- Beranda
- Kendaraan Roda 4
NEW Official Lounge Indonesian Ignis Community (IGNITY)
...
TS
ignity
NEW Official Lounge Indonesian Ignis Community (IGNITY)


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Sekilas tentang Suzuki Ignis dapat dilihat di beberapa video berikut:
Suzuki Ignis 360
FI Suzuki Ignis by Autonetmagz
Suzuki Ignis GX MT by Otodriver
Menjajal Suzuki Ignis Nanjak Bukit
[youtube]https://
ID ignity ini sendiri dipegang bersama oleh beberapa ID kaskus
1. mejahijau
2. geminiitam
3. FirstyZweitha
4. yayonami
5. aufal42
6. empay
7. Herge
Yang seluruhnya merupakan pengurus IGNITY angkatan pertama.



Thread sebelum nya
Quote:
Diubah oleh ignity 26-01-2020 10:24
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
310.4K
2.6K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25.1KThread•19.3KAnggota
Tampilkan semua post
siera84
#1765
Pasang Clutch Ac
Bismillaah
Assalam alaykum.
Meneruskn postingan seblumnya. Langsung aja setelah parts datang. Permisi. Pakeeet ....
Tool yg utama dari bongkar pasang clutch kompresor ac adalah plier. Kalo tak ada bisa pakai obeng (screw driver) minus. Buat mencongkel ring pengunci clutch. Yg penting ujung pipih dan usaha xtra. He.. he..
Tools yg lain umum seperti kunci shock, kunci ring (ukuran 10- 17), obeng plus n minus. Tang.
Kendorkan baut ban kanan depan yg pertama ane lakukan. Jgn lupa, pastikan rem tangan aktif.
Mendongkrak n pasang stand jack. Setlah itu lepas ban.
Cungkil klip pengunci tutup spakbor. Satu yg pake baut, ada dibawah swing arm.
Agak berat nariknya karna ada semacam lem ato sealer. Perlu siap² sealer buat pasang yg baru. Yg lain tinggal tarik n lepas baut.
Berikutnya lepas tali (belt) ac. Karna gak pake setelan pengencang (adjuster), copt pake dicungkil n sambil putar searah jarum jam.
Langkah selanjutnya, melepas clutch dengan mencopot baut (10) yg ada di asnya. Perlu suatu penahan agar clutch gak berputar. Silakan gunakan apa saja, yg penting baut bisa dilepas.
Siapkan plier buat buka ring pengunci pulley.
Kalo pake obeng minus n paku, silakan. Yang penting bisa kluar dari tempatnya.
Dijamin nanti makan bisa nambah kalo pake cara ini. 😀
Kluarkan pulley n siap buka magnet. Cara yg sama seperti melepas pulley. Yg ini agak lebih mudah karna ring pengunci ada sedikit coakan. Bisa dipake buat menyelipkan obeng buat mencungkilnya.
Kluarkan n persiapkan untuk pasang yg baru.
Saran aja, lumuri sedikit dengan gemuk (grease) bagian as dan bearing. Sekalipun bearing sudah disealer. Langsung pasang jg no problem. Cara kebalikannya.
Gambar² tidak sama dgn hasil bongkar. Karna butuh tangan bersih buat jepret. Gambar diambil waktu pasang dengan urutan terbalik. Sebg mulustrasi aja. Memang part masih mulus, ha.. ha...
Masukan lain, ganti sekalian belt. Jg dgn belt water pump. Sekitar 260k, harga e-katalog, 1 set (2 buah). Jadi sekalian kerja.
Gampang, kerjaan nambah buka 2 baut buat lepas belt water pump.
Kecuali belt sdh pernah ganti dalam waktu dekat.
Sekian dulu, selamat ngebengkel.
Assalam alaykum.
Meneruskn postingan seblumnya. Langsung aja setelah parts datang. Permisi. Pakeeet ....
Tool yg utama dari bongkar pasang clutch kompresor ac adalah plier. Kalo tak ada bisa pakai obeng (screw driver) minus. Buat mencongkel ring pengunci clutch. Yg penting ujung pipih dan usaha xtra. He.. he..
Spoiler for plier seadanya:
Tools yg lain umum seperti kunci shock, kunci ring (ukuran 10- 17), obeng plus n minus. Tang.
Kendorkan baut ban kanan depan yg pertama ane lakukan. Jgn lupa, pastikan rem tangan aktif.
Mendongkrak n pasang stand jack. Setlah itu lepas ban.
Cungkil klip pengunci tutup spakbor. Satu yg pake baut, ada dibawah swing arm.
Spoiler for cungkil klip:
Spoiler for Berikutnya lepas kabel yg nempel di kompresor:
Agak berat nariknya karna ada semacam lem ato sealer. Perlu siap² sealer buat pasang yg baru. Yg lain tinggal tarik n lepas baut.
Berikutnya lepas tali (belt) ac. Karna gak pake setelan pengencang (adjuster), copt pake dicungkil n sambil putar searah jarum jam.
Spoiler for lepas belt:
Langkah selanjutnya, melepas clutch dengan mencopot baut (10) yg ada di asnya. Perlu suatu penahan agar clutch gak berputar. Silakan gunakan apa saja, yg penting baut bisa dilepas.
Spoiler for penahan clutch:
Siapkan plier buat buka ring pengunci pulley.
Kalo pake obeng minus n paku, silakan. Yang penting bisa kluar dari tempatnya.
Dijamin nanti makan bisa nambah kalo pake cara ini. 😀
Spoiler for pulley:
Kluarkan pulley n siap buka magnet. Cara yg sama seperti melepas pulley. Yg ini agak lebih mudah karna ring pengunci ada sedikit coakan. Bisa dipake buat menyelipkan obeng buat mencungkilnya.
Spoiler for magnet:
Kluarkan n persiapkan untuk pasang yg baru.
Spoiler for habis terbongkar:
Saran aja, lumuri sedikit dengan gemuk (grease) bagian as dan bearing. Sekalipun bearing sudah disealer. Langsung pasang jg no problem. Cara kebalikannya.
Spoiler for hasil bongkaran:
Gambar² tidak sama dgn hasil bongkar. Karna butuh tangan bersih buat jepret. Gambar diambil waktu pasang dengan urutan terbalik. Sebg mulustrasi aja. Memang part masih mulus, ha.. ha...
Masukan lain, ganti sekalian belt. Jg dgn belt water pump. Sekitar 260k, harga e-katalog, 1 set (2 buah). Jadi sekalian kerja.
Gampang, kerjaan nambah buka 2 baut buat lepas belt water pump.
Kecuali belt sdh pernah ganti dalam waktu dekat.
Sekian dulu, selamat ngebengkel.
Diubah oleh siera84 19-06-2023 12:51
red.orbit dan the_sixth_sense memberi reputasi
2
Tutup