Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
583
Lapor Hansip
08-03-2022 02:24

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan

Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
SuaraJawaTengah.id - Jagad dunia maya digemparkan dengan pernikahan beda agama yang terjadi di Kota Semarang. 

Video yang diunggah di Tiktok oleh akun @sacha_alya di Kota Semarang itu bahkan mendapat banyak tanggapan oleh publik. 

Dalam video yang diunggah @sacha_alya memperlihatkan sepasang pengantin menjalankan prosesi perikanan. 

Di mana mempelai wanita mengenakan jilbab, dan sang pria menggunakan jas hitam. Tepat di tengah mereka ada seorang pastur. 

Menanggapi hal tersebut Achmad Nurcholis, Konselor pernikahan beda agama yang sekaligus menjadi saksi dalam pernikahan beda agama tersebut angkat bicara. 

"Iya betul kemarin Sabtu, saya menjadi saksi pernikahan beda tersebut," ungkap Nurcholis kepada suarajawatengah.id melalui sambungan telfon, Senin (07/03/22).

Ahmad Nurcholis mengungkapkan, pasangan pernikahan beda agama melakukan akad dan pemberkatan di dua tempat pada Sabtu (04/03/22). 

Akad dilakukan di sebuah hotel Kota Semarang dan dilanjutkan pemberkatan di Gereja St. Ignatius Krapyak.

"Kemarin mereka akad dan pemberkatan di tempat berbeda," pemberkatan

Lebih lanjut, Nurcholis menerangkan pasangan beda agama yang tengah viral di jagad media sosial tersebut, telah melakukan konseling pernikahan yang cukup lama sekitar dua tahun.

"Untuk bisa sampai ke pernikahan juga tidak mudah, pasangan tersebut menjalani proses cukup lama," tutur Nurcholis.

Nurcholis mengaku, dirinya telah mendampingi pernikahan beda agama sebanyak 30 kali lebih. Menurutnya, pasangan pernikahan beda agama di Kota Semarang juga buka kali pertama yang ia dampingi.

"Sudah banyak pasangan pernikahan beda agama yang mengikuti konseling dan saya dampingi, jadi ini bukan kali pertama,"imbuhnya.

Kontributor : Aninda Putri Kartika

suara.com

coba gw mw denger opini agan2 kaskuser disini

Btw gw sebagai kaskuser berpol punya curhatan tentang kaskus berpol, tolong dibantu up ya ganūüĎć
thread gw

Gw tambahin sedikit soal nikah beda agama ini, dalam QS al-Maidah ayat 5 disebutkan, Allah SWT memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita yang berasal dari kalangan ahli kitab. Selain itu, umat Islam juga dihalalkan untuk memakan daging binatang yang disembelih oleh mereka.

Semua hak istimewa tersebut diberikan Allah SWT kepada para ahli kitab karena sistem kepercayaan mereka lebih dekat dengan Islam dibandingkan orang-orang kafir lainnya. Semasa hidupnya, Rasulullah SAW juga memberikan kebebasan kepada kalangan ahli kitab untuk menjalankan agama yang mereka yakini.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah orang Yahudi dan Kristen pada zaman sekarang masih termasuk golongan ahli kitab? Apakah lelaki Muslim diperbolehkan menikahi perempuan mereka? Menjawab pertanyaan tersebut, mayoritas ulama berpendapat, menikah dengan wanita Yahudi atau Kristen itu dibolehkan.

republika
Diubah oleh pilotugal2an541
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 23 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota ‚ÄĘ 633.6K Threads
Pernikahan Beda Agama di Semarang, Mempelai Wanita yang Berjilbab Ikut Pemberkatan
08-03-2022 02:27
Mungkin gw terlalu konservatif dalam menyikapi kasus kayak begini, tapi buat gw ini sudah melenceng dari hukum agama islam.
Bagaimana sikap agan2 yang muslim/ nonmuslim????

Atheis mungkin mundur duluūüėā
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Memuat data ...
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 10:38
Iya tapi dalam Katolik gak masalah itu juga nikah digereja kok pake aturan muslim
0
profile picture
kaskuser
08-03-2022 10:41
@wiskey31 @hermanwnkr bisa kalo nikah siri, asal ulama nya mau nikahin beda agama jg, tapi ga ada buku nikah karna bukan di KUA nikah nya
0
profile picture
kaskuser
08-03-2022 10:43
@wolfzmus pernikahan sipil only tidak bisa gan di indonesia
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 10:56
Indah ya liatnya, ini baru tolerasi dalam arti sesungguhnya.
Baik dalam hubungan dengan Tuhan, dan Baik dalam hubungan dengan sesama Manusia tanpa membeda2kan.

Di Katolik juga ada hukum bahwa menikah itu MONOGAMI, yg artinya hanya maut yg bisa memisahkan.
Jadi ga ada hati yg tersakiti karena poligami, dan juga melarang selingkuh.
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 11:01
@babicupu Oh iya catatan sipil, sorry ane agak2 kurang paham sama pernikahan beda agama emoticon-Hammer (S)
Dulu kakak ipar gw kristen terus sebelum merrid dia pindha ke agama Katholik (ke mauan dia sendiri) jadi nikahnya ada sakramen pernikahan segala. Pas adik kakak ipar merrid ane, ane gak ngikutin kakak ane doank yg ngikut jaid ane gak gitu paham. Makasi koreksinya emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 11:06
@hermanwnkr
Di islam ga boleh nikah beda agama, alasannya udah dijelasin ama agan @aug2108

Kalo di islam ga boleh nikah beda agama, tapi di kristen/katolik malah ada yg ga boleh nikah sama sekali kyk pendeta/suster/kardinal dll
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:10
@aug2108 @wiskey31
Tp kok diatas ktny si @babicupu bs klo cman nikah siri...
Sok tau berarti dia...
emoticon-Cape d...
0
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:14
@aug2108 @wiskey31 @hermanwnkr bukan sok tau gan temen baik ane ada yg kayak gitu, upacaranya 2 x
akad nikah tp nikah nya secara siri (ga ada buku nikah)
upacara di vihara, dan ada catatan sipil nya, baru deh resepsi
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:15
@aug2108 @wiskey31 @babicupu
Oalah ktnya tmn agan...
Kirain agan sendiri yg tau tentang hukum islam...
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 11:17
@agonara
Quote:Cuma takdir berkata lain jalan 7bulan sidang kanonik saya pihak mempelai wanita mendapat tekanan dari berbagai kalangan masyarakat, akhirnya membatalkan pernikahan kami.

Sidang kanonik ini maksudnya ga boleh nikah beda agama?
0
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:21
@agonara @wiskey31
pernikahan katolik bisa dibatalkan gan,
dijelasin sama yg dibawah ane ya......... continue
0
profile picture
kaskus geek
08-03-2022 11:23
Dalam QS al-Maidah ayat 5 disebutkan, Allah SWT memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita yang berasal dari kalangan ahli kitab. Selain itu, umat Islam juga dihalalkan untuk memakan daging binatang yang disembelih oleh mereka.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah orang Yahudi dan Kristen pada zaman sekarang masih termasuk golongan ahli kitab? Apakah lelaki Muslim diperbolehkan menikahi perempuan mereka? Menjawab pertanyaan tersebut, mayoritas ulama berpendapat, menikah dengan wanita Yahudi atau Kristen itu dibolehkan.

Tapi ini terbatas pada laki2 muslim menikahi wanita kristen/yahudi
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:29
@agonara @wiskey31 sidang kanonik itu interview kita dengan pastor pada saat menjelang pernikahan, tujuan nya utk kesiapan kita, interview dilakukan pihak cowo dan cewe dengan sesi terpisah (ga bersamaan dalam satu ruangan)
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 11:31
[mention]blue_louvre[/mention] kalo belom nikah ya bisa di batalin tapi kalo uda nikah, dalam perkimpoian katolik tidak mengenal ada nya perceraian, dan perkimpoian harus monogami
0
profile picture
08-03-2022 11:49
@hermanwnkr tapi tidak ada sakramen. Mungkin bisa kalau pemberkatan. Karena setahu saya sakramen pernikahan hanya bisa diberikan kalau keduanya katolik.
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:58
@babicupu
Yg namanya pembatalan itu ya sdh ada pernikahan gan...
emoticon-Cape d...
0
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 11:59
@agonara @wiskey31 @babicupu
Klo nikah dispensasi ( beda agama ) cman pemberkatan saja, tidak ada sakramen...
Pembatalan pernikahan ( perceraian ) hanya bisa dilakukan klo salah satu pihak suami/istri keluar dr ajaran katholik...
Walau nikahnya secara sakramen klo dalam perjalanannya salah satu pihak suami/istri keluar dr ajaran katholik ( misal kimpoi lg lwt ajaran lain ) mk pembatalan pernikahan boleh diajukan...
-1
profile picture
kaskus addict
08-03-2022 12:08
@babicupu
Jd justru yg nikah secara sakramen ( sm2 katholik ) lah yg mengajukan pembatalan pernikahan, krn klo nikah dispensasi ( beda agama ) klo da perceraian ya ajuin ja ke pengadilan untuk cerai, ngapain jg ribet ajukan pembatalan pernikahan secara katholik
0
profile picture
kaskus maniac
08-03-2022 13:06
Saya memang tidak terlalu religius, tapi saya menjunjung tinggi logika, di tengah jaman yang udah gak bisa dicerna kalo gak pake logika lagi.

Gini sih gan, saya punya pacar aja pertama kali saat umur saya sudah 21 tahun. Ga ada tuh jaman SMA atau awal awal kuliah bisa dapet pacar. Tapi, pacar saya sayangnya beda agama, walau hubungan kami sudah terlanjur lama dan serius.

Nah, pertanyaannya, apakah semua orang bisa dapet yang seagama dengan mudahnya, apalagi dengan mayoritas Muslim dan posisi yang cari bukan muslim (dan dengan rasio yang sangat sangat jauh)? Saya nyari yang seagama saja gak prnah dapet, sedapetnya beda agama. Dan kalaupun harus bener bener sama, apa mau ada yang rela menghabiskan lagi mungkin bisa jadi 21 tahun lagi hidupnya agar dapat pasangan lagi?

Logikanya begitu sih, dosa apa enggak kan bukan tanggungan yang lain juga, yang nanggung yang nikah. Pun kalo memang dosa, saya rasa Tuhan juga tidak sejahat itu, masa ya nyiptain manusia beragama dengan rasio yang jomplang tapi expect harus sama semua agamanya? Saya rasa enggak. Belum lagi membicarakan masalah rasio perempuan dan laki-laki yang juga tidak seimbang 1:1.
1
profile picture
kaskuser
08-03-2022 13:13
mengikuti syariat islam jadi KUNCI.

ane pernah ngerasain sendiri, kalo dalam satu keluarga beda agama itu ada "rasa" yg kurang.
akan lebih tenang dan nyaman dlm satu keluarga itu satu iman, menjalankan ibadah bersama-sama.
bukan berarti ga ada rintangan dan gangguan, tp tetap lebih damai kalo seiman.
1
Memuat data ...
21 - 40 dari 74 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia