Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
8
Lapor Hansip
20-05-2022 18:29

Wuling Almaz RS Digeber Sejauh 330,6 Km Depok – Tanggamus, Lampung

Wuling Almaz RS Digeber Sejauh 330,6 Km Depok – Tanggamus, Lampung
Perjalanan “ Holiday Fun Drive 2022” kru OTOMOTIF mengendarai Wuling Almaz RS dari Depok, Jawa Barat, akhirnya touch down di daerah Sukabanjar, Gunung Alip, Tanggamus, Lampung, pada Senin siang (2/5/2022).

Itu setelah bermalam di kota Bandar Lampung sehari sebelumnya (1/5/2022), karena pagi harinya (2/5/2022) akan menunaikan sholat Idul Fitri 1443 H terlebih dulu.


Sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke desa Sukabanjar, yang merupakan kampung halaman istri.


Selain untuk bersilaturahmi dengan keluarga, kami juga berniat mengunjungi beberapa lokasi wisata keren di sini esok harinya.

Nah, jarak tempuh yang tertera pada trip di layar MID Almaz RS yang kami bawa ini, dari Depok hingga desa Sukabanjar ini terhitung sejauh 330,6 kilometer.


Dengan kondisi kabin terisi 5 penumpang dewasa, 1 anak usia 14 tahun, dan barang bawaan yang ditaksir seberat 150 kg.

Jalur yang dilewati tentu beragam, mulai dari trek lurus di jalan tol Jakarta – Merak, hingga jalur mendaki dan menurun di saat menuju destinasi di kampung halaman.
Kecepatan kendaraan tak lebih dari 100 kilometer saat di jalan tol, lantaran kami mengaktifkan fitur Adaptive Cruise Control.

Wuling Almaz RS Digeber Sejauh 330,6 Km Depok – Tanggamus, Lampung

Sementara di jalur biasa kecepatan bervariasi mulai dari kecepatan rendah hingga 80 km/jam.

Terkadang kami juga beberapa kali berhenti sejenak untuk istirahatkan badan selama beberapa menit, dalam kondisi mobil tetap dihidupkan dan AC nyala.


Nah, dengan semua kondisi tersebut, ternyata konsumsi BBM SUV asal negeri Tirai Bambu China ini tidak mengecewakan.


Sekadar informasi, Almaz RS yang kami bawa ini dipersenjatai mesin bensin 4 silinder segaris berkapasitas murni 1.451 cc, DOHC 16 katup, Dual Variable Valve Timing (DVVT), plus turbocharger.
Wuling Almaz RS Digeber Sejauh 330,6 Km Depok – Tanggamus, Lampung

Rasio kompresi mesin ini sebesar 9,5:1, yang direkomendasikan menenggak bahan bakar dengan nilai oktan 92 lantaran ada doping turbo, dimana kami menggunakan Pertamax.

Mesin ini dipadu transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) 8-percepatan simulated, dengan sistem penggerak roda depan (FWD).
Di atas kertas, dapur pacu 1.5 liter turbo yang dipakai Almaz RS ini mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 140 dk pada 5.200 rpm, dan torsi 250 Nm 1.600-3.600 rpm.


Nah, berdasarkan kalkulasi dari sistem perhitungan konsumsi BBM rata-rata (fuel average di layar MID) pada Almaz RS yang kami kendarai ini, masih mampu membukukan angka 9,7 km/liter.


Tapi saat akan tiba di Pelabuhan Merak, kami sempat meraih konsumsi BBM 13,3 km/liter loh.


Sementara dari hasil tes yang pernah dilakukan tester OTOMOTIF dalam kondisi sendirian tanpa penumpang dan beban, plus jalur yang dilewati cenderung datar dan tanpa berhenti, untuk pemakaian luar kota bisa meraih 15,7 km/liter.


Jadi rasanya perolehan tersebut masih terbilang irit, mengingat kondisi kabin terisi beban yang cukup berat, ditambah beberapa kali kami berhenti lama dalam keandaan mesin tetap dinyalakan.


Wuling Almaz RS Digeber Sejauh 330,6 Km Depok – Tanggamus, Lampung

Andhika Arthawijaya/Otomotifnet




profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
otomotif
Otomotif
3.4K Anggota • 24.1K Threads
Wuling Almaz RS Digeber Sejauh 330,6 Km Depok – Tanggamus, Lampung
20-05-2022 21:08
Mantap gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia