Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
381
Lapor Hansip
18-05-2022 16:03

Kisah pilu ane sebagai pengangguran

Kenalin gan ane anak pertama dari keluarga yang pas-pasan, Ayah sama Ibu ane cuma pedagang sembako yang shiftnya ganti-gantian. Ane ga punya rumah gan, yang sekarang ane tinggalin itu rumah warisan dari kakek. Lapak warung pun juga warisan dari kakek. Penghasilan ortu ane sebagai tukang sembako ga seberapa gan, malah makin ke sini pendapatan makin sedikit.

Ane sebagai anak pertama tentunya tergerak buat bantu-bantu ekonomi keluarga. Ane lulusan S1 gan, usia ane sekarang 25 tahun dan masih fresh graduate, kuliah tujuh tahun karena ane idealis buat nyusun skripsi bagus. Habis lulus ane langsung mulai lamar-lamar kerja. Awalnya ane ngerasa biasa aja pas lamaran ane ditolak, tapi makin ke sini makin ngebuat ane hopeless gan.

Bukannya ane ga ngelakuin apa-apa gan, sebenernya ane udah ikut kursus sama pelatihan, dan juga udah ngumpulin banyak sertifikat, dan portofolio. Tapi tetep aja ane ditolak terus. Ane ngerasa karena para HRD yang interview ane langsung ngejudge ane dari kekurangan psikologis ane yg mana ane kurang pandai mengekspresikan diri mungkin karena dulu ane sering dibully pas smp, dan bukan dari kompetensi yang ane punya. Bukannya sombong gan, sebenernya ane udah ikut puluhan kursus, dan buat banyak portofolio menarik, cuma selalu berakhir ditolak. Dari situ ane makin pesimis gan. Sekarang ane mulai stres, kesel sama kondisi diri ane sendiri, dan ngerasa gagal karena ane udah ngorbain banyak waktu yang ternyata ujungnya nihil begini.

Ane ga punya ordal gan, ane bener" seorang jobseeker yang berjuang sendirian. Sebenernya ane punya cukup banyak temen, cuman ane ga mau ngebebanin mereka soal ke joblessan ane.

Ane ngerasa ini ga sehat buat psikologis ane gan. Ane harus gimana gan?
Diubah oleh pengangguran192
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyuzata dan 65 lainnya memberi reputasi
64
Masuk untuk memberikan balasan
heart-to-heart
Heart to Heart
9.2K Anggota • 22.2K Threads
Kisah pilu ane sebagai pengangguran
18-05-2022 16:14
lamar di tempat kerjaan / kantor kecil2an dulu,, dgn gaji seadanya tentu saja, peluangnya lebih gede buat diterima,, kalo perlu gak harus sesuai bidangnya..
trus juga pengalaman kita2 yg paling gampang , cari kerjaan lewat jalur pertemanan, (ane juga kerja pertamax itu dulu dari pertemanan).

sambil ngumpulin pengalaman2, skills, plus perbaikan2 diri kekurangan2.. dll..
Diubah oleh bocah..ababil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanneskrauser dan 36 lainnya memberi reputasi
37 0
37
profile picture
KASKUS Plus
18-05-2022 21:38
Saran yg sangat bijak sodara emoticon-Matabelo
2
profile picture
18-05-2022 23:03
setuju gan
2
profile picture
aktivis kaskus
19-05-2022 04:39
hooh ada betulnya yg ini

apa lagi kalau menyajikan terlalu banyak
sertifikat n fortofolio
itu kadang malah jd penyakit , bikin perusahaan ragu untuk merima takut di jadiin batu loncatan doang atau kg yakin sanggup melihara anak singa emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

terkadang perusahaan itu bukan butuh karyawan yg pintar n berprestasi
tapi lebih condong ke karyawan yg penurut n jujur
0
profile picture
kaskus geek
19-05-2022 05:52
@mbahqbul

terkadang perusahaan itu bukan butuh karyawan yg pintar n berprestasi
tapi lebih condong ke karyawan yg penurut n jujur.


Ini kejadian si tempat ane, p senior mgr bilang belia hanya butuh orang yang mau kerja dan nurut dan skill nanti bisa dilakukan sambil jalan.

Booooo om walala... Makin kesini makin banyak problem karena karyawan "hanya" Kerja kalau disuruh.

Dan duaa arrrggghhh, kl problem pasti mencak mencak kok gitu ndak bisa dan lama.


Yg punya skill ketawa sambil ngopi, makan tuh karyawan nuruttttt..

Nich bentar lagi pasti nyari skill buat handle tuh problem.

Dan iya, ujung-ujungnya tenaga skill yg si cari.
1
profile picture
kaskus addict
19-05-2022 09:14
Bener.

Ane dulu jg kerja d kantor kecil yg sesuai jurusan kuliah ane

Gajinya kecil tp cukuplah untuk bekal hidup harian

Punya pengalaman yang cukup ane putusin keluar dr kantor setelah 4 tahun dan masuk kantor yg gajinya lebih bagus

Jangan langsung kantor gedhe gan

Pertemanan jg ga masalah kok

Temen agan pasti senang bisa bantu
0
profile picture
kaskus addict
19-05-2022 15:35
suka nih baca komen membangun gini
0
profile picture
newbie
19-05-2022 15:37
ya banyak faktor, biasanya masih ngaggur,dan ga diceritakan di tulisan, misal, hanya mau kerja di bidang tertentu,atau ada 'pesanan' dari orang tua/yang lain, kerja hanya di bidang yang sudah di tentukan,dll
kerja aja dulu, nanti kan dapat koneksi mungkin di kantor tersebut,nah dari situ siapa tau dapat kerja sesuai keinginan ( ini pengalaman ane pribadi sih) emoticon-Wowcantik
0
profile picture
aktivis kaskus
20-05-2022 02:51
@pulaukapok naaah di sini lah kdng perusahaan makin lama makin serakah

kalau dulu waktu pengabdian di hargai
dan makin mengabdi makin di poles skillnya

klo skrg mah boro2 klo mau kerja silahkan , klo kg terima silahkan keluar
ada karyawan yg uda ngabdi lama , jujur n rajin
eeeh boro2 di hargai gaji aja di pas2in ama umr
buat moless boro2 rela keluarin uang n waktu

ibarat mikirnya karyawan itu barang sekali pake

tapi yaah perusahaan juga belajar dr pengalaman
karyawan terlalu pintar juga serba salah
ngelunjak mikirnya perusahaan butuh banget sama dia , n perusahaan bakal kesusahan bahkan kg jalan tanpa dia

maka keluarlah istilah rolling n mesti wajib lapor info
makanya perusahaan2 besar itu begono biar kg ada kertergantungan ama karyawan yg itu2 aja , n sekali pun dia keluar infonya ada , biar yg ngelanjutin atau orang baru bisa jalan dr infonya

makanya skill karyawan kg boleh jd rahasia pribadi
kantor maksa harus berbagi baik dengan cara baik atau tekanan
padahal ada bbrp perusahaan tuh klo karayawan ada terobosan atau skill malah ndi patenkan buat karyawan klo skrg maah beda pereees teroosss ide dari sapa yg jalanin siapa
curi ide tanpa penghargaan
2
profile picture
kaskus geek
20-05-2022 10:20
tumben bijak emoticon-Leh Uga
0
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
duda-keren-dan-mahasiswi-cantik
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia