Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
251
Lapor Hansip
22-05-2022 07:17

Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!

Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!


Assalamualaikum

Apa kabar Agan Sista sahabat Kaskus di manapun berada, semoga kabar baik senantiasa menyertai kita, tetap sehat dan tetap semangat.

Jumpa kembali di Thread saya, apa lagi kalau bukan pingin ngajak Agan sista makan-makan hehehe. Kali ini saya ingin mengajak Agan Sista untuk menikmati lontong, tapi yang buatnya simple dan praktis banget, gak perlu daun pisang ataupun plastik untuk membungkus, karena lontong ini tidak membutuhkan bungkus sama sekali, namanya lontong kacau, kok lontong kacau sih, entah malah bikin kacau nih kalau memakannya, tenang-tenang nggak bikin kacau kok, malah bikin kenyang.
Kok lontong kacau sih? Ya karena bikinnya dikacau-kacau biar halus dan lembut untuk dinikmati.

Cara membuat lontong kacau nggak sulit kok, bahkan ada yang lebih praktis, karena saya membuatnya dengan magic.com aja, biar bisa ngerjain pekerjaan yang lainnya.

Bahan untuk membuat lontong kacau itu cuma beras sama air, minyak dan garam saja lho.

Bahan-bahannya:

Satu gelas beras
Air 4 gelas, bisa dikurangin dikit ini juga tergantung berasnya, kalau beras yang nggak melar, atau beras pulen, yang nggak butuh air banyak-banyak biasanya pakai 3,5 gelas aja. Kalau yang suka tambahin kapur sirih boleh juga tapi sedikit saja. Kalau saya membuatnya nggak pakai kapur sirih.

Cara membuat lontong kacau:

Beras dicuci bersih, tambahkan air, masak dalam magic com, tambahkan garam secukupnya dan minyak satu sendok makan, karena masak nasi tidak seperti biasanya, airnya lebih banyak, jadi setelah mendidih tengok tuh magic.com, bersihkan air yang meleber-meleber dengan kain lap kering.
Tunggu sampai matang, tapi jangan langsung dibuka, tunggu barang sepuluh menitan biar uapnya hilang.
Terus buka tutup magic.com. Angkat dan aduk-aduk terus sampai ancur dan halus nasinya, sampai lembut deh pokoknya, kemudian siapkan wadah, atau nampan stainless, olesi dengan sedikit minyak goreng biar tidak lengket, pindahkan lontong kacaunya, tunggu sampai benar-benar dingin, dan bisa diris-iris.

Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!


{thread_title}


Lontong kacau ini bisa dinikmati bersama pecel, sayur lodeh, opor ayam, rendang pokoknya sesukanya, mau dimakan bareng apa saja sih enak, seperti saya yang makan lontong kacau ini bareng dengan pecel, anak-anak dengan sayur lodeh nangka muda, ada juga tambahan tumis melinjo, krupuk dan juga bakwan.

Lontong Kacau dengan lauknya


Untuk pelengkapnya dengan sayur lodeh nangka muda, buat sayur lodehnya seperti sayur lodeh pada umumnya.
Lontong Kacau ini cocok juga lho buat anak-anak, karena pas buat lontong kacau ini anak-anak pada suka, dah dibolangin enak katanya, buat acara kumpul keluarga, acara arisan, buat sarapan, makan siang, pokoknya terserah saja yang mau makan hehehe.

Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!


Okey deh Agan Sista semuanya, sekian Thread saya kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya.
Tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta.
Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!


Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
2.3K Anggota • 6.9K Threads
Makan Lontong Kacau dan Lodeh Nangka Muda, Duh Pengen Nambah lagi!
22-05-2022 07:17
Reserved
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia