Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
381
Lapor Hansip
18-05-2022 16:03

Kisah pilu ane sebagai pengangguran

Kenalin gan ane anak pertama dari keluarga yang pas-pasan, Ayah sama Ibu ane cuma pedagang sembako yang shiftnya ganti-gantian. Ane ga punya rumah gan, yang sekarang ane tinggalin itu rumah warisan dari kakek. Lapak warung pun juga warisan dari kakek. Penghasilan ortu ane sebagai tukang sembako ga seberapa gan, malah makin ke sini pendapatan makin sedikit.

Ane sebagai anak pertama tentunya tergerak buat bantu-bantu ekonomi keluarga. Ane lulusan S1 gan, usia ane sekarang 25 tahun dan masih fresh graduate, kuliah tujuh tahun karena ane idealis buat nyusun skripsi bagus. Habis lulus ane langsung mulai lamar-lamar kerja. Awalnya ane ngerasa biasa aja pas lamaran ane ditolak, tapi makin ke sini makin ngebuat ane hopeless gan.

Bukannya ane ga ngelakuin apa-apa gan, sebenernya ane udah ikut kursus sama pelatihan, dan juga udah ngumpulin banyak sertifikat, dan portofolio. Tapi tetep aja ane ditolak terus. Ane ngerasa karena para HRD yang interview ane langsung ngejudge ane dari kekurangan psikologis ane yg mana ane kurang pandai mengekspresikan diri mungkin karena dulu ane sering dibully pas smp, dan bukan dari kompetensi yang ane punya. Bukannya sombong gan, sebenernya ane udah ikut puluhan kursus, dan buat banyak portofolio menarik, cuma selalu berakhir ditolak. Dari situ ane makin pesimis gan. Sekarang ane mulai stres, kesel sama kondisi diri ane sendiri, dan ngerasa gagal karena ane udah ngorbain banyak waktu yang ternyata ujungnya nihil begini.

Ane ga punya ordal gan, ane bener" seorang jobseeker yang berjuang sendirian. Sebenernya ane punya cukup banyak temen, cuman ane ga mau ngebebanin mereka soal ke joblessan ane.

Ane ngerasa ini ga sehat buat psikologis ane gan. Ane harus gimana gan?
Diubah oleh pengangguran192
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyuzata dan 65 lainnya memberi reputasi
64
Masuk untuk memberikan balasan
heart-to-heart
Heart to Heart
9.2K Anggota • 22.2K Threads
Kisah pilu ane sebagai pengangguran
18-05-2022 16:41
Sabar gan, ane lulus tahun 2014 sampai sekarang ga kerja kerja, ane sama ama ente gan dah lamar sana sini sampe skarang blum keterima, ente orang mana gan, ane di Gresik, coba ente ikut ikut pelatihan di BLK, Badan Pelatihan Kerja Negara, cb cari info dsana, daftar gratis, dapat makan minum, dan uang saku sekitar 1 juta setengah, ikut terus aja berkali kali gpp, lumayan penghasilan tambahan, ane kmarin ikut pelatihan bidang otomotif dapet duit dan sertifikat internasional pula
Diubah oleh kepolast064
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adammuiz dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
profile picture
kaskus addict
18-05-2022 16:45
buset 8 taon nganggur, duit makan ente dari mana tuh gan??
1
profile picture
kaskus addict
18-05-2022 19:28
@bocah..ababil dari bantu ortu nya paling om
1
profile picture
18-05-2022 20:52
Pengen dong ikut pelatihan gratis
1
profile picture
aktivis kaskus
18-05-2022 22:54
@bocah..ababil dari ikut pelatihan kali om. Kan katanya dapat uang saku. Mestinya mah lulus 3 bulan eh doi betah
1
profile picture
kaskus maniac
19-05-2022 02:53
wkwkwk gilee 8th nganggur. dah sekelas kacab mah klo udah kerja
1
profile picture
kaskus geek
19-05-2022 07:59
Gile, itu nganggur apa passion gan emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus addict
19-05-2022 12:26
Gresik endi cak?
0
profile picture
kaskus geek
20-05-2022 10:21
njirr keren
0
profile picture
newbie
22-05-2022 11:30
Pelatihannya online atau offline?
0
profile picture
aktivis kaskus
22-05-2022 12:23
@lipa05 offline
0
profile picture
aktivis kaskus
23-05-2022 12:34
ditempat ane jg gitu. 3bln ini kursus komputer. 3bln besok LAS. 3bln besok otomotif dll
intinya setiap 3bln ada kelulusan,dan emg dikasih uang saku 1.5jt
bahkan tetangga ane ada yg sampe buka usaha saape sekarang. ada pula yg jd karyawan org karna ada penyaluran SDM jg dr BLK. yg penting usaha gan
0
profile picture
kaskus addict
28-05-2022 15:13
@jasonreka kantor mane 8 taon kacab, lu kerja di kantor koprasi unit desa kali kwkkww
0
profile picture
03-06-2022 14:46
@johanneskrauser namanya apa sih gan? Di desa ane kayaknya ngak ada yg beginian... Ane butuh pelatihannya. Duit mah alhamdulilah ada.
0
profile picture
03-06-2022 14:47
@kepolast064 di tiap kota ada atau gimana gan? Saya pen ikut pelatihan biar ada skill.
0
profile picture
kaskus addict
03-06-2022 14:53
Disetiap kota ada kok, itu program pemerintah tapi pada kagak tau emang, di kota ane sendiri lokasi kantor nya masuk masuk jalan kecil

Tapi balik keperaturan wilayah masing masing, tetep dapet makan, snack, duit dkk hanya nominal nya beda beda

Nb. Setau ane ini tinggat kota atau kabupaten, belum pernah nemu setingkat kecamatan kebawag
0
profile picture
03-06-2022 15:08
@dicky.farista pantes kecamatan ane ngak ada kayaknya. Nama pusat pelmerintahan yg menyelengarakan apa gan?
0
profile picture
kaskus addict
03-06-2022 20:18
@bosenjomblo BLK. Balai latihan kerja atau balai pelatihan kerja gitu, sistem nya mirip prakerja tapi yang didapet lebih dikit, bahkan buat wilayah jkt (kata temen ane yang iku), ane pertama tau dari bibi ane yang ikut padahal udah umur 40 tahun lebih

Btw bisa coba juga asal bikin usaha kecil UMKM daftar ke kecamatan, pass musim sumbangan biasanya dapet, bibi ane daftarin dapet dana covid 5jt kalau gak salah, usaha nya bikin produk jamu rumahan, ini ane di kota kecil sih
1
profile picture
aktivis kaskus
03-06-2022 21:42
Coba tanya Di BLK atau Disnaker, ta di atas udah di jawab semua tuh
1
profile picture
03-06-2022 23:57
@dicky.farista di kecamatan aku ngak ada. Adanya di kota subang rada jauh sih... Iyah tadi dah baca baca. Makasih infonya agan agan 🙏
0
profile picture
03-06-2022 23:58
@kepolast064 iyah udah paham. Cuma sekarang lokasinya yg jauh.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 24 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
gejolak-kawula-muda
Stories from the Heart
duda-keren-dan-mahasiswi-cantik
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia