Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
206
Lapor Hansip
02-07-2022 06:36

E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam

E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
Elektronik tilang diterapkan di beberapa daerah, cara pengguna kendaraan dalam mencegah tilang mulai beragam


Elektronik tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas yang menggunakan sistem elektronik dengan bantuan kamera CCTV.

Saat ini di beberapa daerah sistem E-Tilang telah diterapkan, guna untuk mempermudah penegakan hukum lalu lintas dan mencegah pungli atau pungutan liar yang dari dulu menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai.

Menggunakan sistem tilang elektronik ini, pengendara motor atau mobil yang tertangkap melakukan pelanggaran saat berkendara maka mereka akan mendapatkan konfirmasi secara langsung melalui pesan singkat SMS ke nomer handphone yang berlaku atau mendapat surat tilang yang dikirim langsung ke rumah.

Adanya kecanggihan teknologi memang sedikit banyak merubah situasi dan kondisi GanSis. Jika dulu proses tilang dilakukan secara langsung oleh Polisi di jalanan, sekarang kamera CCTV telah mengambil alih tugas menilang pengendara di jalan raya. Cara ini diberlakukan selain dengan harapan dapat mengurangi pungli, juga dapat lebih menertibkan lalu lintas dari masyarakat yang memang belum sadar akan pentingnya patuh aturan berlalu lintas.


E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam


Penerapan elektronik tilang sendiri dapat mencakup atas beberapa pelanggaran GanSis, mulai dari pelanggaran berkendara melawan arus, ganjil genap, batas kecepatan, traffic light, pelanggaran marka jalan, penggunaan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, dan beberapa jenis pelanggaran lainnya.

Sistem E-Tilang di beberapa daerah kini sudah mulai diterapkan, tetapi masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang apa itu elektronik tilang dan yang sudah tahu mulai mencari solusi untuk terhindar dari tilang.

Beberapa kali di media sosial viral beredar video pengendara motor yang melakukan aksi-aksi tidak terduga guna untuk mencegah terkena tilang elektronik.

Mulai dari menutup plat nomor Polisi dengan menggunakan masker, sampai dengan memasang celana dalam di plat nomor kendaraan, dilakukan oleh para pengendara motor di jalan raya guna untuk menghindari tilang elektronik.

Tentu cara-cara curang yang dilakukan oleh para pengendara kendaraan di jalan raya ini sangat disayangkan GanSis. Ternyata masih banyak masyarakat kita yang masih belum taat aturan dan lebih memilih untuk berlaku curang agar pelanggaran yang dilakukan tetap aman.

Penerapan elektronik tilang yang semula diberlakukan dengan tujuan untuk mencegah pungutan liar dan mempermudah menertibkan aturan lalu lintas ternyata tidak sepenuhnya berjalan sesuai rencana. Masih banyak masyarakat yang ternyata juga memikirkan bagaimana cara untuk terhindar dari tilang yang sebenernya tilang sendiri diberikan atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan di jalan raya.


E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam


Melihat masih banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para pengendara kendaraan di jalan raya untuk menghindari tilang elektronik membuktikan bahwa ternyata masyarakat kita masih belum dapat sepenuhnya meninggalkan kebiasaan buruk yang sudah turun temurun dilakukan.

Tilang elektronik sendiri sebenarnya dapat dihindari dengan cara yang cukup mudah tanpa repot-repot harus menutup plat nomor kendaraan dengan menggunakan masker atau celana dalam GanSis. Cukup dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang dapat ditangkap oleh ETLE maka Agan Sista akan terhindar dari tilang elektronik.

Cara tersebut lebih sederhana dibandingkan harus memasang masker atau celana dalam pada plat nomor kendaraan yang akhirnya tidak hanya mempermalukan diri sendiri melainkan membuat fokus pengendara lain yang ikut terganggu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.


E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
memberi reputasi
27
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.3K Anggota • 911.6K Threads
E-Tilang Diterapkan di Beberapa Daerah, Kecurangan Pengendara Kendaraan Mulai Beragam
02-07-2022 06:37
emoticon-Matabelo kalau gak disiplin kapan mau maju negara kita
profile-picture
jamesbondan007 memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus addict
02-07-2022 09:25
Pake motor bodong ditilang
Pake motor telat pajek ditilang
Pake sandal jepit ditilang

Skrng oknum yg nilang pas lagi di lingkup lingkungan tinggal dia gimna? Kepasar doank ngapa pake sepatu, kesawah make sepatu. Beli gorengan pake sepatu.

E-tilang itu harusnya mempermudah penegakan aturan. Misal saat razia pengguna tidak memenuhi aturan berlaku tp bukan himbauan. Misal tdk menyalakan lampu disiang hari dan bukan kaarena kerusakan kendaraan. Klonkena sekali di ingatkan , tp klo dibiarkan baru kena jepret ke 2nya baru ditilang.

Percaya deh, setelah helm SNI , lampu disiang hari, masker ,sepatu, besok sarung tangan, spion, jaket.

Inget kasus helm puluhan juta dan original khusus balapan resmi di tilang gara" gk SNI
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
02-07-2022 10:30
@afterimage90 emoticon-Matabelo kalau semua aturan diprotes ya gimana, serba salah kan
1
profile picture
kaskus addict
02-07-2022 11:44
monyet mana bisa disuruh disiplin. pernah liat tulisan dilarang buang sampah sembarangan di dalem kandang monyet?
4
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
02-07-2022 11:53
@xbearx emoticon-Ngakak pernah dan tidak digubris
1
profile picture
kaskus addict
02-07-2022 12:00
@masnukho kagak dinprotes, polisi itu cerdik bisa bedain mana pemotor rute pendek dan jauh, rute jauh itu sering di lewatin ajanpdhl surat" gaknlengkap. Nah klo rute pendek semua hampir kena stop dan tilang. Coba deh situ pake kaus kotang singlet , koloran dan sepatu .. pasti helm dan surat" lengkap di jok. Pasti agan kena stop diperiksalah macem". Yg lain kelihatan lengkap disuruh lewat
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
02-07-2022 12:04
@afterimage90 nah iya, makanya pakai pakaian yang lengkap dan sesuai aturan
1
profile picture
kaskus addict
03-07-2022 08:11
@afterimage90 mana ada pake sendal jepit ditilang emoticon-Ngakak (S)
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia