Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
381
Lapor Hansip
18-05-2022 16:03

Kisah pilu ane sebagai pengangguran

Kenalin gan ane anak pertama dari keluarga yang pas-pasan, Ayah sama Ibu ane cuma pedagang sembako yang shiftnya ganti-gantian. Ane ga punya rumah gan, yang sekarang ane tinggalin itu rumah warisan dari kakek. Lapak warung pun juga warisan dari kakek. Penghasilan ortu ane sebagai tukang sembako ga seberapa gan, malah makin ke sini pendapatan makin sedikit.

Ane sebagai anak pertama tentunya tergerak buat bantu-bantu ekonomi keluarga. Ane lulusan S1 gan, usia ane sekarang 25 tahun dan masih fresh graduate, kuliah tujuh tahun karena ane idealis buat nyusun skripsi bagus. Habis lulus ane langsung mulai lamar-lamar kerja. Awalnya ane ngerasa biasa aja pas lamaran ane ditolak, tapi makin ke sini makin ngebuat ane hopeless gan.

Bukannya ane ga ngelakuin apa-apa gan, sebenernya ane udah ikut kursus sama pelatihan, dan juga udah ngumpulin banyak sertifikat, dan portofolio. Tapi tetep aja ane ditolak terus. Ane ngerasa karena para HRD yang interview ane langsung ngejudge ane dari kekurangan psikologis ane yg mana ane kurang pandai mengekspresikan diri mungkin karena dulu ane sering dibully pas smp, dan bukan dari kompetensi yang ane punya. Bukannya sombong gan, sebenernya ane udah ikut puluhan kursus, dan buat banyak portofolio menarik, cuma selalu berakhir ditolak. Dari situ ane makin pesimis gan. Sekarang ane mulai stres, kesel sama kondisi diri ane sendiri, dan ngerasa gagal karena ane udah ngorbain banyak waktu yang ternyata ujungnya nihil begini.

Ane ga punya ordal gan, ane bener" seorang jobseeker yang berjuang sendirian. Sebenernya ane punya cukup banyak temen, cuman ane ga mau ngebebanin mereka soal ke joblessan ane.

Ane ngerasa ini ga sehat buat psikologis ane gan. Ane harus gimana gan?
Diubah oleh pengangguran192
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyuzata dan 65 lainnya memberi reputasi
64
Masuk untuk memberikan balasan
heart-to-heart
Heart to Heart
9.1K Anggota • 22.2K Threads
Kisah pilu ane sebagai pengangguran
18-05-2022 16:38
Lamar kerja pakai ijazah sma aja dulu gan. Yang penting kerja, cari pengalaman dan perluas pergaulan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azhuramasda dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
profile picture
kaskus addict
18-05-2022 19:07
Emangnya ada?emoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus maniac
18-05-2022 21:07
ntar ditanya sejak lulus SMA ampe sekarang ngapain aja emoticon-Hammer
4
profile picture
kaskuser
18-05-2022 22:16
@Mr.Sibolotsatu tinggal bilang aja bantu orang tua usaha sembako emoticon-2 Jempol
2
profile picture
kaskus addict
19-05-2022 10:13
@Mr.SibolotsatuBilang aje kuliah 7 thn trs keluar ijazah S1 nya, tp idealis buat nglamar pake ijazah SMA, he

bcanda gan,emoticon-Big Grin
tp diatas udah ada masukan bagus tuh utk nglamar di bidang apa aja ga hrs sesuai pendidikan, jgn idealis dan egois di tahap ini, pengalaman dulu yg dicari buat FG,

jgn lampirin berbuku2 sertifikat, persepsi tiap interviewer beda2, takut dikira suombong bs blunder,
tampilin seadanya aja, yg emg dikenal dan kuat,

apply di mana aja jgn egois di perusahaan gede doang, karena rejeki bukan hanya di perusahaan gede,
1
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Heart to Heart
Stories from the Heart
tolong-suamiku-gan
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia