Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
437
Lapor Hansip
20-05-2022 06:22

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
Mahalnya biaya resepsi menjadi beban pikiran, seorang pengantin pria nekat kabur saat jelang pernikahan


Publik beberapa hari yang lalu sempat dibuat heboh dengan sebuah video berdurasi 17 detik yang memperlihatkan seorang mempelai wanita mengadakan resepsi pernikahan tanpa adanya pengantin pria.

Banyak muncul dugaan terkait video tersebut, mulai dari dugaan pengantin pria lari dari tanggung jawab, sampai pengantin pria dikabarkan meninggal dunia sempat menjadi dugaan dari warganet.

Usut punya usut ternyata kejadian tersebut terjadi di Desa Gambiran, Kecamatan Maospati, Magetan. Menimpa seorang pengantin wanita bernama Ranting Delima (22 tahun) yang seharusnya menikah dengan pria bernama Gandi Alfian (24 tahun) yang kabur beberapa hari sebelum acara pernikahan.

Adapun ternyata kronologis kejadiannya Gandi Alfian tidak langsung kabur begitu saja tanpa ada omongan, melainkan telah menggagalkan pernikahan secara langsung beberapa hari sebelum acara pernikahan dilangsungkan.

Alasan Gandi Alfian memutuskan untuk menggagalkan pernikahan adalah karena dituntut biaya resepsi pernikahan yang mahal dan mahar yang tinggi, sedangkan niat hati Gandi hanya ingin menikah di KUA dan resepsi sekedarnya saja.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Tuntutan keluarga dari pengantin wanita tersebutlah yang membuat akhirnya Gandi Alfian memutuskan kabur saat acara pernikahan untuk pergi merantau ke Kalimantan demi membayar hutang biaya resepsi karena menurut penjelasan Gandi jika biaya tersebut tidak dibayar maka orang tuanya akan dipenjarakan.

Tanpa rasa penyesalan Gandi Alfian mantap meninggalkan Ranting kekasihnya, meskipun Gandi mengaku kasihan melihat Ranting berada di pelaminan sendiri dan videonya viral namun menurut Gandi itu adalah keputusan yang tepat melihat dirinya tidak mampu untuk mencukupi tuntutan biaya resepsi dari keluarga Ranting.

Memang kejadian ini terlihat sangat miris dan disayangkan GanSis, sebuah hubungan serius terpaksa harus digagalkan karena beban berat resepsi pernikahan.

Namun dari kejadian ini ada pelajaran yang dapat diambil, berikut ini beberapa diantaranya.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
sumber gambar

1. Pengorbanan

Menikah tidak hanya bermodalkan cinta melainkan juga pengorbanan. Tentu pengorbanan sendiri juga tidak bisa dipasrahkan sepenuhnya kepada keluarga calon mempelai pria, melainkan juga keluarga calon mempelai wanita juga harus ikut membantu dan berkorban meskipun tidak banyak.

Jangan pernah sekali-kali keluarga calon pengantin pria memasrahkan seluruh biaya kepada calon mempelai pria, karena yang menikah adalah pria dan wanita.

2. Kesepakatan

Demi kelancaran dan keberlangsungan acara pernikahan maka kesepakatan antar dua keluarga seharusnya sudah ditemukan jauh-jauh hari sebelum resepsi pernikahan GanSis.

Baik dari keluarga calon pengantin pria atau wanita harus saling memahami keadaan agar bisa menemukan kesepakatan yang tidak memberatkan satu sama lain.

Jika memang ada satu pihak yang merasa keberatan maka keputusan untuk digagalkan atau dicarikan solusi terbaik itu akan dapat dilakukan dari pada harus berantakan saat acara sudah dilangsungkan.

3. Kesederhanaan

Tidak ada yang salah dari resepsi pernikahan mewah tujuh hari tujuh malam jika memang mampu, namun jika tidak mampu maka alangkah lebih baik jika dilakukan secara sederhana saja.

Beban berat akan dirasakan jika memaksakan diri untuk membuat resepsi pernikahan besar-besaran sedangkan dana tidak ada dan harus mengutang sana-sini.

Akibatnya sebelum acara pernikahan gagal karena pengantin pria kabur, atau setelah acara pernikahan cerai karena konflik utang piutang yang tidak bisa ditanggung bersama.

Itulah GanSis pelajaran yang dapat diambil dari kejadian yang dialami oleh Gandi Alfian dan Ranting Delima.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada keluarga calon pengantin pria atau wanita yang saling menuntut yang berakibat pada kandasnya hubungan yang sudah dijalani dengan serius.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 63 lainnya memberi reputasi
58
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
46.1K Anggota • 909.1K Threads
Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
20-05-2022 06:35
itu tandanya pihak lelaki tidak mampu.
lebih baik jangan menikah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whizzman dan 42 lainnya memberi reputasi
10 33
-23
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
20-05-2022 06:36


emoticon-Matabelo bener, udah paling tepat kabur aja
1
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 07:22
Lah gimana? Yg ada keluarga si perempuan yang matre
6
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 07:34
Kalau anda ngejar pria mampu. Anda meninggalkan pria baik.

Sebaliknya.

Kalau anda mengejar wanita cantik. Anda meninggalkan wanita baik.

6
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:03
Mangkanya jadi laki-laki itu harus tau diri
-4
profile picture
kaskus holic
20-05-2022 08:23
@BoyfromOkinawa .....kalo nasihat ane sih....kalo ngak mampu bawah lari aja calon istrinya....menikah...baru pulang deh...selesaiemoticon-Om Telolet Om!
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:34
baru resepsi aja kabur..cemen emoticon-Wakaka
2
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:46
Kalo lakinya mampu (ekonomi berada) mungkin seleranya bukan si cewe itu

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
13
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 10:40
Kalau dia mampu, mungkin seleranya juga bukan dia emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskuser
20-05-2022 10:50
Sadar diri, cewekny pun gak cantik, bisa” nya org tua cwek nya minta mahal x kan lawak sih 😁
0
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 11:00
kalo tidak mampu kenapa mau itu si ceweknya itu pertanyaan besar...kalo tuh laki mempunyai selera harusnya bawa kabur tuh ceweemoticon-Amazed
1
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 13:58
1
profile picture
20-05-2022 14:10
Thanks for sharing this information
https://liteboxmusic.net/
-1
profile picture
kaskus maniac
20-05-2022 15:42
Resepsi bukan syarat sah tidaknya pernikahan gan
3
profile picture
20-05-2022 17:07
@sukhhoi loe paham ga makna dr trit di atas??.. Bego memang gratis, tp jgn loe borong semua
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 17:54
@juraganberlian ya kalo boke jangan ngelamar anak orang blok
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 18:05
@m0buh41 kalo situ ada diposisi orang tua itu perempuan pasti berharap lebih dari calon menantunya
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2022 07:37
resepsi bukan segalanya, ane nikah di KUA dan ga pake resepsi alhamdulillah udah 18 tahun langgeng. di rumah istri sekedar selametan/syukuran aja.

Makanya nih orang harus gentle dari awal kalo ga sanggup ya tolak aja daripada udah sepakat kabur, cemen ah.

Dulu ane waktu ngelamar juga gitu ane bilang gak mau ada resepsi besar besaran karena lebih baik duitnya ditabung buat masa depan. Kalo pihak istri ga terima ya udah ga jadi, (alhamdulillah mereka setuju).
Terbukti ane gak punya hutang buat biaya nikah, duit buat resepsi langsung bisa ane buat KPR rumah dan mobil.
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2022 08:11
@whizzman apa bisa jadi si laki ga tau, atau si keluarga perempuan maksa
0
profile picture
kaskus maniac
22-05-2022 20:59
Ya kg begitu juga gan, ini namanya pemerasan. Menurut ane wajar wajar aja lah sama sama miskin kok minta macem macem
2
profile picture
kaskus maniac
24-05-2022 23:08
@sukhhoi Semoga sih ga gan. Bersikap bagaimana sesuai kemampuan berdua saja. Sebagaimana dulu ane menikah.
Dan semoga resepsi anak2 cewek ane, lebih menilai sisi positif unt kelanjutan pasca menikah.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia