TS
iskrim
Kenapa Sebutan "Motor" Tetap Dipakai untuk Motor Listrik?

Pernah kepikiran nggak, Gan.. kenapa kita masih nyebutnya "motor" listrik padahal bahan bakarnya udah bukan bensin lagi, melainkan listrik? Di zaman sekarang, dengan segala teknologi canggih, istilah lama kadang jadi terasa nggak nyambung, tapi ternyata ada alasan kenapa nama itu tetap dipertahankan..
Kalau menurut saya, istilah "motor" dalam "motor listrik" adalah menggambarkan alat yang mengubah energi menjadi gerakan. Baik motor bensin maupun motor listrik pada dasarnya memiliki fungsi yang sama: Keduanya mengubah energi menjadi gerakan mekanis. Perbedaan utamanya terletak pada sumber energi yang digunakan.
Motor bensin menggunakan bahan bakar kimia (bensin) yang dibakar untuk menciptakan tenaga, sementara motor listrik menggunakan energi listrik yang dialirkan melalui kumparan dan magnet untuk menghasilkan gerakan. Yes, kedunya mengubah energi menjadi gerakan.
Mengapa istilah "motor" tetap digunakan? Salah satu alasan utamanya menurut saya (lagi) konsistensi dalam penggunaan atau fungsi kerjanya. Nama "motor" sepertinya sudah menjadi standar dalam industri otomotif dan teknik, sehingga mengganti istilah bisa menimbulkan kebingungan. Contoh: Motor bensin, motor diesel, dan motor listrik semuanya merujuk pada perangkat yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan gerakan. Walaupun cara kerjanya berbeda, fungsinya (lagi-lagi) tetap serupa.

Ada sebuah pertanyaan, "Kenapa sih namanya tetap motor listrik, padahal kan nggak ada mesin dan bensinnya?". Kalau merujuk pada penjelasan saya sebelumnya kita pasti sudah paham yakni fungsinya sama saja yaitu untuk menggerakkan kendaraan. Jadi, meskipun sumber energi penggeraknya beda, namanya tetap sama karena semua 'motor' punya tugas yang sama. Hm.
Kalau bicara teknisnya versi saya, perubahan istilah ini (apalagi istilah ini sudah sangat umum dan generik di masyarakat) bisa membuat komunikasi menjadi lebih rumit. Dengan menjaga istilah konsistensi istilah yang sudah "baku", kita bisa lebih mudah memahami dan berdiskusi tentang berbagai jenis motor, tanpa harus memperkenalkan istilah baru setiap kali teknologi berubah. Setuju, Gan?


Original Thread © 2016 - 2024 iskrim™
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Gugel
indrag057 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
437
35
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
28.4KThread•23.9KAnggota
Tampilkan semua post
tottorotooot
#18
Cuman masalah kebiasaan kultur aja, jadi sah.
Tapi kalau mau spesifik sama definisi, malah motor listrik yg bener.
Perbedaan antara motor, dinamo dan mesin/engine.
Engine/mesin mendapatkan energi mekanik dari perubahan mekanik karena pembakaran, misal mesin 4 tak, 2 tak atau diesel dll.
Motor ngerubah listrik menjadi energi mekanik melalui sepul ama magnet. Misal yg sering disebut dinamo tamiya.
Dinamo kebalikannya, ngerubah gaya gerak/mekanik menjadi listrik misal turbin, atau sepul dan magnet di sepeda motor.
Walaupun motor ama dinamo bisa merupakan alat yg sama, beda asupannya, tapi kalau dah khusus, beda di efisiensi input ama outputnya.
Sebuah motor digerakin penggerak mekaniknya bakal ngeluarin listrik, gitu juga dinamo dialirin listrik, muter2 juga asnya walaupun sangat berat dan di banyak tipe ga akan jalan sama sekali. Misal sistem dinamo vespa jadul, sepul dikasih listrik 6v, ga akan muter magnitnya, keberatan.
Biasanya kalau motor sepulnya di as, magnet di rumahan diem, kalau dinamo sepulnya di rumahan diem, magnetnya yg muter.
Jadi sepeda motor definisi akuratnya kudunya sepeda yg digerakan bertenaga mesin dibantu dengan dinamo, ga ada dinamonya ya aki kudu dicas terus, pengapian ga bisa pengapian full dari spull.
Tapi kalau mau spesifik sama definisi, malah motor listrik yg bener.
Perbedaan antara motor, dinamo dan mesin/engine.
Engine/mesin mendapatkan energi mekanik dari perubahan mekanik karena pembakaran, misal mesin 4 tak, 2 tak atau diesel dll.
Motor ngerubah listrik menjadi energi mekanik melalui sepul ama magnet. Misal yg sering disebut dinamo tamiya.
Dinamo kebalikannya, ngerubah gaya gerak/mekanik menjadi listrik misal turbin, atau sepul dan magnet di sepeda motor.
Walaupun motor ama dinamo bisa merupakan alat yg sama, beda asupannya, tapi kalau dah khusus, beda di efisiensi input ama outputnya.
Sebuah motor digerakin penggerak mekaniknya bakal ngeluarin listrik, gitu juga dinamo dialirin listrik, muter2 juga asnya walaupun sangat berat dan di banyak tipe ga akan jalan sama sekali. Misal sistem dinamo vespa jadul, sepul dikasih listrik 6v, ga akan muter magnitnya, keberatan.
Biasanya kalau motor sepulnya di as, magnet di rumahan diem, kalau dinamo sepulnya di rumahan diem, magnetnya yg muter.
Jadi sepeda motor definisi akuratnya kudunya sepeda yg digerakan bertenaga mesin dibantu dengan dinamo, ga ada dinamonya ya aki kudu dicas terus, pengapian ga bisa pengapian full dari spull.
Diubah oleh tottorotooot 28-08-2024 15:35
iskrim memberi reputasi
1
Tutup