Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
180
Lapor Hansip
06-07-2022 11:38

3 Penumpang Kereta Api Diturunkan oleh Petugas karena Ngobrol, Kenapa Dilarang?

3 Penumpang Kereta Api Diturunkan oleh Petugas karena Ngobrol, Kenapa Dilarang?
Beredar di media sosial tiga orang penumpang kereta api diturunkan oleh petugas di Stasiun Manggarai karena mengobrol, kenapa ngobrol dilarang?


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video tiga orang penumpang kereta api diturunkan oleh petugas pengawas kereta api (Walka) di stasiun Manggarai.

Menurut informasi yang ditulis pada caption unggahan, dijelaskan bahwa tiga orang pemuda tersebut diturunkan oleh petugas karena mengobrol sejak dari stasiun Tanah Abang sampai di stasiun Manggarai.

Sebelum diturunkan dari kereta api, ketiga pemuda tersebut sudah sempat diperingati oleh petugas. Namun, sampai petugas kembali patroli untuk yang kedua kalinya, tiga pemuda itu masih tetap mengobrol dan tidak terima saat ditegur dan membuat keributan karena melawan petugas pengawas kereta api.

Video yang beredar di media sosial tersebut pun viral dan mendapatkan tanggapan dari warganet yang pro dan kontra. Tidak sedikit warganet yang mendukung dan menentang apa yang dilakukan oleh petugas kereta api dengan beberapa alasan.


3 Penumpang Kereta Api Diturunkan oleh Petugas karena Ngobrol, Kenapa Dilarang?


Sejak masa pandemi Covid-19 muncul di Indonesia, beberapa peraturan memang diberlakukan di kendaraan atau alat transportasi umum termasuk dengan kereta api.

Selain aturan untuk menjaga jarak, memakai masker, tidak melakukan kontak fisik, juga ada aturan lain yang wajib dipatuhi oleh penumpang kendaraan atau trasnportasi umum yaitu tidak diperbolehkan untuk menelpon dan mengobrol dengan penumpang yang lain.

Aturan-aturan tersebut biasanya sudah dijelaskan oleh asisten masinis sebelum kereta berjalan lengkap dengan sanksi yang akan diberikan kepada penumpang yang dengan sengaja melanggar aturan.

Adapun yang menjadi pertanyaan disini, kenapa di dalam alat transportasi umum seperti kereta api dilarang untuk menelpon dan mengobrol dengan penumpang lain?
Berikut ini beberapa alasannya yang perlu Agan Sista ketahui.


3 Penumpang Kereta Api Diturunkan oleh Petugas karena Ngobrol, Kenapa Dilarang?


1. Rawan Penyebaran Virus

Penyebaran virus Covid-19 dijelaskan dapat melalui droplet dari orang yang memang berstatus positif Covid-19.

Semakin banyak orang yang ngobrol di dalam kereta api atau alat transportasi yang lain maka kemungkinan menyebarkan virus melalui droplet yang keluar saat berbicara tidak dapat dihindarkan, itulah sebabnya di dalam kereta api dilarang ngobrol dan melakukan panggilan telepon.

2. Mengganggu Kenyamanan

Tidak sedikit orang yang mengaku merasa terganggu saat ada orang yang dengan sengaja ngobrol keras-keras di dalam kendaraan umum. Aturan melarang orang ngobrol di kendaraan umum sudah cukup tepat karena memang banyak orang yang ingin merasa nyaman saat berada dalam perjalanan.

3. Mencegah Tindak Kejahatan

Larangan ngobrol dan melakukan panggilan telepon di transportasi umum ini juga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan GanSis.
Riuhnya orang ngobrol di dalam kereta api biasanya sering membuat penumpang tidak fokus dengan orang di sekitarnya, sehingga pencopetan atau pencurian barang berharga lebih mudah untuk dilakukan oleh orang-orang dengan niat jahat yang menyamar menjadi penumpang kereta api.

Itulah tadi GanSis alasan kenapa ngobrol dan melakukan panggilan telepon dilarang untuk dilakukan di dalam alat transportasi umum.

Sebagai pengguna alat transportasi umum yang baik, tentu kita semua harus patuh dan taat terhadap peraturan yang telah dibuat. Begitupun dengan sanksi tegas yang diberikan seperti tiga pemuda yang diturunkan dari kereta api karena mengobrol di jalan raya, itu adalah konsekuensi yang memang harus diterima saat seseorang melakukan pelanggaran.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan kejadian tersebut dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga bagi Agan Sista semua.


3 Penumpang Kereta Api Diturunkan oleh Petugas karena Ngobrol, Kenapa Dilarang?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4


profile-picture
memberi reputasi
28
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.5K Anggota • 911.7K Threads
3 Penumpang Kereta Api Diturunkan oleh Petugas karena Ngobrol, Kenapa Dilarang?
06-07-2022 14:01
Quote:Original Posted By VanBowie
aturannya emang begitu kan, diem dieman deh di kereta emoticon-Leh Uga

emoticon-Matabelo iya gan, di luar negeri juga gitu

Quote:Original Posted By jon.sansiro
ada larangan ngobrol aja orang malah ngelanggar gan
gimana kalo ada larangan bercinta?

emoticon-Ngakak ya gak bercinta di kereta juga lah

Quote:Original Posted By roganro
pernah juga ditegur di krl gara2 ngobrol ma tmn ber 3, padahal ngomongnya juga biasa aja, ntah kenapa itu petugas sensi banget. waktu itu di krl kosong banget, karena naik dari stasiun kota udah lumayan malem, pas ditegur sih pada berhenti ngobrol, cmn ane nyeletuk aja, klo keadaan rame juga kita sadar diri, gk bakal ngobrol, tuh petugas diem aja. segitunya kita ber 3 pake masker, duduk jauhan gk dempet2, ya karena krl kosong.

emoticon-Ngakak aneh ya, apa lagi sama istri atau sahabat sendiri diem-dieman

Quote:Original Posted By pakedongotak
kalo ude ditegor kaga ngerti2 kenape ga langsung dorong keluar aje.

emoticon-Ngakak ngeri amat

Quote:Original Posted By jerks69
paling GG tuh ngobrol di motor, kalo boncengan sih engga masalah, yg jadi permasalahan itu beda motor.

dalam hati ane "rasa nya pengen banget gue buat kopi biar makin asik ngobrol nya"

emoticon-Cape d... itu sih ngawur namanya gan

Quote:Original Posted By krukov
Orang kayak gini ni yang susah di atur, malah ada yang dukung mereka emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo la iya, aneh
profile-picture
VanBowie memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia