others
Batal
link has been copied
2705
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002290047/tips-buat-kuliah-ke-jerman-buat-yang-gak-punya-banyak-duit
BUAT PARA PEMBACA : HARAP HATI-HATI DALAM MENERIMA INFORMASI STUDY KE JERMAN. Informasi yang diterima harap di cek ulang dengan cara : melihat langsung ke sumber aslinya dan meneliti langsung asal Informasi tersebut. Kadang ada beberapa informasi yang sengaja disebarkan untuk membuat anda bingung dan tidak jadi mandiri. Tidak semua kaskuser regio germany adalah mahasiswa, ada juga beberapa pegawai
Lapor Hansip
13-08-2009 13:27

TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit

BUAT PARA PEMBACA :
HARAP HATI-HATI DALAM MENERIMA INFORMASI STUDY KE JERMAN.

Informasi yang diterima harap di cek ulang dengan cara : melihat langsung ke sumber aslinya dan meneliti langsung asal Informasi tersebut. Kadang ada beberapa informasi yang sengaja disebarkan untuk membuat anda bingung dan tidak jadi mandiri.

Tidak semua kaskuser regio germany adalah mahasiswa, ada juga beberapa pegawai biro jasa NAKAL yang berusaha memutarbalikkan informasi/fakta.

Faktanya:
- Tidak ada kemungkinan untuk mengajukan visa study ke jerman tanpa ada jaminan keuangan.
"Salah satu persyaratan penerimaan permohonan visa izin tinggal untuk studi adalah pembukaan bank account di Jerman atas nama mahasiswa, bukti transfer sejumlah € 8.040,-- ke bank account tersebut dan surat konfirmasi dari bank bahwa uang telah masuk."
http://www.jakarta.diplo.de/contentb...gsnachweis.pdf

- Tidak ada beasiswa untuk program Bachelor (S1) dari pemerintah/instansi di jerman.

- Biaya hidup di jerman (untuk rumah, asuransi dan makan) minimal 500 EUR per bulan, belum termasuk keperluan sekolah, pakaian dan lainnya.

- Kuliah di Jerman tidak ada yang GRATIS

- Kalau kata informasi : cari kerja part time di jerman gampang dan gajinya cukup untuk nutupin biaya hidup elu. Itu salah besar

Realitasnya ada yang udah 1 tahun cari kerja part time gak dapet2, kalaupun dapet gajinya kecil. Kerja part time yang gajinya cukup untuk nutupin biaya hidup elu bikin elu gak punya waktu buat kuliah.

--------------------------------------------------------------------------------

Sehubungan dengan banyaknya kaskuser yang berkeinginan untuk ke jerman tapi tidak punya kemampuan finansial yang cukup. Maka dengan ini saya membagikan tips berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang berhasil untuk sampai ke Jerman dengan keuangan seadanya.

1. Sehat jasmani, dimana ajah didunia ini kalau gak punya duit susah buat hidup. Karena itu elu kudu dan harus sehat jasmani. Kalau aktifitas mahasiswa umumnya 4-10 jam per hari (kuliah dan kerja ) trus tidur 6-8 jam per hari. Elu kudu persiapkan diri elu buat belajar dan kerja 14 jam sehari dan tidur max 4 jam. Jadi matiin jauh2 dari komputer, keluar dari rumah/warnet, jogging deh tiap sore dan pagi atau maen bola, volley dan olah raga lainnya.

2. Bukti Akademis, Nilai akademis itu bukan bukti kalau elu pinter, tapi bukti kalau elu bisa berusaha dan punya hasil diatas rata-rata. Udah gak punya duit trus nilai pas-pas an. Gemana orang mau percaya buat ngasih elu beasiswa, kalau buat bersaing di sekolah atau kuliah ajah elu gak bisa.

3. Rajin mencari dan membaca, Informasi itu ada dimana-mana. Apalagi ada internet ama warnet. Nah daripada cari informasi gosip, donlot bokep atau film bajakan mendingan baca persyaratan untuk kuliah di jerman, apa ajah isi kuliahnya, pilihan jurusan nya, syarat untuk bikin visa, dapet beasiswa. dll.
Makin banyak elu baca makin banyak informasi yang elu terima, makin spesifik pertanyaan elu makin cepat dan mudah untuk elu dapat jawaban.

Kalau elu bikin pertanyaan umum, misalnya jurusan yang cocok buat elu, atau gemana caranya ke jerman tapi elu gak punya duit itu cuma elu sendiri yang bisa jawab.

4. Sosial dan tidak sombong, nah karena elu dah rajin membaca dan mencari. Sekarang bersosialisasi. banyak-banyak cari temen biar gak kuper (kurang pergaulan), kalau di indonesia ajah elu gak punya temen, masa berharap di jerman banyak temen. Dunia itu bulet, dihuni ama manusia juga. Gak banyak bedanya orang di jerman ama di Indonesia. Walaupun negara barat terkenal dengan orang-orang yang individualis, tetep ada keuntungan buat orang-orang yang mudah bergaul dan suka menolong (tanpa pamrih lho) selama orang itu gak ngurusin kehidupan orang lain (nge gosip atau sok ngatur).

5. Motivasi yang kuat, dah duit gak punya keinginan juga gak kuat. Gemana mau berubah nasib elu? nunggu hujan duit??? Motivasi elu ke jerman kudu kuat, kalau gak kuat bisa-bisa udah mundur pas baru mau ngajuain permohonan visa ke jerman. Gak usah ngayal kalau ke jerman bisa dapetin impian elu yang gak bisa elu dapetin di Indonesia. Cukup motivasi kalau elu akan sampe di jerman dengan usaha elu. (dimulai dengan no 1 - 4). Nah udah sampe di Jerman baru elu berusaha dan bermimpi lagi. Jangan mimpi yang dibanyakin, tapi usaha yang dikerasin. Mimpi juga perlu bertahap, bukan realitas yang dipaksa untuk sama ama mimpi, tapi usaha yang dibanyakin untuk ngejer mimpi.

6. Sedikit bicara banyak kerja, banyak cerita yang muluk-muluk tentang hidup di jerman. Pengalaman orang beda-beda coy. Kalau elu udah ngarep bisa ongkang-ongkang kaki dan hidup enak di jerman, lupain ajah deh. Dimana ajah kalau elu gak punya duit hidup elu lebih keras dari orang lain. Kalau cuma ngoceh doank mulut elu ajah yang tambah gede.

7. Kemampuan bahasa,Elu mo ke jerman kan? yah belajar bahasa jerman mumpung elu punya waktu. Elu gak bisa ke jerman dengan modal bahasa inggris donk.
Sama ajah elu nonton film tapi cuma bisa baca judul film, gak menikmati filmnya. Banyak hal keren yang elu liat, tapi gak ada manfaatnya buat elu, karena elu gak ngerti bahasanya. Cuma bisa takjub.
Dosen gue ngasih kuliah dalam 2 bahasa, dalam bahasa jerman dia menjelaskan satu system selama 45 menit. lengkap dengan keterangan tentang sejarah, keuntungan dan proses sistem tersebut. Setelah itu dia ngejelasin pake bahasa Inggris cuma 10 menit, itu juga cuma terjemahan slide presenstasi dia.

8. Pengalaman guru yang baik, Jadi sarjana pengangguran? cari kerja sono. biar ngerasain gemana susahnya jadi budak emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin. Di Amerika ada pengangguran yang coba nyari kerja. Dia terima cobain semua bidang pekerjaan. Pengalaman dia mencari dan mencoba berbagai jenis kerjaan dibuat jadi acara tv : 50 jobs in 50 states in 50 weeks. Apa ajah kek kerjaan elu, yang penting elu punya pengalaman kerja dan ada bukti kalau bisa kerja. Apapun pekerjaan elu, akan ada hasilnya buat diri elu sekarang dan masa depan. Lebih enak makan duit hasil keringet sendiri daripada makan duit beasiswa. Mau cari kerja part time di jerman ajah lebih bagus kalau punya pengalaman kerja.

Intinya bukan dunia yang harus berubah untuk elu, tapi elu kudu berubah dan berusaha untuk mendapatkan dunia. Dan ke Jerman gak akan membuat elu jadi sukses cuma ada kesempatan untuk membuat diri elu jadi lebih baik. Itu juga kalau elu mau usaha.

SUMPE INI BUKAN PENGALAMAN GUE, gue cuma merangkum usaha temen-temen gue yang bisa sampe ke jerman dengan modal pas-pas an. Gue cuma anak bodoh, pemalas yang kerjaannya jalan-jalan dan kaskusan ajah.

Tambahan : Jangan kebanyakan ngayal
Secara umum jalur untuk kuliah di Jerman :
SMA --> Belajar bahasa Jerman -- > Studienkolleg -- > Kuliah --> Lulus? --> Baru dipikir mau kerja, sekolah lagi atau pulang.

Nah kalau baru lulus atau belum lulus sma jangan terlalu banyak ngabisin waktu untuk mikirin apa yang akan dikerjakan setelah lulus kuliah di jerman.
Hal penting yang sering dilupakaan adalah belajar bahasa Jerman dengan baik. setelah itu baru mencari dan mendaftar studienkolleg yang sesuai dengan jurusan kuliah yang akan diambil.

Sarjana --> Belajar bahasa Jerman -- > mencari, mendaftar dan diterima di Program Master yang sesuai -- > Kuliah --> Lulus? --> Baru dipikir mau kerja, sekolah lagi atau pulang.

Kalau elu dah sarjana (lulus s1) di Indonesia, bahasa jerman tetep penting. Seperti tips gue diatas, modal bahasa inggris ajah gak cukup. Walaupun program master elu dalam bahasa inggris, beberapa program master bahasa inggris mewajibkan mahasiswanya untuk lulus ujian bahasa jerman sebagai syarat untuk menulis Masterarbeit (thesis).

eins nach dem anderen
Kerjain semua satu-satu, jangan sekaligus semua. Urutan diatas itu cuma contoh umum, kadang ditengah jalannya ada yang gak sama. Untuk mempermudah diri elu sendiri, kerjain semuanya bertahap.

INFO PENTING BUAT PARA PEMALAS BACA :
Kalau elu males buka thread tentang study di jerman buat cari informasi JANGAN BUKA THREAD BARU. itu cuma bikin susah orang lain setelah elu yang cari informasi yang sama.

cari pake http://www.google.co.id/custom?domai...s=kaskus.co.id
trus masukin pertanyaan elu.
profile-picture
erwin_311 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 137
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 14:40
nice inpoh gan emoticon-Angkat Beer

pertamax emoticon-Peace

sepi bgt emoticon-Hammer

sundul gan :sundul:


pengalaman eyke emoticon-Embarrassment

takut + stress = fail
anggap remeh = fail
nunda-nunda kerjaan + gak terorganisir = fail
gak fokus + buru2 = fail

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 17:26
nice broooooooooo

smangat!
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 17:48
reposttttttemoticon-Blue Guy Bata (S)

*NGAKAK*


btw yg penting juga sehat jiwanya....
dalam artian kaga kebanyakan ngimpi2 langsung dapet kerjaan lah setelah di jerman, bisa idup lah walopun kerja gila2an ditambah skola, ato apalah lah.... meneketehe

dah banyak contoh joke2 anak2 indo dimari yg pengen modal nekat
lah wong modal duit aja banyak yg mejret.... ini modal nekat doank emoticon-Hammer


nice share bos
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 18:04
Quote:Original Posted By Tyrion
reposttttttemoticon-Blue Guy Bata (S)

*NGAKAK*


btw yg penting juga sehat jiwanya....
dalam artian kaga kebanyakan ngimpi2 langsung dapet kerjaan lah setelah di jerman, bisa idup lah walopun kerja gila2an ditambah skola, ato apalah lah.... meneketehe

dah banyak contoh joke2 anak2 indo dimari yg pengen modal nekat
lah wong modal duit aja banyak yg mejret.... ini modal nekat doank emoticon-Hammer


nice share bos




Mokondo ajah emoticon-Blue Guy Bata (S)
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 18:07
emoticon-Nohope

Yah ini mah tips buat bisa stay lama di Germany bukan buat yg gak banyak duit..

emoticon-Hammer
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 18:24
Quote:Original Posted By shesa
Mokondo ajah emoticon-Blue Guy Bata (S)


mokondo apa sih say? gw taunya komodo doank emoticon-Embarrassment
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 20:44
wahh nice share gan..

bisa jadi bahan belajar nih emoticon-Peace
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 21:38
terserah abang aja lah...
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 22:07
Quote:Original Posted By Tyrion
mokondo apa sih say? gw taunya komodo doank emoticon-Embarrassment


mokondo itu temennya komodo emoticon-Big Grin
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 22:58
nice inpoh ni tret gua bookmark ah
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 23:34
Yah makin dikit duit elu makin keras hidup yang harus elu jalani.

Kudu belajar dan cari duit, kudu mikir buat ujian dan mikir besok makan pa enggak.
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
13-08-2009 23:46
wah..thx bgt bro..
kalo jadi taun dpn ksono nihemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
14-08-2009 04:36
Quote:Original Posted By Tyrion
mokondo apa sih say? gw taunya komodo doank emoticon-Embarrassment


waaaaah masa anak cowok gak tau mokondo emoticon-Nohope
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
14-08-2009 05:43
Quote:Original Posted By shesa
waaaaah masa anak cowok gak tau mokondo emoticon-Nohope


kalo gw tau kaga bakalan nanya kali tante emoticon-Embarrassment
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
14-08-2009 06:06
kalo tyrion mah motamdo kale selagi dia model ini emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Peace
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
14-08-2009 17:12
Quote:Original Posted By Ph4nt0m1A5_JR
kalo tyrion mah motamdo kale selagi dia model ini emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Peace


hahaha motamdo emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
15-08-2009 19:56

699

Gila nih Thread membangkitkan Jiwa Patriot gw yang hampir lemas karena belajar Bahasa Jerman (dativ + akusativ) yang ngejelimet!!!... Mantabh gan 2 jempol fur dich!! emoticon-thumbsup:emoticon-thumbsup:
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
16-08-2009 18:23
wah duit si d de bukan no 1
uda ketemu beberapa orang studien kolleg ngk selesai padahal ngk perlu kerja dsini. musti kerja keras
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
16-08-2009 18:42
hehehe itu standar turis 1 tahun. Datang kerjerman, belanja sana sini, jalan-jalan sana-sini. Trus pulang deh ... emoticon-Big Grin
0 0
0
TIPS buat kuliah ke Jerman buat yang gak punya banyak duit
17-08-2009 03:47
nih thread gw stick, kalo ada post yang gak sesuai judul thread bakal langsung gw hapus emoticon-shakehand
0 0
0
Halaman 1 dari 137
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia