Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
167
Lapor Hansip
27-01-2022 20:59

Bunga Kecombrang Bisa Bikin Masakan Tambah Sedap


Bunga Kecombrang Bisa Bikin Masakan Tambah Sedap


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya sahabat Kaskus di seluruh Nusantara, semoga kabar baik senantiasa menyertai kita, tetap sehat dan tetap semangat.

Jumpa kembali di Thread saya, apalagi kalau bukan tentang makanan, hehehe.
Agan Sista tahu nggak sih apa itu bunga kecombrang? Bunga kecombrang itu sedap banget kalau buat campuran masakan, seperti megono, urap.
dijadikan sambal juga enak lho.
Kecombrang merupakan sejenis tumbuhan rempah-rempah. Bunga kecombrang yang belum mekar atau masih menguncup ini sering digunakan sebagai tambahan berbagai menu masakan. Makanya sebelum bunga kecombrang mekar sudah langsung dipetik.
Pohonnya sih hampir mirip ya dengan lengkuas, tapi kalau kecombrang lebih tinggi lagi.

Kalau di tempat saya bunga kecombrang biasanya dibuat campuran megono, dengan mengiris halus kemudian dicampurkan pada nangka muda yang sudah dibumbui dan dicacah kecil-kecil siap dikukus bersama bunga kecombrang, aromanya menjadi sedap dan rasanya juga sedap.

Bunga Kecombrang Bisa Bikin Masakan Tambah Sedap


Penampakan nasi megono kecombrang, harganya murah cuma Rp 2000 saja. Bagi pecinta kecombrang, megono tanpa kecombrang terasa ada yang kurang.
Selain buat campuran megono, bisa juga dibuat tumisan, bisa ditambahkan tahu atau tempe atau pun ikan teri.

Bunga Kecombrang Bisa Bikin Masakan Tambah Sedap


Kecombrang juga bisa dibuat sambal, namanya sambal kecombrang. Mudah banget cara membuat sambal kecombrang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal kecombrang adalah sebagai berikut:

2 bunga kecombrang yang masih kuncup
5 buah cabe rawit
1 buah cabe merah
Garam gan gula secukupnya

Cara membuat sambal kecombrang adalah sebagai berikut:

Pertama-tama cuci bersih bunga kecombrang, kemudian iris halus.
Uleg cabe rawit dan cabe merah, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Masukan irisan kecombrang dan uleg kasar. Bisa juga ditambahkan kacang panjang yang muda, iris halus juga.
Makan dengan nasi hangat, dengan menu tambahan ikan bakar, ayam goreng atau pun ikan asin, wah terasa sedapnya. Mudah bukan cara membuatnya? Mudah dong nggak pakai lama apalagi ribet.
Selain bisa buat masakan, ternyata batang kecombrang juga bisa digunakan untuk menurunkan demam, caranya di bakar kemudian diambil airnya tambahkan madu, kemudian diminum.

Bagaimana Agan Sista semuanya, pernah makan dengan menu bunga kecombrang? Kalau belum bisa dicoba deh, menu makanan ndeso yang satu ini.
Okey deh Agan Sista semuanya sampai di sini dulu Thread saya kali ini, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta.


Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri dan
FB Kyka Wijayanti



profile-picture
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
2.2K Anggota • 6.9K Threads
Bunga Kecombrang Bisa Bikin Masakan Tambah Sedap
27-01-2022 23:31
di kampung halaman ane disebut "kincong atau kencong". biasanya dicampur dengan masakan gulai daun singkong atau daun singkong tumbuk.

wangi benar.....menggugah selera.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
saintlonginus dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
29-01-2022 12:43
kalau udah jadi buah jadi asam kencong, buat gulai kuning ikan mas luarbiasa rasanya. kalau batang nya biasa dibakar trus diperas airnya buat obat batuk
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia