Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
35
Lapor Hansip
28-06-2022 13:25

Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual


Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Spiritualitas berhubungan erat dengan kesehatan karena pada dasarnya tubuh, pikiran, dan jiwa saling berhubungan. Karena kesehatan pada satu aspek akan berdampak pada aspek kesehatan lainnya.

Untuk menjalani kehidupan sehari-hari, aktifitas spiritual setiap orang terlihat berbeda. Agans mungkin sudah membaca banyak artikel berbeda yang memberi tahu agans mengapa latihan X, Y, dan Z adalah yang terbaik, dan mengapa agans harus melakukan itu daripada aktivitas spiritual lainnya. Sebenarnya, itu semua tergantung pada agans dan praktik mana yang disukai!

Berikut adalah aktivitas kesehatan spiritual, ambil apa yang agans sukai dan tinggalkan apa yang tidak.


Berjalan-jalan secara di alam terbuka
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Salah satu praktik kesehatan spiritual termudah yang dapat agans lakukan adalah dengan berjalan jalan di outdoor. Agans dapat mempraktikkannya di bukit, pantai, atau bahkan di taman. Saat agans berjalan, cobalah untuk memperhatikan perasaan kaki agans di tanah, udara di kulit agans, dan nafas agans di paru-paru. Saat agans menghargai keindahan alam, agans mungkin akan merasa diri agans secara alami mulai melepaskan stress.

Alam memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan mental. Gunakan ruang hijau tersebut untuk meningkatkan perawatan diri secara spiritual seperti memeluk pohon, berjalan tanpa alas kaki, hiking, berenang dan lain-lain.


Berlatih yoga
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Latihan yoga merupakan aktivitas kesehatan spiritual. Yoga sendiri sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Olahraga yang berasal dari India ini memang sudah dipraktikkan sejak lama dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi.


Lakukan meditasi selama 5 menit setiap hari
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Agans tidak perlu duduk diam selama berjam-jam demi mencapai pencerahan spiritual. Untuk menikmati manfaat spiritual dari meditasi, agans bisa mulai dengan duduk selama lima menit untuk membangun otot kesadaran. Yang harus agans lakukan adalah duduk dengan tenang, cobalah untuk tidak terlalu gelisah, dan perhatikan pikiran dan perasaan yang muncul saat agans menjadi diam.


Dance untuk melepaskan energi yang tertahan
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Menari dapat digunakan sebagai latihan spiritual. Bagi sebagian orang, menari membantu melepaskan energi yang tertahan dan merupakan pembelajaran untuk mengekspresikan jati diri yang sebenarnya. Sebagai permulaan, coba mainkan musik yang ceria dan biarkan diri agans bergerak seolah-olah tidak ada orang yang menonton.


Jurnal refleksi diri
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Menulis jurnal adalah pelatihan spiritual cepat dan mudah yang dapat agans lakukan di mana saja. Ini membantu agans menjadi lebih sadar akan pusaran pikiran dan perasaan. Buatlah jurnal yang sangat sederhana dengan mencoba menulis selama lima menit tentang kekhawatiran atau pemicu stress yang ada di benak agans hari ini.

Di akhir setiap hari atau setiap minggu, biasakan menulis daftar ucapan syukur. Cukup keluarkan selembar kertas atau jurnal dan tuliskan 5 sampai 10 hal yang agans syukuri selama sepekan. Ini adalah cara terbaik untuk mengarahkan fokus agans ke energi positif dan membangkitkan semangat dalam diri.

Agans juga dapat menyertakan papan visi sebagai alat visualisasi untuk membantu menggambarkan impian dan tujuan hidup secara visual. Untuk membuat papan visi agans dapat menggunakan gambar, foto, beberapa kutipan di media sosial, atau pesan chat yang inspiratif. Setiap pagi dan sore, luangkan beberapa menit untuk melihat papan dan bayangkan tujuan dan impian agans meraih sesuatu yang di impikan dapat terwujud.


Jangan lupa bernafas
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Pernafasan yang paling umum adalah ritme menghirup dan menghembuskan nafas dengan cepat dan tanpa jeda. Tampaknya sederhana, tetapi berlatih mengambil nafas dengan penuh kesadaran dapat menghasilkan wawasan yang luas, penyembuhan sistem saraf, dan hubungan spiritual.

Biasakan diri untuk mengambil nafas dengan penuh kesadaran sesekali saat agans melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan begitu kita dapat mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun kesehatan jiwa raga seperti pola makan dan perilaku sosial pada lingkungan sekitar.


Sentuhan fisik
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Kita adalah makhluk sosial. Ritual spiritual tidak harus sendiri. Manusia membutuhkan sentuhan fisik dengan manusia lain karena hal itu akan melepaskan oksitosin dan membantu perasaan merasa aman dan tenang. Mungkin latihan spiritual hari ini dapat terdiri dari memeluk pasangan, anak, atau orang tua agar dapat mempererat rasa keterkaitan satu sama lain.


Bekerja dengan suasana yang membangkitkan semangat
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Beraktifitaslah dengan wewangian alami seperti aroma minyak esensial yang dapat meningkatkan semangat atau minum teh menggunakan tumbuhan herbal seperti Peppermint, Chamomile, Hibiscus, Ginger, Cinnamon atau Matcha. Serta buat daftar putar lagu atau musik yang sangat sesuai dengan agans. Hal ini bisa menciptakan mood atau suasana yang indah untuk membangkitkan semangat.


Melatih Kecerdasan Spiritual
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Refleksikan diri terhadap makna hidup dengan mengikuti aktivitas bakti sosial agar bisa bertemu dengan orang-orang di sekitar, mau menerima dan membuka diri terhadap perubahan dalam hidup, dan lakukan kebaikan terhadap orang lain.

Kecerdasan spiritual adalah salah satu dimensi dalam kesehatan manusia yang dirumuskan selain kesehatan fisik dan mental. Kecerdasan spiritual bisa digambarkan sebagai bentuk upaya manusia dalam menemukan harapan, arti, dan ketenangan dalam hidupnya.

Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Kecerdasan spiritual tinggi akan memiliki karakteristik sebagai berikut:

• Memiliki kesadaran diri, mengetahui apa yang menjadi nilai dalam hidupnya, apa yang dia percayai, dan apa yang memotivasinya.
• Mampu mengatasi masalah sesuai prinsip dan keyakinan yang dipegangnya
Menghargai keberagaman dan menolak untuk melakukan kekerasan pada orang lain.
• Merasa butuh memahami akar persoalan dan memiliki kecenderungan untuk mengajukan pertanyaan dasar.
• Mampu menyadari hubungan antara objek dan berbagai fenomena yang sedang terjadi.
• Mampu memiliki dan berpegang teguh pada keyakinan sendiri yang mungkin berbeda dari kebanyakan orang.
• Memiliki respon dan manajemen stres yang lebih baik.

Selain meningkatkan kecerdasan spiritual, jangan lupa untuk senantiasa meningkatkan kecerdasan emosional dan intelektual. Meski kecerdasan spiritual dianggap sebagai komponen penting dalam kehidupan, tetapi hal ini sulit dijabarkan menjadi indikator yang dapat diukur secara ilmiah.

Menurut World Health Organization (WHO) terdapat tiga komponen penting yang merupakan definisi sehat berdasarkan konsep hidup sehat, yaitu sehat jasmani, sehat emosional, dan memiliki kesejahteraan sosial. Namun, sebagian ahli telah menambahkan kecerdasan spiritual sebagai salah satu faktor penyeimbang ketiga konsep dasar tersebut. Tipe kecerdasan ini sebenarnya dapat dilihat berdasarkan aktivitas otak manusia saat melakukan hal yang bermanfaat bagi kesehatan jiwanya seperti bermeditasi atau beribadah.

Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual

Terus tingkatkan kualitas kehidupan agans dengan berusaha menjadi manusia yang lebih baik dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta jangan lupa untuk selalu mensyukuri apa pun yang telah dimiliki demi bisa mendapatkan ketenangan spiritual.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa pikiran positif dan kekuatan yang ditemukan manusia dari agama turut berkontribusi terhadap kesembuhan dan kesehatan manusia.

Demikian yang dapat TS sampaikan. Semoga bermanfaat. Semangat Gans!

Quote:
Syukuri apa yang ada, Hidup adalah anugerah.
Tetap jalani hidup ini, Melakukan yang terbaik.




Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual
Written by: 3776331
#ForumSpiritual via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
Araka dan provocator3301 memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
spiritual
Spiritual
1.4K Anggota • 7.5K Threads
Hidup Lebih Baik dengan Aktifitas Spiritual
28-06-2022 18:41
Wahh boleh nih dicoba biar gak stress
profile-picture
rapsodia memberi reputasi
3 0
3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia