Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
583
Lapor Hansip
08-03-2022 02:24

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
SuaraJawaTengah.id - Jagad dunia maya digemparkan dengan pernikahan beda agama yang terjadi di Kota Semarang. 

Video yang diunggah di Tiktok oleh akun @sacha_alya di Kota Semarang itu bahkan mendapat banyak tanggapan oleh publik. 

Dalam video yang diunggah @sacha_alya memperlihatkan sepasang pengantin menjalankan prosesi perikanan. 

Di mana mempelai wanita mengenakan jilbab, dan sang pria menggunakan jas hitam. Tepat di tengah mereka ada seorang pastur. 

Menanggapi hal tersebut Achmad Nurcholis, Konselor pernikahan beda agama yang sekaligus menjadi saksi dalam pernikahan beda agama tersebut angkat bicara. 

"Iya betul kemarin Sabtu, saya menjadi saksi pernikahan beda tersebut," ungkap Nurcholis kepada suarajawatengah.id melalui sambungan telfon, Senin (07/03/22).

Ahmad Nurcholis mengungkapkan, pasangan pernikahan beda agama melakukan akad dan pemberkatan di dua tempat pada Sabtu (04/03/22). 

Akad dilakukan di sebuah hotel Kota Semarang dan dilanjutkan pemberkatan di Gereja St. Ignatius Krapyak.

"Kemarin mereka akad dan pemberkatan di tempat berbeda," pemberkatan

Lebih lanjut, Nurcholis menerangkan pasangan beda agama yang tengah viral di jagad media sosial tersebut, telah melakukan konseling pernikahan yang cukup lama sekitar dua tahun.

"Untuk bisa sampai ke pernikahan juga tidak mudah, pasangan tersebut menjalani proses cukup lama," tutur Nurcholis.

Nurcholis mengaku, dirinya telah mendampingi pernikahan beda agama sebanyak 30 kali lebih. Menurutnya, pasangan pernikahan beda agama di Kota Semarang juga buka kali pertama yang ia dampingi.

"Sudah banyak pasangan pernikahan beda agama yang mengikuti konseling dan saya dampingi, jadi ini bukan kali pertama,"imbuhnya.

Kontributor : Aninda Putri Kartika

suara.com

coba gw mw denger opini agan2 kaskuser disini

Btw gw sebagai kaskuser berpol punya curhatan tentang kaskus berpol, tolong dibantu up ya gan👍
thread gw

Gw tambahin sedikit soal nikah beda agama ini, dalam QS al-Maidah ayat 5 disebutkan, Allah SWT memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita yang berasal dari kalangan ahli kitab. Selain itu, umat Islam juga dihalalkan untuk memakan daging binatang yang disembelih oleh mereka.

Semua hak istimewa tersebut diberikan Allah SWT kepada para ahli kitab karena sistem kepercayaan mereka lebih dekat dengan Islam dibandingkan orang-orang kafir lainnya. Semasa hidupnya, Rasulullah SAW juga memberikan kebebasan kepada kalangan ahli kitab untuk menjalankan agama yang mereka yakini.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah orang Yahudi dan Kristen pada zaman sekarang masih termasuk golongan ahli kitab? Apakah lelaki Muslim diperbolehkan menikahi perempuan mereka? Menjawab pertanyaan tersebut, mayoritas ulama berpendapat, menikah dengan wanita Yahudi atau Kristen itu dibolehkan.

republika
Diubah oleh pilotugal2an541
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 23 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota • 633.6K Threads
Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
08-03-2022 08:00
beda agama beda keyakinan, aturan agama dilanggar, trus gunanya ritual pernikahan buat apa? padahal pernikahan itu asalnya dari agama. tanpa adanya agama, gak ada pernikahan. yang ada hidup bareng, kumpul kebo, bebas gonta ganti pasangan.
0 0
0
profile picture
kaskus freak
08-03-2022 08:28
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Tanpa pernikahan belum tentu juga bebas gonta ganti pasangan. Tergantung kesepakatan. Menikah pun tergantung juga, bisa saja gonta-ganti pasangan meskipun dibatesin 4 aja. Ada juga ritual pernikahan yang gampang di-void, tinggal sebut kata kunci saja bisa berakhir. Tapi di agama lain ada ritual yang sulit sekali di-void. Jadi sebetulnya kembali kepada kesepakatan masing-masing. Yang jelas untuk mengurangi risiko kecurangan salah satu pihak mending pernikahannya dilindungi oleh hukum positif.

emoticon-linux2
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 08:51
Ini contoh manusia yang termakan propaganda... Pernikahan manusia itu komitmen bukan dari agama... Sebelum ada agama abrahamic mu itu pun manusia sudah berkembang biak selayaknya manusia.. Yang berpasangan satu ataupun yang berpasangan banyak sudah eksis tergantung manusianya.
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:36
Tanpa adanya Tuhan , ga ada manusia,
Kalau Tuhan cuma buat 1 agama aja, kenapa Tuhan ciptakan orang Cina yg ga akui Tuhan?

Manusia yg bikin Ribet, padahal Tuhan cuma 1.
0
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 13:42
@kily89 berkembang biak itu bukan pernikahan.

gini aja lah, sama sama kumpul dalam ranjang, tapi yang satu pakek acara ritual suci, yang satu bebas gak pakek ritual.

nah anehnya yang pakek acara ritual ini beda agama, dan setiap agama punya beda ritual, punya beda syarat dan ketentuan. lah terus gunanya ritual pernikahan buat apa???
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 13:58
@karyanakbangs4 pernikahan itu bukan dari ritual tapi dari komitmen.... Apakah mereka yang nikah pakai ritual macem" kagak ada zinah lagi? kagak ada bedanya antara yang nikah pake ritual atau yang tidak pake ritual... Yang selingkuh yah tetep selingkuh, yang setia yah tetep setia
0
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 14:35
@kily89 gw lagi bicara soal ritual. Seperti upacara upacara serah terima mahar, tukar cincin, pembacaan doa.

Komitmen itu gak ada hubungannya dg ritual. Gw juga gak bahas masalah zina. Ente tersinggung dan merasa terganggu dg komen ane. Berarti ente anggap baca doa jampi2 termasuk bagian dari komitmen.

Jika pernikahan tanpa ritual, emang bisa disebut pernikahan? Kalau menrut ente bisa, kenapa orang mengadakan ritual nikah walaupun beda agama? Kan konyol
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 15:27
Udah nikah...urusannya sama hukum indonesia...klo dah dibolehin yaudah ga bs dikomentarin

Secara agama....urusan individu sama Tuhan, yang kita kira benar belum tentu benar di mata Tuhan dan begitu sebaliknya....masih mau dinyinyirin? Kita Tuhan?
1
profile picture
aktivis kaskus
08-03-2022 15:39
@kily89 @karyanakbangs4

Itu pake ritual katolik bambang,

Makanya bisa diakui catatan sipil,

Karena ada agama yg mau melegitimasi (dalam hal ini pihak katolik),

Istilahnya dalam katolik pernikahan dispensasi,

Syaratnya sang katolik wajib menjaga imannya (nggak murtad) setelah nikah, juga wajib membimbing anak anaknya kelak agar menjadi seorang katolik emoticon-Smilie

CMIW
emoticon-Nyepi
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 15:43
@karyanakbangs4 gw bilang ritual itu bukan esensi dari pernikahan bambang... Postingan lo kan kalau ga pake ritual maka ga bisa disebut pernikahan kan? Ritual itu cuma bagian dari budaya setempat makanya ada banyak macem... Tapi inti pernikahan bukan di ritualnya (walau mau lo bilang ritual suci juga)... Tapi di komitmen antara dua individu nya...
0
profile picture
kaskus freak
08-03-2022 17:51
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

@kily89 Yuhu,
yang paling penting adalah komitmen. Namun demikian, tentu perlu ada yang mengawasi komitmen tersebut sehingga ketika ada satu pihak ingkar dari komitmen ada yang menjamin ada semacam sanksi.

Agama saja gak cukup. Noh banyak tuh yang dicerai setelah kimpoi sirri, anaknya malah kagak dinafkahi dst...dst... Makanya perlindungan hukum terhadap komitmen tersebut diperlukan. Artinya komitmen tersebut harus diakui secara legal oleh negara.


emoticon-linux2
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 18:09
[mention]widya poetra[/mention] Iya, legalitas hukum negara bukan ritual agama.
0
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 19:11
@kily89 kalo ritual gak penting, kenapa harus diselenggarakan oleh pasangan nikah beda agama? Ngadain pesta, pasang tenda utk mengumumkan pernikahan itupun termasuk bagian dari ritual.

Itu point nya. Masih gak paham2 kekonyolannya?? Kalo gak paham, ya udah lah. Suka suka ente
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 20:04
@karyanakbangs4 ritual itu karena manusia adalah makhluk yang butuh sesuatu untuk dirayakan... Kayak ulang tahun lah, anniversary lah... Ritual itu menyesuaikan... Tidak saklek harus ritual tertentu.... Tanpa ritual pun tetep aja bisa menikah selama tercatat secara hukum. Cukup daftar di catatan sipil atau apalah itu pun sudah jadi suami istri.
0
profile picture
aktivis kaskus
09-03-2022 07:51
pernikahan itu sebenarnya intinya cm pengukuhan komitmen & keseriusan aja sih pd kesetiaan hidup sepasang kekasih & tanggungjawab kalo si cewek brojolin anak, makanya dibikinin tuh ritual2 & selembar / buku pengesahan...
kalo bisa yakinin kalo lo berkomitmen & serius setia, cinta, & tanggungjawab pd istri & anak lo, & beneran mau laksanain, jg pasangan lo mau, ya kaga perlu itu hrsnya ritual2 & pengesahan...
tp balik lg, lo kalo sbg ortu yg baik, mau kaga serahin anak gadis lo ke seorg cowok begitu aja tanpa ada pernikahan, cm modal diyakinin komitmen & keseriusan kesetiaan, cinta, & tanggungjawab doang??
0
profile picture
kaskus geek
09-03-2022 08:14
@jw.89 landasan hukum negara nya yang penting gan...
0
profile picture
aktivis kaskus
09-03-2022 08:24
@kily89 ane cuma jelasin inti pernikahan aja gan, cm ya itu balik lg msh ada pengesahan hukum yg berlaku, yg sebenarnya jg mengukuhkan komitmen..
cm ane lbh setuju kalo pengurusan di catatan sipil kaga perlu syarat2 pengesahan dr agama, yg benar hrsnya di zaman dulu, catatan sipil aja cukup, mau dirayakan scr keagamaan / kaga ya terserah...
0
profile picture
kaskus geek
09-03-2022 08:24
@jw.89 betul
0
profile picture
kaskus maniac
14-03-2022 12:51
@jw.89 @kily89 skarang mencla mencle lagi, skrg pernikahan butuh komitmen dan pengesahan negara. emoticon-Cape d...

Coba terapin ke lo sendiri. Pernikahan tanpa ada pesta, tanpa pengumuman, tanpa ada persetujuan ortu, tanpa saksi, tanpa catatan sipil (krna aturan negara ini masih butuh agama). Nikah hanya komitmen saja?

Emang komitmen itu apa sih? Dulu manusia purba yg katanya berkembang biak tau definisi komitmen darimana?
0
profile picture
kaskus geek
14-03-2022 13:08
@karyanakbangs4 @jw.89 mencla mencle darimana? Sejak awal gw bilang ritual yang ga saklek... Nikah itu intinya pada komitmen.... Catatan sipil itu pengesahan secara hukum buat si anak... Ritual agama mau pake boleh, ga pake juga boleh... Mau pake ritual yang mana juga terserah...

You love each other, you decide to build a family, you commit to that decision, loyal to each other, support each other.. That's marriage... Tanpa komitmen emang lo kira pernikahan bisa tahan?

Yang mencegah perselingkuhan apa? Komitmen ke satu sama lain... Emang kalau mau selingkuh mikir gitu eh, gw dulu nikah pake ritual ini nih, ritual itu tuh.... Itu cuma celebration, faktor budaya
0
profile picture
kaskus maniac
15-03-2022 13:30
@kily89 tau arti komitmen dan selingkuh darimana? Sejak kapan manusia tau ttg komitmen atau selingkuh?
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 22 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia