Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
662
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010691258/gastro-intestinal-health-mania-gihm-indonesia-khusus-sharing-masalah-lambung
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia Thread khusus tanya jawab masalah lambung dan pencernaan. Disini kita bs sharing pengalaman, obat2an, medical or alternatif, dokter dan segala hal yg berhubungan dengan masalah lambung dan pencernaan. So, Let's Share :) Please join GIHM at FB http://www.facebook.com/groups/181720921893432/ Thx to agan @aaronspark, pembuat thread terdahulu "
Lapor Hansip
26-09-2011 20:05

Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung

Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia

Thread khusus tanya jawab masalah lambung dan pencernaan.
Disini kita bs sharing pengalaman, obat2an, medical or alternatif, dokter dan segala hal yg berhubungan dengan masalah lambung dan pencernaan.

So, Let's Share emoticon-Smilie

Please join GIHM at FB
http://www.facebook.com/groups/181720921893432/


Thx to agan @aaronspark, pembuat thread terdahulu "bagi yang sakit lambung gak sembuh-sembuh" http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2046960 , kita semua dapet info yg sangat berguna emoticon-Smilie

Share dari bro WR4 emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By WR4
Buat yang tertarik melakukan yoga untuk membantu kesembuhan, berikut linknya : http://www.abc-of-yoga.com/yoga-and-...rn-and-ibs.asp

Semoga membantu...
profile-picture
profile-picture
prada567 dan yuki26 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 31
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:18
Biasanya jenis masalah lambung ini saling berkaitan,untuk mengetahuinya, kita sebelumnya harus konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Namun kasus2 yg paling sering terjadi adalah sebagai berikut.

Jenis masalah lambung dan Gejala-gejalanya

GASTRITIS

Gastritis dapat disebabkan oleh terlalu banyak minum alkohol, penggunaan obat-obat anti peradangan nonsteroid jangka panjang (NSAIDs) seperti aspirin atau ibuprofen, atau infeksi bakteri-bakteri seperti Helicobacter pylori (H. pylori) dan dari makanan2 yang pedas atau asam. Kadangkala gastritis berkembang setelah operasi utama, luka trauma, luka-luka bakar, atau infeksi-infeksi berat. Penyakit-penyakit tertentu, seperti pernicious anemia, kelainan-kelainan autoimun, dan mengalirnya kembali asam yang kronis, dapat juga menyebabkan gastritis. Faktor psikis seperti depresi juga dapat menyebabkan asam lambung naik.

GERD

GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease terjadi karena kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadinya komplikasi. Aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya memicu GERD. Lebih dari itu, dapat menyebabkan luka pada kerongkongan. Penyebab terjadinya GERD biasanya akibat asam lambung yang tinggi, sehingga menyebabkan cincin antara lambung dan kerongkongan atau LES (Lower Esophageal Sphincters) tidak bekerja dengan baik, yg membuat asam lambung naik ke kerongkongan, bisa membuat kerongkongan tersebut menjadi radang/luka yg lebih sering disebut Esophagitis.

TUKAK LAMBUNG (GASTRIC ULCERS):

Merupakan luka didalam lambung, akibat dari asam lambung berlebih, yg menyebabkan mucosa/lapisan lambung menipis dan menyebabkan luka. Biasanya penyebab tukak lambung adalah asam lambung tinggi dan bakteri H. Pylori. Bakteri tersebut membuat luka lambung tidak bisa membaik, apabila tidak diobati/ditangani, dapat menjadi tukak lambung atau yg lebih parahnya kanker lambung.

Gejala-Gejalanya

Untuk Gastritis dan Tukak lambung, kemungkinan gejalanya mirip yaitu sakit nyeri dibagian lambung, sering bersendawa, nyeri di ulu hati, nafsu makan menurun, perut terasa kembung, susah untuk kentut, mual, nafas sesak, mulut kering atau malahan produksi liur berlebih, badan lemas dan rasa cemas yang berlebih.

Kalau untuk GERD, biasanya gejala2 yg diatas ditambah dengan rasa panas di dada atau yg lebih sering disebut HeartBurn, mulut terasa pahit atau asam, pusing dan rasa nyeri pada bagian punggung.

Namun tidak tertutup adanya gejala2 yg lain, karena efek dari masalah lambung ini sangat banyak sekali.
profile-picture
octrisany memberi reputasi
1 0
1
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:19

Hubungan Gerd Dan Gangguan Panik

Apa penyebab GERD?
Kerongkongan adalah laksana saluran tabung otot yang menghubungkan mulut ke perut. Lower esophageal sphincter (LES) adalah sebuah cincin otot yang menutup "pintu" lambung dari kerongkongan ketika kita tidak makan. Ketika kita makan, otot ini akan mengendur untuk memungkinkan makanan masuk dari kerongkongan ke perut. LES kemudian menutup lagi sehingga makanan di perut tidak akan kembali ke kerongkongan. Pada kondisi GERD, LES tidak berfungsi dengan baik untuk mencegah naiknya asam lambung.

Kecemasan dan depresi tingkatkan risiko GERD
Menurut penelitian yang telah dilakukan, baik kecemasan dan depresi berhubungan dengan risiko dua sampai empat kali lipat dari penyakit GERD. Beberapa peneliti percaya bahwa bahan kimia otak yang disebut cholecystokinin (CCK), yang telah dikaitkan dengan panik dan gangguan pencernaan, mungkin memainkan peran dalam timbulnya GERD pada orang dengan gangguan kecemasan. Faktor lain yang memungkinkan dan berkontribusi adalah ketika orang cemas mereka cenderung memicu atau memperburuk refluks asam lambung ke kerongkongan.

Apa yang bisa dilakukan ?
Pendekatan konsep biopsikososial pada kondisi medis umum adalah yang terbaik. Ini berarti bahwa pasien GERD selain perlu ditangani masalah fisik medis yang terkait dengan refluks asam lambung juga perlu mendapatkan penanganan kondisi cemasnya yang sering berkaitan dengan gangguan cemas panik dan depresi. Dalam prakte,k sering saya menemukan ketika kondisi cemas paniknya teratasi dengan baik, maka keluhan lambungnya bisa jauh berkurang bahkan baik sama sekali.

Tata laksana yang tepat dan menyeluruh perlu dilakukan mengingat jika tidak diobati, refluks asam lambung dapat menyebabkan peradangan lapisan esofagus yang akan mengakibatkan kesulitan menelan, nyeri dada kronis, dan bahkan dapat menyebabkan kanker kerongkongan.

Seperti diungkapkan di atas bahwa cemas dan depresi bisa memperberat penyakit GERD sampai beberapa kali lipat, maka ada baiknya penanganan pasien dengan gangguan GERD yang juga mengalami kondisi kecemasan tinggi baik akibat latar belakang psikologisnya ataupun karena memikirkan penyakitnya perlu ditangani kondisi kesehatan jiwanya. Hal ini diupayakan agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam penyembuhan kasus-kasus penyakit GERD. Semoga informasi ini bermanfaat.


Sumber Kompas

Credit to : dr Andri SpKj
1 0
1
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:20
Jenis obat-obatan untuk Penderita lambung

*Tapi ingat yah, karena ini termasuk obat keras, harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam dan harus banyak minum air putih yah emoticon-Smilie

ANTASIDA (ANTACID)

Golongan obat ini berfungsi untuk melawan atau mengurangi tingkat keasaman lambung akibat produksi asam lambung berlebih, diibaratkan bagaikan air dingin yang mengurangi kobaran api.

Antasida adalah senyawa-senyawa basa lemah yang akan bereaksi jika bertemu dengan asam, dalam hal ini adalah asam lambung. Saat senyawa basa ini bertemu dengan asam maka akan terjadi reaksi yang berujung kepada berkurangnya sifat kimia dua zat yang saling bertemu tersebut, maksudnya senyawa basa akan terkena dampak dari reaksi asam lambung hingga menjadi netral sedangkan asam lambung akan berkurang kuantitasnya akibat dari reaksi dengan senyawa basa.

Termasuk dalam golongan ini adalah mylanta, Antasida DOEN, Magasida, Magalat, Promag dan lain-lain. Obat dalam bentuk tablet harus dikunyah sebelum ditelan agar lebih cepat bereaksi dengan asam lambung.

Namun, obat ini tidak boleh digunakan untuk jangka panjang, sesuai yg ada dikemasannya, biasanya maksimum penggunaan adalah 2minggu.
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:21
PEMBLOKIR RESEPTOR H2 (H2 BLOCKER)

Di dalam tubuh terdapat reseptor H2 yang bertanggung jawab terhadap pengeluaran getah-getah selaput lendir seperti selaput lendir mulut, hidung dan saluran cerna termasuk lambung. Reseptor H2 ini ibarat stop kontak untuk produksi asam lambung. Pemblokiran sementara terhadap fungsi reseptor H2 ini akan membantu mengurangi produksi asam lambung sampai 70%.

Tersebut beberapa nama obat yang termasuk ke dalam golongan ini antara lain adalah Ranitidine, Famotidine, Nizatidine dan Cimetidine. Obat-obat ini akan memblokir sementara fungsi reseptor H2 hingga menyebabkan berkurangnya produksi asam lambung namun, sebagai efek universalnya obat ini juga akan menyebabkan pengurangan produksi getah selaput lendir lain seperti yang telah disebutkan sehingga akan ditemui efek samping berupa mulut kering, mata kering, hidung kering tapi tidak termasuk kantong kering karena obat ini cukup terjangkau harganya.

PENGHALANG POMPA PROTON

Golongan ini atau yang lebih terkenal dengan obat PPI (Proton Pump Inhibitor) adalah obat maag yang paling potensial dalam mengurangi produksi asam lambung. Dalam dosis tertentu, obat ini mampu untuk mengurangi produksi harian asam lambung sebesar 80% sampai 95%. Sesuai dengan namanya, obat yang termasuk ke dalam golongan ini bekerja dengan merintangi pompa proton lambung.

Terdapat beberapa obat yang tersedia untuk penggunaan klinis antara lain adalah Omeprazole, Lansoprazole, Rabeprazole, Pantoprazole, dan Esomeprazole.

Obat2 ini dapat digunakan untuk pengobatan jangka panjang, efek sampingnya lebih kecil dibanding golongan antacida
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:23
CytoProtective Agents

Obat ini bekerja untuk membuat lapisan pelindung pada dinding lambung. Pada label obat tertera Sucralfate dan terdiri atas Syrup dan tablet effervesent. Biasanya obat ini digunakan bila telah timbul Ulkus pada lambung

Prostaglandin Analoques (Misoprostol)

Obat ini bekerja dengan meningkatkan mucus lambung untuk melindungi dinding lambung dan dan menghambat produksi asam lambung
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:41
Ini dia pantangan bagi penderita sakit maag
:

Hindari makanan yang banyak mengandung gas
seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda

Hindari makanan yang merangsang keluarnya asam lambung
seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus

Hindari makanan yang sulit dicerna
yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju

Hindari makanan yang merusak dinding lambung
seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang

Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah
seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.



Khusus untuk penderita GERD

1. Bagi porsi makan Anda menjadi beberapa kali dalam porsi yang lebih kecil daripada makan berlebihan. Jangan makan larut malam.

2. Jangan berbaring segera setelah makan.

3. Kontrol berat badan dan hentikan rokok. Capai berat badan yang ideal sebab kegemukan akan memberi tekanan ekstra pada LES.

4. Hentikan rokok karena tembakau akan meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan LES.

5. Hindari bungkuk ke depan kecuali memang harus karena hal ini meningkatkan tekanan pada LES.

6. Jangan gunakan ikat pinggang ketat atau pakaian yang ngepres.

7. Naikkan posisi kepala tempat tidur Anda 6-10 inci karena berbaring datar menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

8. Cek atau konsultasikan dengan dokter sebelum minum obat-obat penghilang rasa sakit yang dapat membuat GERD menjadi lebih parah.
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:46
Diagnosis masalah lambung

Masalah lambung tidak bisa dianggap remeh, jangan cuma bilang "Ah itu cuma telat makan..." atau "Cuma sakit maag aja kan...". Kebanyakan orang hanya mengobati dengan obat yg dijual diwarung2, namun sebenarnya apabila tidak tepat pengobatannya bs menjadi berlarut-larut masalah lambungnya. Biasanya masalah lambung yg berbulan2 itu harus didiagnosis lebih dalam.

Untuk mengetahui masalah lambung yang ada, kita bs konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau yang lebih spesifik lagi, dengan ahli lambung dan pencernaan (biasanya ada gelarnya SpPD KGEH). Selain diagnosis secara fisik, ada beberapa yg bisa dilakukan untuk menegakan diagnosis tersebut, yaitu dengan cara USG Abdomen, CT-Scan Abdomen, Test darah H. Pylori, Urea Breath Test dan Endoskopi. Namun diantara semua itu, yg paling efektif adalah Endoskopi.

Dalam hal ini, endoskopi yg digunakan adalah Gastroskopi, yaitu melihat secara langsung dengan menggunakan alat yg bernama Gastroskopi, digunakan untuk melihat dan mengetahui keadaan dalam rongga saluran cerna bagian atas mulai dari tenggorokan (esophagus), lambung, sampai keusus 12 jari (duodenum) dan dapat diambil sampel jaringan dari bagian2 tersebut (biopsi) untuk mengetahui apakah ada kelainan dari jaringan (apakah ada bakteri ataupun kanker).

Biasanya waktu akan melakukan Gastroskopi, pasien diharuskan untuk puasa makan dan minum atau hanya puasa makan selama 6-8jam. Dan waktu dilakukannya, pasien bisa dibius total atau dibius lokal (hanya dibagian mulut dan tenggorokan dibikin kebal/kebas)
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 20:52
Obat Herbal


1. TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)
Khasiat: antiradang, antibakteri, memperbaiki pencernaan, melancarkan produksi empedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung & mengurangi gas perut.
Dosis : 30 gram rimpang direbus, airnya diminum.

2. KUNYIT (Curcuma domestica Val.)
Khasiat /efek ; antiradang, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.
Dosis : 10-25 gram rimpang kunyit, direbus, airnya diminum.

3. KENCUR (Kaempferia galanga L.)
Khasiat : antiradang, mengurangi perut kembung, mual, muntah, nyeri, dan sebagai penghangat badan.
Dosis : 10-25 gram rimpang kencur, direbus, airnya diminum.

4. KAPULAGA (Amomum cardamomum)
Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.
Dosis : 3-5 buah direbus, airnya diminum.

5. DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.)
Khasiat : antiradang, menguatkan lambung.
Dosis : 10-15 gram kering atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus, diminum.

6. SAMBILOTO (Andrographis paniculata)
Khasiat/efek : antiradang, menghilangkan sakit, menghilangkan bengkak
Dosis : 9 -15 gram sambiloto kering, direbus, airnya diminum.

7. KULIT JERUK MANDARIN (Citrus nobilis)
Khasiat : untuk radang lambung, melancarkan pencernaan, kembung, mual, muntah.
Dosis : 3-10 gram kering, direbus, airnya diminum.

8. SEREH (Andropogon citratus)
Khasiat : untuk nyeri lambung, perut kebung, mual, dmn muntah.
Dosis : 5-15 gram direbus, airnya diminum.

9. ADAS (Foeniculum vulgare)
Khasiat : untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, kembung.
Dosis : 1-5 gram kering, direbus, airnya diminum.


Sumber
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
26-09-2011 21:18
Tapi ingat yah, dari semua obat-obatan, kimiawi or alami, yg paling harus diatur itu ada gaya hidup, stress dan tetap harus berolahraga (tidak boleh yg berat2). Karena apabila hanya konsumsi obat2an or herbal, tp gak dirubah gaya hidupnya dan rasa cemas/stressnya tidak bisa diatur bukan tidak mungkin dapat membuat semuanya makin parah dan menjadi sia2.. emoticon-Smilie

Tetap semangat yah semua emoticon-Smilie
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
27-09-2011 08:24
Sedikit info lagi,

Biasanya yg terkena masalah lambung ini, apabila berlarut-larut sakitnya, akan mengalami masalah stress, depresi dan menjadi parnoan hehehe...

Nah apabila terkena seperti ini (saya sendiri mengalami), usahakan selalu berpikiran senang, banyak berdoa, mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, banyak olahraga, banyakin kegiatan. Kalau perlu bs ke psikiater, hanya kalau perlu yah..

Pokoknya kita harus bisa mengatur rasa cemas kita, karena diantara cara pengobatan, terapi dan gaya hidup, yg paling susah itu adalah rasa cemas/stressnya.

Tetap semangat yah emoticon-Smilie
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
28-09-2011 00:43
Wow ada trit baru

Btw ane cm mw share aja.
Kayanya untuk gejala penyakit lambung ini ga smwa sama. Kaya ane sendiri yg dadanya sakit kadang kanan kiri tengah. Trus ngentut2 mulu.

Dan gw jg kayanya yakin knp orang yg sakit lambungnya parnoan, suka stress, depresi, dll

Pertama sakit ini tuh gejalanya mirip dengan penyakit jantung. Yang buat orang yg kena penyakit ini ketakutan sakit jantung dan mati(karena kayanya kebanyakan orang berpikir kalo kena penyakhit ini orang berpikiran yang nggak2 dan jg penyakit ini pengobatannya mahal sekali)
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
28-09-2011 00:51
Lanjutan

kedua karena kekurangan vitamin b yg kalo ga salahjg mempengaruhi kecemasan makanya byk obat2an maag byk yg mengandung vitamin b.
Bsa jg konsumsi vitamin b(bsa makan neurobion) 1x sehari. Pagi aja.

Ini berdasarkan pengalaman ane sendiri.
Cmiiw
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
28-09-2011 08:37
Mengonsumsi obat lambung jenis PPI menghambat penyerapan vit B complex. Oleh sebab itu ada beberapa diantaranya yang udah lepas ppi langsung mengonsumsi methycobal (karena ada beberapa kasus yang vit b macam neurobion tidak mempan)

Berikut ini jenis Vitamin B

Vitamin B6 (Piridoksin)

Fungsi :
Di dalam hati, vitamin B6 dengan bantuan ko-faktor riboflavin dan magnesium
diubah menjadi zat aktifnya yaitu piridoksat-5-fosfat(P5P). P5P ini merupakan
zat yang sangat penting (sebagai ko-enzim) dalam metabolisme protein dan asam-asam amino, dan juga berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Penggunaan P5P ini sangat dianjurkan untuk pasien dengan gangguan fungsi hati yang tidak mampu mengubah vitamin B6 menjadi P5P.

Selain dapat membantu tubuh memecah protein, karbohidrat dan lemak, vitamin B6 juga berperan dalam menjaga kesehatan sel-sel darah merah, sistem saraf, dan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Penggunaan vitamin B6 juga diperlukan pada kasus defisiensi vitamin B6, kondisi mual-mual dan depresi yang disebabkan oleh pil anti hamil, kondisi mual hamil, juga digunakan untuk menurunkan kadar homosistein (salah satu jenis asam amino) yang tinggi, yang merupakan faktor resiko penyakit jantung koroner (khususnya pada wanita).


Defisiensi :
Defisiensi/kekurangan vitamin B6 menimbulkan keluhan dan gejala seperti,
gangguan neurologis/system saraf, koordinasi tubuh terganggu, gugup, gelisah, cemas, emosi-marah, lekas marah, insomnia, depresi, kelelahan, keluhan pada masa pramenstruasi, gula darah rendah, tekanan darah rendah, pusing, gangguan kulit seperti jerawat, rambut rontok, cheilosis (retak di sudut mulut), lidah sakit, anoreksia dan mual, anemia, baal / kesemutan di tangan / kaki, gangguan penyembuhan luka, arithitis.


Dosis :
Dosis vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh adalah hingga 2 mg / hari. Dosis
meningkat ketika sedang dalam masa kehamilan dan menyusui (sekitar 2.5 mg/hari), mengalami tanda-tanda penuaan, ada gangguan penyakit, stres dan terapi hormon.

Sumber alami :
Vitamin B6 banyak terkandung dalam makanan seperti, daging, hati, telur, ikan, ayam, kentang, nanas, gandum, roti, kedelai, alpukat, kacang tanah, walnut, buah segar (terutama pisang).

Dosis untuk pengobatan:
Dosis yang digunakan untuk pengobatan adalah 1-100 mg / hari. Reaksi toksisitas muncul untuk dosis di atas 2000 mg/hari.

Dosis penngobatan pada kasus Skizofrenia sekitar 250-500 mg per hari, dan dosis untuk menurunkan kadar homosistein yang tinggi sekitar 250 mg per hari, digunakan bersama dengan asam folat 5 mg.




Vitamin B9 (Asam Folat)
Fungsi :
Vitamin B9 (Asam Folat) berkhasiat mencegah spina bifida pada bayi. Asam folat membantu sel tubuh membentuk dan menjaga DNA. Asam folat amat penting selama masa kehamilan dan menyusui.
Selain itu, asam folat diduga kuat juga berkhasiat mencegah penyakit jantung, dan juga memiliki daya kerja protektif (bersifat melindungi) terhadap kanker kolon.

Karena memegang peranan penting dalam membentuk sel-sel darah merah, Asam folat digunakan juga pada kasus anemia megaloblaster akibat defisiensi asam folat. Selain itu, juga bermanfaat selama terapi rematik dengan antagonis-folat metotreksat untuk mengurangi efek toksisitasnya.


Defisiensi :
Defisiensi/kekurangan vitamin B9 (asam folat) menimbulkan gangguan seperti,
gangguan mental, kurangnya daya ingat dan daya konsentrasi, apatis, kelelahan, depresi, paranoid, cheilosis (nyeri pada mulut),sakit lidah, noreksia, pencernaan yang buruk, sembelit, sesak napas, lekas marah, insomnia, keluhan pada kaki. Kekurangan asam folat pada kehamilan diasosiasikan dengan cacat tabung saraf janin (spina bifida).

Sumber alami :
Vitamin B9 (asam folat) ini banyak terkandung dalam makanan seperti, sayuran hijau, gandum, buncis, kelapa, daging, ikan, hati, jeruk, jamur, kacang, dan ragi.



Vitamin B12 (kobalamin)

Fungsi :
Vitamin B12 memegang peranan yang amat vital dalam pembentukan sel-sel darah, kesehatan fungsi system saraf, dan juga diperlukan tubuh bersamaan dengan penggunaan asam folat. Konsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup besar tanpa dibarengi dengan konsumsi vitamin B12 akan sangat berbahaya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Asam folat dan vitamin B12 ini, Anda dapat membaca artikel saya di sini.


Defisiensi :
Defisiensi/kekurangan vitamin B12 menimbulkan keluhan dan gejala seperti,
gangguan memori otak, konsentrasi yang buruk dan rendah, gangguan belajar, kelelahan, depresi, perubahan suasana hati, penyakit mental yang mengarah ke halusinasi, kebingungan, paranoid, pusing, kesemutan di tangan dan kaki, gangguan keseimbangan tubuh, iritasi pada mulut, lidah merah dan sakit, pencernaan yang buruk, gangguan perut, anemia megaloblaster.


Dosis :
Dosis vitamin B12 yang diperlukan sekitar 1-5 mikrogram per hari untuk orang
dewasa yang sehat, dan sekitar 3-4 mikrogram per hari untuk ibu hamil dan
menyusui.


Sumber alami :
Vitamin B12 banyak terkandung dalam makanan seperti, hati, ginjal, daging,
unggas, ikan, telur, dan produk olahan susu
.


Thanks to agan :Ade_Passau
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
28-09-2011 11:50
wah bro aweep uda buat tret sendiri nih... apa kabar emoticon-Big Grin

Hmmm... gw sekarang uda enakan...
uda coba main futsal dan fine
parno di keramaian juga uda ilang
cuma terkadang yang sering mengganggu n nyebelin di bagian leher seperti dicekik n pengen muntah. kalo gw tanya2 sih katanya asam lambung gw naik tuh. cuma biasanya gw cuekin aja karena kalo semakin dipikirin makin menjadi2 ntar juga ilang sendiri.

untuk sekarang makanan juga ga terlalu pilih2...
gw uda makan pedes, makan coklat, makan berlemak dan malah gw uda merokok lagi walaupun dikit2 emoticon-Frown
cuma ada yang gw stop yaitu kopi dan soda...
khususnya soda gw ga berani soalnya uda denger sendiri ada orang maag yang koit gara2 minum soda emoticon-Berduka (S)

trus gw mau nanya nih...
gimana yah caranya agar asam lambung yang mengganggu sampe ke leher itu bisa diilangin? trus gw masih ga berani kena angin nih... terutama angin yang agak kenceng seperti kena kipas atau angin di tepi pantai. kalo kena angin langsung sesek gw emoticon-Frown
mohon pencerahan dan solusinya donk emoticon-Embarrassment

Ooo iya...
kalo gw bole kasi saran, banyak2 makan kik*l...
gw uda lakuin itu dan hasilnya mantap!!!
selain itu kalo naik asam lambungnya gw makan obat ringan ranitidine & antasida doen emoticon-Smilie
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
28-09-2011 13:40
Quote:Original Posted By Mon10
wah bro aweep uda buat tret sendiri nih... apa kabar emoticon-Big Grin

Hmmm... gw sekarang uda enakan...
uda coba main futsal dan fine
parno di keramaian juga uda ilang
cuma terkadang yang sering mengganggu n nyebelin di bagian leher seperti dicekik n pengen muntah. kalo gw tanya2 sih katanya asam lambung gw naik tuh. cuma biasanya gw cuekin aja karena kalo semakin dipikirin makin menjadi2 ntar juga ilang sendiri.

untuk sekarang makanan juga ga terlalu pilih2...
gw uda makan pedes, makan coklat, makan berlemak dan malah gw uda merokok lagi walaupun dikit2 emoticon-Frown
cuma ada yang gw stop yaitu kopi dan soda...
khususnya soda gw ga berani soalnya uda denger sendiri ada orang maag yang koit gara2 minum soda emoticon-Berduka (S)

trus gw mau nanya nih...
gimana yah caranya agar asam lambung yang mengganggu sampe ke leher itu bisa diilangin? trus gw masih ga berani kena angin nih... terutama angin yang agak kenceng seperti kena kipas atau angin di tepi pantai. kalo kena angin langsung sesek gw emoticon-Frown
mohon pencerahan dan solusinya donk emoticon-Embarrassment

Ooo iya...
kalo gw bole kasi saran, banyak2 makan kik*l...
gw uda lakuin itu dan hasilnya mantap!!!
selain itu kalo naik asam lambungnya gw makan obat ringan ranitidine & antasida doen emoticon-Smilie


Oi gan, selamat gan udah membaik.. kalo ane membaik, cm masih stagnan di sesak nafasnya nih hehehehe.... kata dokternya sih gara2 esofagitis distalnya bikin sesak. Mau ngecek ke dokter paru2/tht sih rencananya..

Untuk yg bikin leher terasa kenceng, kemungkinan ada peradangan jg disekitar tenggorokan n kerongkongan. Jadinya ya sama aja sih, kalo penyebabnya asam lambung, harus diselesaikan dulu masalah lambungnya emoticon-Smilie

Thx jg atas infonya... emoticon-Smilie

Tetep semangat yah gan emoticon-Smilie
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
28-09-2011 18:52
Vitamin dan suplemen yang biasanya digunakan sebagai tambahan dalam pengobatan masalah lambung,

1. Fucoidan/Fucosid, suplemen dari ganggang coklat, yg membantu memperbaiki sel2 lambung yg rusak dan membantu menghilangkan bakteri H. Pylori

2. Vitamin B Komplex (Neurobion, Neurobion 9000 dll), biasanya penderita masalah lambung mengalami kekurangan vitamin b akibatnya terganggunya penyerapan vitamin b oleh penggunaan obat untuk lambung

3. Suplemen pencernaan (Enzyplex, Gasflat, dll), suplemen yg mengandung enzim pencernaan dan vitamin b yg membantu mengurangi perut kembut akibat asam lambung berlebih

Kalau yg mau menambahkan yg lain, silahkan emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
29-09-2011 06:04
100% tanpa obat dokter,....masalah gerd separah apapun tuntas =

cuman dengan lidah buaya dan kefir.....

emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
gabento memberi reputasi
0 1
-1
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
29-09-2011 12:47
Quote:Original Posted By play2win
100% tanpa obat dokter,....masalah gerd separah apapun tuntas =

cuman dengan lidah buaya dan kefir.....

emoticon-I Love Indonesia (S)






yang bener gan..butuh berapa lama sembuh?
minta inpo yg komplit dunk gan...pengalaman dan cara buatnya,,,
thanks....
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
29-09-2011 12:49
bikin treet baru gan aweep...ikut emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:emoticon-Sundul:emoticon-Sundul::
0 0
0
Gastro Intestinal Health Mania (GIHM) Indonesia, khusus sharing masalah lambung
29-09-2011 12:52
kambuh lg......dada nyeri lagi....
0 0
0
Halaman 1 dari 31
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Fat-loss,Gain-Mass,Nutrisi Diet & Suplementasi Fitness
5-bahan-makanan-yang-wajib-dihindari-dalam-diet-ala-tya-ariestya
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia