Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
182
Lapor Hansip
04-02-2022 09:11

Ustaz Derry Sulaiman bela Oki Setiana Dewi : Dalam Islam, suami boleh memukul istri

Quote:

Ustaz Derry Sulaiman bela Oki Setiana Dewi soal ceramah KDRT: Dalam Islam, suami boleh memukul istri



Ustaz Derry Sulaiman bela Oki Setiana Dewi : Dalam Islam, suami boleh memukul istri
Oki Setiana Dewi dan Ustaz Derry Sulaiman (Foto: Instagram)



Hops.ID - Ustaz Derry Sulaiman turut buka suara menanggapi kontroversi dakwah Oki Setiana Dewi. Pasalnya, Oki dituding menormalisasi KDRT yang dilakukan oleh suami kepada istri. 

Menurut Ustaz Derry, sesuai dengan ajaran Islam, suami memang diperbolehkan untuk memukul istri. Akan tetapi, bukan memukul bagian wajah. Ia pun menegaskan bahwa laki-laki dalam dakwah Oki Setiana Dewi adalah suami yang zalim dan jahat. 

"Bolehkah memukul istri? Dalam Islam, boleh, tapi tidak pada wajah. Orang yang diceritakan oleh Ustazah Oki Setiana Dewi adalah laki-laki jahat yang zalim kepada istrinya dan kurang ajar telah memukul wajah istrinya. Tapi istrinya adalah istri yang soleha. Istrinya adalah wanita mulia yang senantiasa menutupi aib keburukan suaminya di depan orang tuanya," katanya dilansir Hops pada Kamis, 3 Februari 2022. 

Ia juga berpendapat bahwa Oki Setiana Dewi tak bermaksud untuk memaklumi aksi KDRT, melainkan tengah menekankan peran istri yang soleha. 

"Ustazah Oki bukan membela KDRT, bukan membela laki-laki jahat itu. Beliau sedang bercerita tentang wanita soleha yang sangat mulia akhlaknya, meskipun suaminya seperti firaun jahatnya, tapi beliau tetap menutupi kesalahan suaminya."

Lebih lanjut, Ustaz Derry juga berpesan kepada publik untuk mengambil pelajaran yang baik dari dakwah Oki Setiana Dewi. 

"Ini pelajaran bagi kita semua. Para wanita, kalau kalian suka menjelek-jelekkan suami kalian di hadapan orang tua kalian, itu berarti kalian sedang mengajarkan mereka untuk membenci suami kalian."

"Ini pelajarannya, bukan bully bully saja, bukan caci maki. Belajar lihat kebaikan," katanya. 


Dakwah Oki Setiana Dewi 

Seperti diketahui, Oki Setiana Dewi menjadi perhatian warganet karena ceramahnya.

Dalam dakwahnya, kakak sulung Ria Ricis tersebut mencontohkan cerita tentang pasutri di Jeddah, yang diklaimnya sebagai kisah nyata. Alkisah, pasangan suami-istri tersebut tengah bertengkar hingga sang suami memukul wajah istrinya. 





"Ada sebuah kisah nyata di Jeddah, suami istri lagi bertengkar. Suaminya marah luar biasa pada snag istri, dipukul lah wajah sang istri. Kemudian istrinya menangis, tiba-tiba terdengar bel pintu rumah berbunyi."

Namun, sang istri memilih untuk menutupi aksi suaminya dengan dalih 'menutupi aib pasangan'. 

"Suaminya dari kejauhan, 'Ya Allah nih istri. Padahal bisa loh istrinya ngadu sama orang tuanya itu, 'Aku baru dipukul, ada KDRT, Kekerasan Dalam Rumah Tangga'. Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya, gak sesuai kenyataan, dilebih-lebihkan," ujar Oki Setiana Dewi.***


Sumber :
https://www.hops.id/hot/pr-294259622...-memukul-istri



Ntah contoh kasusnya kurang sesuai atau gimana gitu,
hingga menimbulkan multitafsir.

atau emang boleh mukul gitu.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
ik54n54 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
20.6K Anggota • 637.5K Threads
Ustaz Derry Sulaiman bela Oki Setiana Dewi : Dalam Islam, suami boleh memukul istri
04-02-2022 09:40
Ustaz Derry Sulaiman bela Oki Setiana Dewi : Dalam Islam, suami boleh memukul istri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 09:43


Gile bener2 yaemoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 10:39
Tau arti nusyuz? Gw mau lurusin aja, yg dimaksud nusyuznya itu wanita yg gak menuruti suaminya, suami yg bagaimana yg harus dituruti. Suami yg sudah menafkahi, melindungi serta membimbing si wanita baik secara hukum maupun agama. Klo suami nyuruh hal yg dah sesuai agama tapi gak nurut, boleh dipukul tapi jgn sampe meninggalkan bekas luka

Arti ayatnya kurang lengkap
3
profile picture
04-02-2022 10:50
@saoyuan

cari pembenaran terus gan
definisi baik itu apa ?


mirip dgn aksi jihad atau teror,
dicari2 pembenaran dgn alasan untuk kebaikan,
untuk menegakan agama allah, memerangi kesyirikan, melawan kebatahilan dan kemungkaran


ciri khas agama kebencian adalah selalu mencari2 pembenaran kebidaban agama mereka, seakan2 demi untuk kebaikan

untuk mengukur benar atau salah suatu perbuatan, bukan dicari2 pembenarannya untuk pelaku

tapi pikir, bagaimana kalau sebaliknya ente yg jadi korban, bukan pelaku

istri yg berhak memukul ente, karena menurut istri untuk kebaikan ?
4
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 10:59
@popokvider

Aksi jihad dan teror jelas salah. Di mata Allah pun gak masuk jihad itu. Dlm al Quran pun gak bakal ada pembenaran buat ngelakuin hal kaya gitu. Itu cuma permainan kata-kata yg ngaku ulama aja buat pembenaran aksi jihad dan teror.

Dlm hal KDRT, di hadits jelas Rasulullah melarang hal itu. Dlm al Quran surat an nisa ayat 34, jika istri tidak menuruti suami, Boleh dipukul.

Hanya saja surat an nisa ayat 34 tidak menjelaskan secara rinci perintah seperti apa yg dimana istri boleh dipukul. Cuma secara garis besar tidak menuruti artinya boleh dipukul
1
profile picture
04-02-2022 11:02
@saoyuan

definisi jikad teror, benar salah menurut siapa ?
menurut ente atau ulama ?

ulama saat ini atau ulama jaman nabi ?

tidak usah puter mencari pembenaran untuk setiap aksi kejahatan,

intinya, apa ente mau dipelakukan sebaliknya ?
2
profile picture
kaskus maniac
04-02-2022 11:03
@saoyuan gw malah khawatir dengan kalimat "yang kalian khawatirkan"

bukankah itu sangat subjektif, alias belum kejadian?
Apakah mata suami melebihi mata Allah, yang lebih tahu pertaubatan seorang istri
2
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 11:09
@popokvider
Definisi jihad teror gak ada dlm al Quran maupun hadits. Jadi pikir aja sendiri tuh ulama2 mikir jihad teror ajaran sapa. Harusnya klo gak ada dlm al Quran dan hadits menurut ajaran islam, bisa mikir dong itu idenya sapa.

Jaman dl saat Indonesia blm merdeka juga pke kata jihad buat melegitimasi perjuangan bangsa Indonesia. Apa itu artinya para pahlawan kita jaman dl itu salah?

@loekirasiapa
Bnr subyektif. Klo gak punya ilmu bakal seenak jidat buat ngartiinnya
1
profile picture
kaskus maniac
04-02-2022 11:23
@saoyuan walau ditafsir dengan ilmu tinggi pun tidak terlepas dari definisi subjektif tsb

memukul dengan dasar tidak mau menuruti suami, padahal baru dikhawatirkan (akan) terjadi dlm imajinasi suami, misal parno & posesif, apakah itu wajar?
3
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 11:30
@loekirasiapa

Gak wajar, makanya penafsiran yg subyektif kaya gini biasanya ada penjelasannya di ayat lain maupun di hadits.

Hanya saja dlm islam yg gw pelajari, KDRT gak dibenarkan dlm islam apapun alasannya. Klo pun suami mau pukul. Harus jelas dl apa kesalahan istrinya, dan dlm al Quran maupun hadits dibolehkan buat dipukul atau gak. Krn memukul istri itu pilihan terakhir jika menggunakan argumen istri tetap tidak menuruti kata-kata suami
2
profile picture
kaskus addict
04-02-2022 12:42
kebanyakan hanya memahami Quran secara kontekstual saja, tidak memahami arti yg terkandung didalamnya, masih banyak pemahaman islam yang dangkal... ayo gan perbanyak belajar lebih baik....

Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballignaa ramadhona....
2
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 15:39
@saoyuan yakin loe apa cuman taqqiya doang. emoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 16:17
@slider88
Cuma meluruskan, pada dasarnya umat islam di Indonesia byk yg gak ngerti al Quran, cuma bisa baca tanpa mengerti artinya, meskipun dah ada terjemahan pun rata2 cuma sampe arti ayatnya tanpa nyari makna dri ayat tersebut.

Contohnya ya an nisa ayat 34 ini, klo cuma dibaca artinya tanpa tau ayat sebelum dan sesudahnya, dan juga hadits mengenai hal ini. Umat islam bakal menelan mentah2 ayat ini.
1
profile picture
newbie
04-02-2022 17:04
@saoyuan

pada dasarnya umat islam dinegara arab memang membenarkan memukul istri2nya,
padahal bahasa arab adalah bahasa ibu mereka

justru umat islam negara ini yg terus menutupi aib islam dgn alasan ayat2 tsbt butuh penafsiran,
bahkan untuk ayat2 yg sudah tertulis jelas arti kalimat2nya emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus geek
04-02-2022 18:50
@saoyuan lah emangnya gimana ayat sebelum Dan sesudahnya kenapa muter muter Kalau tahu.
2
profile picture
kaskus addict
04-02-2022 19:03
@adsbut Ane dapat dengar khutbah jumat barusan ada penceramah bilang katanya walaupun kita mendalami ilmu dunia sampai sekolah luar negeri termasuk kita mempelajari bahasa asing akan tetapi kita harus mempelajari bahasa arab dan ilmu agama jadi barusan ane dapat loh
1
profile picture
kaskus addict
04-02-2022 19:41
Lagi lagi larinya ke tafsir.
Kenapa harus ditafsir?
Apa karena maksud yang terkandung di suatu ayat tidak begitu jelas, sehingga dicari cari kecocokannya supaya sesuai dengan pendapat mayoritas?
Atau karena sudah sangat jelas maksudnya, namun karena bertentangan dengan pendapat mayoritas, sehingga "dibelokkan" agar sesuai dengan apa yang diinginkan mayoritas?
Bukankah tuhannya sendiri sudah mengklaim bahwa kitab tersebut sudah sangat jelas dan terang, kenapa masih perlu ditafsir? emoticon-Bingung
1
profile picture
kaskus addict
05-02-2022 15:32
beda2 aliran. makanya ada yang namanya KUHP. ya silahkan aja kalo mengimani boleh pukul istri. tapi ya kan demi kebaikan istri harus rela masuk penjara dong? gt aja sih menurut ane. kalo bener2 mukul untuk kebaikan istri. emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
05-02-2022 23:44
Banyak wanita jadi san9e setelah dipukul/tengkar sama suaminya. Ini masalah insting hewani manusia. Dimana betina pada mamalia lebih suka dengan pejantan yg maskulin.

Makanya preman2/fighter walopun muka gk karuan, gampang dapet cewek cakep. Karena sudah dari sononya cewek suka sama cowok yg "bisa" melakukan kekerasan/kerusakan. Semakin gede tingkat kekerasannya tambah semakin suka.

Tanya aja paikolog2 itu, banyak gk cewek2 cakep yg konseling kena kdrt tp tetep bucin
0
Memuat data ...
1 - 18 dari 18 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia