Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
437
Lapor Hansip
20-05-2022 06:22

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
Mahalnya biaya resepsi menjadi beban pikiran, seorang pengantin pria nekat kabur saat jelang pernikahan


Publik beberapa hari yang lalu sempat dibuat heboh dengan sebuah video berdurasi 17 detik yang memperlihatkan seorang mempelai wanita mengadakan resepsi pernikahan tanpa adanya pengantin pria.

Banyak muncul dugaan terkait video tersebut, mulai dari dugaan pengantin pria lari dari tanggung jawab, sampai pengantin pria dikabarkan meninggal dunia sempat menjadi dugaan dari warganet.

Usut punya usut ternyata kejadian tersebut terjadi di Desa Gambiran, Kecamatan Maospati, Magetan. Menimpa seorang pengantin wanita bernama Ranting Delima (22 tahun) yang seharusnya menikah dengan pria bernama Gandi Alfian (24 tahun) yang kabur beberapa hari sebelum acara pernikahan.

Adapun ternyata kronologis kejadiannya Gandi Alfian tidak langsung kabur begitu saja tanpa ada omongan, melainkan telah menggagalkan pernikahan secara langsung beberapa hari sebelum acara pernikahan dilangsungkan.

Alasan Gandi Alfian memutuskan untuk menggagalkan pernikahan adalah karena dituntut biaya resepsi pernikahan yang mahal dan mahar yang tinggi, sedangkan niat hati Gandi hanya ingin menikah di KUA dan resepsi sekedarnya saja.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Tuntutan keluarga dari pengantin wanita tersebutlah yang membuat akhirnya Gandi Alfian memutuskan kabur saat acara pernikahan untuk pergi merantau ke Kalimantan demi membayar hutang biaya resepsi karena menurut penjelasan Gandi jika biaya tersebut tidak dibayar maka orang tuanya akan dipenjarakan.

Tanpa rasa penyesalan Gandi Alfian mantap meninggalkan Ranting kekasihnya, meskipun Gandi mengaku kasihan melihat Ranting berada di pelaminan sendiri dan videonya viral namun menurut Gandi itu adalah keputusan yang tepat melihat dirinya tidak mampu untuk mencukupi tuntutan biaya resepsi dari keluarga Ranting.

Memang kejadian ini terlihat sangat miris dan disayangkan GanSis, sebuah hubungan serius terpaksa harus digagalkan karena beban berat resepsi pernikahan.

Namun dari kejadian ini ada pelajaran yang dapat diambil, berikut ini beberapa diantaranya.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
sumber gambar

1. Pengorbanan

Menikah tidak hanya bermodalkan cinta melainkan juga pengorbanan. Tentu pengorbanan sendiri juga tidak bisa dipasrahkan sepenuhnya kepada keluarga calon mempelai pria, melainkan juga keluarga calon mempelai wanita juga harus ikut membantu dan berkorban meskipun tidak banyak.

Jangan pernah sekali-kali keluarga calon pengantin pria memasrahkan seluruh biaya kepada calon mempelai pria, karena yang menikah adalah pria dan wanita.

2. Kesepakatan

Demi kelancaran dan keberlangsungan acara pernikahan maka kesepakatan antar dua keluarga seharusnya sudah ditemukan jauh-jauh hari sebelum resepsi pernikahan GanSis.

Baik dari keluarga calon pengantin pria atau wanita harus saling memahami keadaan agar bisa menemukan kesepakatan yang tidak memberatkan satu sama lain.

Jika memang ada satu pihak yang merasa keberatan maka keputusan untuk digagalkan atau dicarikan solusi terbaik itu akan dapat dilakukan dari pada harus berantakan saat acara sudah dilangsungkan.

3. Kesederhanaan

Tidak ada yang salah dari resepsi pernikahan mewah tujuh hari tujuh malam jika memang mampu, namun jika tidak mampu maka alangkah lebih baik jika dilakukan secara sederhana saja.

Beban berat akan dirasakan jika memaksakan diri untuk membuat resepsi pernikahan besar-besaran sedangkan dana tidak ada dan harus mengutang sana-sini.

Akibatnya sebelum acara pernikahan gagal karena pengantin pria kabur, atau setelah acara pernikahan cerai karena konflik utang piutang yang tidak bisa ditanggung bersama.

Itulah GanSis pelajaran yang dapat diambil dari kejadian yang dialami oleh Gandi Alfian dan Ranting Delima.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada keluarga calon pengantin pria atau wanita yang saling menuntut yang berakibat pada kandasnya hubungan yang sudah dijalani dengan serius.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 63 lainnya memberi reputasi
58
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
46.3K Anggota • 909.2K Threads
Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
20-05-2022 06:41
Si kuya ini kudunya tetep hadir, walaupun berdarah darah....

Ini sebaiknya selesaikan urusan resepsinya.... sebagai lelaki sejati.
Utang kan bisa dimusyawarahkan..

Yang beginian lain kali kalo ada masalah lagi bakalan kabur juga.

Dienyahkan aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan 26 lainnya memberi reputasi
24 3
21
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 07:23
Utang dimusyawarahkan gimana caranya gan? Bisa jelasin?
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 07:43
Kalau utangnya ke keluarga wanita mungkin bisa dibicarain, lha kalau utangnya ke WOnya?
1
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 07:52
Lho.... katanya Dia udah gadein motor ( malah dipake buat kabur), lalu minta jual tanah orang tua tiri..

Terus kan sama ada nanti uang hasil resepsi bisa di bayarkan nanti.

Gitu maksud ane ....

Lagian si mempelai wanita juga bisa separo nanggung juga.
3
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:09
@jlamp Sumbernya dr mana gan?Jgn katanya katanya..Kalo dr awal sudah ribet maka seterusnya akan ribet...Lagian banyak juga keluarga mempelai wanita yg banyak tuntutan. tetangga ane juga gitu ortu si cw kaya si cowo yg biasa skrng yg sibuk asuh anak, sibuk urus rumah ai cowo, yg cewe mah cuek2 aja..
3
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 08:20
@nacion Keluarga Gandi Jual Tanah Demi Bayar Biaya Pernikahan

Gandi berkenalan dengan kekasihnya itu 6 bulan yang lalu lewat sebuah grup Facebook. Gandi mengaku hubungan mereka selama ini berjalan mesra dan mulus.

Surabaya - Masih jelas di ingatan Ranting Delima (22) hari-hari indah saat bersama Gandi Alfian (24). Namun Ranting harus menerima kenyataan jika dirinya harus berdiri sendirian di pelaminan. Ya, Ranting harus bercucuran air mata karena pernikahan yang digelar di rumahnya Desa Gambiran, Kecamatan Maospati, Magetan, Minggu (8/5/2022), tanpa mempelai pria.
Kenangan itu harus dikubur Ranting dalam-dalam. Ranting mengaku ingin melupakan Gandi yang telah menyakitinya. Padahal sebelum pernikahan, hubungan keduanya berjalan mulus dan mesra tanpa kendala. Bahkan saat mengurus surat ke KUA pun masih berjalan berdua (Mesra).

Kemesraan keduanya juga dilihat Kepala KUA Kecamatan Maospati, Nur Sujak. Saat mulai rapak dan mengurus dokumen pernikahan, kedua mempelai juga tampak mesra.

"Saat datang ke KUA biasa namanya calon pengantin, tentu mesra bergandengan tangan juga," jelas Nur Sujak.

Nur Sujak juga memuji mahar yang akan diberikan mempelai pria. Dia menilai maharnya cukup fantastis.

"Meski ndak disebut jumlah emas tapi sempat bilang kalau total emasnya senilai Rp 7 juta, belum uang Rp 2 juta dan seperangkat alat salat. Itu hebat loh orang sini (Maospati) mahar senilai itu," tandasnya.

Ranting mengaku mengenal Gandi sejak 6 bulan lalu. Awalnya, mereka berteman dalam satu komunitas di grup Facebook. Hubungan mereka juga berjalan mulus dan mesra.

"Teman satu komunitas juga di grup Facebook. Kebetulan saya admin grupnya," terang Ranting.

Kemesraan ini juga diakui Gandi. Ia mengaku mulai berpacaran sejak Januari 2022 lalu. Bahkan, Gandi masih ingat betul tanggal jadian mereka. Hubungan ini berjalan lancar.

"Saya pacaran belum lama sama Ranting. Saya pacaran itu Januari sekitar tanggal 9 awal mula pacaran. Baik-baik saja," ucapnya.

Baca juga:
Kelanjutan Cerita Gandi dan Ranting: Biaya Resepsi Ditagih, Tanah Dijual
Gandi mengaku tak jarang memberikan uang ke Ranting jika ada kebutuhan. Menurutnya, ia dan Ranting saling melengkapi dan sudah biasa saling memberi mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

"Ngasih uang sudah biasa mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu," paparnya.

Namun menjelang hari H, Gandi membulatkan tekad untuk kabur dari pernikahan yang direncanakan. Ada hal-hal yang membuat keputusannya makin bulat. Dalam hati kecilnya, Gandi mengaku penyesalan itu ada.

"Dalam hati sebenarnya menangis waktu hari H itu. Menyesal juga," kata Gandi kepada detikJatim, Selasa (17/5/2022).

Sebelumnya, viral pernikahan tanpa kehadiran mempelai pria di Desa Gambiran, Kecamatan Maospati, Magetan, Minggu (8/5/2022). Dalam video berdurasi 17 detik memperlihatkan mempelai perempuan berbusana pengantin warna putih berdiri di pelaminan. Mempelai perempuan itu diapit 4 pengiring perempuan berkebaya hitam berkerudung biru.

Tampak pula dua anak perempuan berbusana kebaya berdiri di depan mempelai perempuan. Dalam sesi pemotretan, seorang perempuan yang merupakan penata rias sedang memberi pengarahan. Namun, tak ada senyum dari semua orang yang ada di video.




gandi alfian
ranting delima
viral di magetan
viral resepsi di magetan
resepsi tanpa mempelai pria
magetan


Baca artikel detikjatim, "Dulu Mesra, Kini Kenangan Ranting Bersama Gandi Telah Terkubur" selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6082634/dulu-mesra-kini-kenangan-ranting-bersama-gandi-telah-terkubur.
2
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:42
Kalo semua bisa dimusyawarahkan lantas untuk apa kita bekerja?emoticon-Hammer2
3
profile picture
kaskus holic
20-05-2022 09:06
pertanyaannya, sudah sah jd suami istri blm tuh?kn sah nya pernikahan cm ijab qobul bukan resepsi emoticon-Bingung
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 09:15
Betul. Sekarang dia kabur, yang musyawarah pelunasan utang WO adalah keluarganya dan keluarga wanita.
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 09:16
@adi.prima ada foto buku nikahnya
1
profile picture
kaskus holic
20-05-2022 09:24
klo gtu mah, udh sah jd suami istri dan si cwe gk boleh nikah dg orng lain. Perihal biaya resepsi, kalau ane bilang si cwo goblok bnget. Hutang bisa d cicil (toh ujungnya tetep hrs d byr oleh si cwo), tp ninggaln orng yg udh sah jd istrinya. Klo d pikir dg logika, si cwo jauh lebih rugi. ilang duit bnyk, hilang kehormatan dan istri juga gk d bw k kalimantan. Ane stuju klrga cwe keterlaluan, but yg cwo guoblok pke bnget. udh itu aj emoticon-Cool
5
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 09:28
@adi.prima betul gan. Apalagi hubungan si cowok dengan istri + keluarga istri pasti berantakan.

Kalau 5 tahun lagi utang udah lunas pun, pihak istri pasti masih kecewa dan trauma. Gimana bisa berumah tangga dengan tenang kalau gitu.

Kecuali kl si cowok ke kalimantan & menalak istrinya emoticon-Malu
Tapi itu tandanya dia nggak jantan
2
profile picture
kaskus holic
20-05-2022 09:33
udh pasti, kalau ane d posisi itu psti gk akan nyaman bnget menjalin hub dg istri dan klrga nya. Blm lg gibahan tetangga yg mulutnya setajem silet d tambah netizen2 barbar indonesia krn udh viral emoticon-No Hope

kalau si cwo menalak tanpa pernah d gauli, tuh cwe bisa nikah lgi tp mahar nikah bs d minta balik sm si cwo emoticon-Bingung
but, klo itu smpi d lakukan si cwo, fix pecundang sejati tuh cwo emoticon-Cool
2
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 09:48
nah gini dong, utang bisa dimusyawarahkan. nanti gua ngutang ke lu aja ya bro. temen2 gua yang laen udah gak mau musyawarah dan kekeluargaan. temen kampret, bukan temen lah.
4
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 10:31
@xbearx ya namanya utang Gan... Bank aja ada sistem gagal bayar lalu PKPU, lagian kalo niat tanggung jawab bisa aja di selesaikan.

Kabur lalu menghilang kan payah.
1
profile picture
aktivis kaskus
20-05-2022 12:11
Enak bener gan ngomongnya utang bisa dimusyarahkan. Klo gt ngutang ke elo aja ya, bisa kan?
1
profile picture
20-05-2022 12:14
Udin di musyawarahkan cyin, si laki udah ngasih saran dmn sewa tenda yg murah, tapi ortu si cewek kekeh pengen mewah. Ortu cewek nya egois akhir nya yg korban anaknye sendiri dweh cyin. Klo eke jadi lakinya eke bakal hamilin aja dulu si ranting, nanti klo dah hamil pasti ortu nya mikir yo wis asal syah ajijah dweh neik anak eyke
1
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 13:34
Siapa tau cowok nya ke Kalimantan ke tambang batu bara tu... kan lagi naik banget harga nya.. pulang pulang bisa bawa fortuner ntar.. atau truk tambang yg gede itu.
2
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 17:54
@adi.prima sah, karena sudah ijab qobul di kua. Resepsi digelar belakangan. Yang disesalkan di sini keluarga wanita, sepertinya memaksakan walaupun belum sepakat deal mau bagaimana kelanjutan dll nya setelah akad biaya dll tapi memaksakan gelar resepsi.

Kalau memang belum deal sepakat ya ga perlu juga sampai ijab di kua. Atau lain cerita jika semua sebenarnya sudah deal, tapi si pria hanya menyatakan sanggup tapi sebenarnya tidak.
2
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 23:50
Bener sih. Pengecut amat jadi cwok.
-1
Memuat data ...
1 - 19 dari 19 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia