News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
63
Lapor Hansip
27-05-2022 17:44

RUU KUHP, Pelaku Promosi Kondom Dapat Dipidana

RUU KUHP, Pelaku Promosi Kondom Dapat Dipidana

Jakarta - Nilai-nilai moralitas dalam RUU KUHP kembali dipersoalkan. Kali ini terkait Pasal 481 RUU KUHP yaitu pelaku promosi kondom bisa dikenakan pidana denda.

Pasal 481 KUHP berbunyi:

Setiap orang yang tanpa hak secara terang-terangan mempertunjukan suatu alat untuk mencegah kehamilan, secara terang-terangan atau tanpa diminta menawarkan atau secara terang-terangan dengan menyiarkan tulisan tanpa diminta, menunjukan untuk dapat memperoleh alat pencegah kehamilan tersebut, dipidana dengan pidana denda paling banyak sesuai kategori I.


Pidana denda kategori I maksimal Rp 10 juta. Dalam pasal 483 RUU KUHP disebutkan pasal tersebut dikecualikan kepada petugas keluarga berencana dan pencegahan penyakit menular.

"Di sini ada kata tanpa diminta. Seandainya ada warung jualan kondom, dia kan tidak diminta. Nah berarti dia kena," ujar Direktur LSM ICJR, Supriyadi, di Bakoel Kofe, Jl Cikini Raya, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Menurut Supriyadi, semangat pasal ini justru mengendurkan semangat pemerintah dalam mencegah membludaknya jumlah penduduk. 

"Apa iya yang jualan alat kotrasepsi harus ke apotek? Apa kabar yang ada di perkampungan yang jauh dari apotek? Karena tidak boleh ada penjualan kondom di warung," ucap Supri.

Dia mengatakan, ada juga pasal RUU KUHP yang memberi nuansa pembaharuan dalam bidang moral salah satunya ialah pasal yang memuat tentang marital rape/pemerkosaan dalam rumah tangga.

"Tapi ada pasal seperti marital rape yang kini dipertegas," pungkas Supri.

https://news.detik.com/berita/d-3002...dapat-dipidana

Siap2 ledakan kasus hamil d luar nikah.. Kasus perkimpoian usia muda.. Kasus penyakit menular seksual.. Dan kasus meningkatnya jumlah penduduk miskin.. emoticon-Malu (S)

Ane yakin ini sih pasal titipan partai "you know who".. emoticon-Malu (S)

You Know Who..




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
23.4K Anggota • 640.9K Threads
RUU KUHP, Pelaku Promosi Kondom Dapat Dipidana
27-05-2022 19:03
Padahal dlm Islam maupun Kristen sex bebas itu dilarang, knp agama tidak boleh berperan dalam kehidupan masyarakat?
Hanya mengandalkan pandangan etatis dalam bernegara.
profile-picture
qavir memberi reputasi
0 1
-1
profile picture
kaskus holic
27-05-2022 20:28
Quote:Padahal dlm Islam maupun Kristen sex bebas itu dilarang, knp agama tidak boleh berperan dalam kehidupan masyarakat? Hanya mengandalkan pandangan etatis dalam bernegara.

Kerna bisa kaco balo....kalu umat kristen benar2 menerapken doktrin mrk scr murni maka di gereja2 dan sekolah2 kristen hrs secara gamblang dan lantang diajarken kpd para murid2 beragama kristen bhw mrk2 semua yg mengaku sbg nabi setelah Yohanes Pembaptis adalah tak lain tak bukan ialah nabi2 palsu para penyesat manusia guna menyembah iblis yg menyaru sbg Tuhan....mang gak ada yg akan merasa tersakiti kalu itu terjadi?
3
profile picture
27-05-2022 21:35
@nguikghur berperan dalam kamar nya masing-masing , nggak perlu nyenggol atau masuk ke kamar orang lain.
Kan yg kita bahas sex bebas, kalau ayat yg gitu2 kan cuma buat politik aja biar jaga pelanggan
0
profile picture
kaskus geek
27-05-2022 22:15
Pakai kondom tujuannya bukan terkait keberadaan seks bebas. Tapi terkait mengatur jumlah kehamilan (yang tidak diinginkan). Karena tidak semua wanita cocok pakai pil atau spiral. Dan tidak semua pria juga mau di vasektomi dengan alasan ini-itu ...

...
Pertanyaan yang lebih tepat ...
Kok sangean ? Kalau tidak sange, khan berarti tidak ML, berarti tidak perlu juga pakai kondom.
Apakah itu karena bawaan dari DNA-nya ?

Kalau memang begitu, ada kemungkinan virus-virus yang ada dalam tubuh manusia ini bisa mewarisinya, dong ? emoticon-Big Grin


4:19
0
profile picture
kaskus addict
27-05-2022 22:27
Ingat zaman kegelapan eropa di mana agama sampe ngatur kehidupan bernegara.
0
profile picture
27-05-2022 22:39
@bingsunyata tapi masalah nya yg beli kondom bukan cuma orang yg sudah menikah.
Dan selama ini , orang tau nya pakai kondom = cegah HIV aids
Akhirnya kondom identik dengan sex bebas.
Temen2 saya yg sudah menikah hampir tidak pernah pakai kondom, lebih suka crot di luar kalau bini nya TDK cocok KB dari pada Otong dibungkus karet.


Jawaban kenapa sangean?
Kurang tau secara ilmiah, tapi saya sendiri kalau lagi sering makan daging gampang sange, kalau lagi banyak duit gampang sange, kalau lagi libur kerja gampang sange, kalau lihat istri pakai daster angsung sange emoticon-Malu
0
profile picture
27-05-2022 22:44
@freedomx10a itukan agama dipakai untuk politik, nggak usah bahas negara deh, saat agama Kristen lahir, sebagian Yahudi nggak terima, saat Islam lahir, sebagian Kristen nggak terima, akhirnya pada ngungsi ke Eropa memboyong agama mereka.
Murni karena politik tidak mau dipimpin,
Kalau soal ajaran agama yang berkaitan dg kehidupan sosial (sex bebas) harus nya bisa lah agama turut berperan melalui pemuka untuk mengontrol pemeluknya masing2
0
profile picture
kaskus holic
27-05-2022 23:16
@ahli.pajak
Quote:berperan dalam kamar nya masing-masing , nggak perlu nyenggol atau masuk ke kamar orang lain.

Lhaaa kajian internal ala UAS boleh2 saja toh....senggol soal jin kafir di salib kepalanya tengok kanan apa kiri saat ceramah di mesjid ato di pengajian2 ya boleh....senggol nabi palsu saat ceramah di gereja ato di sekolah2 minggu pun ya boleh.

Quote:Kan yg kita bahas sex bebas, kalau ayat yg gitu2 kan cuma buat politik aja biar jaga pelanggan

Sex itu ya memang harus bebas sebab kalu sex dengan paksaan itu ya jatuhnya perkosaan cam yang dilakoni oleh Ustad Herry Wirawan.

Sex bebas = Free sex....lawan drpd FREE sex itu apa? Ya FORCED sex alias sex dengan paksaan....jadi sesungguhnya Ustad Herry Wirawan bisa dianggap sbg seorang pahlawan iman dan pejuang moral kerna mbelio berusaha memberantas sex bebas yg diyakini oleh mbelio sbg suatu hal yg keliru dan wajib diberantas.

3
profile picture
kaskus geek
27-05-2022 23:30
@ahli.pajak
Kayak sendok ...
Kadang dibuat 'nyuap nasi, kadang dipakai 'nyuap kuah, kadang dipakai buat 'mbelah tahu-tempe ..., sama yang agak 'nyleneh .. dibuat sulapan, bahkan mungkin juga ada yang menggunakannya sebagai senjata (diratain bagian cekungnya, kemudian diasah).

Yang perlu dilarang itu yang mana ?
emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
28-05-2022 00:25
@ahli.pajak negara ga usah terlalu ngurusin moral. Iya gw tau tujuannya sebenarnya bagus tp itu lebih baik di ranah agama yg ngajarin kl free sex dilarang dan dr sisi ilmu kedokteran itu bahaya apa aja yg bisa ditimbulkan. Kl agama terlalu mencampuri urusan negara, contohnya undang2 kocak ini, contoh besarnya eropa jaman dulu. Masalah kondom ini yg pake pasutri juga buat birth control kl ga nyaman dg iud ato obat2an. Misal si A bilang ke B kl pake kondom merk C itu biasa dia pake dan sejauh ini aman, brarti si A kena donk padahal dia udh nikah dan hanya nyaranin si B yg udah nikah juga yg lg bingung soal birth control ? Udah keterlaluan sih ini dan udh masuk privasi.
2
profile picture
28-05-2022 10:50
@nguikghur perkara UAS senggol jin kafir di salib atau ada ulama yg larang pemimpin non Islam itu kan masuknya kepentingan politik , yg kita bahas kan kondom dan sex bebas yg di agama samawi ada larangan untuk melakukan nya.
Knp para pemuka agama TDK berperan atau diikutsertakan dlm pembinaan kehidupan sosial?

Selain kualitas ulama nya semakin menurun, penguasa juga tdk mau agama berperan dlm kehidupan bernegara, hanya sebatas penyokong saja.

Sebatas pemberi fatwa lah
0
profile picture
28-05-2022 10:54
@bingsunyata kayak pisau dapur juga bisa digunakan untuk kejahatan padahal fungsi "asli" nya buat alat masak. Sama kayak kondom yg tujuan nya untuk kontrasepsi makin kesini malah jadi alat untuk cegah HIV AIDS.
Penyalahgunaan ini lah yg tidak akan pernah bisa dicegah negara dg undang2 apapun
0
profile picture
28-05-2022 10:59
@freedomx10a kalau bicara soal moral menurut saya tidak bisa lepas dari agama, cuma para pemangku kepentingan kiblatnya non etatis.
Agama tidak boleh berperan.

Dulu ulama pernah debat masalah halal haram DPRGR masa demokrasi terpimpin orde lama, sekarang cuma sibuk urusin Miyabi, cadar, cingkrang, jenggot dll emoticon-No Hope
0
profile picture
kaskus holic
28-05-2022 11:52
@ahli.pajak
Quote:perkara UAS senggol jin kafir di salib atau ada ulama yg larang pemimpin non Islam itu kan masuknya kepentingan politik

Kalu bahas sesuai topik yg dibuat oleh TS valkyr9 yg bunyinya RUU KUHP, Pelaku Promosi Kondom Dapat Dipidana yo jelas banget ini malah sudah politik dan kekuasaan kerna memiliki kekuatan hukum pidana.

Quote:yg kita bahas kan kondom dan sex bebas yg di agama samawi ada larangan untuk melakukannya

Agama samawi yg RW mana dulu? Janganken cuman promosi kondom...wanita pezinah yg hendak dirajam oleh para pemuka agama yahudi saja ditolong dan diampuni koq oleh Yesus.

Dan skrng pun sex bebas gak dipidana koq di negara2 spt Israel/Itali/Inggris/Belanda/Spanyol/Prancis/Jerman/Brazil/USA/dll......pemuka2 agama di sana sebatas memberiken wejangan tok.....beda dengan di mari di mana pemuka2 agama2 kafir sedang terus digiring2 dan di-framing untuk ikut2an mendukung kehendak pemuka2 agama non kafir menjadiken hukum agama non kafir menjadi hukum negara yg mengikat baik kafir dan non kafir.

Quote:Knp para pemuka agama TDK berperan atau diikutsertakan dlm pembinaan kehidupan sosial? Selain kualitas ulama nya semakin menurun, penguasa juga tdk mau agama berperan dlm kehidupan bernegara, hanya sebatas penyokong saja Sebatas pemberi fatwa lah

Negara Indonesia ini lahir atas dasar kesepakatan....kalu tau bakal kek skrng....daerah2 mayoritas kafir pasti gak sudi bergabung dng Indonesia saat 17 Agustus '45.

Namun sebenarnya para pemuka agama Kristen dan apalagi umat Kristen luar biasa toleran dan gak keberatan koq seandainya hukum suatu agama TIDAK MENGIKAT umat2 agama2 lainnya dan HANYA diberlakuken scr exclusive kepada ya umat agama itu saja....contoh :

- Pezinah dan pelaku sex bebas serta kaum LGBT dihukum rajam....ya tinggal cek KTP.....kalu kafir yo rapopo tapi kalu non kafir yo monggo.

- Jual/beli dan konsumsi bipang/miras/kondom/rokok kenak pidana....ya tinggal cek KTP.....kalu kafir yo lolos tapi kalu non kafir yo hotel prodeo.
2
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia