News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
94
Lapor Hansip
16-08-2022 06:55

Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?

 Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?

Jakarta - Kasus pencuri coklat vs pegawai Alfamart tengah menjadi perhatian publik. Bahkan sampai saat ini, topik Alfamart, UU ITE, dan maling masih trending topic di linimasa media sosial Twitter.

Persoalan ini bermula ketika seorang pegawai Alfamart memergoki wanita bernama Mariana yang mengambil cokelat tanpa membayarnya terlebih dahulu di kasir. Mariana mengaku tidak sadar membawa cokelat ke dalam tasnya.

Video rekaman Mariana menyerahkan cokelat curiannya yang akan pergi dengan mobil mewahnya Mercedes Benz harus balik lagi ke Alfamart, pun viral di dunia maya. Mariana sebelumnya mengancam akan melaporkan pegawai Alfamart yang telah memergokinya mengambil cokelat di mini market dengan UU ITE.

Adapun kasus ini terjadi di Alfamart Sampora, Cisauk, Tangerang, beberapa hari lalu.

Terkait kasus pencuri cokelat vs pegawai Alfamart itu, pengamat teknologi dari ICT Institute Heru Sutadi mengatakan jika memang kasus itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan, maka tidak perlu menyebarluaskan ke internet.

"Kecuali kasusnya ditingkatkan ke pidana pencurian atau sebenarnya kasusnya belum kelar. Agar tidak main hakim sendiri, maka bisa saja Kepolisian turun tangan. Tapi, memastikan lebih dulu bagaimana kasus pencuriannya, kalau benar terjadi, maka kasus ITE bisa gugur," ujar Heru, Senin (15/8/2022).

Di sisi lain, banyak yang menyayangkan tindakan Mariana yang menekan pegawai Alfamart pakai UU ITE dengan menggunakan pengacara.

"Harusnya memang tidak seperti itu, yang salah meminta maaf. Karena kita mendapatkan versi berbeda tiap yang terlibat, maka harus pengadil. Kalau dibawa ke ranah hukum, silakan saja, agar lebih terang siapa benar siapa salah. Masyarakat tinggal mengawal saja," tuturnya.

Mantan komisioner BRTI ini menambahkan ketika akan menyebarkan suatu video itu mesti dilihat, apakah kasus sudah benar-benar selesai, dan apakah penyebaran dilakukan setelah kasus selesai atau sebelum ada penyelesaian.

"Kalau benar ada kasus pencurian dan belum selesai, harusnya tidak bisa dikenakan UU ITE karena bukan fitnah atau pencemaran nama baik. Tapi, merupakan fakta dan pelajaran agar toko lain tidak kena pencurian juga," pungkasnya.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-6...dijerat-uu-ite


banyak tidak mudeng dgn kasus ini

banyak yg hanya melihat kasus pencuriannya semata,
padahal ini kasus pelanggaran kesepakatan damai

sudah seapakat damai, tapi masih diviralkan dimedsos


contoh,
bagaimana jika kalian bawa mobil lalu menabrak mobil lain,
kecelakaan ini terekam dashcam mobil korban

tapi kalian mau ikhtiar mengaku salah dan mengganti rugi semua kerusakan

tapi setelah semua kerusakan sudah digantikan dan diselesaikan,

tahu2 bulan depan si korban mengupload video kecelakaan dgn dalil memberitakan mobil yg ugal2an, yg membuat kalian malu

apa kalian marah dan tersinggung ?
video kecelakaan kalian dijadikan konten oleh korban,
padahal kalian sudah berdamai dan mengganti semua kerugian si korban

kasus kecelakaan memang benar terjadi, kalian memang salah dan ugal2an
tapi bukan berarti harus terus menanggung kesalahan yg sudah kalian selesaikan



begitu juga kasus ini
si cici memang mencuri, tapi sudah diselesaikan dgn si kasir
bukan berarti harus terus menanggung kesalahannya seumur hidup dan terus dicongkel2 kesalahannnya


kalau si kasir tidak mau damai, boleh saja,
bawa ke kantor polisi,
video rekamannya bisa dijadikan bukti kalau s cici ngotot tdk mencuri dan tidak mau berdamai untuk mendapat dukungan publik

lucu saja, kasus sudah selesai dan sudah berdamai,
masih mengupload ke medsos hanya untuk tujuan konten
Diubah oleh meteror
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 12 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
26.5K Anggota • 645.5K Threads
Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
16-08-2022 07:19
sekarang apa bedanya dg koruptor yg sudah kembalikan duitnya tp kan sudah viral masuk tv..... bisa dong mereka tuntut juga UU ITE?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskuser
16-08-2022 07:35



kasus pengebalin uang korups bukan berarti damai gan
hanya meringankan dari keseppakata,
bukan jaksa atau hakim yg sepakat selesai kasus hukumnya dgn pengembalian uang korupsi


sedangkan kasus si kasus sudah sepakat damai,
tidak lagi meneruskan kasus ini ke proses hukum
0
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 07:53
serius lu membandingkan kasus koruptor dengan kasus pencurian beberapa batang coklat..? emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus maniac
16-08-2022 07:59
@logic2022 sama2 malingnya. Beda jumlah aja
0
profile picture
kaskus addict
16-08-2022 07:59
Salah satu yg membedakan delik aduan dan delik pidana, ketika korban mencabut laporannya, dalam delik aduan maka hilanglah tuh kasus. Klo delik pidana, unsur pemaafan dari korban tidak serta merta menghilangkan kasusnya. Misal pembunuhan, pencurian.
Satu hal lagi, pencemaran nama baik dalam UU ITE tidak berlaku dalam hal delik pidana.
Lihat tuh maling ketangkep basah trus diarak, viral.
Lihat tuh yg kena OTT KPK, viral.
Lihat tuh kasus pengroyokan, viral.
Bisakah yg menguploadnya kena pencemaran nama baik?
3
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 08:03
@judogal bener...memang sama2 maling tapi beda jumlahnya aja...

tapi menyamakan kasus koruptor yg maling uang milyaran dengan kasus yg cuma beberapa batang coklat apakah layak untuk diperbandingkan...? emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus addict
16-08-2022 08:08
@judogal @logic2022
Nominal kecil tapi dilakukan berapa kali seumur hidup? Wkkk
Kata suami ada gangguan mental, ini bukan pertama dan pasti bukan terakhir wkkkk
1
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 08:10
@judogal @Usomine jadi dilakukan beberapa kali maling coklat bisa tembus sampe milyaran ya..mantap banget emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus addict
16-08-2022 08:33
@judogal @logic2022
Maling nominal kecil ada chance jackpot hukum mati
Yg miliaran ga ada chance itu.

Wkkk
0
profile picture
kaskus maniac
16-08-2022 08:33
@judogal @Usomine @logic2022 yg menanngung barang hilang d alfamart siapa? Pemerintah ato kasir?
1
profile picture
kaskus addict
16-08-2022 08:44
@judogal @logic2022 klo soal malingnya no debatable dimari gan. Maling kakap dan maling kecil, pasalnya sama, cuman beda hukumannya, itu juga dengan catatan hakimnya lurus.
Yg jadi perdebatan, mengunggah tindak pidana atau pelaku tindak pidana ke medsos dapatkah kena pasal pencemaran nama baik. Sbg contoh ya itu tadi, pencuri diarak trus diviralkan, pengeroyokan, OTT KPK. Bisakah mengunggah, mendistribusikan, menggandakan di medsos bisa kena hukuman?
Klo sampai kasus pelaporan sih bukan kali ini sepertinya. Tapi yg bener2 kena hukum keknya belum pernah setau gw.
2
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 09:07
@judogal @u12c kalau baca ini

hukum online

untuk kasus "pencuri diarak trus diviralkan, pengeroyokan, OTT KPK. Bisakah mengunggah, mendistribusikan, menggandakan di medsos bisa kena hukuman?" selama pihak pers dan dibawah institusi ( bukan pribadi ) dan juga merupakan kenyataan tidak berlaku UU ITE...karena ada UU pers

untuk upload medsos..selama gak ada bumbu2 atau komentar tuduhan, gak masuk UU ITE jg...tapi jika ada bumbu2 atau komentar tuduhan...dan tidak terbukti...bisa kena pasal UU ITE...

jadi triknya kalau mau upload medsos...cukup upload jgn ditambah comment apapun...dijamin aman... emoticon-Ngakak (S)

tapi balik lagi ke pengacara dan hakim...defenisi keadilan itu gmn...?

- maling coklat diupload lewat medsos agar malu bisa disebut adil...karena kan tetap maling

- maling coklat diupload lewat medsos agar malu bisa disebut tidak adil...karena walau maling kan nilainya masih dibawah 2.5jt...lagipula sudah damai waktu ketahuan..bahkan berdasarkan keputusan MA, jika ketahuan pun gak perlu ditahan..

MA pencurian dibawah 2.5jt

nah skrg ternyata ada indikasi masalah penyakit klepto jg ( masih perlu tes psikolog )...yg termasuk gangguan jiwa....balik lagi ke hakim...bisakah orang yg punya gangguan jiwa diadili...?


0
profile picture
kaskus addict
16-08-2022 09:14
@judogal @logic2022 semangat gan.. emoticon-Ultah
0
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 09:16
@judogal @u12c udah bubar2..la wong mereka jg udah damai kok.. emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus geek
16-08-2022 11:08
@logic2022 @judogal

Mau itu maling ayam, maling jengkol, maling kancut, maling cokelat, maling motor, maling duit rakyat, semua sama dimata hukum
"Pencurian (maling)"

Dimata hukum, jika maling cokelat bayar lalu gugur tindak pencuriannya. Berarti korupsi juga bisa sama. Karena semua sama di mata hukum.

Sama halnya UU ITE, jika pencuri cokelat bisa pakai UU ITE, maka pencuri duit rakyat bisa juga pakai UU ITE

emoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 11:16
@judogal @converti

maling demi beli obat nenek

nenek minah mencuri kakao

masih ente bilang harusnya dihukum masuk penjara dan gak perlu restorative justice ?
0
profile picture
kaskus geek
16-08-2022 11:23
@logic2022 @judogal

Sama kan masuk penjara?
Karena hukum memang begitu. Nah soal restorative justice itu bagian penegak hukum.

Karena dimata hukum, lo mencuri apapun jenisnya ya pencurian. Ga kenal dia pencuri cokelat, pencuri kancut, pencuri duit rakyat
emoticon-Ngakak
1
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 11:30
@judogal @converti

enggak...point yg saya utamakan adalah...karena pernyataan ente...

"Dimata hukum, jika maling cokelat bayar lalu gugur tindak pencuriannya. Berarti korupsi juga bisa sama. Karena semua sama di mata hukum."

berarti harusnya tidak perlu restorative justice...mereka harusnya menjalankan secara full masa tahanan mereka

lalu dimata hukum...pasal pencurian dan korupsi itu beda lo...gak sama...mangkanya ane aneh pernyataan ente kok perbandingannya disandingkan dengan pencurian dan korupsi...

pasal pencurian itu berhubungan dengan KUHP pasal 362 - 367

sedangkan untuk korupsi itu di pasal 418...
0
profile picture
kaskus geek
16-08-2022 11:32
@logic2022 @judogal

Dibaca lagi yang bener dong, hadeh
Semua sama di mata hukum, Nah soal restorative justice itu bagian penegak hukum.

Hukun itu sifatnya kaku, mengikat. Nah yang hisa fleksibel itu penegak hukumnya.

Sampai sini paham?
0
profile picture
aktivis kaskus
16-08-2022 11:37
@judogal @converti

bener semua sama di mata hukum...

tp pernyatan ente ini jg "Mau itu maling ayam, maling jengkol, maling kancut, maling cokelat, maling motor, maling duit rakyat, semua sama dimata hukum
"Pencurian (maling)" kontradiktif karena maling gak sama dengan korupsi..pasalnya beda...hukumnya beda...

paham gak sampe sini..? emoticon-Big Grin

0
profile picture
kaskus geek
16-08-2022 11:38
@logic2022 @judogal

Lo pake pasal 418 malah lucu lagi, ga ada hubungannya sama pencurian disana
 Pencurian di Alfamart Diviralkan, Apa Bisa Dijerat UU ITE?
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 29 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia