News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2132
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011762826/mau-buka-usaha-modal-dibawah-10jt-coba-jasa-laundry-kiloan
Buat para wirausahawan muda yang mau memulai bisnisnya dari modal yang minim dulu. Ane kasih masukan, kenapa ga coba buka jasa Laundry Kilion? Kalo diliat dari luarnya aja, mungkin jasa laundry ga terlalu menguntungkan. Tapi jangan salah, dengan modal dibawah 10jt. Ente bisa menghasilkan income +/- 3jt perbulan. Mau tau?? Read this. Banyaknya kesibukan dilingkungan masyarakat menjadi hambatan yang
Lapor Hansip
02-12-2011 06:48

Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan

Buat para wirausahawan muda yang mau memulai bisnisnya dari modal yang minim dulu.
Ane kasih masukan, kenapa ga coba buka jasa Laundry Kilion?
Kalo diliat dari luarnya aja, mungkin jasa laundry ga terlalu menguntungkan. Tapi jangan salah, dengan modal dibawah 10jt. Ente bisa menghasilkan income +/- 3jt perbulan. Mau tau?? Read this.

[quote=]Banyaknya kesibukan dilingkungan masyarakat menjadi hambatan yang sangat signifikan untuk berbagi waktu apa lagi mencuci pakaian yang terbilang memakan tenaga dan waktu. Oleh karena itu banyak sebagian orang yang berfikiran (lebih baik menggunakan jasa tukang cuci). Sebenarnya ada sebagian orang yang memilih membayar assisten rumah tangga untuk sekedar mencucikan pakaian mereka.
Tapi, coba kita hitung berapa pengeluaran yang kita keluarkan untuk assisten rumah tangga kita. Dan bandingkan dengan kita gunakan jasa laundry.
Dibilangan jakarta saja Fee minimum untuk assisten cuci pakaian berkisar antara 300-400rb perbulan. (paling yang dicuci beberapa helai perhari).
Nah coba kalo pakai jasa laundry kiloan
1. Ga boros listrik (kan pake listrik mereka emoticon-Blue Guy Peace)
2. Hemat air (kan pake air mereka hehhe emoticon-Big Grin)

Kalo ane biasanya per 1 minggu cuci semua baju itu totalnya sekitar 12kg paling banyak (itu satu keluarga).
Kalo perkilo = 6000 + strika
6000x12=72.000
dikalikan 1 bulan cuma 288.000 coy

Nah maka itu, banyak anggota masyarakat termasuk ane sendiri, lebih memilih jasa Laundry Kilioan dibandingkan menggunakan jasa assisten rumah tangga untuk mencuci pakaian kita.

Beberapa diantara faktor-faktor yang membuat jasa laundry dibutuhkan

- Banyaknya mahasiswa/I, para pekerja dan bahkan anggota rumah tangga sekitar kita, yang menggunakan jasa Tukang Cuci termasuk saya pribadi.

- Sulitnya membagi waktu mencuci disela jadwal pekerjaan/pelajaran masyarakat disekitar kita, sehingga jasa Tukang Cuci sangat mereka butuhkan.

"Loh, apa kita dateng kerumah-rumah terus cuciin baju mereka?
"Nggak lah mas bro, lo cukup sediain tempat aja (Bisa rumah pribadi atau sewa kontrakan). Biar mereka yang dateng. Nah ente tinggal kasih pelayanannya aja.



Tapi inget, kita juga perlu prosedur yang perlu kita lihat. Diantaranya:

"Aspek Pemasaran"


"More FacilityAnd Quality Service"


"Prosedur Kerja"



"Estimasi Harga"


"Biaya Bulanan"


Mari kita hitung:
Dengan jasa cuci perkilogram (timbang dalam kondisi kering) itu rata-rata berkisar antara 5000-6000/kg diseluruh Indonesia bagian manapun emoticon-Big Grin
Hasil survey ane, dari beberapa tempat yang ane datengin.
Meraka bisa dapet minimal 20kg/hari.
Itu mereka cuma duduk nunggu costumer.
Coba kalo kita pakai jurus "MARKETING", berapa kilogram pakaian yang masuk perhari?tapi, ente harus rela antar-jemput ketempat-tempat yang udh ente market. Perlu diinget nih..
Jangan market terlalu jauh dari jangkauan markas ente. Maksimal 15km lahh emoticon-Big Grin

Dengan jasa market, otomatis penghasilan ente bertambah dari 20kg/hari mungkin jadi 30kg atau sukur2 100kg perhari emoticon-Big Grin
Belum lagi Karpet, Bed Cover, Sarung bantal, Selimut, Anduk. Beda lagi tuh harganya. Yang pasti makin buat income ente naik.

"Kita itung tengahnya aja"


Nah makanya itu, aspek pemasaran juga menunjang penghasilan ente.
Dibilangan anak kos, dan pabrik itu paling bagus emoticon-Blue Guy Peace

Ane saranin, jangan kerja sendiri. Selain mustahil, pasti tenaga ente ga akan kuat hehehe.
jadi mending pakai jasa assisten rumah tangga. Gaji sih masalah ente deh tuh. Tapi sebesar-besarnya gaji assisten cuci cuma 400rb/bulan.
Masalah cuci serahin sama mereka, disamping biar ente ga terlalu cape, mereka kan lebih ahli dalam hal ini.
Tapi tetep, dibawah aturan kerja yang udah ente buat.[/quote]

"Sekedar intipan dari salah satu tempat Laundry ditempat ane. Kondisinya juga sama dengan jasa laundry lainnya "



"Kata bijak untuk wirausahawan hehehe"



Kurang lebihnya ane harap bisa jadi masukan buat agan semua, untuk estimasi harga maaf banget ga bisa ane jabarin secara lengkap dengan alasan tersendiri hehehe emoticon-Blue Guy Peace

CMIIW emoticon-Blue Guy Peace

[quote=]PERMASALAHAN YANG MUNGKIN AKAN DIHADAPI SELAMA MENJALANKAN USAHA INI BESERTA SOLUSINYA[/quote]

Quote:Original Posted By JDM
Mau nambahin gan.
Lebih baik lagi kalo punya mesin dryer. Kurang lebih harganya 15jutaan, dengan kapasitas sekitar 12k dan yg terpenting itu pake gas, bukan listrik. Maklum cuaca di indonesia sulit ditebak.


Quote:Original Posted By gropet
kalo ada yg mau belajar laundry bisa dateng ke tempat ane..
ane ada laundry gan yg alhamdulillah udah jalan
dan yang penting free of charge..

silakan liat, nyoba mesin, mo nanya nanya ane sepuasnya pasti ane jawab..
lokasi ane seputaran bintaro ciputat..


Quote:Original Posted By mR.Tn
ane salah satu reader murni trit ini...dari awal tahun..
n alhamdulillah dah 3 bln ni ane n bini buka laundry di rumah...

tks ilmu n cerahannya to agan gropet n rickyposter emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)



"Penting dibaca"



Diubah oleh kukuakukaku
profile-picture
tata604 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 108
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
19-02-2020 12:18

Mulai usaha

Mau tny nih suhu", klo biasa merintis laundry kiloan, awal permulaannya itu beli mesin apa" dlu ya? keperluannya gitu.
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
08-10-2019 00:28
niatnya,saya di bulam desember mau buka laundry gan,tolong di bimbing ya mas hehehe
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
23-09-2019 10:57
salam kenal, lg baca² thread ini dan ngerasa tertarik.. btw buangan airnya apakah lgsg k parit? rumah saya kbetulan paritnya mampet apakah ada solusi gan?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
12-02-2019 15:04
didesa gak cocok gan 😁😁
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
12-02-2019 14:30
mau tanya gan, ane baru mau mulai bisnis laundry kiloan.
untuk mesin cuci dan tempat usaha sudah siap.
tapi ane bingung mau pakai deterjen apa?
agan2 ada rekomendasi merk deterjen & parfum laundry yang bagus??
soalnya ane browsing, banyak banget merk deterjen & parfum, gak tau mana yang bener2 bagus
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
30-01-2019 13:51
Coba jual di Selada (Segala Ada) gan.

Aplikasi Mesin Cari Penjual Terdekat. Download aplikasinya gratis di Google Play Store

[CENTER]Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan[/CENTER
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
15-01-2019 19:00
malem agan agan , ane mau konsultasi.

kalau gak ada tempat untuk jemur pakaiannya atau lagi musim hujan gitu solusi untuk ngeringin pakaiannya gimana ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
29-12-2018 10:09
Beli sabun nya disini aja https://m.bukalapak.com/p/rumah-tangga/perlengkapan-kebersihan/yut7il-jual-deterjen-cair-liquid-laundry-5-liter-aroma-aqua-blue
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
14-11-2018 15:35
misi gan,

ane minta tolong nih ke agan aganwati sekalian untuk isi bantu isi form dibawah ini, kantor ane mau buat up coming froject untuk segmen laundry kiloan dan laundry koin, cuma kita mau tau dulu minat pasarnya gimana.

mohon di isi ya gan
makasih banyak nih

https://docs.google.com/forms/d/e/1F...rm?usp=sf_link
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
23-10-2018 20:31

Setrika uap boiler

Numpang tanya gans
Saya baru mulai merintis usaha laundry.
Setelah menimbang2, pengen punya setrika uap boiler karena dari segi kecepatan dan efisiensi sangat bagus.
Merk setrika uap yang recommended apa ya gans?
Apabila ada seller yang recommended boleh di PM juga.
Terima kasih gaess emoticon-Embarrassment
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
06-10-2018 17:19
prospek ni bre
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
02-10-2018 11:15
Agan2..mohon pencerahannya,,
saya baru buka laundry kurang lebih 1 bulan.. pake dryer merk hml konversi gas..
masalahnya 2 hari terakhir.. tuh dryer susah banget nyala.. kayak ga mau mantik gitu..
ane sih belum pake stabilizer.. ada pengaruhnya ga ya?

terimakasih
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
10-09-2018 22:31
Quote:Original Posted By dankerrr
ijin nanya gan, maaf kalau sudah pernah dibahas sebelumnya.
ane berencana mau buka bisnis laundry ini, ada satu hal yang ane masih bertanya2 karena udh gugling juga blm nemu jawaban yang tepat
agan disini yang udh mulai usaha ini sumber airnya pakai apa ya gan? apakah pakai PAM atau jet pam (air tanah)?
dan kalau kios yang mau kita sewa airnya tidak support (ngalirnya kecil) solusinya bagaimana ya?
kita harus buat sumur bor baru atau pasang PAM? dan lebih efiesien yang mana menurut agan yang udah berpengalaman dari segi cost yang kita keluarkan?


saran ane ga usah pake jet pump gan,klo harga agan ga bisa laundry kiloan premium. Costnya gede. Klo sumurnya ga kenceng, cba alternatif pke pendorong, biar alirannya gede. Klo smisal memang sumbernya ga gede,brrti bor lagi
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
28-08-2018 13:55
ijin nanya gan, maaf kalau sudah pernah dibahas sebelumnya.
ane berencana mau buka bisnis laundry ini, ada satu hal yang ane masih bertanya2 karena udh gugling juga blm nemu jawaban yang tepat
agan disini yang udh mulai usaha ini sumber airnya pakai apa ya gan? apakah pakai PAM atau jet pam (air tanah)?
dan kalau kios yang mau kita sewa airnya tidak support (ngalirnya kecil) solusinya bagaimana ya?
kita harus buat sumur bor baru atau pasang PAM? dan lebih efiesien yang mana menurut agan yang udah berpengalaman dari segi cost yang kita keluarkan?
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
20-08-2018 12:26
Balasan post Adizza
Quote:Original Posted By Adizza
coba bantu jawab pertanyaan agan
1. setrika uap pake kompor gan, jadi bisa menghemat pemakaian listrik, klo setrika elemen ya setrika listrik gan.
memang ada pakaian yg ga bisa licin pake setrika uap, misal kayak baju katun jepang..harus pake setrika listrik. Tapi benefitnya pake setrika uap selain hemat, bisa cepet gan, soalnya misal setrika baju bersablon ga khawatir bolong atau rusak sablonnya.
2. kalau untuk awal2 bisa gan, ga harus awal usaha langsung beli setrika uap ko. Pakai aja setrika listrik, nanti sambil nabung baru beli setrika uap
3.kalau untuk awal dgn mesin pengering 1 dan mc 1 : minim 2 orang. Sebaiknya 2 orang bisa saling back up satu sama lain, jika sudah pesat baru kelihatan mana yang lebih qualified gan
4. jam kerja tergantung kondisi tmpat agan buka, ada yang minim 9 jam ada jg yg 12jam, liat segment pasarnya gan
5. pasang cctv gan..dan monitor dr ketersediaan stok, kalau ga, pke software aja
6. kalau agan mau mentingin kualitas 1 mc 1 pelanggan saja
7. ini kembali terhadap segment pasar tdi gan, ada yang dari jam 7 pagi ada jg dari jam 8 pagi.

Kalau mau buka laundry, ane ada paket usahanya gan..free konsultasi selama usaha berjalan






Boleh PM gan paket usahanya?

0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
19-08-2018 21:15
Selama agan mau berusaha gada yang ga mungkin gan, selama mesin2nya ada tempatnya dan tempat untuk nerima cuciannya. Selama orang pakai baju, usaha laundry potensialnya gede gan

Quote:Original Posted By AnggaArthaPutra
Trit udh jadul bgt, apa msh bisa di era sekarang laundry msh usaha yg byk peminatnya gk ya gan? Ane baru punya dana 6jutaan pgn buka usaha laundry dr 0


boleh gan, cek inbox ya

Quote:Original Posted By keep_metal
Permisi master2 nubie butuh suplier perlengkapan spt detergent, parfum dll dan yg bisa diajak sharing untuk kemajuan laundry kiloan ane

klo ada boleh pm ane atau WA 081294631205
Thank you


Sebentar gan, menjawab pertanyaan agan ngomongin masih profit/gak. Ini banyak banget analisanya.
1. Per hari agan masuk berapa kg, load berapa/hari
2. 4500-5000/kg itu harga jual agan ke pelanggan sudah termasuk cuci kering lipat? Agan wajib tau formula HPP per kg itu berapa, biar agan bs tau itu bisa profit/gak. Satu hal lagi gan, jangan lupa kualitas. Kalau uda maen produk chemical sebenernya malah lebih tau formula rahasianya gan

Untuk setrika uap, buatin aja steam trap gan, lagian pake setrika uap penempatannya kan di tempat yang sirkulasi udaranya lancar gan. biasanya yg menghadap ke luar. Kan uap nya ga diarahin wajah gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By senrichd
Salam gan
Ane newbe nih. (bukannpromo cuma curhat dan tanya)
Usaha saya adalah bikin detergen, softener, pengkilap pakaian putih (bukan penghilang noda), parfum laundry (pokoknya berkaitan laundry) parfum refil serta parfum mobil dan lagi ngembangin pelurus pakaian (yg gak usah diseterika udh keliatann diseterika buat traveler)

Nah selama ini udh rutin masuk ke laundry2 kota ane. Ane pd sih dgn produk ane parfumnya bisa kuat 1bln di plastik dan ditambah pelembut yg berkualitas bahkan gak usah pakai pelicin seterika lagi.

Ane kontrak di pasar tradisional utk jualan itu barang sehari2. Nah kebetulan kontrakan ane thn dpn kan habis. Ane ada pertimbangam buat laundry sekalian jual bahan2nya.
Secara logika sih.. Detergen, softener, pelicin, dan parfum bikin sendiri. Seharusnya sih masuk.
Cuma ane bingungnya
Krn ada rencana sewa kios (yg tidk ada tpt jemurnya)
1. Apakah jika pakai mesin pengering gas (dikota ane semua di jemur) kalau pengering gas dgn harga 4500-5000/kg masih untung?
2. Utk seterika uap. Jika karyawati terus2 memakai itu seterika, apakah aman diwajah? Krn ada yg bilang ntar kasihan wajahnya lama2 bisa rusak.


Terima kasih banyak


Diubah oleh Adizza
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
18-08-2018 11:28
Salam gan
Ane newbe nih. (bukannpromo cuma curhat dan tanya)
Usaha saya adalah bikin detergen, softener, pengkilap pakaian putih (bukan penghilang noda), parfum laundry (pokoknya berkaitan laundry) parfum refil serta parfum mobil dan lagi ngembangin pelurus pakaian (yg gak usah diseterika udh keliatann diseterika buat traveler)

Nah selama ini udh rutin masuk ke laundry2 kota ane. Ane pd sih dgn produk ane parfumnya bisa kuat 1bln di plastik dan ditambah pelembut yg berkualitas bahkan gak usah pakai pelicin seterika lagi.

Ane kontrak di pasar tradisional utk jualan itu barang sehari2. Nah kebetulan kontrakan ane thn dpn kan habis. Ane ada pertimbangam buat laundry sekalian jual bahan2nya.
Secara logika sih.. Detergen, softener, pelicin, dan parfum bikin sendiri. Seharusnya sih masuk.
Cuma ane bingungnya
Krn ada rencana sewa kios (yg tidk ada tpt jemurnya)
1. Apakah jika pakai mesin pengering gas (dikota ane semua di jemur) kalau pengering gas dgn harga 4500-5000/kg masih untung?
2. Utk seterika uap. Jika karyawati terus2 memakai itu seterika, apakah aman diwajah? Krn ada yg bilang ntar kasihan wajahnya lama2 bisa rusak.


Terima kasih banyak
Diubah oleh senrichd
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
15-08-2018 11:54
Izin gelar tiker
0 0
0
Mau buka usaha, modal dibawah 10jt? Coba jasa Laundry Kiloan
08-08-2018 22:33
Permisi master2 nubie butuh suplier perlengkapan spt detergent, parfum dll dan yg bisa diajak sharing untuk kemajuan laundry kiloan ane

klo ada boleh pm ane atau WA 081294631205
Thank you
0 0
0
Halaman 1 dari 108
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia