Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
437
Lapor Hansip
20-05-2022 06:22

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran

Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
Mahalnya biaya resepsi menjadi beban pikiran, seorang pengantin pria nekat kabur saat jelang pernikahan


Publik beberapa hari yang lalu sempat dibuat heboh dengan sebuah video berdurasi 17 detik yang memperlihatkan seorang mempelai wanita mengadakan resepsi pernikahan tanpa adanya pengantin pria.

Banyak muncul dugaan terkait video tersebut, mulai dari dugaan pengantin pria lari dari tanggung jawab, sampai pengantin pria dikabarkan meninggal dunia sempat menjadi dugaan dari warganet.

Usut punya usut ternyata kejadian tersebut terjadi di Desa Gambiran, Kecamatan Maospati, Magetan. Menimpa seorang pengantin wanita bernama Ranting Delima (22 tahun) yang seharusnya menikah dengan pria bernama Gandi Alfian (24 tahun) yang kabur beberapa hari sebelum acara pernikahan.

Adapun ternyata kronologis kejadiannya Gandi Alfian tidak langsung kabur begitu saja tanpa ada omongan, melainkan telah menggagalkan pernikahan secara langsung beberapa hari sebelum acara pernikahan dilangsungkan.

Alasan Gandi Alfian memutuskan untuk menggagalkan pernikahan adalah karena dituntut biaya resepsi pernikahan yang mahal dan mahar yang tinggi, sedangkan niat hati Gandi hanya ingin menikah di KUA dan resepsi sekedarnya saja.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Tuntutan keluarga dari pengantin wanita tersebutlah yang membuat akhirnya Gandi Alfian memutuskan kabur saat acara pernikahan untuk pergi merantau ke Kalimantan demi membayar hutang biaya resepsi karena menurut penjelasan Gandi jika biaya tersebut tidak dibayar maka orang tuanya akan dipenjarakan.

Tanpa rasa penyesalan Gandi Alfian mantap meninggalkan Ranting kekasihnya, meskipun Gandi mengaku kasihan melihat Ranting berada di pelaminan sendiri dan videonya viral namun menurut Gandi itu adalah keputusan yang tepat melihat dirinya tidak mampu untuk mencukupi tuntutan biaya resepsi dari keluarga Ranting.

Memang kejadian ini terlihat sangat miris dan disayangkan GanSis, sebuah hubungan serius terpaksa harus digagalkan karena beban berat resepsi pernikahan.

Namun dari kejadian ini ada pelajaran yang dapat diambil, berikut ini beberapa diantaranya.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
sumber gambar

1. Pengorbanan

Menikah tidak hanya bermodalkan cinta melainkan juga pengorbanan. Tentu pengorbanan sendiri juga tidak bisa dipasrahkan sepenuhnya kepada keluarga calon mempelai pria, melainkan juga keluarga calon mempelai wanita juga harus ikut membantu dan berkorban meskipun tidak banyak.

Jangan pernah sekali-kali keluarga calon pengantin pria memasrahkan seluruh biaya kepada calon mempelai pria, karena yang menikah adalah pria dan wanita.

2. Kesepakatan

Demi kelancaran dan keberlangsungan acara pernikahan maka kesepakatan antar dua keluarga seharusnya sudah ditemukan jauh-jauh hari sebelum resepsi pernikahan GanSis.

Baik dari keluarga calon pengantin pria atau wanita harus saling memahami keadaan agar bisa menemukan kesepakatan yang tidak memberatkan satu sama lain.

Jika memang ada satu pihak yang merasa keberatan maka keputusan untuk digagalkan atau dicarikan solusi terbaik itu akan dapat dilakukan dari pada harus berantakan saat acara sudah dilangsungkan.

3. Kesederhanaan

Tidak ada yang salah dari resepsi pernikahan mewah tujuh hari tujuh malam jika memang mampu, namun jika tidak mampu maka alangkah lebih baik jika dilakukan secara sederhana saja.

Beban berat akan dirasakan jika memaksakan diri untuk membuat resepsi pernikahan besar-besaran sedangkan dana tidak ada dan harus mengutang sana-sini.

Akibatnya sebelum acara pernikahan gagal karena pengantin pria kabur, atau setelah acara pernikahan cerai karena konflik utang piutang yang tidak bisa ditanggung bersama.

Itulah GanSis pelajaran yang dapat diambil dari kejadian yang dialami oleh Gandi Alfian dan Ranting Delima.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada keluarga calon pengantin pria atau wanita yang saling menuntut yang berakibat pada kandasnya hubungan yang sudah dijalani dengan serius.


Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 63 lainnya memberi reputasi
58
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
46.9K Anggota • 909.3K Threads
Pengantin Pria Kabur karena Tak Kuat Dituntut Biaya Resepsi, Ini Menjadi Pelajaran
20-05-2022 06:23
emoticon-Matabelo ini bisa dijadikan pelajaran buat kita semua GanSis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bagudung88 dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 08:40
Bisa dijadikan pedoman buat kita semua, kalo pihak mempelaia wanita menuntut terlalu banyak yah ada baiknya diselesaikan dengan cara kabur bila sudah tidak ditemukan kesepakatan yang baik.. emoticon-Hammer2
3
profile picture
kaskuser
20-05-2022 10:30
nikah KUA aja sih

budaya resepsi ganti menabung
duitnya lebih guna kepake kluarga inti
(suami-bini-anak)

gosah sok jago traktir² kerabat
0
profile picture
kaskus holic
20-05-2022 12:36
@machmoed
justru resepsi itu untuk mencari uang dari pemberian amplop tamu gan
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2022 14:28
@machmoed @PontifexMaximus
Mengharapakan isi 50rb
Malah dapat 5rb
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
1
profile picture
kaskuser
20-05-2022 14:31
@machmoed biasanya kalau di suku kami, resepsi itu disamakan dgn acara adat. Resepsi itu diprioritaskan untuk rekan kerja ibarat bukan saudara ataupun satu suku. Kalau byk uang, biasanya acara adat dan resepsi itu dipisahkan.
Tp klo tak ada acara adat, maka blm disahkan dlm adat suku ane. Jd kita msh punya hutang adat.
Spt tante dan om ane, baru bayar hutang adat ketika anaknya sdh smp sma krn msh blm mapan dlm membiayai acara adat.
1
profile picture
kaskus holic
20-05-2022 15:53
@Jonchan
Cm 5ribu, datangnya satu keluarga, makannya paling banyak lai...apes itu namanya
emoticon-Wakaka
1
profile picture
kaskuser
20-05-2022 19:28
@PontifexMaximus @Jonchan @sobatkenyal ane masi ga mudeng urgensinya gagah²an ngadain pesta resepsi, gan.

banyak budget skali pake yg terlalu mengada². prewed lah, souvenir lah, wedding singer lah.

kek prioritas ongkos rumahtangga yg jangka panjangnya di skip gitu: kpr, biaya bersalin, blanja popok 😶 lebih mendesak & memaksa gabisa digugat
1
profile picture
kaskuser
20-05-2022 19:47
@machmoed
Spertinya memang ga bs gan. Masa kita tak punya teman? Atau ortu kita punya teman? Bgmn dgn tetangga jg?
Memang cocok sih dgn org filipina skrg. Byk yg nikah tak perlu acara agama ataupun resepsi asal sdh dpt restu dr ortu. Jdnya uangnya bs dipakai untuk kebutuhan hidup.
0
profile picture
kaskuser
20-05-2022 20:18
@sobatkenyal mungkin persempit scopenya ke family gathering. dijeda timeline perkelompok bisa aja sih, gan. resepsinya dipecah jdi acara vakansi / halalbihalal / sincia 😅 lebih intimate mnurut ane.

family gathering ga harus selese ditaun yg sama. cicil kloter kecil tiap ada budget lebih (invest + dpt thr taunan kan?). klo bisa ya ditunda berlarut² biar mkin awet duitnya.

ga enakan ke tetangga / temennya mamah? pinter sortir dong, masa smua mulut harus disuapin.
0
profile picture
kaskuser
20-05-2022 21:14
@machmoedbukannya lebih mahal gan. Itu kan arahnya sdh lu sewa berapa tempat emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskuser
20-05-2022 21:22
@sobatkenyal ya bayar masing², kan ane pedit 😂
0
profile picture
kaskuser
20-05-2022 22:02
@machmoed kalau gitu lu bikin aja resepsi via zoom pakai kamera ente, pasangan dan keluarga emoticon-Ngakak
0
profile picture
21-05-2022 00:10
@machmoed @PontifexMaximus

Sering terjadi ini gan
Kalau ditempat ane ada yang bilang "ga usah diharap balik modal kalau ngarepin amplop, bisa impas atau mendekati nutup dana acara aja udah syukur banget
0
profile picture
kaskuser
21-05-2022 01:08
@physic.teach hummh. gengsinya dicukupin sesuai kemampuan masing² aja gan. cara org apresiasi duit kan beda, ada yg sepele menghamburkan .. ada yg ampe kempot saving budget.
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2022 07:31
makanya nikah sederhana aja, dulu waktu ane nikah karena belum bener bener mapan ya nikah di KUA aja dan di rumah istri sekedar nerima tamu untuk syukuran ga sampe resepsi besar di gedung. Tapi ane justru kasih mahar yg lumayan besar kl ga salah itu 50gr LM. kalo sekarang kan resepsinya besar besaran, mahar cuma seperangkat alat sholat.

Alhamdulillah istri/keluarganya mau dan terbukti setelah nikah ane gak punya hutang sama sekali, langsung bisa KPR rumah dan mobil temen2 ane pada ngiri dianggap ane curi start umur 20-an udah punya rumah dan kendaraan. dan mahar nya juga mahar jadi simpanen bini ane masih ada sampai sekarang, lumayan dulu waktu beli harganya sekitar 7jt sekarang nilainya hampir 50jt.
1
Memuat data ...
1 - 15 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia