alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010826913/review-section
Lapor Hansip
05-10-2011 20:03

Review section

Dengan sudah adanya SF Jam, maka perlu kiranya untuk membuat suatu thread yang mendokumentasi Review dari koleksi member di sini.

Rules nya simple aja:

  • Sertakan foto jam yang akan di review [kalo bisa gambar2 yang menunjukkan detail di spoiler supaya rapi]
  • Review yang baik membahas setiap detail dari suatu jam. Biasanya detail jam tangan yang saya review antara lain:

    • bezel
    • brazelet/strap
    • crown [di jam analog]
    • dial
    • hands or movement


    Namun setiap member dipersilakan membuat format reviewnya masing2 sesuai dengan selera dan kenyamanan. Contoh di atas hanya panduan saja.


  • Mohon untuk tidak melayangkan komentar atau pertanyaa atas review yang yang dibuat, karena REVIEW SECTION ini bertujuan untuk mendokumentasi setiap review yang menjadi kontribusi informasi yang berharga bagi Sub-Forum Jam, sehingga rapi dan enak untuk dibaca. Komentar, pertanyaan, atau obrolan lebih lanjut mengenai jam tangan yang direview dipersilakan untuk dilanjutkan di Lounge atau di Thread yang bersangkutan.

  • Posting yang tetap melayangkan komentar atau pertanyaan akan didelete tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Berikut review yang sudah ada


last update 10 November 2011

Happy reviewing!
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
05-10-2011 20:05
reserve
0 0
0
05-10-2011 21:40
Jaeger LeCoultre Master Compressor Navy SEAL Automatic

Review section

The Only Easy Day Was Yesterday

JLC Master Compressor Diving Navy Seal ini merupakan limited edition sebanyak 1500 pieces yg merupakan hasil kolaborasi antara JLC dengan.. uhm.. Navy Seal..

MOVEMENT
JLC cal 899
Automatic
Pieces number: 219
Vibrations per hour: 28,800
Power-reserve: 43 Hours
Jewels: 32
Barrel: 1
Height: 3.30 mm

Caliber 899 merupakan pengembangan dari cal 889/2 yg setau saya merupakan salah satu movement JLC yg paling populer dan banyak digunakan juga oleh brand2 lain sebagai basic movement (diantaranya VC Overseas dan AP Royal Oak).. Perbedaan antara cal 889/2 dan cal 899 ini adalah penambahan beberapa feature diantaranya variable inertia balance dan ceramic ball bearing..

CASE
Diameter case 42mm dengan kombinasi finishing brushed and polished, tidak seperti line-up JLC Master Compressor lain (non Diving series) yg menggunakan finishing all polished.. Versi baru ini sedikit lebih kecil dari seri Navy Seal sebelumnya yg berukuran 44mm.. Dari yang saya baca hal ini memang atas input dari para anggota SEAL sendiri yg merasa ukuran sebelumnya sedikit terlalu besar.. Garis2 pada case juga terlihat tajam dan tegas..

IMO finishing brushed nya sangat bagus dan cukup rapi, bahkan ketika saya coba raba dengan ujung jari bisa terasa texture dari brushed finishnya.. Bagian dalam lug pun tidak luput dari polesan brushed.. Finishing brushed pada lug yg vertical tidak sama dengan bagian lain yg menggunakan pola horizontal.. Gak tau apakah ini memang keputusan design dari JLC atau karena sebab lain.. Memang bukan masalah besar, malah sebagian orang mungkin lebih suka seperti ini, tapi kalau boleh pilih saya lebih suka kalo semua brushed finish menggunakan pola yg searah..

Klik gambar untuk memperbesar
Review section Review section Review section


DIAL
Finishing dial warna hitam doff dan semua markers dan hands (kecuali jarum detik yg di cat putih) juga menggunakan finishing sama.. Luminous material berwarna biru dan waktu saya test cukup terang dan tahan lama.. AR coating pada saphire crystal hanya bagian dalam.. Saya sendiri memang jauh lebih prefer ini disbanding double sided AR coating krn AR coating pada lapisan luar gampang sekali tergores..Lagipula kombinasi warna hitam doff dan putih sangat kontras sehingga dimata saya walaupun single coating legibility jam ini tetap sangat baik di kondisi cahaya apapun..

Bezel menggunakan material ceramic dengan bentuk mirip Omega Po tapi dengan finishing doff sehingga memberikan kesan kalem dan sederhana.. Finishing pada bezel cenderung sedikit tajam sehingga menimbulkan kesan yg lebih tegas dan sedikit kaku..

Klik gambar untuk memperbesar
Review section Review section Review section


CASEBACK
Pada bagian caseback terdapat ukiran logo US Navy Seal yg dikerjakan dengan baik dan rapi sekali..

Klik gambar untuk memperbesar
Review section


CROWN
Crown menggunakan locking mechanism khas JLC.. Tanda putih pertanda crown dalam posisi tertutup baik dan untuk membuka cukup memutar crown ke arah bawah sesuai tanda arrow sampai tanda merah terlihat..

Klik gambar untuk memperbesar
Review section


STRAP & BUCKLE
Seperti bagian lainnya, buckle berbentuk kotak dan kaku dengan sedikit sentuhan bevel di bagian pinggir makin mempertegas kesan military look.. Strap rubber cukup nyaman pas dipakai tapi agak susah buat dipakai dan dicopot.. Mungkin ini hal positif untuk diver watch krn memperkecil kemungkinan strap untuk copot tanpa sengaja.. Berhubung saya pake jam diver cuma buat gaya dan bukan diving beneran jadinya malah bikin ribet..ha..ha..

Klik gambar untuk memperbesar
Review section Review section



Ready To Lead, Ready To Follow, Never Quit!

Review section
0 0
0
05-10-2011 21:53
Ane mencoba mulai yaa.

Laco Limited Edition remake of the original WWII Pilots watch (A- Dial Automatic) Ref: 861692 "Bremen"
Review section

LACO adalah singkatan dari Lacher & Company --> LACO.

Lacher adalah nama belakang keluarga yang mendirikan dan menjadi pemiliki dari pabrik jam tangan ini di Jerman sampe sekarang, di kota Pforzheim sejak 1925.

Berikut technical spec nya:
• ETA 2824-2
• 42mm, type A dial or called as Bremen.
• Domed sapphire crystal
• Solid case back
• Diamond crown
• Casing is all bead blasted finished
• 5 atm

Dikarenakan jam ini adalah replica dari jam Pilot asli pada WW 2, di case back LACO tercantum hal2 yang sifatnya teknis persis seperti jaman WW 2

case back


Bauart [design] : FLIEGER
Great Nr [Work Nr.] : 127-xxx
Werk-Bez [movement] : ETA
Anforderz [as requested by] : FL. 23883
Hersteller [manufactured] : LACO

FL. 23883 adalah kode German untuk penerbangan, kode ini juga tercantum pada body jam sebelah kiri

FL. 23883:


Review
1. Packaging
Jam ini datang dengan packaging yang sangat sederhana namun elegan menurut saya. Box luarnya adalah kardus hitam yang menurut saya cukup keras, baru kemudian leather pouch yang berisi jam tangan dengan risleting berwarna hitam, ada cap LACO 1925 di bawah kanannya. Fantastic!

outer box


Di sisi sebelah kiri ada garansi serta manual, sebelah kanan jamnya. Sisi dalam leather pouch ini dilapisi oleh lapisan beludru yang halus, tentu saja untuk menghindari goresan pada jam.

leather pouch


2. Case
Diameter case ini adalah 42mm, jauh lebih kecil dari diameter jam tangan Pilot pada WW 2 yakni 55mm. Meskipun tipe "München" [ref.861717] diameter casing nya 45mm, setelah melihat rekan2 forum luar negeri, agaknya wajah 42mm ini lebih proporsional, IMHO.
Finishing yang digunakan adalah bead-blasted, untuk seluruh permukaan jam ini, bahkan sampai dengan rivet pada strap menggunakan finishing bead blasted

bead blasted rivet


Finishing tipe bead blasted memberi kesan ‘dingin’ pada pergelangan tangan, serta material besi yang digunakan terasa sangat keras di jari saya, which is very fine built.

domed sapphire


3. Dial.
Hampir tidak ada apa2 yang bisa kita nikmati pada dial jam ini kecuali simplicity nya. No date, no chronograph [ya eyalah ], no other function than just time. Mungkin ini jam paling simple yang pernah gwe punya so far. Le Locle dan DJ yang menurut saya simple saja lebih memiliki detail sebagai hiasan. Angka 12 pada dial digantikan oleh lambang triangle dan dua dot:

dial


blued hands


Warna biru pada hands ini bukan hasil pemanasan termal melainkan diperoleh dari pengecatan. Beberapa rekan luar negeri berdebat habis2an mengenai mana yang lebih baik [which is ridiculously useless I think], dan ditanggapi oleh staff dari LACO:

“First of all: Laco will deliver all the watches with the standard hands.

With the blued hands we have 2 options:

Steel hands that are thermically blued "the real deal". Swiss made, delivery time aprox. 18! weeks. Price 108 EUR +VAT (19% in Germany)

OR

Brass hands that are painted translucent blue. Made in Asia, delivery time is aprox. 8 weeks. Price is 9.80 EUR + VAT (19% in Germany). Though the word "painted" doesn't sound very promising, the result with this process is also very very close to the real steel version. delivery time here is aprox. 8 weeks.”

Dan untuk versi ETA, crown yang terpasang adalah diamond crown.

diamond crown


4. Strap
Strap yang terpasang pada jam ini bukan historical strap untuk Pilot watch. Saya gak beli original strapnya karena dirasa harganya cukup mahal [60 US]. Strap ini berwarna merah kecoklatan dengan tebal 5 mm dengan 2 rivet di masing2 strap dan jahitan benang putih tanpa ada tekstur kulit yang biasanya ditemui di leather strap. Jujur strap ini terkesan murahan. Rivet dilapisi plastik berwarna biru untuk menghindari goresan. Lebar lug 20mm.

strap


lume


Conclusion:
This watch is not for everyone.

Maksudnya jam ini adalah pemuas selera. Bukan seperti jam tangan lainnya yang menjual function, movement, dll. Jam ini hanya menjual history. No other thing. You can hate it or love it. But I absolutely love it!



~It is double pleasure to deceive the deceiver.~
Niccolo Machiavelli
0 0
0
05-10-2011 22:37
erhubung di pejwan ada beberapa jam yang cukup sering direkomendasikan bagi rekan2 yang baru gabung dan bertanya, serta kebetulan saya mempunyai salah satunya, maka ijinkan saya membuat sedikit review dan pengalaman pribadi…emoticon-Smilie

ORIENT CEM65006D a.k.a. MAKO 1 PEPSI

Appetizer
Datang dengan box yang cukup bagus. Disertakan juga kartu garansi berbentuk mini book, dan desain bagian dalam yang lumayan baik.
Movement
ORIENT caliber 46943 Made in Japan(Movement yang sama dengan Orient Mako 2)
Self-winding movement
21 jewels
21600/hour vibrations
Water resistant up to 200 m / 660 ft
Approximately 40 hours power reserve (rekor tertinggi baru dipecahkan kemarin, yaitu PR yang mencapai 42 jam 25 menit sekian detik)
Akurasi jam ini menurut WIS di forum luar mencapai -3s / hari. Sedangkan jam milik saya ini, saya amati dan cocokan secara manual dengan web sama seperti TS, dalam 2 bulan jam ini telat sekitar 5 menit. Berarti dapat diasumsikan ----> 300/60 = -5s / hari.
Tetapi sehari sebelum tulisan ini dibuat, jam orient ini memiliki akurasi -2s / hari. Cukup baik untuk sebuah jam “biasa” ini. emoticon-Smilie

box


Case & Dial
Case orient mako ini menggunakan stainless steel, dg beberapa bagian brushed dan yang lainnya polished. Dengan diameter 41,5 mm tanpa crown dan 46 mm dengan crwon serta ketebalan 13,3 mm membuat jam ini tidak terlalu besar dan sangat cocok dengan pergelangan tangan orang asia kebanyakan.
Corwn yang menggunakan Screwed-down pada posisi di angka 3 agak menggangu jika digunakan di tangan kiri (tidak seperti kebanyakan jam diver lain yang biasanya di angka 4), dan tombol quick date di angka 2 menambah asesoris, sehingga lebih cantik daripada jika tidak ada tombolnya IMHO.

crown


Bezel juga menggunakan material yang sama dengan fungsi yang unidirectional dengan 60 klik berlawanan arah jarum jam. Warnanya yang merah (pada 15 menit pertama) dan biru seperti warna salah satu produk minuman berkarbonasi, yang dijadikan nickname oleh banyak WIS. Sejauh ini cat tahan terhadap goresan. Di bezel juga terdapat lume pip pada angka 12, dengan index marker ada 6 (per 10). Perputaran pada bezel ini cukup keras, sehingga tidak mudah berputar secara tidak sengaja.

bezel


Screw case back, juga tidak ada yang istimewa di sini, hanya ada tulisan Orient Automatic dll saja.

caseback


Pada dial yang berwarna biru ini, terdapat fungsi day-date yang sangat baik. Pergantian jam yang terjadi tepat pukul 12 malam lalu diikuti dengan pergantian hari yang selesai sempurna kira2 jam 3 pagi (saya setia menunggui perubahan tanggal dan hari sambil maen inet deh emoticon-Big Grin)
Dial yang berwarna biru ini juga baik dilihat, IMHO, dan akan berwarna seperti hitam jika kita melihat pada sudut tertentu di bawah sinar matahari. Hal ini dipengaruhi oleh AR coatingnya.
Bentuk hands yang juga lumayan menarik, terutama hands detik yang mirip dg Seiko samurai hanya saja tanpa lume, cukup menyenangkan untuk dilihat.

dial n hobi lama =)


Lume dari Orient ini biasa saja, tentu saja kalah bila dibandingkan dengan Seiko monster. Lume hanya visible sampai kira-kira 4 jam saja, sesudah itu memang masih bisa terlihat tapi hanya jika orang itu memiliki penglihatan yang tajam saja. Sejauh ini saya belum pernah membandingkan dengan jam lain, hanya saja ketika melihat trit WUS yang membandingkan lume pada 8 jam (monster, omega bond, luminox, sumo dll), lume pada Orient ini mati pada saat2 terakhir bahkan sama dengan omega bond!!

lume


Bracelet
Bracelet juga menggunakan material stainless, yang mempunyai ukuran lug 22mm. Cukup lebar sehingga tampak sebanding/serasi dengan besarnya case yang mencapai 46 mm dengan crown.
Menggunakan sistem Fold-over with Double Push Button Safety pada clasp. System ini cukup safety, apalagi jam ini juga bisa diajak berenang dan menyelam, so system ini cukup menunjang. Tapi bracelet Orient ini tidak memiliki fitur diver extension, sehingga jika menggunaka wet suit harus menggunakan micro adjustment yang tidak praktis.

bracelet


Memang, mungkin tidak ada yang special dari Orient Mako 1 Pepsi ini, tetapi apa yang anda harapkan dari jam seharga ini?? Tentu tidak banyak bukan….tapi saya mencoba untuk mengapresiasi setiap jam, karena bila kita belum bisa membuat suatu jam, tentu alangkah tidak bijaksananya jika kita menjelek-jelekan jam hanya karena suatu merk atau fanatic saja.

Tapi sejauh ini jam ini cukup tangguh, menemani saya di dalam air, terkena guncangan off road, bermain di pusat permainan seperti roller coaster dll hehehe emoticon-Big Grin

Overall : 75/100
Kesimpulannya adalah jam ini sangat-sangat affordable jika anda ingin memulai koleksi jam anda (terutama diver) dan tentunya anda juga tak akan kecewa terhadap performanya walaupun tak ada yang special

Regards emoticon-Smilie
0 0
0
05-10-2011 22:56
Seiko SBDX001 Marine Master

Nanti ane bikin ulang... link yg lama dah di lock
0 0
0
05-10-2011 23:06
Jaeger LeCoultre Master Ultra Thin 38

Life is really simple, but we insist on making it complicated.
Confucius

Review section


TRY A LITTLE SLENDERNESS

Aturan mengenai pembuatan jam tangan yg baik dahulu kala sangat simple: jam harus dibuat setipis mungkin. Jam dengan movement super tipis saat itu biasa dianggap sebagai jam dengan kualitas superior. Perlu diketahui bahwa dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat movement ultra thin (< 2 mm) yang bisa masuk ke dalam casing super tipis tanpa mengorbankan reliability jam itu sendiri.

Dimulai dengan popularitas dari Panerai di awal th 2000, trend dari jam tangan mulai berubah. Jam dengan dimensi besar dan tebal mulai merajai pasaran. Saat ini kalau kita melihat orang memakai jam tipis dengan model simple tanpa jarum detik, kemungkinan besar kita akan menganggap itu sebagai jam quartz biasa. Walaupun saya juga menyukai jam2 diver yg tebal dan tangguh, tapi ada kekaguman tersendiri terhadap ultra thin watch spt ini.. Bayangkan saja bagaimana casing dengan dimensi seperti ini tetap dapat memuat movement mechanical dengan begitu banyak bagian seperti balance spring, barrel, gear train, etc.

Jaeger LeCoultre merupakan salah satu manufacture Swiss dengan spesialisasi pada movement super tipis. Pada th 1903 mrk memperkenalkan cal 145 pocket watch movement dengan ketebalan hanya 1.38 mm yg merupakan rekor mechanical movement paling tipis sampai saat ini. Selain itu JLC sendiri pernah memproduksi ultra thin movement untuk Audemars Piguet dan Vacheron Constantin yaitu AP 2003/VC 1003 dengan ketebalan hanya 1.65 mm dan juga merupakan mechanical movement jam tangan paling tipis sampai saat ini (movement ini sendiri merupakan pengembangan dari Louis Elysse Piguet cal ML dan sudah discontinue sejak th 2003 krn biaya pembuatan nya yg tinggi).


CASE
Diameter: 38 mm
Height: 6.31 mm
Water Resistance: 50 M

Diameter 38mm buat saya sangat pas untuk ukuran dress watch.. Dengan ketebalan hanya 6.31 mm jam ini terasa sangat nyaman dipakai.. Case dibuat menipis di bagian pinggir sehingga dari samping jam ini terlihat malah lebih tipis lagi.. Finishing high polish pada casing menurut saya sangat baik..

Klik gambar untuk memperbesr
Review section Review section


DIAL
Finishing frosted pada dial kalo gak salah banyak juga dipake untuk Grand Seiko, begitu juga dengan dauphine style hands dengan finishing kombinasi frosted dan high polish yg memudahkan kita melihat jam pada kondisi cahaya tertentu. Hands applied markers menggunakan Arabic numeral di posisi 12,3,6,9 dan triple faceted markers di posisi lain nya serta dot untuk minute markers.

Kllik gambar untuk memperbesar
Review section Review section


MOVEMENT
Manual winding JLC cal 849 assembled and decorated by hands
Parts: 123
Balance: Glucydur
Balance Spring: Flat hairspring
Shock Protection: Kif
Vibration per hour: 21,600
Power Reserve: 35 hours
Jewels: 19
Height: 1.85 mm
Diameter: 20.80 mm

Finishing dan dekorasi pada cal 849 juga sangat bagus (Geneva stripes, chamfered edges, blued screws, etc), walaupun masih di bawah “Geneva Seal” quality spt yg bisa ditemukan pada jam2 spt PP, AP, VC, dan Lange.. Dari yg saya baca, karena proses pembuatan nya yang sulit cal 849 ini merupakan satu2 nya basic movement JLC yg diproduksi di Watchmaking Specialty Workshop JLC yg umumnya hanya memproduksi highly complicated movement spt minute repeater, tourbillion, etc..

Satu kekurangan disini mungkin power reserve yg hanya 35 jam, yg merupakan konsekuensi dari ultra thin caliber pada umumnya.. Selain itu pada caliber ini tidak terdapat ceramic ball bearing dan variable inertia balance (berguna untuk meningkatkan akurasi) yg bisa ditemukan pada movement JLC lainnya.. Walaupun demikian, mengingat semua movement JLC di test dengan standard Master Control 100 Hours Test, saya cukup yakin akan akurasi dan daya tahan dari cal 849 ini..

Klik gambar untuk memperbesar
Review section Review section Review section Review section


STRAP & BUCKLE
Pada saat akuisisi sempat ragu2 krn stok yg standard buckle gak ada dan perbedaan harga antara standard dan deployant lumayan banyak. Setelah beli ternyata malah berasa extra charge buat deployant cukup wajar. Strap alligator warna coklat tua dengan jahitan tangan yg baik dan rapi, tapi finishing material leather mungkin bisa lebih baik lagi (waktu disana sempat lihat juga yg Reverso 976 dan menurut saya material leather strap yg digunakan sedikit lebih bagus).

Klik gambar untuk memperbesar
Review section


JLC Master Control 1000 Hours Test
- Test is carried out only when the watch is fully assembled, including casing, hands and dial, not just the movement for 1000 hours (COSC does movement only for 360 hours).
- Accuracy must be within the range of -1 to +6 seconds per day (COSC -4/+6 for Gents and -5/+8s for Ladies).
- Power reserve test is done under intense activity and when in low activity simulation (COSC not tested).
- Functions and aesthetic inspections and test (COSC not tested).
- Knocking test for the balance (COSC not tested).
- Accuracy under normal and fully wound is tested in 6 positions and in cyclos (COSC 5 positions under normal condition only).
- Water resistance test at least 5 ATM (COSC not tested).
- Shock Resistance test with 20,000 small simulated shocks (COSC not tested).
- Resistance to thermal variation between 4 degrees to 40 degrees centigrade (COSC 8 to 38 degrees centigrade).

SOURCE
0 0
0
05-10-2011 23:30
Teringat dengan istilah JDM dari bro H2KA, yg singkatan dari Jerman Domestic Market.
Nubie baru inget ternyata nubie punya arloji yg mungkin sesuai dg yg dimaksud bro H2KA tersebut.

Hal ini terlihat dari tulisan hari/day yang menggunakan bahasa Jerman
Senin = Mon ………….=> Montag
Selasa = Die …………..=> Dienstag
Rabu = Mit ...……….=> Mittwoch
Kamis = Don ………….=> Donnerstag
Jumat = Fre ………….=> Freitag
Sabtu = Sam ………….=> Samstag
Minggu = Son …….……=> Sonntag

Apakah mungkin juga ini merupakan Swiss Domestic Market (SDM), mengingat Swiss juga menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa sehari-harinya ?

Entahlah, nubie belum punya referensi yang akurat ttg hal itu

Kayaknya tanggung deh, nubie sekalian coba2 buat mini review ya hehehe…


Omega Constellation cal.751, circa 1960’s

Connie cal.751 ini merupakan connie pertama yang menggunakan features day-date, connie sebelum-sebelumnya biasanya hanya fungsi date saja atau ada juga yang tanpa fungsi day-date.
Connie ini pula connie terakhir (CMIIW) yang menggunakan movement calibre 3 digit yang melegenda di kalangan penggemar connie, setelah ini connie mengeluarkan movement calibre 4 digit seperti 1011, 1021, dst.

Review section



1. Casing
Bentuk casing seperti ini sering juga disebut dengan C-Shape. Berbahan stainless steel.
- Lebar casing 35mm, panjang 39mm
- Lebar lug 20mm
Model lugnya agak ngumpet, lug hanya terlihat bila kita melihat case dari belakang.

Review section



2. Crown
Posisi crown terletak di jam 3, signed omega.
- Pengaturan/setting waktu dengan menarik crown setengah lalu diputar ke bawah untuk mencari waktu yg kita inginkan.
- Pengaturan tanggal, connie cal.751 ini mempunyai sistem quick set date dg sistem pompa, menarik full crown lalu tekan setengah, maka berpindahlah tanggalnya.
- Pengaturan Hari, dilakukan manual dg menarik crown setengah lalu memutar crown mengikuti arah berputar jarum jam, diputar terus sampai ketemu hari yang kita inginkan.

Review section



3. Dial & Hands

Warna dial silver ke abu-abuan, terdapat tulisan Constellation Automatic dibawah lambang omega, lalu di atas angka 6 tertulis OMEGA Chronometer Officially Certified.
Biasanya di omega constellation, tulisan OMEGA berada di bawah lambang omeganya.

Dial terlihat agak sedikit kusam, mungkin bisa saja dilakukan pembersihan, tapi nubie belum berani melakukannya, coba terima aja dulu apa adanya, spy tetap terjaga orisinilitasnya.

Dial & Hands di jam ini menurut artikel di blog omega constellation collectors, merupakan salah satu karya Gerald Genta (alm), dengan ciri khas Insert Onyx di Index, Radium di Hands.
Bentuk minutes dan second handsnya tidak seperti dauphine/sword hands seperti kebanyakan omega constellation lainnya, tapi selaras mengikuti bentuk index yg menyerupai balok-balok, hanya di ujungnya saja yang meruncing.

Review section



4. Ring Bezel
Terbuat dari solid white gold 14K, terlihat cukup elegan.
diameter ring bezel bagian luar 32mm, bagian dalam 30,5mm.
Ring bezel bergerigi, tidak dapat diputar.


5. Kaca Mika

signed omega, menggunakan bahan dari mika, di tengah-tengah mika terlihat lambang kecil omega, untuk lebih jelas melihat lambang tersebut sebaiknya pakai loop.


6. Bracelet dan Buckle

Bracelet menggunakan bahan stainless steel, kebetulan rantai ini masih cukup panjang sehingga masih bisa saya pakai tanpa harus menambah sambungan rantai.
Buckle signed omega, tapi saya pikir buckle ini bukan pakemnya untuk tipe bracelet ini, melainkan buckle untuk omega speedy. Sebenarnya saya sdh ada stok buckle yang sesuai pakemnya, namun saya pikir variasi dikit gak apa-apa lah hehehe…

Review section


7. Akurasi dan Power Reserve

Akurasi jam ini cukup baik untuk ukuran usianya, yaitu + 4 secs/24 hours (dengan posisi jam dipakai), dengan power reserve selama 45 jam, not bad lah…mungkin sdh perlu ada penggantian parts bila ingin mengembalikan ke standard pabrik yang 48 jam, namun saya pikir belum perlu, disamping saya penasaran juga sampai berapa lama ini jam mampu bertahan tanpa ada penggantian movement parts.


8. Caseback reff. number

Caseback masih cukup mulus, caseback reff number jam ini adalah 168.041, sudah sesuai dengan database omega.

Review section



Sudah ada bbrp bagian yg korosi di bagian belakang case namun masih belum parah, seperti terlihat di gambar, kondisi spt itu kemungkinan jam ini adalah jam yang dipakai sehari-hari oleh para pemilik pendahulu-pendahulu jauh sebelum saya, sehingga keringat di pergelangan tangan telah menembus caseback namun belum sampai merusak movement, mengingat usia jam ini, menurut nubie adalah hal yg dimaklumi kondisi seperti ini. Mungkin bisa saja dilakukan pemolesan utk menghilangkan korosi yang belum terlalu parah tersebut, namun sementara ini nubie menganggap belum perlu juga.

Review section




Secara keseluruhan jam ini belum banyak dilakukan restorasi, kecuali untuk stem , stoot , dan kaca mika. Movement parts 100 % masih bawaan aslinya. Saya mendapatkan jam ini dengan kondisi stem,`stoot, dan mika bukan orisinil omega, sehingga nubie menuntaskan PR dari pemilik sebelumnya untuk mendapatkan yang orisinil omega. PR yang saat ini mnrt nubie cukup membutuhkan kesabaran, namun mengingat pekerjaan nubie sebagai kuli yang kadang suka jalan ke pelosok daerah, dan dibantu juga oleh jaringan rekan kolektor vintage lainnya, maka hal tersebut kebetulan dapat teratasi. Itupula yang membuat nubie merasa mendapat tantangan dari mengoleksi jam vintage, tidak sekedar hunting jam tapi juga spare parts orisinilnya, spirit of adventurer nubie bisa tersalurkan.

Terimakasih kepada pemilik sebelum saya yang notabene adalah connie addict, yang telah mempercayakan jam legendaris ini untuk dirawat oleh saya. emoticon-Toast

Buat rekan-rekan yang mau belajar jam vintage omega, tidak ada salahnya memiliki jam ini, masih lumayan sering beredar dipasaran, harganya masih cukup terjangkau dibandingkan seri constellation pendahulu2nya yang sdh cukup jarang beredar di pasar, disarankan yang masih bagus dan orisinil kondisinya, disamping itu nilai jual jam vintage omega constellation ini juga semakin semakin tinggi nilainya, semacam investasi juga memiliki jam omega constellation vintage ini.

Sementara sampai di sini dulu mini review dari saya, mohon maaf kalo masih banyak yang kurang, nanti kalau ada yang lainnya akan disusulkan lagi.

Salam.

don_arief
0 0
0
05-10-2011 23:54

Comparison Review JLC Master Hometime & Glashutte Original Panomaticlunar

Review section

Kita mulai dari bucklenya dulu, kebetulan dua2nya menggunakan tipe deployant. GO memakai pusher untuk releasing sedangkan JLC mengandalkan system tarik manual. Tetapi untuk finishingnya nampak lebih halus JLC karena semuanya polish dan ada grafiran di bagian penghubung deployant. Untuk kenyamanan tidak jauh berbeda dan tidak ada fitur yang special alias standard2 aja. Malah kadang deployant buckle kedua jam ini cendrung bikin kurang nyaman pergelangan tangan. Ane pribadi lebih suka pake folding buckle atau standard buckle aja.



Terus kita liat lug-nya dulu yah. JLC keliatan lebih ramping dan polished sedangkan GO brushed dan keliatan terkesan lebih pendek alias bantet. Kalau dibuat lebih panjang dan tidak terlalu melengkung pasti lug GO bakal keliatan lebih bagus. Keduanya tidak ada lughole tapi dari finishingnya keliatan JLC lebih halus.



Selanjutnya kita ke case and crown-nya. Case JLC all polished jadi jamnya terkesan lebih elegant dan sangat dress watch. GO casenya kombinasi antara brushed and polished kesannya jadi sedikit lebih sporty dan lebih cocok untuk digabungkan dengan pakaian yg casual.
Crown JLC jg polished, diameter dan coin edgenya bener2 pas untuk dipegang. Selain itu crown jlc juga sangat mudah untuk ditarik keluar. Crown GO terlihat lebih standard dan diameternya jg terlalu kecil sehingga agak sulit saat melakukan winding. Finishingnya crown GO juga kombinasi antara polished di bagian depannya dan brushed dibagian sampingnya. Karena ukuran dan bentuknya yg benar2 seperti tabung, crown GO jadi agak susah ditarik. Bisa dibilang crown JLC lebih ergonomis.



Sekarang kita coba ke dial-nya yah. Kedua kebetulan agak2 minimalis gayanya. Untuk yang ini ane lebih suka sama design jarum2nya jlc, ada skeleton hands, dan ada lekukan sedikit dibagian tengah hour and minute hand. Keliatannya JLC hands dibuat lebih detail dibanding GO yang cuman menggunakan small blue hands. Tetapi small blue hands GO is a real blue steel sedangkan JLC Hometime ini masih memakai painted blue hands, alias bukan blue steel yang sebenarnya. Untuk GO, panodate (big date) dan moonphasenya is definitely superior. Sedangkan Hometime memiliki fitur yang lebih fungsional yaitu second time zone. Untuk finishing dial platenya sendiri ane belom berani ngomong banyak soalnya perlu difoto dulu pake makro lense atau diliat pake lup. Kebetulan ane ga punya either one emoticon-Stick Out Tongue



Terakhir ke movementnya yah. Kalau diliat secara keseluruhan memang GO lebih indah dan enak diliat. Double swan neck regulator dan area balance wheel GO kayanya agak2 susah untuk ditandingi jam lain. Tapi untuk finishing movement plate keliatan JLC lebih halus. Beberapa hal lagi yang bisa dibandingkan mungkin suara dari rotor dan akurasi/maintenance.

Suara rotor GO boleh dibilang sama sekali silent tapi pada saat rotor berputar kita bisa sedikit rasakan di tangan sedangkan rotor di JLC benar2 tidak terasa tapi suaranya sangat berisik. Anehnya suara berisik yang mirip kaya suara kitiran angin itu baru terdengar kalau power reserve-nya sudah full. Apakah ini efek dari ceramic ball bearing yang dipakai oleh JLC atau tidak ane masih belom dapet jawaban yg pasti.

Akurasi kedua jam masih sekitar +/-1 sec tapi ini baru dicek secara manual bukan menggunakan timegrapher. Untuk kedepannya nampaknya GO pasti akan lebih mudah untuk diregulasi dan toleransi keakuratan GO seharusnya lebih ketat sehubungan dengan swan neck regulator yang dipakai. Tapi ini hanya sekedar asumsi ane aja. Untuk maintenance, lagi2 ane pake asumsi, kemungkinan besar JLC akan lebih mudah dan murah untuk dirawat berhubung peredaran JLC lebih banyak dan pastinya lebih banyak tempat service jam yg lebih terbiasa dengan JLC.

Untuk service interval sendiri seharusnya JLC bisa lebih lama dibandingkan GO. Auto-tractor movement dan ceramic ball bearing yg dipakai JLC di cal 975 (master hometime) dan 972 (master compressor dual matic) diclaim tahan lebih lama daripada standard ball bearing. Tapi ane belom tau apakah GO ini memakai standard (synthetic ruby) atau sudah menggunakan silicon ball bearing. Tapi most likely masih standard.
Foto focus ke Balance wheel area:



Foto focus ke plate and screw:



Berikut rotor edge dari masing2 jam:


Kayanya cukup sekian dulu reviewnya, harap maklum kalo ada salah2 info, namanya jg amatir. Untuk kesimpulannya sendiri ane serahkan ke para pembaca.


Thanks for looking2..
0 0
0
06-10-2011 20:08

Seiko Skx781 "The Orange Monster" REVIEW

hai guys ,,
nubie coba buat mini-review tentang seiko orange monster

"It's your watch that tells most about who you are"


Review section


1. Introduce

Movement: Automatic
Calibre: 7S26 (21 Jewels)
Crystal: Convex hardlex that minimises reflection
Dial: Orange
Bezel: Thick solid unidirectional bezel
Case: Stainless steel
Case diameter: 42mm
Case thickness: 13mm
Water resistance: 200 meters ISO certified
Bracelet width: 20mm

Seiko Orange Monster merupakan salah satu jenis dari beberapa line up pada seiko diver ,, OM memiliki bentuk / model yang keluar dari pakem keluarga seiko diver pada umumnya ,,
IMO sepertinya Seiko ingin membuat terobosan baru dalam catalog diver nya ..
OM ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan penyelam dalam melakukan aktifitas didalam laut hingga kedalaman 200m .


2. Bezel & Dial



ada beberapa pandangan terhadap warna dial dari seiko OM
sebagian orang tidak menyukai dial yang berwarna mencolok seperti dial orange pada seiko OM, sebagian nya lagi menyukai dial orange (saya termasuk yg suka) emoticon-Big Grin

secara detail , dial, hands dan second hands OM dibuat dengan sangat rapi, sehingga terlihat bahwa quality control yang dilakukan oleh seiko dilakukan dengan sangat baik ..
terdapat day & date window pada index hour angka 3 dengan background putih ...
feature day pada seiko OM menggunakan 2 bahasa , yaitu bahasa Ingris dan Romawi .

sesuai dengan nick name nya , bezel pada OM menampilkan ciri yang kekar dengan finisihing polish , bisa dikatakan bahwa julukan monster memang tepat untuk jam ini ,,
bezel dapat diputar satu arah berlawanan dengan arah jarum jam dengan 120 click. putaran bezel sangat halus dan terdengar lembut.


3. Case back & Movement




pada case back OM terdapat logo tsunami yang merupakan icon dari seiko diver pada umumnya,
engrave logo tsunami pada case back dibuat dengan sangat halus, sehingga terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit .

pada sisi movement, OM menggunakan movement 7s26 (21 jewels) dengan beat rate 21.600 bph. feature anti-hack system tidak terdapat pada seiko OM, sehingga akan sulit mencocokan waktu yg benar2 tepat ketika men-set ulang waktu .
berdasarkan spek, akurasi untuk seiko OM ini adalah +/- 10 sec /week , dengan power reserve selama 42 jam.



4. Bracelet




bracelet pada OM memiliki ukuran 20mm dengan material stainless steel. bracelet ini sangat nyaman digunakan , finishingnya lembut , namun ada yg mengganjal menurut saya , kurang MONSTER.

IMO bracelet ini menimbulkan kesan elegant , sehingga meminimalisir bentuk case yang gahar ..
so saya coba ganti braceletnya dengan shark mesh bracelet ,, supaya mendapatkan kesan monster yang lebih ekstrem emoticon-Big Grin



5. Lume



IMO salah satu bagian terbaik dari OM ini adalah lume nya ... sangat terang.
lume merupakan bagian yg dibutuhkan dalam kegiatan menyelam , dan lume OM sangat memuaskan menurut saya ,,

6. Conclusion



seiko OM merupakan jam diver yang "worth to buy" (IMO),
It is extremely solid, extremely reliable, affordable, cool, and ISO diver's to 200m.
jangan pernah takut dengan dial orange, just wear it ...
sensasi yang berbeda kalo kita bawa nyemplung ke dalam air , mau itu pool/ diving , perhatiin dialnya di dalam air ,, its amazing IMO emoticon-Big Grin

untuk kelasnya, saya berikan rate 8,5/10 .

NB: "Indonesia merupakan negara maritim yang banyak memiliki kekayaan alam di bawah laut. sayang sekali kalo kita sebagai WNI yang tinggal di Indonesia tidak memiliki jam diver yang dapat menemani kita menikmati keindahan alam bawah laut" (racun by: don.carleto)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
07-10-2011 17:38
Seiko SRP043K1 - Review Singkat

Bezel;
  • 120 klik / satu rotasi penuh
  • Terdapat marker setiap 10 menit, jadi semuanya ada 6 marker
  • Untuk memutar bezel cukup ringan dan grip dalam memutar bezelnya cukup mencengkram
  • Pada marker ke 6 terdapat lume dot
  • Polished finishing pada 'gigi' bezel


Bracelet;
  • Cukup nyaman dipakai [yang paling nyaman di antara koleksi Seiko saya, IMHO]
  • Ketebalan bracelet sekitar 2 - 2.5 mm
  • Solid end link
  • 20mm lug
  • Terdapat diver extension pada clasp
  • Brushed finish


Crown;
  • Screw down crown
  • Tidak ada grafir S
  • Penggunaan crown terasa sangat halus, baik saat mengubah waktu maupun saat buka tutup.


Dial;
  • Hitam polos
  • Memiliki looks yang kontras; hanya 2 warna yakni;hitam pada dial dan putih pada hour marker dan hands.
  • Ukuran date window IMHO kurang tepat, sebaiknya dibuat lebih besar, atau tidak ada sama sekali.


Hands;
  • Jarum menit-panjang dan ramping, sampai ke tepi luar dari dial, berbedan dengan jarum penunjuk jam yang pendek dan gemuk.
  • Tidak ada warna silver khas stainless steel, semua hands di-finish putih dan diberi lume.


Movement;
-4R15, beberapa review bilang power reserve movement ini mencapai 50 jam dan lebih akurat daripada 7sxx, tetapi saya belum melakukan riset lebih lanjut.
-movement 4r15 tidak memiliki system manual winding dan hacking.

wristshot


gambar


wristshot


wristshot





"Moral courage is the most valuable and usually the most absent characteristic in men."
- General George S. Patton, Jr
0 0
0
08-10-2011 00:57
Hi semuanya, nubie mo ikutan coba buat review di mari ya..emoticon-Malu (S)

Mido Ocean Star Captain IV
“a symbol of marine life, the colourful five-pointed sea star”

Review section


Packaging: Mido Ocean Star Captain IV (OS IV) ini dtg dgn box kotak kayu berwarna hitam disertai dgn bantalan kulit berwarna hitam pula.
Sangat elegan & terasa wah. Box dilengkapi dgn Manual book & warranty card 2 years.
packaging



Case: dibuat dgn bhn Stainless Steel 316 L. Diameter 42,5mm dgn ketebalan 12mm. Dengan berat 182 gr, terasa pas & mantap dilengan.
Lug Widht 22mm, dan yg cukup unik lug ini disertai 2 spring bar hole. Satu utk menggunakan ss bracelet & satu lagi bila ingin menggunakan rubber/leather strap.
2 lughole suatu inovasi yg unik & sangat baik IMO.

Bracelet: brushed stainless steel dgn sedikit accent polish pd rantainya; Bracelet OS IV ini terasa sangat nyaman saat digunakan.
Dan seperti jam diver pd umumnya bracelet menggunakan double folding clasp serta diver extension yg dpt dipergunakan bila kita menggunakan diving suit.

Material: Mido menyebut bahwa mereka menggunakan high quality 316L stainless steel (brushed)
material, case, & bracelet:


Caseback: display/transparent caseback sehingga kita bs melihat mesin/rotor bekerja. Ini salah satu daya tariknya.
Saya pribadi sangat menyukai transparent caseback ini, krn kita bs melihat keindahan pergerakan mesin/ rotor-nya, seperti work of art.
transparent caseback:


Glass: menggunakan sapphire crystal jadi anti scratch namun non AR coated.

Bezel & dial: Big dial, thin bezel.. Bezel berwarna biru dgn unidirectional, 60 klik utk satu putaran penuh.
Dial juga berwarna biru, dan pd dial OS IV menambahkan wave patern yg cantik.
bezel & dial:


Hand & lume: hands utk hour & minute berwarna putih; sementara utk detik berwarna merah. Utk lume shotnya berwarna biru dlm keadaan gelap.
IMO OS IV ini, kekurangannya hanya pd lume shot, dmn terasa krg terang & cepat pudar utk ukuran jam diver (compare dg Black Monster & Aquaracer saya).
lume shot:


Crown: screw down pd posisi jam tiga. Dmn klik pertama untuk manually winding.
Klik kedua utk mengatur hari & tgl. Klik ketiga baru utk mengatur waktu.
crown:


Water resistance: 200 meters with Aquadura Sealing System; Mido sejak thn 1934 telah menemukan Aquadura sealing system.
Mereka mengklaim walaupun crown tidak tertutup secara sempurna alias dalam keadaan terbuka, tetap tahan air sampai 5 bar atau 50 meter.
Tapi saya pribadi blm pernah mencobanya atau terbesit utk berenang/menyelam dgn posisi crown terbuka. emoticon-Cape d... (S)

Movement: Selaku anggota dari Swatch Group, Mido menggunakan ETA 2836-2 dgn feature day-date.
Dilengkapi dgn incablok untuk meredam shock/getaran dg lebih baik. Hacking movement, jd jarum detik akan berhenti bila kita mau mengatur hari,tgl & waktu.
Utk accuracy sendiri saya pernah melakukan tes selama 10 hari hasilnya gain +34detik atau kalau dibagi per hari berarti +3,4sec/day.
So far the most accurate diver, I ever had.

Power reserve: Melebihi 40jam (soalnya belum pernah test dari fully wind sampai mati..)

Conclusion: Great quality compare to its value/price..
Maksudnya untuk ukuran Swiss brand Mido ada di level low-mid level, namun bila melihat material, movement,
dan feature yang dimiliki, Mido Ocean Star Captain IV ini jauh melebihi harga & juga ekspektasi saya (IMO).

Thanks for reading anywayemoticon-Blue Guy Peace

on the wirst with ss

on the wirst with leather

on the wirst with rubber
0 0
0
11-10-2011 18:31

CASIO GShock G7900

Salah satu jam tangan yang saya miliki adalah Casio GShock G7900 aka G-Rescue.
Jam tangan ini sangat cocok untuk kegiatan outdoor perairan dan operasi SAR.

CASIO GShock G7900 aka G-Rescue


Berikut saya hendak membagikan ulasan berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan jam tangan ini:

1. Bodi Kokoh
Dalam melakukan aktivitas outdoor, seringkali tanpa disadari jam tangan terbentur dengan struktur2 keras, termasuk ketika melakukan penyelaman di kapal tenggelam. Kebetulan saya punya pengalaman mengikuti operasi SAR ke dalam kapal tenggelam. Ketika melakukan penetrasi ke dalam struktur kapal tenggelam, jam saya (termasuk tangannya jg) beberapa kali terbentur ke dinding ruangan kapal atau pun benda-benda keras lainnya, ketika itu saya memakai DW6500. Hal tersebut dikarenakan sempitnya ruangan untuk bermanuver.
Dengan G7900, saya rasa-rasanya tidak perlu lagi mengkhawatirkan jamnya, saya cukup mengkhawatirkan tangan saya sendiri. Bodinya yang besar dan kokoh merupakan jaminan untuk proteksi yang tinggi, bahkan menambah kesan gagah.
G-REscue



2. Tombol-tombol Besar
Tombol besar sangat memudahkan pengoperasian, bahkan di dalam air sekalipun. Saya sudah mencobanya dalam kegiatan penyelaman saya, baik ketika penyelaman rekreasi, maupun penyelaman instruksional mengajar murid. Kemudian, apabila mengenakan sarung tangan, tombol besar ini sangat mudah ditekan.
Sangat berbeda dengan tombol2 pada seri Mudman (saya juga memiliki Mudman Tough Solar G-9010) yang cenderung lebih keras ditekan; karena peruntukkanya juga berbeda. Bila melakukan penyelaman dan juga mengenakan sarung tangan, saya akan kesulitan menekan tombol bila menggunakan Mudman.

G-Rescue

3. Back Flap
Jam ini dilengkapi dg sepasang flap di bagian belakang. Flap ini sangat berguna menjaga posisi jam pada lingkar tangan agar tidak bergeser, walau pun strap tidak dipasang terlalu kencang.
Apabila jam berputar pada lingkar tangan, tentunya akan menyulitkan pada saat hendak membaca jam, karena harus memutar jam tangan ke posisi awal. Kondisi ini sering saya alami ketika menggunakan Casio Sport AQW-100 pada saat melakukan penyelaman.

4. Display Besar
Display G7900 yang cukup besar sangat mudah dibaca dan jelas terlihat angka-angkanya di dalam air. Kondisi yang sangat kontras dibandingkan ketika saya menggunakan GShock DW6500 Skyforce dalam penyelaman.

G-Rescue

5. Fitur Grafik Pasang-Surut dan Fase Bulan
Fitur inilah yang menjadi daya tarik utama bagi saya. Kebetulan saya bertugas sebagai tenaga medis di wilayah kepulauan, di mana sarana transportasi utamanya adalah kapal/ perahu dan pergerakannya sangat tergantung oleh kondisi pasang surut.
Selain itu, profesi sampingan saya adalah instruktur selam. Dengan mengacu pada kondisi pasang-surut, saya dapat menentukan spot2 mana yang baik dan aman untuk menyelam pada waktu-waktu tertentu.
Grafik ini sangat membantu perkiraan kasar waktu air naik atau turun. Sebelum punya G7900, saya menggunakan Casio AQW-100 yang juga memiliki fitur ini.

6. Low Temperatur LCD
Memasuki lingkungan bawah air, seringkali saya berhadapan dengan temperatur rendah. Maka jelas jam ini cocok untuk kegiatan saya.
Jam ini diklaim oleh Casio mampu bertahan sampai -20 derajad Celcius. Hmmm.. jamnya masih bertahan, saya yang keburu 'lewat' duluan. Untuk penyelaman suhu ekstrim dingin saya belum pernah melakukan.
G-Rescue underwater




Demikian sedikit sharing dari saya, semoga juragans berkenan.
0 0
0
13-10-2011 00:35

Seiko Prospex SBDC001 Sumo REVIEW

"Where substance meet life"

Review section

1. Introduce



Specification :

- Movement : 6R15 23J Automatic
- Hack function & Hand winding
- Case: Stainless Steel
- Crystal: Hardlex
- LumiBrite: Available
- Accuracy: +25/-15 sec per day
- Waterproof: 200 m water resistance for divers
- Anti-magnetic: Available
- Power reserve: 50 hours
- Case width: 45mm (with crown 47mm)
- Case thickness: 13.5mm
- Lugs width 20mm
- Crown: Screw-down crown


Seiko SBDC001 atau yang biasa dikenal dengan nick name "BLACK SUMO", merupakan jajaran produk diver seiko yang masuk dalam line up prospex.
Release pertama kali pada tahun 2007, dan dipasarkan khusus untuk pasar domestic Jepang / JDM (Japanesse Domestic Market).

2. Case, Bezel, Dial & Crown



Seiko Sumo memiliki diameter sebesar 44mm (without crown) dengan lebar lug sebesar 20mm. Mungkin terlihat tidak proporsional antara ukuran diameter dan lug pada seiko Sumo, but this is Sumo. IMO hal tersebutlah yang menjadikan Seiko SBDC001 mendapat nickname SUMO CMIIW

Minus point saya tujukan pada dial Seiko Sumo ini, kalo kita amati dengan menggunakan lup, akan terlihat bahwa index hour pada angka 6 sedikit bergeser ke kiri (ke arah angka 7). Tim QC Seiko sepertinya tidak mengerjakan tugasnya dengan baik.

Kombinasi finishing polish & brush pada case Seiko Sumo membuatnya terlihat lebih elegan. It's cool for me.
Berbeda dari kebanyakan Seiko Diver pada umumnya, angka pada bezel Seiko Sumo berukuran besar. Sebenarnya secara pribadi, saya lebih suka design bezel yg umum dipakai pada seiko diver. terlihat lebih classic dan berkarakter. Design bezel pada Seiko Sumo lebih cenderung ke arah modern style mungkin angkanya yg besar itu juga ditujukan agar terlihat proporsional dengan diameter casenya.



Seiko Sumo memiliki ketebalan case sebesar 13,5 mm. sedikit bulky memang, but tetap terlihat proporsional dengan lug yg panjang dan diameter case yang lebar. Good point IMO.

Saya sangat suka dengan adanya Sign "S" pada crown Seiko Sumo ini. Terlihat seperti seiko diver kelas High-End, padahal MM yang harganya berkisar 3 kali lipat dari Seiko Sumo saja tidak memiliki sign pada crownnya.



3. Case back & Movement




Seperti kebanyakan Seiko Diver lainnya , design case back pada Seiko Sumo berupa logo tsunami namun dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan tulisan made in japan.

Untuk Movement, Seiko Sumo menggunakan movement 6R15 automatic and manual winding. its cool for me.
Sumo merupakan diver Seiko pertama yang menggunakan movement ini. Feature Anti Hack system mempermudah dalam proses penyetingan waktu, hal ini juga memudahkan kita mengetahui seberapa jauh / melenceng ke akurasi-an jam perhari nya.

sejauh yang saya test secara manual, accuracy 6R15 pada Sumo saya berkisar di +5sec/day tanpa pernah di regulasi.


4. Bracelet



Bracelet Seiko Sumo memiliki ukuran 20 mm dengan double lock system,
Kualitas bracelet Sumo cukup baik. but, saya ga terlalu suka dengan braceletnya. Sumo with bracelet terlihat terlalu besar di tangan saya yg kecil. Wrist saya berkisar di 7".

So, saya coba mengubah tampilannya dengan menggunakan Nato Bond dengan maksud untuk meminimalisir besar jam di pergelangan tangan saya.
IMO Sumo tetap keren dengan dibalut Nato strap (asal warna cocok)



5. Lume

Saya puas dengan lume pada Seiko Sumo. berpendar dengan terang namun rapih. Sedikit saja terkena sinar, maka lume bercahaya.

Berjalan keluar pada siang hari, kemudian kembali kedalam gedung tempat anda bekerja. Pada saat melewati koridor/brada didalam lift, bisa dipastikan setiap orang akan melirik ke wrist anda. Try it emoticon-Smilie

Sayangnya jam ini belum pernah saya coba masuk ke kedalaman laut.

"pinjem pic google"



6. Conclusion



Kesan pertama saya pada saat membuka box Seiko Sumo adalah cool. very nice watch IMO. Terlihat modern dan elegan.
sampai pada akhirnya harus menerima kenyataan bahwa terdapat cacat produksi pada bagian dial Seiko Sumo milik saya.

Finisihing case, movement 6R15, automatic and manual winding, sign pada crown, anti hack, serta kelebihan lainnya yang saya temukan pada jam ini mendadak luntur ketika tahu kalo dial nya "ga sempurna". Padahal ini JDM dan kategori prospex yang seharusnya proses QC nya lebih ketat.

But, Seiko Sumo selalu ada tempat di hati seiko diver lovers. Diver pertama yang menggunakan 6R15 movmnt dan satu2nya seiko diver yang mempunyai design bezel yg berbeda.

Happy hunting guys
emoticon-Smilie

emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
14-10-2011 14:23

Breitling Chronomat GT

Meskipun Chronomat mempunyai sejarah yang panjang, dalam review ini hanya akan dibahas Chronomat GT reference number B13050.1 (maaf ga jago foto, jadi foto seadanya aja)

perkenalan


Specifications

Production year: 1997-2000
Case diameter: 40.5mm
Thickness: 14.7mm
Movement: Breitling caliber 13 (berbasis valjoux 7750)
Case material: polished stainless steel
Crown, pusher, and 4 marks on top of bezel: 18k Gold
Weight +/- 80gr exclude bracelet/strap
Crystal: sapphire with dual AR coating
Strap: aslinya pilot bracelet, tapi sudah ane ganti ke leather strap
Lug size: 20mm

Chronomat GT


CASE
Seperti typical Breitling pada masanya, finishing yang digunakan adalah polished tidak hanya case tapi juga braceletnya, menjadikan arloji ini terkesan bling bling. Oleh karena itu ane pasangkan leather strap KAIN HERITAGE yang berwarna hitam doff, membuat keseluruhan penampilan jadi kalem. Meski diameter hanya 40.5mm (tanpa crown) tetap terlihat gagah di tangan

BEZEL
Bezel yg tebal dan mencuat keluar membuat penampilan Chronomat menjadi semakin maskulin. Ditambah raised index diatas bezel pada posisi 3,6,9,12 berbahan 18k gold menambah kesan gagah sekaligus elegant. Click pada bezel unidirectional dan putarannya 1 detik per click (artinya 60 click total)

GT mereng


DIAL
Dial berwarna biru dengan kombinasi yellow subdials. Pada masanya, Chronomat mempunyai 2 tipe index yang berbeda. Dalam hal ini milik ane adalah raised baton index, yang dinamakan Chronomat GT (Grand Totaliser). Yang satunya lagi adalah raised arabic index, dinamakan Chronomat Vitesse.

Terlihat Breitling sangat attention to detail. Jarum detik yang panjang (second counter) diimbuhi logo Breitling pada ujung bawahnya. Ada raised ring yang mengelilingi subdial membuat penglihatan kita lebih terfokus pada saat chronograph dinyalakan. Ketiga jarum di chrono berwarna hitam kebiruan, sayangnya tidak ada info apakah blued steel ato cuma painted saja. Tidak lupa ditambahkan raised Breitling logo pada dial.

Chronomat Vitesse dari WUS


Caseback GT


MOVEMENT & CASEBACK


Mesin yang digunakan adalah caliber 13 yang notabene merupakan Valjoux 7750 yang dimodifikasi. Pada era sebelum thn 2000, Breitling tidak mensertifikasi COSC untuk sebagian besar arlojinya. Mulai tahun 2000 keatas smua Breitling sudah COSC certified. Namun Breitling mengklaim bahwa mesin sebelum dan sesudah cosc era mempunyai kualitas yang sama.

Bagaimana cara membedakan Breitling cosc dan non-cosc?
1. Yang cosc biasanya tertulis "Chronometre" di dial dan caseback
2. Caseback pada non-cosc adalah bulat polos, sedangkan pada cosc berbentuk siku (liat foto dibawah)

caseback siku COSC, foto WUS


KESIMPULAN
Meski Breitling tidak sepopuler Rolex maupun Omega, tetap bisa dijadikan koleksi yang menawan dan investasi yang cukup baik, ditandai dengan terus naiknya harga seken secara perlahan. Khususnya untuk tipe Chronomat IMHO mempunyai tampilan yang klasik, elegant, dan simple, tidak seperti saudaranya (Navitimer) yang dialnya rame oleh berbagai macam tulisan.

Semoga review ini bermanfaat buat agan2, juga skalian bagi bagi racun emoticon-Big Grin
0 0
0
14-10-2011 19:53
edit, skalian reserved
0 0
0
20-10-2011 11:50

Review Casio G-Shock Mudman G-9300-1A

Casio G-Shock Mudman G-9300

Review section


Jam ini adalah jam Casio ke-4 yang saya miliki, sangat fungsional dan terkesan maskulin, walaupun profesi saya (pendidik) bukan di lapangan (outdoor) namun tetap cocok digunakan dalam situasi formal dan menambah percaya diri saya saat menggeluti hobi saya pada kegiatan Outdoor. berikut adalah review singkat saya mengenai jam ini berdasarkan pendapat dan kesan pribadi.

Casio Mudman G-9300


1. Display
Casio G-Shock Mudman G-9300 menggunakan tampilan positive display yang lebih besar dari beberapa jam G-Shock yang pernah saya pakai (Mudman G9000MS dan Gulfman 9100) sehingga membuat lebih jelas dilihat siang maupan saat malam hari/cahaya kurang, dan hal inilah yang menjadikan jam ini "favorit" saya gunakan dalam berbagai aktivitas, karena bagi saya Jam sebagai penunjuk waktu haruslah dapat menampilakn informasi waktu secara jelas dan mudah terlihat. Display terbagi atas 4 scene dimana bagian (1) atas menampilkan Hari, (2) bawah menampikan tanggal dan bulan serta waktu yang berjalan serta informasi baterai, (3) Lingkaran besar menampilkan detik dan sebagai penunjuk arah/visir saat kompas di aktifkan (4) Lingkaran Kecil menampilkan fase bulan.

2. Konstruksi Body dan Desain
Kesan gagah menjadi felling pertama saat jam ini saya kenakan di pergelangan saya karena dial-nya yang cukup besar dari 3 jam casio lain yang saya miliki. Hal tersebut juga didukung dengan bentuk desain yang bulat dan case yang tebal. Jam ini juga di desain dengan 5 tombol, sebelah kiri tombol ADJUST dan MODE dan di sebelah kanan tombol LIGHT, COMP, dan SEARCH. Tombol cukup lembut dan nyaman saat ditekan berbeda dari tombol Mudman G9000 yang saya miliki sebelumnya. Ada hal lain yang menurut saya menjadi kelebihan dari segi bahan case dan strap jam ini yaitu tidak mudah ditempeli debu di sudut-sudut kecilnya, padahal setiap hari saya gunakan saat berkendara sepeda motor dan hingga saat ini (sekitar 2 bulan) saya gunakan tidak pernah secara khusus membersiha debu, berbeda waktu saya menggunakan Gulfman G9100 dimana hampir tiap minggu saya bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun non detergen untuk membersihkan jam.

3. Strap
Strap salah satu poin penting bagi saya, dari segi bahan strap terasa lebih tipis dari Mudman G9000 dan lebih agak "plastik", lalu dari segi selanjutnya yaitu segi kenyamanan di tangan sebenarnya cukup nyaman namun entah mengapa saya merasa lebih comfort waktu menggunakan Gulfman 9100, mungkin karena strap jam ini kurang nyaman digunakan saat basah/terkena air, disisi view strap jam ini lebih "keren" karena dibagian dalamnya tercetak emboss tulisan: G-Shock Protection & Shock Resist. Sebagai pengunci, jam ini menggunakan pin 1 lubang, cukup mengherankan mengapa Casio tidak menggunakan double hole/ pin 2 lubang seperti yang digunakan pada G-Shock Mudman sebelumnya, bahkan Gulfman terbaru menggunakan double hole/ pin 2 lubung. Overall, jam ini termasuk nyaman ditangan saya.

4. Fungsi Khusus
Casio memasangkan Kompas dan Termometer di Jam ini. Kompas 4 arah ini sangat membantu dan mendukung dalam aktivitas di alam terbuka untuk menentukan arah, berikut juga thermometer cukup membantu dalam mengukur suhu. Namun saya masih belum mengetahui keakuratan dari fungsi-fungsi tersebut karena membutuhkan alat pembanding lain. Kedua fungsi tersebut dapat dengan mudah diakses melalui tombol COMP yang terletak di antara Tombol LIGHT & SEARCH, dan dibutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk kalibrasi arah dan suhu. Setiap 20 detik harus dikalibarasi ulang (menekan tombol COMP) agar tampilan Arah dan Suhu kembali di display. Semua fitur boros energi tersebut tidak menjadi masalah dalam persediaan daya, karena jam ini dilengkapi fitur Tough Solar dimana baterai akan ter-charge sendiri mengunakan sinar matahari.

5. Kesimpulan
Jam yang nyaman dan fungsional digunakan baik dalam situasi formal maupun informal (outdoor) dan dapat saya katakan "free maintenance" karena tidak perlu khawatir harus mengganti baterai untuk jangka waktu yang lama, walaupun dari segi kenyamanan strap masih ada yang kurang menurut saya.



Galeri Foto Sementara


*) maaf fotonya kabur cz cuma pake hape, untuk sementara fotonya cuman itu dulu ya gan, entr menyusul emoticon-Malu (S)

Quote:
bagi yang ingin beramal, saya menerima sumbangan emoticon-Cendol (S)
secara khusus tengks bwt TS agan #blackgallardo & agan #stratusbeat yg uda beramal +1 emoticon-Cendol (S) semoga dpt balasan yang sama emoticon-Malu (S) & tretnya up terus emoticon-Smilie
0 0
0
25-10-2011 13:02
Maap om2 sekalian, ane mau ripiw nih (tepatnya mini ripiw dan mini unboxing) jam GShock GX-56-1ADRane emoticon-Smilie
Tanpa banyak basa basi, ntar keburu makin basi, langsung aja yaakk!


GX "The King" 56 box

GX "The King" 56 Unboxing

GX "The King" 56

Kesan


Dengan demikian, selesai sudah mini ripiw dan mini unboxing jam GShock GX-56-1ADR.
Mudah2an bisa menjadi info yang bermanfaat bagi oom2 semua emoticon-Smilie
Terimakasih atas perhatiannya emoticon-Smilie
profile-picture
b034n4 memberi reputasi
1 0
1
28-10-2011 16:24
Setelah bersemedi di gunung, ane balik lagi dengan akuisisi baru,

Tag Heuer Calibre 16 Titanium carbon fibre

Seri ini masuk kedalam line Carrera, Day date dengan mesin calibre 16. Pada dasarnya tidak banyak perbedaan dari seri carrera day date lainnya, yang membedakan adalah case nya terbuat dari titanium dan dialnya dari carbon fibre. Keuntungan kedua material ini adalah berat jamnya menjadi cukup ringan.

penampakan



Untuk fungsi, dengan basis eta 7750, terdapat chronograph dengan Second hand chrono, counter 30 menit, dan counter 12 jam.

dial hand dan bezel


Kombinasi antara dial hitam dan Chrono hand yang berwarna merah menjadikan kekuatan desain tersendiri. Kombinasi ini membuat keduanya terasa lebih kontras dan setiap komponen terlihat lebih stand out.
Dibanding seri carrera day date nya yg lain, hanya seri ini yang menggunakan second hand chrono berwarna merah. Inilah yang memberikan kelebihan di banding yang lainnya. Matte titanium, dial karbon, dan hand merah membara, salah satu kombinasi terbaik dalam tag heuer emoticon-Big Grin

strap clasp dan caseback


Clasp nya juga terbuat dari titanium. Kaca spahire depan belakang.

overall, tag heuer carbon adalah special edition, jadi produksinya sangat terbatas. Ini yang menjadikannya worth it untuk di koleksi. Bukan sekedar terbatas saja, tapi desain yang stand out, punya karakter dan di padu dengan brand yang well known, bisa dibilang ini adalah koleksi everlasting. Dengan ukuran 43mm dan ketebalan 16mm, cukup terasa besar dan tebal, tapi berkat material carbon dan titanium tidak terasa berat.

Hanya saja tetap ada kekurangan, bahan titanium sendiri meski kuat, tapi tidak begitu baik terhadap scratch, kalo tidak salah pernah saya baca kalau stainless steel lebih tahan scratch di banding titanium. Carbon fibre juga masih diperdebatkan lifespannya. Ada yang bilang carbon punya lifespan yang singkat ( 5 -10 tahun ), tapi banyak juga yang berpendapat dengan teknologi tinggi serta dial carbon yang tidak ada beban tekanan tetap mempunyai lifespan yang lama.

tapi selain itu, the watch itself work so fine, Worth it dan sesuatu bangget emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.