Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
174
Lapor Hansip
01-07-2022 17:38

Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam

Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam

Apa manga kesukaan agan dan sista? Mungkin jawabannya tak akan jauh-jauh dari One Piece, Naruto, Bleach, Dragon Ball atau Kimetsu no Yaiba. Manga-manga itu memang terkenal dan sudah terjual ratusan juta kopi di seluruh dunia.

Tapi apa agan tahu manga berjudul Time Paradox Ghostwriter? Atau Bone Collection? Atau Golem Heart? Atau I Tell C? Well, kalau nggak tahu juga nggak masalah. Bahkan orang-orang yang pernah membacanya mungkin sudah lupa dengan manga-manga tersebut.

Manga-manga itu sudah tidak lagi terbit alias sudah tamat. Jumlah chapternya cukup mengagumkan, kurang dari 20 chapter. Manga-manga ini tidak tamat karena ceritanya sudah berakhir sesuai keinginan mangaka, manga-manga ini tamat karena dipaksa tamat oleh penerbit atau istilah lainnya, dikampak.

Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam

Sama seperti acara-acara televisi yang tidak laku sehingga dipaksa untuk berhenti, industri manga juga tidak memiliki ruang untuk manga yang tidak laku sehingga manga-manga ini akan dipaksa tamat dan diganti dengan manga baru.

Mari ambil contoh Weekly Shonen Jump (WSJ). Buat yang tidak tahu, ini adalah majalah yang dulu menampung Dragon Ball dan Naruto, dan sampai sekarang masih menampung One Piece. Majalah ini biasanya memiliki dua puluh manga di dalamnya dan setiap kali majalah ini terbit (setiap Senin) para pembaca akan diminta untuk mengisi sebuah angket untuk memberitahukan tiga manga favorit mereka. Pihak perusahaan akan menarik seribu angket secara acak dan skor dari setiap manga yang terbit di majalah akan terlihat.

Setiap manga akan mendapat peringkat dan peringkat ini jugalah yang akan menentukan peletakan mereka di dalam majalah. Jika peringkatnya tinggi maka akan diletakkan di bagian depan sedangkan manga berperingkat rendah akan diletakkan di bagian belakang. Dengan begini pembaca bisa menilai sendiri mana manga yang populer dan mana yang tidak.

Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam

Manga-manga yang berada di papan bawah (lima terbawah) biasanya selalu rentan dengan kapak sakti yang akan mengakhiri serialisasi. Biasanya setiap empat bulan sekali akan ada rapat untuk membahas manga mana yang harus diakhiri untuk diganti dengan manga baru dan karena itulah mangaka-mangaka papan bawah harus berusaha keras meningkatkan peringkat mereka. (Sumber: Bakuman)

Bagaimana caranya? Cara paling mudah adalah dengan meningkatkan kualitas gambar dan juga cerita. Sayangnya cerita dan gambar yang bagus tak akan turun begitu saja dari langit. WSJ memiliki jadwal terbit setiap minggu jadi setiap minggunya mangaka harus membuat sekitar dua puluh halaman manga dan ini benar-benar pekerjaan yang sangat berat. Beberapa mangaka bahkan sampai jatuh sakit karena tak sanggup dengan jadwal mingguan.

Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam

Akhirnya beberapa mangaka terpaksa mengambil jalan mudah, memperbanyak fan service. Jangan heran, ada lo manga yang poin utama penjualannya adalah adegan-adegan ecchi yang pasti tak akan lulus sensor di negara ini (ex: To Love Ru, Yuragisou no Yuuna). Banyak dari Anda mungkin memandang rendah manga seperti ini, tetapi bukan berarti mangakanya ingin menggambar semua itu. Keadaanlah yang memaksa (meski ada juga sih yang memang hobi).

Singkatnya, di balik manga-manga yang biasa kita baca di situs bajakan(aduh) terdapat persaingan yang sangat ketat sehingga memberikan beban berat pada para mangaka dan juga pihak penerbit. Namun, well, begitulah bisnis. Hanya yang laku saja yang bisa bertahan dan jika tidak laku akan tergantikan dan akhirnya terlupakan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
memberi reputasi
26
Masuk untuk memberikan balasan
anime--manga-haven
Anime & Manga Haven
2.7K Anggota • 6.1K Threads
Di Balik Segudang Fan Service, Bisnis Manga Ternyata Amatlah Kejam
01-07-2022 21:55
nasibnya kayak kishimoto creator narutobyang k3na kapak sakti umtuk serialisasi samurai8
profile-picture
hhendryz memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus geek
01-07-2022 22:09
Bukti nyata bahwa mangaka terkenal belum tentu selalu sukses
0
profile picture
kaskus freak
01-07-2022 22:18
Yg bisa membuat mangaka sukses itu editor. Setelah Naruto tamat, Kishimoto terlalu dikasih kebebasan tanpa arahan editor karena sudah jadi mangaka besar. Akhirnya bablas.
0
profile picture
kaskus geek
02-07-2022 08:19
Bleach juga samaemoticon-Leh Uga

Satu satunya big three yang dicampakkanemoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus freak
02-07-2022 08:55
@zavoyan Bleach tamat natural walau terkesan buru². Meski di posisi 3 terbawah, Bleach aman karena penjualan tanko masih laris saat itu. Kochikame dulu 3 terbawah juga aman karena ini manga legend & ikonik WSJ, tamatnya juga karena sang mangaka ingin buat manga baru.
0
profile picture
kaskus maniac
02-07-2022 09:02
Eh beneran Samurai8 kena kampak? Berarti manga apalagi yang akan dibuat oleh Kishi?
0
profile picture
kaskus geek
02-07-2022 09:17
@vaantw88 natural gimana, plot hole nya aja banyakemoticon-Leh Uga


Katanya roh, kok bisa matiemoticon-Leh Uga

Yang bikin bleach dibenci dan ditinggal fanboy nya apalagi kalo bukan chapter nya yang kopong, boros panel, tinta tumpahemoticon-Leh Uga

Sengaja diulur ulur biar lampaui Naruto malah disuruh tamatemoticon-Leh Uga

Lagipula tujuan Bleach juga gak jelas, kaya komik action tapi slice of lifeemoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
02-07-2022 09:21
@Yuwen beliau meng'hijack' boruto walaupun kayaknya boruto juga calon2 anu sih emoticon-Malu
0
profile picture
kaskus freak
02-07-2022 09:36
@zavoyan tamat natural maksudnya tamat atas keinginan sang mangaka sendiri, bukan tamat karena dikapak. kalau tamat dikapak itu kayak Beelzebub. ane juga mulai ga suka Bleach sejak Fullbring arc.

chapter kopong, boros panel, tinta tumpah itu efek Tite Kubo mulai sering sakit. makanya ga bisa maksimal gambar & bikin cerita. Bleach ditamatkan karena dia mau fokus di kesehatannya.
0
profile picture
kaskus maniac
02-07-2022 11:52
@vaantw88 @zavoyan gw malah ngerasa itu tamat kaga natural
Dipaksa bgt, tiba2 ada panah yg bs segel yahwac

Klo ga salah lord kebo pernah bilang ending yg skrg itu bukan rencana asli dia kan?
0
profile picture
kaskus freak
02-07-2022 12:10
@vanznamikaze namanya juga tamat buru2 y gitu. bisa aja idenya dibantu sama editor kan kita ga tau. setelah Bleach tamat, Tite Kubo sendiri sudah ga mau lanjut bikin manga. ga tau lagi ke depan kalau dia butuh duit & lanjut bikin manga lagi.
0
profile picture
kaskus geek
02-07-2022 12:22
@vanznamikaze @vaantw88 @zavoyan katanya sih, Kubo sebenarnya punya buku catatan buat alur cerita Bleach sampai tamat. Cuma karna catatannya hilang jadi gitu deh ceritanya
1
profile picture
kaskus maniac
02-07-2022 12:26
@vaantw88 dia msh dpt duit dr lisensi kan?
Game nya masih ada yg seliweran, blm ntr lg mau bikin anime final arc
1
profile picture
kaskus freak
02-07-2022 12:57
@ih.sul nah ini jawaban yg benar. biasanya tiap mangaka sudah punya catatan komplitnya.

@vanznamikaze masih dapat. tapi kalau ga ada game & anime Bleach y dia ga dapat duit.
0
profile picture
aktivis kaskus
02-07-2022 12:59
@Yuwen balik lagi ke boruto..
0
profile picture
kaskus geek
02-07-2022 16:51
wajar gambarnya jelek ditambah cerita gak menarik, yang parah itu build king kena kampak saat klimaks emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskuser
03-07-2022 00:09
@Yuwen @nailts2 maksudnya balik lagi ke boruto?
0
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia