Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
72
Lapor Hansip
26-05-2022 22:53

Zelensky akan Menyapa Rakyat Indonesia Besok, Cerita Soal Perang Ukraina


Zelensky akan Menyapa Rakyat Indonesia Besok, Cerita Soal Perang Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memberikan pidato secara virtual dalam pembukaan Festival Film Cannes ke-75 di Prancis, 17 Mei 2022. Dalam pembukaan tersebut, Volodymyr Zelenskiy memberikan pidato yang menyinggung soal tanggung jawab sinema dalam mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan. REUTERS/Eric Gaillard

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan menyapa masyarakat Indonesia secara daring pada Jumat, 27 Mei 2022. Zelensky dikonfirmasi untuk berpartisipasi dalam forum publik yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia atau FPCI untuk berbicara tentang perang Ukraina.

Pendiri sekaligus Ketua FPCI Dino Patti Djalal mengatakan, publik Indonesia perlu dengan jelas memahami realitas peperangan dan tragedi kemanusiaan yang tengah terjadi di Ukraina, di tengah suasana adu propaganda yang sengit. "Perang Ukraina adalah perang yang paling dahsyat di muka bumi sekarang ini," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Kamis, 26 Mei 2022.

Forum besok disebut akan jadi yang pertama kalinya bagi Zelensky menggapai luar lingkaran Eropa dan Amerika. Dino berharap, sambutan Zelensky tidak hanya menarik perhatian warga Indonesia namun juga masyarakat Asia Tenggara bahkan negara-negara Asia lainnya.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari dalam operasi khusus. Tujuannya untuk menurunkan kemampuan militer tetangga selatannya dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Tentara Ukraina melakukan perlawanan keras. Negara-negara Barat juga membantu dengan memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia agar memaksa Moskow menarik pasukannya.

Sudah lebih dari tiga bulan, invasi itu mengakibatkan banyaknya korban warga sipil. Puluhan ribu warga Ukraina juga dipaksa mengungsi keluar dari negaranya.

Dampak ekonomi seperti ketersediaan energi dan krisis pangan juga menjadi ancaman dewasa ini. Perang, sejauh ini masih berlangsung di wilayah timur Ukraina.

Dino berharap, publik Indonesia menyadari, invasi Rusia terhadap Ukraina ini berkaitan langsung dengan prinsip-prinsip yang sakral bagi tanah air. Seperti kemerdekaan, kedaulatan, persatuan nasional, intervensi luar, kemanusiaan, dan demokrasi.

Adapun perunding Rusia dan Ukraina telah berlangsung sejak pasukan Rusia menyerbu Ukraina pada akhir Februari. Akan tetapi kedua belah pihak mengatakan pembicaraan terhenti.

Zelensky mengatakan kepada televisi Ukraina pekan lalu bahwa tidak mungkin menghentikan perang tanpa melibatkan semacam diplomasi.
https://dunia.tempo.co/read/1595423/...a/full&view=ok
Sejak dikasih tahu FPCI di surel, aku sudah daftar acaranya besok...

Zelensky akan Menyapa Rakyat Indonesia Besok, Cerita Soal Perang Ukraina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
T2Y dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
20.4K Anggota • 637.5K Threads
Zelensky akan Menyapa Rakyat Indonesia Besok, Cerita Soal Perang Ukraina
27-05-2022 00:39
Subonnollo emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus geek
27-05-2022 06:47
Eek emoticon-Tai emoticon-EEK!
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia