News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
202
Lapor Hansip
07-02-2023 06:10

Mengapa Gempa Turki Begitu Mematikan? Begini Penjelasannya!

Mengapa Gempa Turki Begitu Mematikan? Begini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Jika kalian melihat berita kemarin, banyak media yang memberitakan betapa mengerikannya gempa di Turki. TS pun sebenarnya sempat mengikuti perkembangannya update korban dari yang tadinya ratusan menjadi ribuan. Bahkan dalam pemberitaan, jumlah korban akibat gempa berkekuatan 7,8 magnitudo ini bisa mencapai 10.000 orang. Mengingat pencarian masih terus dilakukan hingga saat ini.

Pada saat thread ini ditulis, korban tewas sudah mencapai 2.308.

Gempa itu sendiri terjadi di Gaziantep. Sebuah kawasan yang berada di selatan negara Kebab tersebut. Guncangannya begitu mematikan dan merusak berbagai infrasturktur di sana. Bahkan saking dahsyatnya, getaran akibat gempa ini mencapai Siprus, hingga Yunani. Tak hanya Turki, Suriah pun terdampak akibat gempa ini.

Keadaan darurat begitu terasa di titik terjadinta gempa. Korban terus berdatangan dan memenuhi rumah sakit. Sebegitu banyaknya korban yang tewas, sebenarnya apa yang membuat gempa Turki ini begitu mematikan selain magnitude-nya yang besar.

Mengapa Gempa Turki Begitu Mematikan? Begini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Kedalaman Pusat Gempa

Gempa ini mirip dengan gempa yang terjadi di Cianjur beberapa bulan lalu. Gempa yang berpusat di darat, bukan di laut. Selain itu, kedalaman gempa juga cukup dangkal. Hanya 18 km dari permukaan bumi. Bahkan gempa ini membuat sebuah suara mengerikan dari dalam tanah.


Patahan Anatolia diduga menjadi penyebab terjadinya gempa kali ini. Patahan ini sendiri ada dua yakni patahan selatan dan timur. Meski bukan dalam wilayah Ring of Fire, keadaan geologis Turki yang berada di atas patahan tersebut membuat Turki tak ada bedanya dengan Indonesia, Jepang dan Peru yang sangat rawan terkena gempa.

Mengapa Gempa Turki Begitu Mematikan? Begini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Terjadi di Pagi Buta

Selain kekuatannya yang hebat, penyebab lainnya adalah waktu terjadinya gempa yakni pagi buta sekitar 04.17 pagi. Ini pendapat TS pribadi, tapi menurut TS waktu terjadinya gempa juga cukup berdampak. Mengingat di jam segitu banyak orang yang masih terlelap di kasurnya masing-masing.

Kalaupun sudah bangun, mereka dalam keadaan tidak siap. Sedang cuci muka, mandi atau bahkan sedang salat subuh. Jadi menurut TS wajar jika banyak orang yang tak sempat menyelamatkan diri pada saat gempa mematikan ini terjadi.

Bisa dibilang gempa ini merupakan the real serangan fajar. Terjadi tiba-tiba di pagi buta. TS tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya berada di sana pada saat kejadian berlangsung. Apalagi Turki merupakan salah satu negara yang cukup banyak WNI di sana. Semoga semuanya baik-baik saja.

Mengapa Gempa Turki Begitu Mematikan? Begini Penjelasannya!
Sumber Gambar

Lalu menurut TS juga, prediksi 10.000 korban tewas itu sangat mungkin terjadi. Karena berkaca pada apa yang terjadi di tahun 1999, gempa dengan kekuatan yang hampir sama pernah mengguncang Turki dan menewaskan 17.000 orang.

Gempa ini juga berdampak pada hancurnya bangunan-bangunan produktif seperti gedung kantor dan juga hunian seperti apartemen. Bangunan itu menimbun banyak korban sehiingga diperkirakan korban akan terus bertambah. Kerugian diperkirakan 1-10 miliar USD.

emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka

Semoga semua saudara kita yang ada di sana baik-baik saja ya. emoticon-Berduka (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk untuk memberikan balasan
sains--teknologi
Sains & Teknologi
6.9K Anggota • 14.5K Threads
Mengapa Gempa Turki Begitu Mematikan? Begini Penjelasannya!
07-02-2023 07:16
Turut berduka cita buat warga Turki yg terdampak, semoga cepat membaik kondisinya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
KASKUS Freak
07-02-2023 07:20
Turut berduka gan emoticon-Turut Berduka
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia