
1. Memandang kedepan sejauh mungkin.
2. Kosentrasi.
3. Mengerem dengan cermat.
4. Hati-hati dengan kendaraan di depan.
5. Jaga jarak.
6. Berusaha sebisanya mempertahankan kecepatan ekonomis.
7. Beradaptasi dengan perubahan situasi.
8. Mengetahui rute perjalanan dan
9. Memperhatikan kerusakan jalan dan kemungkinan kesalahan pengemudi lain.

Meperlambat dengan Lembut
Ketika memperlambat atau menghentikan kendaraan, maka lakukanlah perlambatan dengan lembut dan persneling tetap dalam keadaan masuk.
Untuk lebih menghemat bahan bakar dapat juga dengan menetralkan segera transmisi/menekan pedal kopling bila tenaga mesin untuk pengereman tidak diperlukan lagi, mesin akan secepatnya kembali pada putaran idel dan sisa energi dorong (kinetis) kendaraan dapat dimanfaatkan sampai ke posisi yang diinginkan.

Mengemudi di Tanjakan dan Turunan
Pada jalan mendaki diperlukan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan dengan jalan datar.
Tergantung dari sudut tanjakan yang akan ditempuh, usahakan cara berikut ini;
1. Sesuaikan putaran mesin.
2. Teknik perpindahan transmisi yang tepat dan cermat.
3. Manfaatkan kecepatan kendaraan untuk menempuh tanjakan berikutnya.

Matikan Mesin bila Memungkinkan
Matikan mesin waktu perhentian singkat; pada lintasan jalan kereta api, lampu lalu lintas atau sedang menunggu sesuatu yang berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik.
Ketika menghidupkan mesin kembali jangan tekan pedal gas.

Mengemudi dengan Banyak belokan
Kurangi kecepatan saat mendekati belokan sampai mencapai kecepatan yang sesuai, bila perlu pengurangan kecepatan dilakukan dengan tenaga mesin atau sebisanya tanpa pengereman dan tidak menurunkan transmisi pada posisi yang lebih rendah.
Bila sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak dan putaran mesin tinggi, tidak saja meningkatkan konsumsi bahan bakar dan keausan rem, juga menyebabkan kondisi kurang baik pada pengemudi.

Muatan/Beban
Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang utama. Penambahan beban 100 kg pada kendaraan ukuran sedang (1500 kg) akan menaikkan konsumsi bahan bakar sekitar 6 - 7%
Kurangi beban tambahan yang tidak perlu pada kendaraan.

Aerodinamis
Faktor lain yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar adalah aerodinamis.
Makin cepat laju kendaraan semakin besar hambatan udara yang ditimbulkan, misalnya pada kecepatan 120km/jam dapat meningkatkan sedikitnya 20% pemakaian bahan bakar.

Tekanan Ban
Memeriksa tekanan ban adalah penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi.
Tekanan yang tidak sesuai misalnya kurang 25% dari spesifikasi dapat meningkatkan tahanan gesek sampai 10% serta memboroskan bahan bakar 2%.
Terlalu rendah tekanan ban juga mempunyai akibat kurang baik pada jarak pengereman.
Untuk memastikan tekanan ban, periksa sedikitnya sekali sebulan.

Servis Berkala
Servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, membersihkan saringan udara serta melaksanakan item pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar dan diakhiri dengan uji emisi akan dapat membantu Anda untuk menghemat bahan bakar, oleh kerana itu lakukan
pekerjaan servis berkala kendaraan Anda pada bengkel yang Anda percayai.


0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:48
Kopdar chapter tiap daerah

Kopdar Chapter Tiap Daerah
Diubah oleh S.A.C.K
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:50
Quote:
JABODETABEK 2

santow76 I santo I B 1662 UZB I ANS M/T I cy white I Tangerang-Banten


Quote:
JAWA TENGAH 2

Budhi Sungkowo | boedtsa78 | H 8846 JW I Sirion M M/T | 2007 | Hitam | Semarang


PERHATIAN :
Untuk memudahkan satu sama lain sesama Teman-teman SACK untuk berinteraksi yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, di harapkan untuk mengisi bio data di bawah ini :

KLIK Link untuk mengisi Bio Data emoticon-Cool


KLIK Untuk Melihat semua data Anggota bisa Klik emoticon-Cool





Diubah oleh S.A.C.K
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:51
Quote:1. Informasi tentang ban
informasi ban

2. Ketahanan terhadap temperatur
temperatur

3. Daya cengkraman ban
daya cengkram

4. Tingkat corak ban
corak

5. Kapasitas beban maksimal
beban

6. Simbol kecepatan
kecepatan

7. Waktu pembuatan
pembuatan

8. Corak/alur ban
alur

9. Rotasi ban
Jarak maksimal untuk melakukan rotasi ban adalah setiap 5000 miles atau 8000 km.
Manfaat rotasi ban adalah agar keausan ban dapat merata dan umur pakai ban sama. Ban depan akan lebih mudah aus dikarenakan faktor penyetiran, pengereman serta setelan roda. Keausan ban belakang dipengaruhi oleh beban dan daya faksi yang berat
Skema rotasi ban :
skema rotasi

10. Pengecekan alur/corak ban
cek alur

11. Jenis alur/corak ban
- Jenis unidirectional/directional/rotation
SACK &#91;SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS&#93;
bisa kelihatan kembangan model panah (arrow/chevron) dan mengarah ke satu putaran, arah putaran ini ga boleh kebalik saat pasang ban

- Jenis symmetric
SACK &#91;SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS&#93;
kelihatan bagian kanan/kiri model dan ukurannya sama, hanya saja arahnya dibalik. dengan model ini, sisi luar/dalam sama saja dan arah putaran pun ga masalah...bisa dipasang bagaimanapun

- Jenis asymmetric
SACK &#91;SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS&#93;
terlihat tapak bagian kanan dan kiri berbeda, baik desain, bentuk dan ukurannya. ban ini ga boleh kabalik pasangnya antara sisi dalam dan sisi luar
biasanya kembangan bagian sisi dalam (shoulder-block pattern) lebih luas/lebar, gunanya untuk meningkatkan kestabilan

pada intinya, semua jenis kembangan ban bisa dirotasi, hanya karena karakternya, musti diperhatikan cara rotasinya
ban unidirectional, ga boleh kebalik arah kembangannya, biasanya di sidewall dikasih tanda arah putarannya (maju)

SACK &#91;SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS&#93;

skema kiri dan tengah, bisa diterapkan di ban symmetric atau asymmetric,
kalau gambar yang kanan, skema rotasi untuk ban unidirectional
kalo ban unidirectional diterapkan skema seperti yang gambar kiri atau tengah, arah tapak kembangannya jadi kebalik dan ini ga boleh buat ban unidirectional

tapi kalo mo tetep rotasi silang, bisa aja....caranya, ban dilepas dulu dari velg dan dibalik, baru dirotasi

SACK &#91;SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS&#93;

seperti yg digambarkan di gambar diatas posisi paling kanan, ban belakang dilepas dulu dari velg, dibalik arah luar/dalamnya, pasang lagi ke velg, baru dirotasi dengan ban depannya

12. Tire Calculator
Silahkan buka link Tire Calculator

Cara aplikasinya:
- Masukkan ukuran ban dan velg standar di kolom 1 (wheel 1)
- Masukkan ukuran ban dan velg yg diinginkan di kolom 2 (wheel 2)
- Di bawahnya akan keluar hasil analisanya, selisih diameter, pembacaan speedometer, ruang fender, celah suspensi, sama sidewall ban, jadi kita bisa tau ukuran seberapa yg masih aman buat kondisi mobil standar kita.
Diubah oleh R.1
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:54
Quote:Original Posted By R.1
Masukannya gan, biar lebih mantap tampilannya!



blom ada ide nih,,nanti klo dah klo dah nongol idenya emoticon-Stick Out Tongue

yg penting nampang dulu di pejwan emoticon-Big Grin
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 09:55
Dear all Sirioners!
Untuk update pejwan silahkan ngasih masukan ke ane misal tentang : bengkel rujukan, tips & trik, kelebihan-kekurangan, etc. Tar ane taro di pejwan.
Untuk narsis di pejwan silahkan email dengan format :
- Nama :
- Nama id Kaskus :
- Type Sirion :
- Tahun :
- Warna :
- No Kendaraan :
- Domisili :
Sekalian fotonya ya!
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 10:06
Ane DL dulu ya, see you in monday!
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 10:06
emoticon-thumbsup
Lanjutkan............!
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 10:12
tambahin aja nih di Tips n Trick:

sumber bunyi gluduk-gluduk:
ada tiga komponen yang biasa jadi sumber bunyi gluduk-gluduk di oon:

1. pin kaliper rem depan; umumnya terjadi di oon <2011, karena diameternya lebih kecil dari lobangnya jadi sering goyang2. cara ngetes: kalo jalan di tempat ga rata n bunyi2, coba rem. kalo lagi di rem bunyinya ilang, berarti ini penyebabnya. solusi: ganjel, atau beli pin kaliper yg diameternya lebih gede emoticon-Peace

2. link stabilizer, solusi: ganti
3. top mount/support shock absorber. solusi: ganjel atau ganti
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 10:22
asiiikkk.. rumah baru... gabung yaak
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 10:23
bengkel rujukan pribadi gw:

Phoenix R (mesin, transmisi, general maintenance, modif ngebut)

POSS (Pusat Onderdil Sumarecon Serpong) blok I / 19
CP: Ko-Yang : 081807069087
buka: 13.00-00.00 (?)
pindahan dari yang gading nih. Ko Yang sih udah apal sama K3VE (pada umumnya) n sirion (pada khususnya)
gw sendiri belom pernah ke serpong situ

ada satu site lagi yg di plaza serpong tp ane ga tau

Kramat Motor (audio)
Jl Gading Kirana Timur Blok H 11 No 1 Kelapa Gading Kirana, Jakarta Utara 14240,
t: (021) 453 4643 f: (021) 453 4642
biasanya si parts beli dr temen ane trus diinstallnya disini (rujukan dari dia)

Amarta Per & Shockbreaker
https://foursquare.com/v/amarta-per/4ebc73e2be7bf3d84ed4e22d

Jl. Lebak Bulus I
gampangnya, dari p4an RS fatmawati (klo dari arah blok M) lurus ke arah pd labu, ntar lu bakalan liat sevel, circle K, sama toko velg MdM. nah belok kanan di belokan yang ada plang "Lekker". ikutin jalan sekitar 200meter. ada alfamart trus indomart di sebelah kanan jalan. nah amarta ada 20 meter setelah indomart. bengkelnya ada di sebelah kiri.
CP: Iman 081210403911
0 0
0
SACK [SIRION AUTO COMMUNITY KASKUS]
30-03-2012 11:38
Dapet page 2....emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Halaman 1 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia