Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
583
Lapor Hansip
08-03-2022 02:24

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
SuaraJawaTengah.id - Jagad dunia maya digemparkan dengan pernikahan beda agama yang terjadi di Kota Semarang. 

Video yang diunggah di Tiktok oleh akun @sacha_alya di Kota Semarang itu bahkan mendapat banyak tanggapan oleh publik. 

Dalam video yang diunggah @sacha_alya memperlihatkan sepasang pengantin menjalankan prosesi perikanan. 

Di mana mempelai wanita mengenakan jilbab, dan sang pria menggunakan jas hitam. Tepat di tengah mereka ada seorang pastur. 

Menanggapi hal tersebut Achmad Nurcholis, Konselor pernikahan beda agama yang sekaligus menjadi saksi dalam pernikahan beda agama tersebut angkat bicara. 

"Iya betul kemarin Sabtu, saya menjadi saksi pernikahan beda tersebut," ungkap Nurcholis kepada suarajawatengah.id melalui sambungan telfon, Senin (07/03/22).

Ahmad Nurcholis mengungkapkan, pasangan pernikahan beda agama melakukan akad dan pemberkatan di dua tempat pada Sabtu (04/03/22). 

Akad dilakukan di sebuah hotel Kota Semarang dan dilanjutkan pemberkatan di Gereja St. Ignatius Krapyak.

"Kemarin mereka akad dan pemberkatan di tempat berbeda," pemberkatan

Lebih lanjut, Nurcholis menerangkan pasangan beda agama yang tengah viral di jagad media sosial tersebut, telah melakukan konseling pernikahan yang cukup lama sekitar dua tahun.

"Untuk bisa sampai ke pernikahan juga tidak mudah, pasangan tersebut menjalani proses cukup lama," tutur Nurcholis.

Nurcholis mengaku, dirinya telah mendampingi pernikahan beda agama sebanyak 30 kali lebih. Menurutnya, pasangan pernikahan beda agama di Kota Semarang juga buka kali pertama yang ia dampingi.

"Sudah banyak pasangan pernikahan beda agama yang mengikuti konseling dan saya dampingi, jadi ini bukan kali pertama,"imbuhnya.

Kontributor : Aninda Putri Kartika

suara.com

coba gw mw denger opini agan2 kaskuser disini

Btw gw sebagai kaskuser berpol punya curhatan tentang kaskus berpol, tolong dibantu up ya gan👍
thread gw

Gw tambahin sedikit soal nikah beda agama ini, dalam QS al-Maidah ayat 5 disebutkan, Allah SWT memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita yang berasal dari kalangan ahli kitab. Selain itu, umat Islam juga dihalalkan untuk memakan daging binatang yang disembelih oleh mereka.

Semua hak istimewa tersebut diberikan Allah SWT kepada para ahli kitab karena sistem kepercayaan mereka lebih dekat dengan Islam dibandingkan orang-orang kafir lainnya. Semasa hidupnya, Rasulullah SAW juga memberikan kebebasan kepada kalangan ahli kitab untuk menjalankan agama yang mereka yakini.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah orang Yahudi dan Kristen pada zaman sekarang masih termasuk golongan ahli kitab? Apakah lelaki Muslim diperbolehkan menikahi perempuan mereka? Menjawab pertanyaan tersebut, mayoritas ulama berpendapat, menikah dengan wanita Yahudi atau Kristen itu dibolehkan.

republika
Diubah oleh pilotugal2an541
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 23 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota • 633.6K Threads
Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
08-03-2022 06:08

gua katolik, serius nanya nih,,,emang beneran ga boleh ya ?

secara agama katolik yang artinya universal, pernikahan kayak gitu ga masalah sih buat kita

secara logika yang berat adalah pihak yang katolik/ cowok karena sudah terpasung oleh janji pernikahan tidak boleh cerai sampai ajal menjemput

Diubah oleh legowopanji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 08:40
@wolfzmus @legowopanji @DPRD [mention]david_newcastle[/mention]
emoticon-Cape d...
1
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 08:42
Kalo Katolik kayanya lebih mudah merestui pernikahan anaknya dengan cewe Muslim daripada dengan Protestan.
CMIIW emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 08:49
@CoZiA
G jg kok gan...
Tmn w jg da yg nikah secara katholik...
Sm ja prosesnya g da bedanya...
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 08:53
@CoZiA
Mlh lbh ribet klo sm muslim...
Minta surat keterangan untuk nikah di kelurahan ja ribetnya minta ampun...
Bilangnya g boleh beda agamanya...
Kliatane asn jg g paham tentang uu perkimpoian ( rata2 nganggap sm dgn aturan di kua )...
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 09:10
@hermanwnkr Gregorius Tangerang ane emoticon-Malu (S). Mungkin beda aturan kali ya emoticon-Hammer2e
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 09:13
@legowopanji @hermanwnkr Iya kalau mau masuk katolik nusti nunggu2 ngantri pas selesai misa. Pas romo datwng baru minta ttd. Kadang2 ada juga romo nanya2 iseng2 gitu, "td barusan romo ngomong apa hayo pas lagi homili? " emoticon-Hammer (S)
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 09:15
@wolfzmus
Klo gtu agan hrs tanya lagi tentang pernikahan dispensasi gan...
Seluruh paroki pasti sm aturannya...
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 09:18
@hermanwnkr Woke2 ane mah gitu pandai emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskuser
08-03-2022 09:21
@legowopanji @wolfzmus betul gan, setahu ane hanya tercatat di catatan sipil saja, yg pasti tidak mendapat sakramen pernikahan karena beda agama
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 10:58
@1r4h @legowopanji Ah iya sipil, ya oloh napa ane ngomong hukum ya emoticon-Hammer (S)
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:15
@wolfzmus @hermanwnkr agan ini ga pernah ke gereja kyknya, hahaahah
peace gannnnn hahah
1
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 11:16
[MENTION]blue_louvre[/MENTION] @hermanwnkr Ane dah jarang ke gereja emoticon-Hammer (S)
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:19
@wolfzmus

ane pribadi paling suka sama Katolik sih gan, setelah riset panjang dan menelisik aturan2 agama, dari analisa ane paling sesuai sama kehidupan sosial dan hubungan dengan Tuhan itu ada 2 agama, yaitu budha dan katolik.
tapi ane pilihnya katolik hahaha
4
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:49
Nying tryhard amet jadi Khatolik. Untung ane tukang protest

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
profile picture
08-03-2022 13:58
Ane dl nikah beda agama. Ane katolik dan istri islam. Dl belajar kursus pernikahan di surabaya. Nikahnya di gereja dan di berkati pastor. Memang secara katolik nga boleh cerai dan sepanjang 16 tahun menikah banyak masalah tp kan nga mesti cerai. Puji Tuhan di tahun ke 7 istri ikut ane masuk katolik dengan tanpa paksaan
1
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 21:48
Wkwkk.. Katolik emang ribet..
Skrg untuk ibadah aja kudu daftar dulu..
Anjaaayyyyyyyy.. Ane dh 2 tahun nyaris gk pernah greja kcuali natal kmaren.. emoticon-Wakaka
0
profile picture
KASKUS Plus
08-03-2022 22:01
Ah bisa saja. Papa saya buddha. Mama katolik. Hasilnya ane sama 2 adik ane
Wkwkwkww
1
profile picture
kaskus geek
09-03-2022 08:07
@arbiel Sekarang gitu gara2 pandemi, kmrn2 gw ama kakak gw masih bisa daftar buat ambil hosti, eh skrg malah gw gak bisa sama kakak gw. Bilangnya gw sama kakak gw gak terdaftar. emoticon-Hammer (S)
1
profile picture
aktivis kaskus
09-03-2022 11:15
Ini yg lucu emang gan..... untuk misa skrg umat kita dibatasi kuotanya per wilayah paroki ....udah sepi umat malh umat skrg dibatasi....pdhl umat lain masih buka tmpat ibadah tanpa adanya jarak juga....hahhhahahaa... dasar agama kaku...ngikut aja lah... gua ttp bangga dengan agama kaku yg satu ini ....@arbiel
1
profile picture
kaskus addict
09-03-2022 17:41
@legowopanji @wolfzmus

emoticon-Wakaka
Kita nikmatin aja gan emoticon-Angkat Beer
2
Memuat data ...
21 - 40 dari 40 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia