Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
2295
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006393636/all-about-penyakit-jiwa
OVERVIEW apa itu penyakit DEPRESI??? - jika anda kena PHK lantas merasa depressed, tapi setelah anda dapat pekerjaan baru yg gajinya lebih gedhe jadi riang gembira lagi, itu BUKAN penyakit DEPRESI - jika anda ditinggal pacar lantas merasa depressed, tapi setelah anda dapat pacar baru yg lebih cantik/ganteng jadi riang gembira lagi, itu BUKAN penyakit DEPRESI penyakit DEPRESI, dan juga PENYAKIT JIW
Lapor Hansip
25-12-2010 07:15

all about PENYAKIT JIWA

OVERVIEW
apa itu penyakit DEPRESI???
- jika anda kena PHK lantas merasa depressed, tapi setelah anda dapat pekerjaan baru yg gajinya lebih gedhe jadi riang gembira lagi, itu BUKAN penyakit DEPRESI
- jika anda ditinggal pacar lantas merasa depressed, tapi setelah anda dapat pacar baru yg lebih cantik/ganteng jadi riang gembira lagi, itu BUKAN penyakit DEPRESI


penyakit DEPRESI, dan juga PENYAKIT JIWA LAINNYA yang saya maksud adalah PENYAKIT YANG BUTUH BANTUAN PENGOBATAN MEDIS, baik dengan OBAT2AN, maupun kombinasi dengan PSIKOTERAPI KOGNITIF dan INTERPERSONAL


APA ITU PENYAKIT/ GANGGUAN JIWA??

in most cases PENYAKIT/GANGGUAN JIWA itu disebabkan oleh
KETIDAKSEIMBANGAN/ KETIDAKSTABILAN NEUROTRANSMITTER YANG TIDAK TERKENDALI
dalam otak anda, baik itu DEFISIT maupun SURPLUS GABA-Glutamate, Epinephrine (Adrenaline), Serotonin, Norephinephrine (Noradrenaline), Dopamin.. serta Zat-zat Psikoaktif lainnya.
pada dasarnya SEMUA PENYAKIT/ GANGGUAN JIWA itu BISA DISEMBUHKAN dan ADA OBATNYA.



STRICTLY WARNING!!!

JANGANMENGGUNAKAN BENZOS "STAND ALONE" UNTUK MENGATASI GANGGUAN JIWA YANG ANDA ALAMI, KARENA ITU TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH, JUSTRU MALAH AKAN MENIMBULKAN MASALAH BARU: "ADIKSI".
"BENZOS" sebagai obat ANTI-ANXIETY yang HIGHLY ADDICTIVE DIGUNAKAN UNTUK PENYEMBUKAN PENYAKIT JIWA HANYA SEBAGAI "OBAT SEMENTARA" dan "OBAT SUPPORT", BUKAN OBAT UTAMA, BAIK ITU UNTUK "SPEED-UP" REAKSI OBAT2AN PENYAKIT JIWA (ANTIDEPRESAN, ANTIPSIKOTIK, DLL), MAUPUN UNTUK "MENGURANGI/ MENGHILANGKAN SIDE EFEK" DARI OBAT2AN PENYAKIT JIWA TERSEBUT
Diubah oleh xanaxtaxi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
all about PENYAKIT JIWA
04-05-2020 12:07
Apa kabar gaes..
Pingin ngasih tau buat semuanya.
Sekarang ada aplikasi2 smartphone untuk konsultasi langsung sama ahli.
Sejauh ini yg ane pake adalah halodoc.
Biayanya terjangkau banget utk sekedar nanya2. 50rbuan/setengah jam.
Lumayan banget kan.
Ada psikiater dan psikolog juga.
Jd kalo ada yg ragu2 utk dateng langsung ke psiki atau psiko bs online dulu deh.

Ada juga biro konseling atau mentoring kaya Satu Persen Indonesia yg kemasannya anak muda banget. Kontennya banyak yg bagus.

Semangat ya semuanya yg berjuang dg kejiwaannya.

Ane lagi mau berobat juga dalam waktu dekat.
Semoga lancar2 deh
profile-picture
profile-picture
Ki Semar dan id.mahlukplanet memberi reputasi
2 0
2
all about PENYAKIT JIWA
31-08-2018 10:12
Gan ane kemaren divonis sama dokter spesialis jiwa katanya ane mengalami kecemasan (ansietas) padahal rencana nya mau minta surat rekomendasi sehat jiwa eh malah dapat gituan

Cara mengobati kecemasan gimana ya gan? Soalnya ane kalau udah di kondisi tertentu kadang ya panik stress
profile-picture
profile-picture
Arman.Jagau dan agus.malaikat. memberi reputasi
2 0
2
all about PENYAKIT JIWA
02-01-2020 22:53
Quote:Original Posted By wahids
Want to ask gan
Nyokap ane saat ini sakit yg bsa d blg aneh, mungkin bsa masuk ke psikologis trganggu
Karna dia gak hafal nama anaknya sndiri kadang suka kebalik manggil nama antara adek sama ane
Trus nama objek benda atau apapun, dia gak hafal lupa
Umur nyokap ane msh di bawah 50 tahun
Sblmnya udh di bawa ke dokter syaraf jg
Dan udh rutin minum obat tp skrg stop
Gejala awalnya parah bgt gan, nyokap sampe ngomong balelol (gajelas)
Trus kyk org linglung
Utk saat ini nyokap udh ane tangani pke terapi bekam dan hasilnya alhamdulillah berangsur baik
Ngbrol udh mulai nyambung cm itu tadi nyebut nama benda tuh msh susah, gak ngerti, kdg jg masih suka ngeluh dan marah2 sama penyakitnya sndiri..
Bingungnya msh ada jg
Btw nyokap ane gada kegiatan slama ini d rumah terus, apa betul nyokap ane ini kena psikosomatis?
Moga ada yg bsa ksh saran buat agan2 dsni
Apa langkah yg bsa ane lakuin skrg
Sambil ikhtiar gan, mksh sblmnya


waktu ke dokter saraf apa diagnosanya ?

Psikosomatis itu gangguan psikis yg menyebabkan keluhan fisik, seperti:
- rasa sakit/ ga nyaman di dada
- jantung berdebar atau bahkan rasanya nyeri.
- sesak nafas
- sensasi tercekik
- gangguan lambung atau nyeri ulu hati.
- keringet dingin
- sensitif thd suhu
- rasa sakit di tubuh/ otot tegang
- tekanan darah naik
- lelah tanpa sebab
- dll

semua itu jika diperiksakan scr medis umumnya malah tidak menunjukkan ad masalah fisik berarti alias sehat.. jd menurut gw ga masuk ke kategori gejala psikosomatik yg biasanya lebih sering dialami oleh pengidap gangguan kecemasan dan Depresi.

jika memang menurut agan ad permasalahan yg sekiranya berkontribusi dgn kondisi kejiwaan ibunya ya ga ada salahnya konsul ke psikiater.

bekam, akupunktur, dan pendekatan holistik lain mungkin bisa sedikit membantu namun bukan sebagai lini pertama penyembuhan.. melainkan support saja.
profile-picture
id.mahlukplanet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
all about PENYAKIT JIWA
02-11-2019 23:32
gan ane mau nanya, ane baru punya akun maaf postingannya masih kaku gan, jadi gini ane di diagnosa katanya skizofrenia paranoid tapi alhamdulilah udah mendingan ane sisa waham doang sama delusi yang masih kaya ganggu ane, disini ane mau nanya orang orang kaya gue gini bisa dapet kerja gak sih ? kepikiran mulu, taku jadi pengangguran apalagi stigma di indo orang punya mental illness dicapnya udah "gak beres" aja, padahal masih bisa mikir cuma ada gangguan doang di dirinya, ane baru aja kelarin s1, cuman dihantui kalo interview di kantor orang kalo punya penyakit ini takutnya gak diterima, mohon pencerahannya gan / kawan kawan, soalnya ane masih muda 22 tahun baru aja fresh graduate, makasih. salam sehat jiwa untuk kita semua
profile-picture
id.mahlukplanet memberi reputasi
1 0
1
all about PENYAKIT JIWA
28-09-2019 09:37
Quote:Original Posted By camelbalap
Ijin konsultasi gan..
ane punya temen akrab banget dari kecil..dari tk sampe kuliah bareng terus.nah uda 1 tahun terakhir ini dia jadi aneh banget perilakunya.
contohnya:
1.waktu dia bonceng cewenya trus di jalan cewenya ini disapa temen cowo si cewek.kemudian temen ane ini marah" bilang kalo cewenya selingkuh,cewenya punya pacar lain.padahal jelas" itu temen si cewe yang nyapa cewenya saat di jalan.dan temen ane ini marah" trus sampe cewenya ga tahan n akirnya putus.

2.pas lagi keluar sama ane beli rokok di warung,ada orang di depan kita buang kotak minuman ke tanah.temen ane itu langsung ngedumel bahwa orang tsb sengaja nglempar kotak minuman itu ke dia.padahsl jelas" kotak minuman tsb dibuang jauhan dari temen ane itu.dan sampe berminggu" dia marah" n crita ke semua org bahwa dia dilempar kotak minuman ma orang rese di warung.

3.setiap mau makan,piring sendoknya dilihatin detail banget sampe mau ambil nasi n lauk aja dilihatin bner"..ane tanya knapa dia jawabnya takut klo kotor,ada racunnya ato ada benda tajam yg nempel.

4.pernah suatu hari ada orang lagi buang ludah,temen ane marah" katanya sengaja buang ludah disitu biar kena dia gitu, padahal jelas" buang ludahnya di tempat yg jaraknya agak jauh dari posisi kami.

Dan masi ada lagi sih gan tp itu yg paling ane inget.

nah pertanyaan ane:

1.kenapa temen ane ini?
2.apa dia menderita gangguan jiwa?gangguan jiwa jenis apa?
3.kalo itu gangguan jiwa apa bisa disembuhkan?kadang ga tega lihatnya..

Sekian pertanyaan ane.mohon bantuan dan pencerahannya agan" sekalian..terima kasih..


1. temen ente bermasalah
2. mungkin aja kena schizo atau delusional paranoid.. itu ahli jiwa yg bisa kasih diagnosa.
3. bisa sembuh.. minimal membaik, ajak baik2 ke ahli jiwa/ psikiater. atau mungkin coba konsul ke psikolog dlu klo tingkatannya belum parah..

ke psikiater jika memang benar2 sampai tahap menganggu fungsi pribadi dan sosial..
profile-picture
camelbalap memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
all about PENYAKIT JIWA
26-09-2019 19:04
Ane ke malaysia berobat, karna keterbatasan obat di daerah psikiater terdahulu. Ane di diagnosis bipolar, ckup berat bagi gw buat nerimanya. Tpi namanya hdup mesti lanjut n tetep maju bkn gan? emoticon-Smilie
profile-picture
darkmadman memberi reputasi
1 0
1
all about PENYAKIT JIWA
21-07-2019 22:53
Quote:Original Posted By deady




Semua obat sy tebus sesuai yg tertera diresep, awalnya sy sempat dikasi xanax 1mg utk 15 hari waktu pertama kali konsul (jd obat diberikan utk jangka 15 hari), tp kemudian diubah menjadi calmlet setelah sy sedikit protes ke dokternya krn takut efek adiksi xanax (konsul kedua sampai skrg), ternyata sm aja yah wkwkw. Btw utk sandeprillnya utk obat apa ya gan? Apakah sama jg bs menimbulkan adiksi?. Utk kondisi sy saat ini masih suka nangis sendiri terutama saat teringat anak sy, walaupun gak terlalu sering spt saat awal2. Mohon pencerahannya. Tq


tentunya obat sesuai dengan keluhan agan yg utamanya yaitu depresi, sandepril masuk kedalam golongan Anti Depresan sedangkan Calmlet/ xanax/ Alprazolam masuk golongan Benzodiazepin.

sebelum kita bahas masalah adiksi, coba kita preteli dlu ya jenis pengobatan yg biasanya digunain utk keluhan Depresi scr ringkas.

1. obat golongan Benzo: termasuk golongan penenang, obat ini bekerja dengan mempengaruhi sistem GABA pada otak.. dimana GABA sendiri punya peran dalam memberi rasa tenang. biasanya diresepkan krn gangguan Depresi dan juga Anxiety sering mengeluh adanya ketidaknyamanan luar biasa baik secara fisik maupun psikis.. semisal keluhan somatik/ Psikosomatik/ psikosomatis/ somatisasi (gangguan psikis yg manifestasinya ke gangguan fisik).

2. golongan Anti Depresan: obat ini bekerja dengan cara menyeimbangkan kembali sistem Serotonin di otak. gangguan depresi dan Anxiety umumnya krn ketidakseimbangan zat ini di otak, knp bisa ga seimbang ? ya bisa krn faktor eksternal (dinamika hidup) ataupun internal (bakat genetik).
berbeda dengan golongan benzo yg bekerja cepat.. anti depresan butuh waktu lumayan lama sebelum bekerja betul di tubuh.. bisa itungan mingguan sampai bulanan, walaupun umumnya kurang dari sebulan jg sudah mulai bekerja.

karena butuh waktu itu makanya golongan benzo jg lazim diresepkan.. krn selama anti depresan belum bekerja biasanya muncul efek samping yg lumayan bikin ga nyaman (cemas, takut, keringat dingin, dll) sehingga obat benzo sedikit banyak sebagai buffer dari efek samping yg muncul.

apa bisa berakibat adiksi ?

1. benzo, YA. klo dalam jangka waktu lama dan dosis ga terkontrol
2. Anti depresan, NO. tapi krn pengobatan anti depresan jangka panjang makanya banyak yg nganggep ketergantungan.. padahal memang masih dalam pengobatan.

karena jenis Anti Depresan juga ada banyak (SSRI, SNRI, Triklisik, MAOIs, dll) maka sering juga ada pergantian obat oleh psikiatri mengikuti perkembangan pasien.

jd klo agan merasa ada perubahan entah itu positif atau negatif selalu komunikasikan ketika kontrol.. bisa saja misal ga cocok sama sandepril dan akan diganti ke jenis anti depresan yg lain.

knp masih sedih walaupun sedang berobat ?

1. bisa jadi obatnya belum paripurna krn masih proses, ingat ini jangka panjang.
2. obat hanya berguna sebagai jembatan menormalkan kembali apa yg ga seimbang di dalam diri.
3. namun faktor eksternal sumber stressornya ya harus agan sendiri yg menyelesaikannya..

misal sedih krn ingat anak solusinya adalah bertemu..
tp kan cuma agan yg tau nih kondisi realnya bagaimana, psikiatripun mungkin hanya bisa mendengar keluhan namun agan sendiri yg harus take action solusinya gimana.
profile-picture
mumilanista memberi reputasi
1 0
1
all about PENYAKIT JIWA
13-06-2019 10:42
Quote:Original Posted By mas11
Pagi agan2... saya nyimak yaaa....

Sy bingung mencari pengobatan utk kakak sy yg sepertinya menderita skizofrenia....

berawal dr depresi krn gagal menikah... Dan sempat diduga kena guna2... Sdh dibawa ke orang2 pintar tp belum sembuh... Hanya lbh tenang saja skrg, sebelumnya sempat teriak2 spt orang kesurupan....

Sy kmaren sempet beli obat Abilify.. tp msh di jasa pengiriman....

Bagaimana pengalaman Agan2 pake obat Abilify apakah manjur?

Terima Kasih...

😄😄😄


yg jelas2 aja... bawa ke poli Jiwa/ psikiater.

ini adalah sakit/ gangguan yg ga mempan pake alternatip2 an, org pinter, atau cobain herbal/ obat sendiri dri sumber yg ga jelas.

abilify sendiri merupakan obat utk gangguan schizo, bipolar... namun penggunaan obat2 an gangguan jiwa wajib dalam pengawasan dokter krn ga bisa sembarangan.

yg susah dri masyarakat awam ya begini dlm menyikapi gangguan kejiwaan.. antara kagok datengin poli jiwa atau yakin itu krn guna2..
Diubah oleh darkmadman
profile-picture
erwaleste memberi reputasi
1 0
1
all about PENYAKIT JIWA
22-03-2019 16:21
Quote:Original Posted By darkmadman
ya udah urus dlu secepatnya.. nanti pas berobat ga usah bilang2.

gw paham dilema pertentangan di keluarga krn bisa jd pola mikir orang tua masih jadul, ke psikiater / ahli jiwa ya dianggapnya gila.. .

yg tau diri lu adalah lu dan profesional yg menangani masalah lu... bukan Temen bahkan orang tua sendiri.. do ur best.


Iya udah diurus. Masih harus nunggu dua minggu baru bisa dipake bpjs nya. Ya gtlah gan kaya aib rasanya. Yaudalah yg penting ane sembuh ah
1 0
1
all about PENYAKIT JIWA
14-01-2019 07:50
Quote:Original Posted By zeckzz
Permisi gan, ane punya masalah. Jadi kalo ane lagi nongkrong atau kerja,setiap banyak orang asing di sekitar ane itu bawaannya pengen banget cepet2 pergi,cemas,dan ngerasa kalo orang lain yg ngeliat ane itu bicara yg aneh2 tentang diri ane.

Terkadang sampe harus pakai xanax,zypraz biar cemasnya hilang dan itu berhasil. Ga rutin, cuman saat momen2 tertentu aja.

Pertanyaannya, apakah ane punya social anxiety? Dan jika benar,minta solusinya buat mengatasinya tanpa harus pakai obat. Minta sarannya yg pernah punya social anxiety..


- lu ngembat xanax & zypraz atas resep dokter atau inisiatif sendiri ? ga boleh seenaknya lho..

- social Anxiety menurut gw sama Anxiety lainnya, klo masih taraf perasaan cemas aja solusinya latihan pembiasaan.. tar lama2 biasa sendiri minimal ga grogi2 amat.

contoh: gw dlu paling grogi presentasi depan orang.. tp waktu sidang skripsi gw mikir "ini kan karya gw, knp harus ribet sama dosen penguji".

waktu kerja pun sama.. tiap seminggu sekali harus presentasi kerjaan ke klien sebelumnya juga jadi marketing harus nemuin orang dan bermuka tembok.. jd biasa aja.

ada lagi.. gw paling grogi dan menghindar ngobrol sama orang bule. tp gw malah punya abang ipar orang belanda.. ya mau ga mau harus dipaksain ngobrol2 pake english walaupun belepotan.

- selain itu asupan makanan nutrisi & pola hidup juga punya pengaruh kepada level Anxiety, intinya jaga pola hidup sehat aja..
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Manga, Manhua, & Manhwa
all-about-adult-manhwa
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia