Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
105
Lapor Hansip
25-01-2022 16:09

ALASAN DIBALIK KENAPA DRAGON BALL MENJADI SERIAL FAVORIT SEPANJANG MASA

Quote:ALASAN DIBALIK KENAPA DRAGON BALL MENJADI SERIAL FAVORIT SEPANJANG MASA
Sumber Ilustrasi:
 
https://c4.wallpaperflare.com/wallpaper/332/165/260/dragon-ball-dragon-ball-super-goku-ultra-instinct-dragon-ball-hd-wallpaper-preview.jpg



Dragon Balladalah Manga dan Anime hasil karya dari Akira Toriyama yang pertama kali dirilis pada tahun 1984. Dan pada dua tahun setelahnya diadaptasi dalam bentuk anime, yaitu pada 1986. Plot dari Dragon Ball bercerita tentang petualangan Son Goku bersama teman-temannya didalam mencari tujuh bola naga yang dapat mengabulkan segala permintaan.



Dan sejak pertama kali manga nya dirilis sampai hampir empat dekade (1984-2022), serial ini masih diminati oleh banyak orang. Dan hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya judul game, serial TV, merchandise, ataupun film layar lebar yang merupakan adaptasi dari karya Akira Toriyama yang sangat luar biasa ini.

Dragon Ball Stuff


Dan berikut 3 alasan kenapa Dragon Ball menjadi serial sepanjang masa, berdasarkan pendapat pribadi ane.


1.TERNINSPIRASI DARI BERBAGAI FILM TERKENAL

Sebagai sebuah manga dan anime yang dikenal oleh seluruh masyarakat dunia, keberadaan Dragon Ball pada awalnya terinspirasi dari berbagai film/serial ternamayang sudah ada sebelum Dragon Ball dibuat. Dan itu yang menyebabkan serial Dragon Ball jadi mudah diterima oleh banyak orang.

Sebagai contoh, petualangan pertama Son Goku didalam mengumpulkan tujuh bola naga  ketika dia masih kecil. Cerita itu sebenarnya merupakan adaptasi dari kisah dan film yang berasal dari China yaitu, Journey To The West. Yang dimana kisah itu menceritakan seorang biksu yang ditemani oleh seekor siluman kera (Sun Wukong) dan teman-temannya dialam mengambil kitab suci di barat.

Journey To The West




Son Goku Bocil



Beranjak Son Goku dewasa alur cerita atu main plot yang ada pada Dragon Ball juga ikut berubah, bisa dilihat dari chapter Saiyan Saga yang ternspirasi dari superhero ternama, yaitu Superman. Yang dimana pada chapter itu menceritakan asal usul Son Goku yang ternyata bukan manusia bumi, namun seorang makhluk yang memiliki kekuatan luar biasa dan berasal dari planet Vegeta. Sama seperti superman yang ternyata bukan manusia bumi, tapi seorang alien yang berasal dari planet kripton

Dan hal tersebut semakin diperjelas dengan adanya chapter lanjutan dari Saiyan Saga, yaitu Namek Saga. Di akhir chapter Namek Saga, Son Goku menghadapi Freeza musuh yang sangat kuat, dan mengubah wujudnya menjadi manusia super bernama Super Saiyan.

Manusia Super



Sama halnya dengan chapter lanjutan setelah Son Goku kembali dari planet Namek, yaitu chapter Android Saga, yang pertama kali dirilis pada November 8 1991 (versi manga). Chapter Andorid Saga ini, ternspirasi dari film hollywood ternama yaitu Terminator (1984).
manga


terminator


Plot dari film Terminator bercerita tentang seorang robot pembunuh dan seorang lelaki (Kyle Reese) yang datang dari masa depan dan memiliki tugas untuk mencegah si robot didalam usahanya untuk membunuh karakter utama di dalam film nya (Sarah Connors).

Andorid Saga juga memiliki plot cerita yang sama seperti Terminator. Bercerita tentang seorang bocah yang datang dari masa depan (Trunks), dan memiliki tugas untuk mencegah kematian Son Goku dari tangan Android.

Manusia Robot



2. Memiliki Alur Cerita Yang Simple dan Menghibur

Tidak seperti sebagian judul anime yang memiliki alur cerita yang kompleks dan membuat penontonnya harus berpikir keras untuk mengambil maksud yang ingin disampaikan pada alur ceritanya.

Dragon Ball memimilki alur cerita yang sangat-sangat simpel, tujuan karakter utama dalam serial Dragon Ball sebenarnya hanyalah satu, yaitu berusaha menembus batas agar menjadi yang terkuat di alam semesta. Dan bisa dikatakan plot cerita dari setiap chapter yang ada pada Dragon ball tidak pernah menyajikan alur cerita yang rumit, dan mudah dicerna oleh banyak orang.

Goku



Selain alur cerita yang simpel, Dragon Ball juga sering kali menampilkan adegan yang kocak serta fan service yang menghibur. Dan itu yang membuat serial ini menjadi tetap menarik, meski untuk ditonton berkali-kali. Untuk adegan fan service nya tidak bisa saya sebutkan disini ya agan-agan sekalian emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Vegeta



3. Menyajikan Adegan Pertarungan Yang Memukau

Tidak bisa dipungkiri adegan pertarungan pada serial Dragon Ball dapat membuat penontonnya bengong sekaligus kagum. Bagaimana tidak? Setiap pertarungan yang ada pada Dragon Ball baik itu serial TV ataupun versi movienya sangatlah intens dan epic, apalagi jika kita melihat pertarungan pada akhir chapter dari Namek Saga, Cell Saga, dan Buu Saga.

Yang dimana pada ketiga chapter itu Son Goku harus bertarung mati-matian demi untuk mengalahkan musuh utama yang ada. Dan banyak adegan pertarungan yang ada pada serial  Dragon Ball menampilkan kerusakan yang masssive, seperti area yang hancur berantakan (Piccolo Saga, Saiyan Saga, Andorid Saga, Tournament Of Power Saga), atau sebuah planet dan alam semesta yang meledak dengan seketika (Majin Buu Saga, Revival of F Saga, Zamasu Saga)

Tournament Of Power



Adegan pertarungan yang sangat epic itu menjadikan Dragon Ball selalu disukai oleh banyak orang dalam hampir 4 dekade ini.

Bonus




Sekian pembahasan saya mengenai alasan dibalik kepopuleran Dragon Ball selama hampir empat dekade ini. Menurut agan-agan sendiri bagaimana?? Apa yang menyebabkan serial yang satu ini bisa bertahan selama puluhan tahun??



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Superiorvariant


Quote:Kunjungi juga profile kami untuk thread menarik lainnya


emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah


Diubah oleh superiorvariant
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadhilmuh255511 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
Masuk untuk memberikan balasan
anime--manga-haven
Anime & Manga Haven
0 Anggota • 6K Threads
ALASAN DIBALIK KENAPA DRAGON BALL MENJADI SERIAL FAVORIT SEPANJANG MASA
26-01-2022 15:07
makin kesini ceritanya makin nghayal ketinggian (ya memang dasarnya khayal).
contohnya, waktu dragon ball heroes episode 40, fusion FU dikalahkan sama Goku Blue + Goku dari dunia lain. gabungkan kameha2....
lucu saja....2 goku tanpa UI kok bisa kalahkan Fu....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tom1988 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus holic
29-01-2022 07:15
Dragon ball heroes mah jangan ditonton
0
profile picture
kaskus geek
29-01-2022 08:02
@blokis ada referensi series db yang lain Gan?
0
profile picture
newbie
29-01-2022 09:14
Dragon Ball GT gan, sama tahun ini ada movienya super hero fokus ke gohan dari trailernya sih.
1
profile picture
29-01-2022 10:03
jujur sama gangerti juga alurnya heroes, gatau juga heroes itu canon apa engga
1
profile picture
29-01-2022 11:40
@rifkifanan16 Gak canon gan, cuma buat promo game arcade di Jepun
0
profile picture
kaskuser
29-01-2022 14:37
@rifkifanan16 heroes itu noncanon gan, gue nonton cm karena SS4 keluar lagi disitu. wkwk sisanya skip
0
profile picture
kaskus holic
30-01-2022 17:44
masalahnya author pingin nambahin pundi2 sama ky Kishimoto dng boruto nya..bikin alur cerita yg kadang seperti melanggar hukum alam anime prequelnya.. misal ky masuk mode super saiyan mesti marah dulu dan latihan keras dan terdesak, di sequel malah bisa gak ky gitu, belum terhitung berbagai mode super saiyan dan chara op yg terlalu overwhelming...11 12 sm ky boruto
1
profile picture
kaskus geek
31-01-2022 07:36
@momod.pro.oplas endingnya itu lo benar2 nge prank. beda sekali dengan endingnya waktu goku lawan freeza di planet namek.
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia