Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
546
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007523240/berbagi-ilmu-tentang-teknologi-nuklir
Setelah gempa dan Tsunami yang melanda Jepang, Tema tentang "Nuklir" menjadi sangat hangat dibicarakan. Mulai oleh para ahlinya sampai para awam yang tidak tau apa-apa tentang Nuklir. dari berbagai forum dan media yang saya ikuti, ternyata masih sangat banyak warga negara Indonesia yang sama sekali tidak tau tentang apa itu Nuklir? bagaimana bentuknya? apa manfaatnya? bagaimana bisa menj
Lapor Hansip
19-03-2011 03:55

Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir

Setelah gempa dan Tsunami yang melanda Jepang, Tema tentang "Nuklir" menjadi sangat hangat dibicarakan. Mulai oleh para ahlinya sampai para awam yang tidak tau apa-apa tentang Nuklir. dari berbagai forum dan media yang saya ikuti, ternyata masih sangat banyak warga negara Indonesia yang sama sekali tidak tau tentang apa itu Nuklir? bagaimana bentuknya? apa manfaatnya? bagaimana bisa menjadi pembangkit energi? dls. untuk itu silahkan simak thread perdana ane :

Apa itu nuklir?


Sebentar, Uranium itu bentuknya apa?gas?cair?atau padat?


Apakah Indonesia punya tambang Uranium?


Kok bisa bisa jadi listrik?


Apa kelebihan nuklir?


Bagaimana desain PLTN?


Bagaimana sistem pengamanan Reaktor Nuklir agar tidak bocor?


Di dunia ini sudah ada berapa banyak PLTN?


Dari PLTN sebanyak itu, sudah terjadi kecelakaan berapa kali?


Meski pengamanannya tinggi, tetap saja berbahaya kan?


maaf, emang bahaya terkena paparan radiasi itu apa?


(wah, gak cukup ni gan, lanjut bawah ya! Ada daftar isinya di bawah emoticon-Smilie)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh janarko
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 42
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
28-03-2017 18:58
Quote:Original Posted By redaxus
kalo di luar negri yg pake PLTN gue yakin aman bray kalo gaa terjadi bencana alam macam gempa kalo di indo maap yah gue skeptis


kan ada wilayah indonesia yang tidak rawan terjadi gempa, mereka kan para ahli pasti mereka tau apa pekerjaan mereka, klo ada penyimpangan kan ada BAPETEN. sya sangat mendukung tentang pembangunan PLTN di Indonesia. sudah saatnya Indonesia membangun PLTN,


buat info aja : di Indonesia udah ada 3 reaktor nuklir
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
02-09-2016 04:20
kalo di luar negri yg pake PLTN gue yakin aman bray kalo gaa terjadi bencana alam macam gempa kalo di indo maap yah gue skeptis
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
25-04-2016 00:32
Suhu suhu nuklir numpang tanya
Apa benar kalau bom nuklir menghasilkan electromagnetic-pulse?? Apakah uranium yang ditembak dengan neutron di dalam reaktor juga menghasilkan electromagnetic-pulse??
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
17-03-2016 15:52
mantap gan... rapi tertib threadnya...emoticon-thumbsup

ijin bukmak dulu nih, kapan2 buat referensi hehe
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
09-12-2015 23:55
Semoga Indonesia cepat punya PLTN.
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
09-12-2015 23:52
Semoga indonesia cepat punya PLTN.
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
21-09-2015 09:30
Ane klo dgr wacana PLTN knp lsg parno ya?
keingetan insiden chernobyl
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
20-09-2015 20:00
Quote:Original Posted By fiuri
Selamat siang gan. Mau tanya, pembangkit listrik tenaga nuklir itu pasti menghasilkan limbah nuklir ya gan? Prinsip kerja pembangkitnya sama aja muterin turbin dari uap air ya gan? Terima kasih


Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Anda saja harus rutin ke WC buang limbah. emoticon-Smilie

Tapi berapa banyak limbah nuklir dan macam apa limbahnya itu bervariasi sekali. Terlalu banyak dan terlalu panjang buat dibahas di sini. Tapi intinya, kita harus pintar-pintar milih prosesnya dan lalu penanganannya juga harus benar. Lalu limbah nuklir itu sebenarnya masih bisa didaur-ulang. Rusia, Kanada, Jepang dan Prancis, dan mungkin beberapa negara lain itu seringkali menawarkan penyediaan bahan bakar nuklir lengkap dengan penanganan limbahnya. Itu limbahnya bukan dibawa pulang lalu dibuang begitu saja. Itu diolah lagi. Masih ada uranium yang bisa dipakai lagi, lalu elemen-elemen radioaktif masih bisa dibakar di reaktor nuklir yang didesain untuk itu untuk menghasilkan energi dan membuat bahan bakar nuklir baru. Memang tidak bisa 100% didaur-ulang, tapi volume limbah akhir bisa berkurang sampai 80%. Alhasil untuk PLTN modern generasi 3, jumlah limbah beradiasi tinggi yang dihasilkan setelah daur-ulang itu 5 ton per tahun per 1000 MW. (Sebenarnya lebih sedikit, tapi itu harus diencerkan dan dibungkus borosilika untuk keamanan.) Ini jauh lebih sedikit daripada PLTU batubara yang bisa menghasilkan 200000 ton abu per tahun per 1000 MW. Belum lagi polusi udaranya.

Bahan bacaan: http://www.world-nuclear.org/info/Nu...ycle-Overview/

Untuk menghasilkan listriknya, prinsip kerja yang paling sering dipakai memang memutar turbin dengan uap air. Tapi tidak harus begitu. Ada beberapa proses di mana listrik langsung dihasilkan dari radiasi beta, tapi ini biasanya untuk keperluan khusus skala sangat kecil. Ada juga di mana panas dikonversikan dengan menggunakan mesin Stirling, jadi bukan pakai turbin. Dll. Tapi turbin yang diputar dengan uap air paling umum karena air harganya murah dan mudah dicari dan teknologi turbin sederhana dan relatif mudah dibuat dalam skala raksasa.

Diubah oleh tonnyc
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
20-09-2015 13:02
Selamat siang gan. Mau tanya, pembangkit listrik tenaga nuklir itu pasti menghasilkan limbah nuklir ya gan? Prinsip kerja pembangkitnya sama aja muterin turbin dari uap air ya gan? Terima kasih
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
17-09-2015 13:02
Kapan ini jalan ya..
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
12-08-2015 21:18
Nice info gan! bookmarked
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
08-08-2015 23:36
sip info nya....jadi tambah ilmu ni....
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
16-07-2015 12:01
Quote:



Masih dalam tahap research gan, tadi sempat googling nemu ini. monggo diklik di sini.

Mungkin agan fluberman bisa bantu jawab. Research tentang battery tenaga nuklir sudah sejauh mana?


Ane jadi pengen ikut turun tangan gan hehe emoticon-army

0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
15-07-2015 22:13
Quote:Original Posted By fluberman


Yang nomor 2 sudah diupdate.
Yang nomor 1 sudah hilang sumber gambarnya...



Terima kasih sudah diupate yang gambar ke 2 nya
emoticon-Shakehand2
gambar yang pertama nanti aja klo ketemu lagi dari sumber lain, hehe.

Quote:Original Posted By blackcats54
Baterai nuklir mungkin ngga sih gan? Udah ada research nya belom ya? Terima kasih


Masih dalam tahap research gan, tadi sempat googling nemu ini. monggo diklik di sini.

Mungkin agan fluberman bisa bantu jawab. Research tentang battery tenaga nuklir sudah sejauh mana?
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
15-07-2015 20:01
Baterai nuklir mungkin ngga sih gan? Udah ada research nya belom ya? Terima kasih
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
14-07-2015 05:10
Quote:Original Posted By warwet
wah thread nuklir, ada anak TN UGM ato STTN g nih??


Banyak Gan kayaknya emoticon-Big Grin
Dosen TN UGM ada juga tuh yang nongkrong di sini. Hehe
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
13-07-2015 06:17
Quote:Original Posted By janarko


Setelah merapi kan lagi trit ini, ane nemu beberapa postingan gambar dari agan fluberman hilang.
Beberapa diantaranya adalah:
1. Zona eksklusi (di sini)
2. Pohon evolusi reaktor nuklir (di sini)
Bisa minta tolong diupdate gan? biar pembaca makin memahami penjelasan agan mengenai bab tersebut.
Terimakasih banyak.


Yang nomor 2 sudah diupdate.
Yang nomor 1 sudah hilang sumber gambarnya...

0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
11-07-2015 23:14
Quote:Original Posted By fluberman
boro2 ratusan. ... satu aja dari dulu gak jelas kelanjutannya. ...


Setelah merapi kan lagi trit ini, ane nemu beberapa postingan gambar dari agan fluberman hilang.
Beberapa diantaranya adalah:
1. Zona eksklusi (di sini)
2. Pohon evolusi reaktor nuklir (di sini)
Bisa minta tolong diupdate gan? biar pembaca makin memahami penjelasan agan mengenai bab tersebut.
Terimakasih banyak.
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
11-07-2015 23:02
Quote:Original Posted By tonnyc
Ada ulasan mengenai PLTN berbasis Thorium tidak? Info yang saya punya masih sebatas ulasan Wikipedia bahasa Inggris. Bulan lalu ada berita di Yahoo News, tapi apakah sudah ada perkembangan lebih lanjut? Monazite di Indonesia katanya ada 185992 ton, tapi apakah ada yang sudah tahu berapa kadar thorium di dalamnya?


Agan tonnyc, tentang Thorium silahkan dibaca artikel kompasiana di atas.
Maaf ya gan, setelah tiga tahun baru ane jawab emoticon-Malu (S)
Diubah oleh janarko
0 0
0
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
11-07-2015 22:37

Serpong Bakal Jadi Pilot Project Pembangkit Listrik Nuklir

Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tengah menyusun sejumlah persiapan menyusul program pemanfaatan energi nuklir di Indonesia.

Saat ini, lembaga pemerintah non departemen itu sedang mengajukan beberapa perizinan untuk memulai proyek uji coba (pilot project) pembangunan reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Serpong, Banten.

"Sudah mulai dan yang menangani Batan. Saat ini sedang mengurusi perizinan dan perancangan pembangunan fisik," ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Rida Mulyana di Jakarta, Senin (6/4).

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca selengkapnya di sini
Diubah oleh janarko
0 0
0
Halaman 1 dari 42
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia