Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
583
Lapor Hansip
08-03-2022 02:24

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
SuaraJawaTengah.id - Jagad dunia maya digemparkan dengan pernikahan beda agama yang terjadi di Kota Semarang. 

Video yang diunggah di Tiktok oleh akun @sacha_alya di Kota Semarang itu bahkan mendapat banyak tanggapan oleh publik. 

Dalam video yang diunggah @sacha_alya memperlihatkan sepasang pengantin menjalankan prosesi perikanan. 

Di mana mempelai wanita mengenakan jilbab, dan sang pria menggunakan jas hitam. Tepat di tengah mereka ada seorang pastur. 

Menanggapi hal tersebut Achmad Nurcholis, Konselor pernikahan beda agama yang sekaligus menjadi saksi dalam pernikahan beda agama tersebut angkat bicara. 

"Iya betul kemarin Sabtu, saya menjadi saksi pernikahan beda tersebut," ungkap Nurcholis kepada suarajawatengah.id melalui sambungan telfon, Senin (07/03/22).

Ahmad Nurcholis mengungkapkan, pasangan pernikahan beda agama melakukan akad dan pemberkatan di dua tempat pada Sabtu (04/03/22). 

Akad dilakukan di sebuah hotel Kota Semarang dan dilanjutkan pemberkatan di Gereja St. Ignatius Krapyak.

"Kemarin mereka akad dan pemberkatan di tempat berbeda," pemberkatan

Lebih lanjut, Nurcholis menerangkan pasangan beda agama yang tengah viral di jagad media sosial tersebut, telah melakukan konseling pernikahan yang cukup lama sekitar dua tahun.

"Untuk bisa sampai ke pernikahan juga tidak mudah, pasangan tersebut menjalani proses cukup lama," tutur Nurcholis.

Nurcholis mengaku, dirinya telah mendampingi pernikahan beda agama sebanyak 30 kali lebih. Menurutnya, pasangan pernikahan beda agama di Kota Semarang juga buka kali pertama yang ia dampingi.

"Sudah banyak pasangan pernikahan beda agama yang mengikuti konseling dan saya dampingi, jadi ini bukan kali pertama,"imbuhnya.

Kontributor : Aninda Putri Kartika

suara.com

coba gw mw denger opini agan2 kaskuser disini

Btw gw sebagai kaskuser berpol punya curhatan tentang kaskus berpol, tolong dibantu up ya gan👍
thread gw

Gw tambahin sedikit soal nikah beda agama ini, dalam QS al-Maidah ayat 5 disebutkan, Allah SWT memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita yang berasal dari kalangan ahli kitab. Selain itu, umat Islam juga dihalalkan untuk memakan daging binatang yang disembelih oleh mereka.

Semua hak istimewa tersebut diberikan Allah SWT kepada para ahli kitab karena sistem kepercayaan mereka lebih dekat dengan Islam dibandingkan orang-orang kafir lainnya. Semasa hidupnya, Rasulullah SAW juga memberikan kebebasan kepada kalangan ahli kitab untuk menjalankan agama yang mereka yakini.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah orang Yahudi dan Kristen pada zaman sekarang masih termasuk golongan ahli kitab? Apakah lelaki Muslim diperbolehkan menikahi perempuan mereka? Menjawab pertanyaan tersebut, mayoritas ulama berpendapat, menikah dengan wanita Yahudi atau Kristen itu dibolehkan.

republika
Diubah oleh pilotugal2an541
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 23 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota • 633.6K Threads
Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
08-03-2022 05:32
emang bisa nikah resmi beda agama?

kok ane jadi kepikiran abu janda yak?

emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1992031992jr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 06:47
nah ini kepikiran kyk gini jg. di indo apa mmg bs ya? bbrp kawan saya dengar ke singapura utk nikah
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 07:38
Bisa gan...
Di katholik boleh nikah beda agama...
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 07:39
@foxter
Mungkin agamanya bkn katholik gan..
Krn setau w yg bs nikah beda agama cman di katholik...
1
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 10:42
@hermanwnkr bisa beda agama tapi tidak dapat sakramen.
Tetapi sipil tetap harus sama. Waktu urus surat intil dll ktp tetap satu agama.
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 10:44
@pancidermawan
Sp bilang gtu gan...
Di kk w tetap kok w katholik istri islam...
G da mslh di catatan sipil...
1
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 10:50
@hermanwnkr dapat sakramen?

Yakin tertulis di kk dan tidak ada masalah di catatan sipil??
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 10:51
@pancidermawan
Klo sakramen memang g dpt gan...
Pemberkatan oleh romo ja n itu sdh sah...
Ya sangat yakin gan...
Itu kk w sendiri...
0
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 10:54
@hermanwnkr paroki mana gan?

Bisa soluai untuk yg lsin agama. Kristen-Katolik juga tidak bisa dicatatan sipil klo ditempatku. Pengalaman adekku, akhirnya istrinya yg pindah ke katholik. Itupun ada sidang, dan kursus dulu 3 hari.
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 10:54
Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan @pancidermawan
Ini buktinya gan
2
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 10:56
@pancidermawan
Santo yusuf surabaya gan
1
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:03
@pancidermawan
Aturan UU berlaku nasional gan...
Buat seluruh wilayah Indonesia...
Mungkin ASN sana ja yg mempersulit...
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:12
@hermanwnkr @pancidermawan

iya gan, ane jg beda agama, ga masalah.
lagian emang klo di katolik harus kursus semua, karena nikah bukan main2an, nikah itu komitmen seumur hidupppp.
monogami dan tak terpisahkan kecuali oleh maut
2
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 11:24
@hermanwnkr mantab gan emoticon-thumbsup:

Istri ada rencana ikut katekumen? emoticon-Smilie
1
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:26
@pancidermawan
Sdh mau krisma gan...
emoticon-Malu (S)
1
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 11:28
@hermanwnkr wow emoticon-Belo

Janji nikah didepan altar sudah agan tepati, salut emoticon-Angkat Beer

KKnya sudah ganti kan?
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:30
eitsssss
1
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:31
@pancidermawan
Belum gan...
Klo mslh ngurus kolom agama di kk ya malas ja...
G ngefek jg...
1
profile picture
PC Games Enthusiast
08-03-2022 12:16
Nikah beda agama bisa aja kok secara hukum negara tapi gak bakal sah secara hukum agama islam gak tau yah kalau hukum agama kristen gimana
1
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 15:45
Mentri Pendidikan juga menikah beda agama secara Kristen Katolik di gereja Katolik mengikuit agama sang istri, tetapi sepertinya ada persyaratan lainnya khususnya setelah punya anak
0
Memuat data ...
1 - 19 dari 19 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia