News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
514
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013522659/5-proses-kerja-dan-tipsnya
alhamdulillah dalam seminggu dapat 2 HT n trit ini HT yang ke-2 setelah cara menampilkan avatar yang tidak muncul ane gak bisa ngasi pict bukti HT gan coz kemaren ane sama sekali gak buka kaskus :sorry ane buat tread ini cuma buat ngebantu para agan n sista yang ingin masuk kerja sebaiknya baca dulu proses n tipsnya dibawah ini: 1.SCREENING CV Ini merupakan proses seleksi pertama, dimana pelamar m
Lapor Hansip
14-03-2012 11:25

5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA

5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA


Quote:Original Posted By Hot Tread
alhamdulillah dalam seminggu dapat 2 HT n trit ini HT yang ke-2 setelah
Quote:Original Posted By HT ke-1
cara menampilkan avatar yang tidak muncul

ane gak bisa ngasi pict bukti HT gan coz kemaren ane sama sekali gak buka kaskus emoticon-Sorry

ane buat tread ini cuma buat ngebantu para agan n sista yang ingin masuk kerja sebaiknya baca dulu proses n tipsnya dibawah ini:

1.SCREENING CV
Ini merupakan proses seleksi pertama, dimana pelamar mengirimkan surat lamaran pekerjaan beserta CV kepada perusahaan yang dilamar. Adapun biasanya, Perusahaan menerima lamaran ini melalui pos, email rekrutmen perusahaan, job online (jobs*B, Jobs*treet dll) ataupun melalui referal karyawan sendiri.

Apa siy yang diseleksi pada tahap ini?

1. Kesesuaian pengalaman pekerjaan dengan pekerjaan yang dituju.
2. Foto pelamar (biasanya untuk bagian frontline seperti CS, Resepsionis dll).
3. Back Ground pendidikan dan perusahaan sebelumnya.
4. Gaji saat ini dan yang diharapkan.

Tips pada proses ini.

1. Sebaiknya melamar pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan atau pengalamaan sebelumnya, contoh yang dihindari: IT staff melamar sebagai Accounting Manager (Jaka sembung kan ) atau misal fresh graduate melamar sebagai Manager

2. Sebaiknya foto dengan latar belakang warna merah atau biru, dan dengan gaya yang konservatif atau standar (jangan alay )

3. Minta gaji sewajarnya atau sesuai dengan posisi yang dituju, misal: IT staff sekitar 2 - 5 Jt, Finance Manager sekitar 6 - 15 Jt. Ingat perusahan punya budget untuk posisi tersebut dan punya market salary sebagai acuannya.

4. Tulislah Jobs Desc dalam CV, jangan hanya tulis posisi sebelumnya tanpa keterangan apa yang dilakukan.

2. PROSES INTERVIEW
Proses ini bisa dilakukan diakhir atau pertama tergantung prosedur masing-masing perusahaan. Proses interview biasanya dilakukan oleh HR dan User (calon Bos Anda). Oleh karena itu, biasanya pertanyaan2nya juga beda. HR berfokus menggali soft kompentensi seperti komunikasi, leadership, problem solving atau area2 yang pengembangan lainnya, sedang User fokus pada Technical Kompetensi seperti kemampuan penjurnalan, pengetahuan tentang LAN, dll.

Apa siy yang diseleksi pada tahap ini?

1. HR menggali potensi calon karyawan apakah bisa dikembangkan dikemudian hari. Artinya HR menghindari karyawan yang tidak bisa diupgrade
2. Kesesuaian skill yang dimiliki dengan posisi yang dituju. (Pelamar kuat pada networking sedangkan posisi yang dituju adalah design grafis, nah ini yang meragukan pengambilan keputusan)
3. Kemampuan dalam berkomunikasi, bisa dibayangkan klo interview ga bs ngomong

Adapun tipsnya.

1. Berpakaianlah yang rapi, sopan dan ga lebay .

2. Saat interview tunjukan Agan antusias, ingin selalu belajar dan aktif berkomunikasi.

3. Pahamilah perusahaan yang Agan lamar dan posisi yang dituju. (Sejarah perusahaan tersebut dan perkembanganan saat ini)

4. Biasanya HR menggunakan teknik Behavioral Event Interview, yang Agan perlu prepare adalah kejadian2 masa lalu yang berhubungan dengan kompetensi problem solving, interpersonal communication, atau kompetensi yang dibutuhkan pada posisi yang dilamar.

3. PSIKOTES / ASSESSMENT CENTER
Proses ini untuk sebagian perusahaan tidak ada, atau pun untuk sebagian posisi dihilangkan, pertanyaan kenapa?
1. karena untuk menjalankan proses ini memerlukan Psikolog dan tidak semua perusahaan memiliki HR staff yang Psikolog. (jika terpaksa biasanya menggunakan biro Psikologi)
2. Asumsi bahwa untuk posisi level atas telah mengalamai proses psikotes diperusahaan2 sebelumnya serta pada posisi managerial yang dibutuhkan adalah exposure pada posisi tersebut, Psikotes dianggap tidak relevan.

Apa siy yang dilihat pada proses ini?
1. Potential Capability atau potensi kemampuan.
2. Kelainan psikologis
3. Tingkat Kompetensi
4. Personality

apa aja tipsnya:

1. Usahakan cukup tidur malam sebelumnya.

2. Sebaiknya tidak percaya dengan mitos2 psikotes. Contoh: jawaban harus seimbang antara A dan B, atau diratakan pada perhitungan Krepplin (alat tes yang menghitung angka per baris dengan waktu tertentu).

3. Saat tes personality, Agan mesti bisa berpikir terbalik, yaitu jika Agan sebagai HR, profile personality apa yang sesuai dengan posisi yang dituju.

4. Berlatihlah hitung2an standar matematika, karena biasanya soal2 yang keluar sebenarnya hanya itungan2an dasar, kecuali untuk beberapa posisi tertentu.

4. NEGOSIASI GAJI
Proses ini Agan pasti sudah tahu semua, ini proses dimana Perusahaan dan Pelamar melakukan kesepakatan gaji. Gaji pada setiap perusahaan berbeda2 komponennya, biasanya terdapat tunjangan makan, transport, dll yang Agan pegang adalah THP atau take home pay, ini adalah gaji bersih yang Agan terima setiap bulannya. Pada beberapa kondisi, untuk posisi tertentu hitunganya tidak hanya per bulan, tetapi anual to anual, dengan mempertimbangkan bonus, insentif dll.

Apa yang perlu diperhatikan dan tipsnya:
1. Tidak berbohong saat menginformasikan angka gaji. jika ketahuan maka proses langsung dihentikan, bahkan jika Agan diterima pun Agan bisa dikeluarkan, karena dianggap memanipulasi data dan tidak memiliki integritas.

2. Permintaan salary rasional, misal gaji sekarang Rp 4 Jt, Agan pindah ke posisi dan level yang sama, maka angka Rp 5 - 6 Jt cukup rasional.

3. Sampaikan seluruh Gaji yang diterima, termasuk semua tunjangan dan benefit2 lainnya.

4. Pastikan kembali sebelum Agan menyetujui tawaran pekerjaan, yaitu jumlah gaji dalam setahun, insentif, perhitungan bonus dll.

5. MEDICAL CHECK UP
Proses ini menyeleksi secara fisik keadaan Pelamar, biasanya seleksi ini dilakukan pada posisi2 yang menuntut kondisi fisik yang kuat, contoh: sales, engineer, pekerja tambang dll. Pada proses ini yang diseleksi adalah penyakit2 yang dapat mengganggu kondisi fisik dalam bekerja atau rentan menular seperti:
1. Diabetes
2. Hepatitis
3. Penyakit kelamin
4. TBC
5. Jantung
6. Asma dll

Adapun tipsnya, cuma 1 yaitu jaga kesehatan, selain itu cukup istirahat dan jangan kebanyakan nge game

Bagi Agan yang memiliki penyakit2 tersebut sebaiknya tidak melamar pada posisi yang membutuhkan kondisi fisik yang kuat. Cobalah melamar pada posisi back office.

update dari kaskusser
Quote:Original Posted By riecurl
Nice Thread nih gan.

Ane juga sedikit mau share pengalaman ane pas interview ya gan:

Waktu ane pertama kali ngelamar kerja ane salah nego2 gaji.
alhasil pas ane keterima ternyata gaji ane terlampau jauh dr rata2 gaji yg seharusnya bisa ane terima pada posisi itu.

ane berfikiran klo meminta gaji tinggi takut tidak diterima.
Seharusnya ane survei dulu berapa kisaran gaji pada posisi tertentu di perusahaan tsb atau perusahaan2 lainnya untuk sekedar referensi.

Kalo yang udah banyak pengalaman mah pastinya akan minta salary yg lebih tinggi dr waktu di perusahaan sebelumnya. misal IT Support Rata2 2.5 s/d 5 Juta.
Gaji di perusahaan yg lama 3 s/d 4 juta.
Waktu Interview sudah tentu pasti akan minta kisaran 4 koma atau mungkin 5-6 juta.

Nah ini Saran ane buat temen2 kaskuser yg masih fresh graduate dan belum ada pengalaman kerja:
bila waktu interview ditanya mau gaji berapa tegas aja gan. Dalam artian juga masih masuk akal ya. secara masih fresh graduate. emoticon-Smilie
misal agan tau posisi IT Support di perusahan tsb atau perusahaan2 sejenisnya setelah mendapatkan referensi misal 2.5 s/d 5 juta.
Agan minta sedikit lebih tinggi dr angka minimal tersebut misal. "Saya mau 2.8 s/d 3 juta Pak dengan kenaikan sekian persen pada kontrak selanjutnya." Sebutkan alasan agan knp minta digaji tersebut. bilang aja agan punya kemampuan disitu.

Nah: dengan permintaan agan yg ga terlalu tinggi kemungkinan agan akan mendapatkan salary 2.5 s/d 2.8 juta pada kontrak awal. ya paling mentok sikitar 2.2 juta lah gan sbg fresh graduate mah.
dan agan akan mendapatkan kenaikan salary pada kontrak berikutnya (bila kesepakatan waktu nego disetujui). Bila ngga biasanya dalam 6 bulan s/d 1th kedepan agan akan diliat apa kinerja agan bagus. bila bagus tanpa agan minta kenaikan gaji pun mudah2an pasti agan akan dapet kenaikan salary. ya paling lama 1th lah gan untuk penyesuaian gaji...

Alasan kenapa agan harus tegas minta gaji kisaran tsb?
Karena permintaan agan tentunya akan dinego lg.
Trust Me....!!!! itu klo dr pengalaman ane2 yg dulu ya gan....

TS, Jika Berkenan taro pejwan emoticon-Cendol (S)

Buat TS, Nice Thread nih gan. bisa buat info ke temen2 kaskuser yg mau ngelamar kerja.
Semoga diterima....

Cendol meluncur +2
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

karna keterbatasan tempat update dari kaskusser lainya ane sipna dimari gan



makasi agan n sista yang telah menimpuk ane cendol
Quote:Original Posted By CENDOL Plus Bukti HT
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
tapi yang ane heran total reputation ane terakhir ngecek tanggal 09-12-2012 jumlah 28 nah kok sekarang cuma 30 seharusnya khan 34 dengan asumsi 28+6(ane dapet tanggal 11-12-2012). apa cendol ane dicuri maling emoticon-Ngakak

emoticon-army: siapkan diri anda untuk memasuki dunia trit berkualitas emoticon-army:
Diubah oleh fathulmubin
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 26
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
25-03-2012 21:04
soal medcheckup ane mo nambahin gan penyakit yg tidakk di tolerir yaitu ambeien emoticon-Sorry
btw nice info thread gan, ane kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
09-07-2012 18:24
woww nice share gan, apalagi tentang salary itu jadi masukan banget untuk ane, trims gan... emoticon-Smilie emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
09-07-2012 18:33
makasih gan infony emoticon-Toast

ane kebetulan mau ngelamar niii emoticon-Ngakak
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
09-07-2012 19:42
aku coba menyimak 5 proses kerja ini gan
dan mempelajari tipsnya dulu emoticon-shakehand
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
09-07-2012 19:58
biasanya aku terkendala pada saat interview gan emoticon-Mewek
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
09-07-2012 20:07
thread agan bermanfaat sekali emoticon-Add Friend (S)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
09-07-2012 20:42
makasih banget infonya gan, ane lagi butuh informasi ini maklum lagi nyari kerja
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
10-07-2012 13:45
makasih inpohnya Gan ! berguna sekali...
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
13-07-2012 08:42
maaf gan, ikut ninggalin jejak di nice thread...

nice info gan.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
17-07-2012 19:19
Quote:
reserved

ane ijin bukmak dan nyimak gan.





Originally Posted by:
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
___________emoticon-Ngacir ngacir ke trit sebelah ahh
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
04-09-2012 12:26
nice inpoh gan....
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
04-09-2012 13:38
tambahan gan...Sebaiknya jangan melamar pada posisi Back Office jika anda menderita penyakit bisul di pantat yang berkepanjangan...
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
04-09-2012 14:31
nicee infonya gan, mantapemoticon-Najis (S)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
30-09-2012 14:07
threadnya bagus sekali gan emoticon-2 Jempol

bekal ane cari kerja suatu saat nanti
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
01-10-2012 00:14
nice thread gan buat pencari kerja
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
23-10-2012 10:26
thanks infonya gan, ane bukmark dlu.. emoticon-Big Grin

bentar lagi mudah2an ane mulai nyari kerja... emoticon-Malu (S)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
02-11-2012 15:42
nice innpoooh....

ijin book mark ya....emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
03-11-2012 17:12
persiapan buat ntar lulus kuliah emoticon-Big Grin
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
12-11-2012 00:58
ternyata begitu yah prosesnya..emoticon-Matabelo
TSnya tau bgt nih kyknya..emoticon-Matabelo
0 0
0
5 PROSES KERJA DAN TIPSNYA
12-11-2012 01:59
nice share gan, semoga bisa jadi bekal buat para pelamar emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 26
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia