alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002376813/share-konsultasi-masalah-kesehatan-dan-penyakit-burung
Lapor Hansip
02-09-2009 14:29
[Share] Konsultasi Masalah Kesehatan dan Penyakit Burung
ayo2 yg mau berdiskusi tentang kesehatan BOP anda harap masuk disini yah...
jgn buat tread baru lagi...
sabar wa cari referensi dolo...

sumber:
untuk penyakitnya: http://www.themodernapprentice.com/diseases.htm
untuk nutrisi makanan: http://www.themodernapprentice.com/nutrition.htm
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 55
02-09-2009 14:31
Nutrisi Makanan
DAGING MERPATI :
sebenarnya daging merpati banyak sekali mengandung lemak dan bagus untuk BOP kita, tapi ya seperti gw bilang di atas daging merpati rawan mempunyai bakteri bawaan yang menyebabkan penyakit frounce dan herpes.
kandungan daging merpati :
\tProtein 18,47 g
Total Lipid (lemak) 23,8 g
Energi 294 kkal

DAGING BEBEK :
daging bebek cocok untuk kebanyakan BOP, tapi klo di kasih terlalu banyak BOP akan lesu karena kandungan lemaknya termasuk kategori banyak. lemak bebek yg berwarna kuning mengandung banyak sekali nutrisi. satu hal yg perlu di ingat ada baiknya kasih makan batu kerikil setelah BOP makan daging bebek.
kandungan daging bebek :
Protein 17,42 g
Total Lipid (lemak) 15,2 g
Energi 211 kkal

DAGING KELINCI :
daging kelinci bagus untuk BOP yg inging melakukan diet, tapi harus hati2 memilih daging kelinci karena ada sebagian kelinci membawa penyakit, contohnya penyakit hati, penyakit cacingan, membawa coccidia, dan tumorus besar atau infeksi. ada baiknya setelah memotong daging kelinci, dagingnya di simpan di dalam plastik bukan baki, karena jika di plastik kita dapat menambahkan darahnya atau suplementnya. trus masukan ke pendingin di campur dengan es, jika ingin di pakai kembali masukan plastik yg berisi daging kelinci ke dalam air hangat untuk menghilangkan es pada dagingnnya. 1 ekor kelinci mampu memberi makan BOP sekitar 1 minggu lebih.
kandungan daging kelinci :
Protein 21,9 g
Total Lipid (lemak) 2,4 g
Energi 153 kkal

DAGING TIKUS :
daging tikus mengandung sedikit sekali gizi, jadi ada baiknya jika pemberian daging tikus di sertai dengan daging bebek, sapi, ato daging kelinci.

DAGING IKAN :
pada umumnya elang2 di indonesia memakan ikan, tapi ada pula yg tidak bisa memakan ikan, jika anda tau jenis2 apa saja elang2 yg habitatnya bukan makan ikan maka pemberian makan ikan di selingi vitamin B1, dan tidak boleh memberi makan ikan terlalu sering, karena akan menyebabkan kematian. BOP yg habitatnya tidak makan ikan pencernaannya beda dengan BOP yg makan ikan.

DAGING BURUNG PUYUH :
daging burung puyuh mempunyai lemak rendah, tapi jika di konsumsi setiap hari dan jangka panjang maka akan menimbulkan timbunan lemak.
pemberian daging burung puyuh ada baiknya saat usia burung puyuh 6 - 8 minggu, karena jika dagingnya di campur dengan tulangnya maka akan memberikan kalsium yg sangat tinggi bagi BOP, namun perlu di perhatikan saat memotong daging beserta tulangnya, buat supaya di potong kecil2 supaya tulangnya tidak mengakibatkan luka dan inveksi berkepanjangan pada saluran pencernaan BOP yg menyebabkan kematian. saat memberi makan daging puyuh kaki dan sayapnya harap di buang.
kandungan daging puyuh :
\tProtein 21,76 g
Total Lipid (lemak) 4,53 g
Energi 134 kkal


ada baiknya dalam waktu seminggu kita ngasih makan BOP kita beda2, nah sisa makanan di pakai untuk hari besoknya ato minggu besoknya, contoh seminggu makan 3 jenis daging, yaitu daging kelinci, bebek, sapi.




semoga bermanfaat all
klo mo ngasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) juga gpp...
hehehe
0
02-09-2009 14:32
Batu kerikil
Perlukah Eagle ato falcon kita memakan batu kerikil ???
mari kita bahas disini...
di alamnya setiap elang memakan 3 - 4 batu kerikil untuk memudahkan sistem pencernaan mereka, jadi kesimpulannya ketika kita memelihara elang wajib bagi kita untuk mendapatkan apa yg dia butuhkan.
daging bebek dan merpati memiliki lemak yg sangat tinggi, kadang2 lemak2 itu tersisa di dalam pencernaan si burung, nah gunanya batu kerikil ya itu untuk membantu membersihkan saluran pencernaan, makannya tidak heran kadang kala ada elang yg makan bulunya sendiri ato makan batu kerikil.

cara memberi makan batu kerikil:
-cari batu kerikil yg permukannya halus dan tidak mudah belah, sehingga tidak mengganggu pencernaanya
-jika sudah ketemu, selipkan 3 - 4 batu kerikil di antara dagingnya, 1 daging 1 batu kerikil

moga2 bermanfaat all...
klo yg puas kasih gw emoticon-Blue Guy Cendol (L) juga gpp...
hehehe
0
02-09-2009 14:43
Penyakit Maggots
kadang2 ketika kita memelihara BOP yg masih eyass di temukannya bintik2 warna abu-abu di atas kepala ato di bawah paruhnya jgn di anggap remeh gan itu adalah penyakit.
cara penyembuhannya :
-di kasih vaseline.
-di kasih campuran air sama cuka secukupnya.
0
02-09-2009 14:54
Penyakit Apoplexy
Penyakit Apoplexy di tandai dengan tidak terkendalinya BOP, karena mengalami kontraksi otot. coba di kasih air gula, jus jeruk atau jus cery dapat menyeimbangkan elektrolit elang. trus simpan BOP di tempat sejuk dan gelap.
0
02-09-2009 15:01
Penyakit Candidiasis
Penyakit Candidiasis, termasuk penyakit infeksi jamur. gejala termasuk flak di dalam mulut (mirip gejala penyakit Frounce, Capillaria, atau kekurangan vitamin A) namun beda sekali.
gejala-gejala:
-kurangnya napsu makan
-muntah
-dehidrasi
-depresi
pengobatan di beri :
nistatin, Flukonazol, Itrakonazol.
0
02-09-2009 16:18
sebatas BOP ya.??
yg lain.?

reserved deh.
0
02-09-2009 17:27
Quote:Original Posted By marinerz
sebatas BOP ya.??
yg lain.?

reserved deh.


untuk burung yg lain mungkin sebisa gw yah...
soalnya ada sebagian orang yg ga mau ngasih ilmunya...
klo BOP kan orang indonesianya yg ga mau ngasih ilmu trus kita sendiri baca text bahasa inggris yg di cari di internet.
ntar lah mudah2an gw dapat bahannya...
klo uda dapet bahannya gw isi di tread lo dah "burung paruh bengkok"

thanks kk uda kritik.
0
02-09-2009 17:34
ini BOPnya yang jenis apa?
setau gw penyakitnya beda2 soalnya cara hidup dan habitat juga beda meskipun aga mirip
0
02-09-2009 17:37
Quote:Original Posted By putrabocor
ini BOPnya yang jenis apa?
setau gw penyakitnya beda2 soalnya cara hidup dan habitat juga beda meskipun aga mirip


yup penyakit BOP beda2...
tapi yg gw kasih tau yg universal (semua BOP bisa kena).
gitu loh bos...
hehehe
0
02-09-2009 18:16
untuk TS trimakasih atas informasinya.,
pasti sangat berguna.,
0
02-09-2009 18:32
Penyakit Capillaria
Capillaria disebut juga cacing gelang kecil. Cacing gelang ini "Capillaria amulata", menanamkan diri di dalam lapisan kerongkongan, tembolok, dan usus kecil. cacing ini sangat susah hilang dari BOP kita meskipun sudah di obati sekalipun.
tanda-tanda penyakit ini adalah :
-depresi
-lemah
-penurunan berat badan
-diare
-BOP suka duduk
-batuk-batuk
-terengah-engah
-anemia
-air liur berlebihan
-bau mulut
-di mulutnya ada gejala yg mirip penyakit frounce
Ivermectin adalah pengobatan pilihan dalam dosis tunggal sekitar 0.2mg/kg berat badan, tapi ini tidak selalu efektif.
Panacur atau Levamasole juga dapat digunakan untuk mengatasinya.
Banyak dokter hewan akan menyarankan untuk membiarkannya saja jika hanya ada tingkat yang sangat rendah,seperti yang hampir selalu hadir bahkan dalam sistem burung yang sehat.
0
02-09-2009 18:46
Penyakit Frounce
Frounce adalah ragi yang sangat menular infeksi saluran pencernaan. Frounce disebabkan oleh protozoa yang disebut Trichomonas yang sering hadir dalam anak burung merpati. Untuk alasan ini, burung merpati wajib di teliti sebelum di berikan ke raptor, jgn memberi makan kepala burung merpati yang paling penting.
Tanda-tanda khas frounce bintik-bintik putih di mulut, sering disebut sebagai "cheesy" atau "plak putih." Ini saja tidak cukup untuk mendiagnosis frounce sebagai plak bisa saja candidiosis, capillaria, atau bahkan Kekurangan vitamin A, tapi itu adalah salah satu ciri dari penyakit. Tanda-tanda lain adalah kepala menjentikkan, kesulitan bernapas, atau bahkan regurgitasi makanan. Ada bau tertentu untuk frounce. Tai hijau juga dapat muncul. bersihkan mulut yg terkena forunce menggunakan kapas basah. Salah satu perawatan umum sekarang adalah memperlakukan burung dengan 25-50 mg / Kg Metronidazol dua kali sehari selama 7 - 10 hari dan diambil sampel daerah yang frounce dengan betadine encer atau Nolvasan solusi untuk mencoba untuk menghapus beberapa plakat. Satu 250 mg tablet dapat dilarutkan dalam 10 cc air. Great Horned Owls dan Barred Owls sangat rentan terhadap hal ini.
pic penyakit frounce :

[Share] Konsultasi Masalah Kesehatan dan Penyakit Burung

[Share] Konsultasi Masalah Kesehatan dan Penyakit Burung
0
02-09-2009 18:52
Quote:Original Posted By blacks_jackz
untuk burung yg lain mungkin sebisa gw yah...
soalnya ada sebagian orang yg ga mau ngasih ilmunya...
klo BOP kan orang indonesianya yg ga mau ngasih ilmu trus kita sendiri baca text bahasa inggris yg di cari di internet.
ntar lah mudah2an gw dapat bahannya...
klo uda dapet bahannya gw isi di tread lo dah "burung paruh bengkok"

thanks kk uda kritik.


iya bener tu,.pd pelit ilmu semua.

ok deh..emoticon-I Love Indonesia
0
02-09-2009 19:55
Quote:Original Posted By marinerz
iya bener tu,.pd pelit ilmu semua.

ok deh..emoticon-I Love Indonesia


uda di kirim tuh...
0
02-09-2009 20:34
Quote:Original Posted By blacks_jackz
Frounce adalah ragi yang sangat menular infeksi saluran pencernaan. Frounce disebabkan oleh protozoa yang disebut Trichomonas yang sering hadir dalam anak burung merpati. Untuk alasan ini, burung merpati wajib di teliti sebelum di berikan ke raptor, jgn memberi makan kepala burung merpati yang paling penting.
Tanda-tanda khas frounce bintik-bintik putih di mulut, sering disebut sebagai "cheesy" atau "plak putih." Ini saja tidak cukup untuk mendiagnosis frounce sebagai plak bisa saja candidiosis, capillaria, atau bahkan Kekurangan vitamin A, tapi itu adalah salah satu ciri dari penyakit. Tanda-tanda lain adalah kepala menjentikkan, kesulitan bernapas, atau bahkan regurgitasi makanan. Ada bau tertentu untuk frounce. Tai hijau juga dapat muncul. bersihkan mulut yg terkena forunce menggunakan kapas basah. Salah satu perawatan umum sekarang adalah memperlakukan burung dengan 25-50 mg / Kg Metronidazol dua kali sehari selama 7 - 10 hari dan diambil sampel daerah yang frounce dengan betadine encer atau Nolvasan solusi untuk mencoba untuk menghapus beberapa plakat. Satu 250 mg tablet dapat dilarutkan dalam 10 cc air. Great Horned Owls dan Barred Owls sangat rentan terhadap hal ini.
pic penyakit frounce :

[Share] Konsultasi Masalah Kesehatan dan Penyakit Burung

[Share] Konsultasi Masalah Kesehatan dan Penyakit Burung




waaa ini klo d brung dara sebutannya GOAM yaa..emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

top bgt ni bro yg satu ni...
bisa menjelaskan semua penyakit yg ad d BOP...dokter BOP ni..heheheeee
top bro...tlng d bantu yaa teman2 d sini jika ad yg ,ngalami mslh ttg penyakit yg d alami oleh partnernya...
0
02-09-2009 22:12
Quote:Original Posted By m457r4
waaa ini klo d brung dara sebutannya GOAM yaa..emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

top bgt ni bro yg satu ni...
bisa menjelaskan semua penyakit yg ad d BOP...dokter BOP ni..heheheeee
top bro...tlng d bantu yaa teman2 d sini jika ad yg ,ngalami mslh ttg penyakit yg d alami oleh partnernya...


dengan perasaan ikhlas saya siap membantu jika ada teman-teman yg partnernya lagi sakit...
0
02-09-2009 22:19
Bro gw punya baby barn owl nih..

Yg gw mau tanyain, apa baby gw ni harus dibawa ke dokter hewan & di vaksin anti flu burung?

Jujur aja, gw takut kena flu burung nih
0
02-09-2009 22:26
Penyakit Chlamydiosis
Chlamydiosis juga disebut Avian Clamidia dan sangat umum di beo, nuri kadang-kadang disebut demam. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Chlamydophilia interselular psittaci. Gejala bervariasi dari tanpa gejala dengan bakteri latent selama berbulan-bulan dan tiba-tiba mati. Beberapa gejala yang khas adalah peradangan pada mata (baik konjungtiva dan kornea), radang selaput hidung, dan sesak napas. Tai berwarna kekuningan berair hijau atau abu-abu. Dapat menyerang kantung udara, hati, jantung, limpa, atau otak.

gw tanya2 ke calon dokter ini dia jawabannya

Quote:Original Posted By berli86
gan2,,,just for info,penyakit ini termasuk tipe zoonosis(yaitu bisa menyerang manusia),so be ware aja sama burung yg diduga terkena clamidya,bener sekali pernyataan juragan ttg clamidia,dan clamidia biasa muncul pada musim2 penghujan atau perpindahan dari musim panas ke hujan,faktor predisposisinya yaitu stress,nutrisi pakan yg jelek,kondisi kandang yg kurang bersih biasanya memicu penyakit ini. pengobatannya yg sering dilakukan yaitu pemberian antibiotik golongan tertentu yg mampu menghambat bakteri clamidia ini,biasanya digunakan yg narrow spectrum yg khusus utk bakteri ini saja. terapi supportif mutlak harus diberikan spt pemberian vitamin,pakan yg kaya nutrisi dan selalu memperhatikan kebersihan kandang. maaf klo baru bsia menjawab segitu,,,klo pengobatan lgs dibwa ke vet ahli burung aja,dijogja ada master vet burung kok,hehe emoticon-Big Grin dia juga dosen saya,,,, hehe
0
02-09-2009 22:29
Quote:Original Posted By PlotterInsurger
Bro gw punya baby barn owl nih..

Yg gw mau tanyain, apa baby gw ni harus dibawa ke dokter hewan & di vaksin anti flu burung?

Jujur aja, gw takut kena flu burung nih


pertama, gw mo nanya di daerah lo ada yg pernah kena flu burung ga peliharaanya??
kedua, berapa hari sekali lo bersihin kotoran owl lo ???
0
02-09-2009 22:42
Bro blacks_jackz sekalian kalo ada pnyakit ND, dan cara pencegahan'na, itu kn pnyakit yg berbhaya.,
kyk'e.,
0
Halaman 1 dari 55
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.