Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
121
Lapor Hansip
22-07-2022 09:46

Uniknya Tradisi Berebut Bangku Sekolah Tiap Tahun Ajaran Baru, Apa Sih Alasannya?

Uniknya Tradisi Berebut Bangku Sekolah Tiap Tahun Ajaran Baru, Apa Sih Alasannya?
Masih terus bertahan sampai saat ini, tradisi berebut bangku sekolah saat tahun ajaran baru. Apa sih alasannya?


Tahun ajaran baru, Minggu ini anak-anak sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA, sampai dengan universitas sudah mulai melakukan aktivitas kegiatan belajar setelah libur panjang kenaikan kelas.

Di setiap tahun ajaran baru pasti ada banyak drama-drama unik dan menarik untuk diikuti mulai dari Masa Orientasi Siswa atau lebih dikenal dengan MOS, drama belanja perlengkapan sekolah, mengantar anak sekolah, dan masih banyak lagi.

Salah satu drama yang tidak pernah ketinggalan setiap tahunnya adalah drama rebutan bangku sekolah. Aktivitas atau tradisi ini biasanya terjadi di Sekolah Dasar atau SD dimana para orang tua masih sangat intens dengan anak sampai datang ke sekolah sekedar untuk memilihkan bangku paling depan untuk anak mereka.

Agan Sista disini pun pasti ada yang pernah mengalami hal serupa, dimana orang tua memilihkan bangku paling depan untuk anak-anak mereka padahal si anak tidak masalah mau duduk di bangku nomor berapa dan dengan siapa.

Tentu tradisi ini bukanlah tradisi yang muncul tanpa alasan GanSis, sebab memang para orang tua memiliki tujuan kenapa mereka harus memilihkan bangku paling depan untuk anaknya di sekolah.

Apa saja alasannya?
Berikut ini beberapa diantaranya.


Uniknya Tradisi Berebut Bangku Sekolah Tiap Tahun Ajaran Baru, Apa Sih Alasannya?


1. Tidak Terhalang Temannya

Alasan pertama kenapa para orang tua memilihkan bangku paling depan untuk anaknya adalah agar anak mereka tidak terhalanh temannya yang lain saat menyimak penjelasan guru atau mencatat tulisan yang ditulis di papan tulis.

Anak akan lebih mudah untuk memperhatikan guru yang sedang menulis di papan tulis dan tidak ketinggalan mencatat.

2. Fokus Belajar

Duduk di bangku paling depan dituntut untuk belajar dengan fokus karena duduk tepat di hadapan guru.
Para orang tua mau anak-anak mereka fokus belajar dan tidak hanya bermain, itulah sebabnya dicarikan tempat duduk paling depan.

3. Mudah Diawasi

Alasan lain kenapa orang tua memilihkan bangku paling depan yaitu agar guru mudah mengawasi.

Sebagaimana Agan Sista tahu bahwasanya memang anak yang duduk di bangku paling belakang akan lebih memiliki kemudahan untuk ribut ngobrol atau mencontek dengan temannya.

4. Lebih Disiplin dan Patuh

Meskipun sebenarnya disiplin tidak berkaitan dengan bangku atau tempat duduk urutan berapa, tetapi para orang tua masih percaya bahwa anak yang duduk di bangku paling depan adalah anak pintar yang disiplin. Itu semua dapat terjadi karena anak yang duduk di bangku paling depan akan diprioritaskan untuk menjawab pertanyaan dari guru untuk maju ke depan karena guru lebih mudah mengenali dan menunjuk murid yang ada di bangku paling depan.

Uniknya Tradisi Berebut Bangku Sekolah Tiap Tahun Ajaran Baru, Apa Sih Alasannya?


Itulah GanSis alasan kenapa orang tua memilihkan bangku paling depan untuk anak-anak mereka setiap tahun ajaran baru.

Bahkan di media sosial juga sempat heboh video orang tua cek-cok rebutan meja dan kursi untuk anaknya di tahun ajaran baru ini sampai datang setelah shalat Subuh. Kejadian yang terjadi di salah satu sekolah di Kabupaten Indramayu tersebut membuktikan bahwa tradisi rebutan bangku sekolah masih ada sampai saat ini.

Perlu diingat, sebenarnya mau anak-anak Agan Sista duduk di bangku nomer berapa pun selagi memang mereka memiliki niat belajar, ingin tahu tentang sesuatu yang dijelaskan oleh guru, dan tahu arti kedisiplinan dengan baik, maka duduk di bangku nomer berapa sudah tidak lagi menjadi masalah GanSis.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menjawab rasa penasaran Agan Sista terhadap tradisi berebut bangku sekolah setiap tahun ajaran baru.


Uniknya Tradisi Berebut Bangku Sekolah Tiap Tahun Ajaran Baru, Apa Sih Alasannya?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
51.9K Anggota • 911.3K Threads
Uniknya Tradisi Berebut Bangku Sekolah Tiap Tahun Ajaran Baru, Apa Sih Alasannya?
22-07-2022 20:42
lebih enak bangku belakang, bisa tidur wkwk
0 0
0
profile picture
22-07-2022 21:42
Ane setuju wkkwkw..
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia