Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
437
Lapor Hansip
20-05-2022 06:22

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
Mahalnya biaya resepsi menjadi beban pikiran, seorang pengantin pria nekat kabur saat jelang pernikahan


Publik beberapa hari yang lalu sempat dibuat heboh dengan sebuah video berdurasi 17 detik yang memperlihatkan seorang mempelai wanita mengadakan resepsi pernikahan tanpa adanya pengantin pria.

Banyak muncul dugaan terkait video tersebut, mulai dari dugaan pengantin pria lari dari tanggung jawab, sampai pengantin pria dikabarkan meninggal dunia sempat menjadi dugaan dari warganet.

Usut punya usut ternyata kejadian tersebut terjadi di Desa Gambiran, Kecamatan Maospati, Magetan. Menimpa seorang pengantin wanita bernama Ranting Delima (22 tahun) yang seharusnya menikah dengan pria bernama Gandi Alfian (24 tahun) yang kabur beberapa hari sebelum acara pernikahan.

Adapun ternyata kronologis kejadiannya Gandi Alfian tidak langsung kabur begitu saja tanpa ada omongan, melainkan telah menggagalkan pernikahan secara langsung beberapa hari sebelum acara pernikahan dilangsungkan.

Alasan Gandi Alfian memutuskan untuk menggagalkan pernikahan adalah karena dituntut biaya resepsi pernikahan yang mahal dan mahar yang tinggi, sedangkan niat hati Gandi hanya ingin menikah di KUA dan resepsi sekedarnya saja.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Tuntutan keluarga dari pengantin wanita tersebutlah yang membuat akhirnya Gandi Alfian memutuskan kabur saat acara pernikahan untuk pergi merantau ke Kalimantan demi membayar hutang biaya resepsi karena menurut penjelasan Gandi jika biaya tersebut tidak dibayar maka orang tuanya akan dipenjarakan.

Tanpa rasa penyesalan Gandi Alfian mantap meninggalkan Ranting kekasihnya, meskipun Gandi mengaku kasihan melihat Ranting berada di pelaminan sendiri dan videonya viral namun menurut Gandi itu adalah keputusan yang tepat melihat dirinya tidak mampu untuk mencukupi tuntutan biaya resepsi dari keluarga Ranting.

Memang kejadian ini terlihat sangat miris dan disayangkan GanSis, sebuah hubungan serius terpaksa harus digagalkan karena beban berat resepsi pernikahan.

Namun dari kejadian ini ada pelajaran yang dapat diambil, berikut ini beberapa diantaranya.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
sumber gambar

1. Pengorbanan

Menikah tidak hanya bermodalkan cinta melainkan juga pengorbanan. Tentu pengorbanan sendiri juga tidak bisa dipasrahkan sepenuhnya kepada keluarga calon mempelai pria, melainkan juga keluarga calon mempelai wanita juga harus ikut membantu dan berkorban meskipun tidak banyak.

Jangan pernah sekali-kali keluarga calon pengantin pria memasrahkan seluruh biaya kepada calon mempelai pria, karena yang menikah adalah pria dan wanita.

2. Kesepakatan

Demi kelancaran dan keberlangsungan acara pernikahan maka kesepakatan antar dua keluarga seharusnya sudah ditemukan jauh-jauh hari sebelum resepsi pernikahan GanSis.

Baik dari keluarga calon pengantin pria atau wanita harus saling memahami keadaan agar bisa menemukan kesepakatan yang tidak memberatkan satu sama lain.

Jika memang ada satu pihak yang merasa keberatan maka keputusan untuk digagalkan atau dicarikan solusi terbaik itu akan dapat dilakukan dari pada harus berantakan saat acara sudah dilangsungkan.

3. Kesederhanaan

Tidak ada yang salah dari resepsi pernikahan mewah tujuh hari tujuh malam jika memang mampu, namun jika tidak mampu maka alangkah lebih baik jika dilakukan secara sederhana saja.

Beban berat akan dirasakan jika memaksakan diri untuk membuat resepsi pernikahan besar-besaran sedangkan dana tidak ada dan harus mengutang sana-sini.

Akibatnya sebelum acara pernikahan gagal karena pengantin pria kabur, atau setelah acara pernikahan cerai karena konflik utang piutang yang tidak bisa ditanggung bersama.

Itulah GanSis pelajaran yang dapat diambil dari kejadian yang dialami oleh Gandi Alfian dan Ranting Delima.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada keluarga calon pengantin pria atau wanita yang saling menuntut yang berakibat pada kandasnya hubungan yang sudah dijalani dengan serius.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 63 lainnya memberi reputasi
58
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
46.1K Anggota • 909.1K Threads
Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
20-05-2022 07:06
klo ga salah si cowok ini beserta keluarganya 3 hari sebelumnya sudah minta dibatalin terkait biaya tp ditolak keluarga cewek.
Si cowok jg salah minimal dateng kek sendirian pake kaos oblong, keluarga cewek jg arogan dan mengutamakan gengsi akhirnya malu sendiri, yang lebih malu n kasian si mempelai wanita.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nggaplexi dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:24
Kok baru 3 hari sebelumnya baru minta dibatalkan? Bukannya sudah terlambat buat batalin acara? Buat batalin resepsi harusnya 2-3 minggu sebelum hari h karena undangan belum tersebar
2
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 08:48
@tiarap86 mmm soal undangan... temen papa di jakarta tiba-tiba undangan udah nyebar aja padahal blm okein resepsi nikah tanggal yg ditentuin. kadang keluarga ce ada yg main serobot aja gitu sekesan maksa nodong "harus", kaget calon mempelai cowok. si kk itu bisa sih nikah, itu juga jual motor CBR yg baru lunas dicicil huhu emoticon-flower

co dipaksa bayar biaya resepsi ndak diomongin dulu itu biasa sih dari dulu. dipaksa nikah juga ada yg bayar semua biaya itu keluarga ceweknya buat ria-rianya.
1
profile picture
KASKUS Plus
20-05-2022 08:53
ooo gt gan.. benar juga sih ya, ga mungkin sama sama mau cemarkan nama baik keluarga
-1
profile picture
kaskuser
20-05-2022 09:35
@tiarap86 @nite.hime Habis nikah, bayar aja utang2nya sama si WO lalu tinggalin ortu si cewe, ga usah pake dihubungin.
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 10:24
ya iya ngamuk h-3 baru minta batalin, ga ngotak

klo mau batalin tuh 1-3 bulan kebelakang
0
profile picture
newbie
20-05-2022 10:29
@nite.hime @tiarap86 ini kalau ada yg bisa dijual, kalau sudah tidak ada lagi yg bisa dijual dan dari pihak cewek maksa terus bagaimana
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 11:59
@SAP123 klo ortu si cewe nya waras dan sehat ga bakal ngamuk, udh tau si cowonya ga mampu ngelunasin biaya yang gede kok malah ngamuk?
Apa beresin masalah dg ngamuk dan bisa kebayar biayanya?
Ya wajar aja cowo nya empet dpt mertua kek gt
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 13:15
@nvidiator h-3 minta batalin lawak ngentengin bgt, klo ga bisa menuhin biaya resepsi dr sicewe mending jgn dilanjut dr lama.

klo dilihat kemungkinan si cowo setuju diawal dgn kisaran biaya resepsi sekian, tp diakhir keberatan.

ya bener pure salah si cowo yg ga bisa komitmen apalagi smpe kejadian kabur, yg buat malu keluarga besar si cewe.

lu jg klo batal buat acara besar h-3, paling stress2 jg
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 13:28
@SAP123 g tau cerita benernya kan? Kalo waras ortu cewenya pasti ngerti ngapain gengsi?
Di awal mungkin biaya resepsi ga bengkak krn disrbut udh disuruh seea tenda dll dr sodara si pria tp dr kluarga cewe kekeuh pgn dr luar jd biaya bengkak

Klo soal kaburnya si cowo apalagi mertuanya model gt ya salah g salah , salah krn kabur g salah krn dapet mertua model ember bocor mulutnya
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 13:39
@nvidiator justru gw dah ikutin ceritanya, klo sicowo tegas dan sadar kemampuan dr awal, ga akan ada resepsi smpe jadi ky kmrn2.

model cowo pengecut yg kabur pas acara pernikahan

makanya jgn jual2 janji surga, ga mampu ya bilang ga mampu dari awal pas sebelum booking WO
-1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 16:02
@SAP123 kalo gt gau donk ceritanya klo sincowo udah bilang tenda dll dr sodara pihak cowo dan kluarga cewe g mau.krn gengsi?

Betul cowo nya pecun , tp dibalik itu ya ga bisa disalahkan sepenuhnya , yakin si rantingnya sih ga ribet tp bapa ibunya itu khususnya ibunya yg kurang tau diri

Balik lagi dg ngamuknya itu udh kliatan tabiatnya gmn bukannya lapang dada dan cari solusi malah tabrak terus dijabanjn acara
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 17:31
@nvidiator bukan masalah gengsi, tp kelakuan tuh cowo merugikan pihak sicewe dr segi tenaga dan waktu blm lagi sedihnya

ga akan ketemu gan, ane pamit ye

gw liatnya ga ada gengsi dr pihak cewe, elu ada
gw liatnya cowonya melakukan tindakan bodoh yg merugikan orang lain, elu anggap tindakan si cowo wajar
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 19:03
ini mungkin saat berembug beda persepsi antara sederhana menurut pihak cowok dan sederhana menurut pihak cewek,

dan saat ngurus resepsi pihak cowok tidak dilibatkan, cuma disodorin billnya doang.
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2022 00:07
@SAP123 lho kok pamit? Segitunya banget belain kliarga si cewe yg tabiatnya ampas?
Gw jg klo jd si gandi jg ogah amit2 dpt mertua bgitu , jelas2 si cowo udh g ada biaya , klo g ada gengsi itu kluarga cewe ga bakal maksa nyewa tenda dll dr pihak luar krn udh ada alternatifebih murah

Gw bilang sekali kalo emang kluarga si cewe waras udh jelas mempelai pria g ada ya udh g harus diterusin lah ini malah konyol , dan pihak cowo jg udh dtg baik2 malah diladenin emosi , yg g waras dr kluarha mana berarti?
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2022 00:08
@entertainer nah emang bajigur kalo kek gt , dikira dpt calon mantu kek elon musk emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2022 14:31
@SAP123 @nvidiator "si cowok kabur pas tenda sepupunya gak jadi dipakai dan membatalkan resepsi di h-3" itu kesimpulan dari post ente berdua emoticon-Leh Uga

Lagian batalin resepsi kok h-3emoticon-Hammer2
1
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia