Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
39
Lapor Hansip
14-01-2022 00:32

Sejarah dari Kisah - Kisah Hantu Cina Klasik

Quote:

Sejarah dari Kisah - Kisah Hantu Cina Klasik

Buku Anekdot tentang Roh dan Manusia Abadi bertema sejarah. Buku
karya Gan Bao ini menyajikan kisah - kisah tentang hantu zaman Cina klasik. Banyak pesan moral dalam buku ini yang berhubungan dengan penghormatan kepada sesama penduduk semesta.


Sumber Ilustrasi: dokpri.


Mungkin ada penyuka film yang pernah menonton Aiyai: Wrath of Soul. Ceritanya tentang hantu wanita. Film Australia itu katanya berdasarkan kisah nyata.

Di zaman multi perspektif seperti sekarang, hantu bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Ada orang yang percaya hantu. Ada sebagian lain yang tidak percaya hantu. Karena hantu adalah entitas yang tidak bisa dilihat mata semua orang.

Hampir di semua berbagai belahan dunia mengenal hantu. Di negara Cina sendiri, hantu sudah ada sejak tahun 200 Sebelum Masehi. Orang - orang Cina pada waktu itu menceritakan sosok tak kasat mata itu lewat kisah atau cerita untuk penerus mereka.

Kisah - kisah hantu dapat dilacak mulai dari Dinasti Shang. Orang - orang di zaman itu merasa kalau alam diatur hantu dan dewa. Hantu adalah sebutan arwah leluhur yang telah meninggal. Mereka sesekali memberikan tumbal sebagai bentuk pemujaan terhadap hantu. Kalau tidak, hantu akan marah dan menyakiti mereka.

Sedangkan dewa adalah arwah pelindung klan. Dewa memiliki hak untuk memberi penghargaan dan hukuman kepada manusia. Sampai disini, jelas kalau antara hantu dan dewa memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda.

Pada Dinasti Han, konsep hantu mengalami pendewasaan. Hantu yang awalnya berisi orang jahat yang suka meminta tumbal, kini menjadi satu entitas dengan arwah. Jadi mereka menganggap hantu sama dengan dewa.

Namun tetap saja, dunia hantu dipandang terpisah dari dunia manusia. Hantu bisa mengunjungi manusia bahkan ngobrol dengan mereka. Sebaliknya, orang awam tidak bisa berkunjung ke dunia hantu kecuali dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan dituntun hantu sembari matanya ditutup. Cara kedua lebih bersifat alami yaitu saat seseorang tersesat dan secara tidak sengaja masuk ke dunia mereka.

Dalam buku Lu Chong Menikah di Negeri Kahyangan, seorang pria datang ke sebuah gedung yang tadinya ia sedang berburu rusa. Ia masuk kesana dan menikah dengan keluarga Miss Cui. Namun setelah tiga hari, ia sadar ternyata ia baru keluar bukan dari gedung tadi melainkan dari kuburan.

Menariknya, dunia hantu juga punya hirarki. Seorang keturunan Jiang Ji bekerja kasar disana, dan ia ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik karena sudah tak tahan lagi.

Dalam buku Hu Muban Mengirim Secarik Surat, seorang anak melihat ayahnya bekerja paksa di dunia hantu. Si anak tak tega lalu mengirim sepucuk surat kepada makhluk abadi. Isinya adalah permohonan agar ayahnya dipindah menjadi pegawai setempat.

Pandangan dunia hantu yang mirip dengan dunia nyata itu, dihubungkan penulis - penulis Cina klasik dengan satu tujuan. Lewat kisahnya, mereka menciptakan cerita agar manusia lebih menghormati penduduk semesta.

Penulis - penulis Cina itu melihat ketimpangan di sekitar mereka. Ketertiban sangat rendah. Kaisar - kaisar memperlihatkan kejelekan mereka. Rakyat terbunuh dalam kekacauan perang dan bencana. Seluruh masyarakat terisi dengan kelelahan dan bahaya.

Pada situasi ini, kepercayaan kepada alam gaib menjadi tinggi. Berbagai cerita mengenai arwah - arwah dan supernatural menyebar ke pelosok negeri. Ini dibuktikan dengan kalimat Lao Zi:

"Jika kaisar memerintah dengan etika, para hantu akan berperilaku biasa".

Maksudnya adalah jika negara memerintah dengan hukum dan etika, orang mati akan tenang di alam sana. Tapi kalau negara tidak menggunakan hukum dan etika, maka orang mati tidak tenang. Mereka kembali ke dunia dan akan menghantui orang - orang.

Anjuran untuk tidak sembarangan memandang hewan - hewan juga ada. Beberapa kisah menceritakan kalau hewan - hewan bisa berubah wujud, seperti cerita dari pria bernama Zhao Shou.

Zhao Shou dari prefektur Panyang, memiliki serangga berbisa yang bisa berubah wujud menjadi macam - macam makhluk. Serangga itu bisa berganti rupa menjadi anjing kuning besar. Sebagian menjadi babi dan ular. Hewan - hewan aneh itu mampu menyerang dan membunuh orang - orang.

Yu Dang dari kabupaten Fengcheng pergi berburu di suatu malam. Ia melihat rusa melintas lalu membidiknya. Sehari setelah ia membawa rusa itu pulang, Yu Dang meninggal dunia.

Di prefektur Linchuan, seorang pria menangkap monyet kecil dan mengikatnya di pohon dekat rumahnya. Ibu dari monyet kecil itu membuntuti, dan melihat kepada pria itu dengan tatapan memohon agar anaknya dilepaskan. Namun pria itu justru membunuh monyet kecil dan membuat ibu monyet ikut mati dalam keputusasaan. Tidak sampai enam bulan setelah kejadian itu, keluarga pria yang membunuh monyet meninggal karena terkena wabah penyakit.

Qi Zhang, seorang yang tinggal di Penghuangye, disusupi arwah ular. Ular itu masuk melalui lubang hidung dan melilit kepalanya. Akibatnya Qi Zhang merasa pening dan mendengar suara mengunyah. Selama beberapa tahun Qi Zhang tak pernah menderita sakit, hanya kepalanya terasa agak berat.

Keluarga Liao di prefektur Xing Yang, menyimpan serangga berbisa dan menjadi kaya karenanya. Keturunan keluarga itu menikah dengan seorang wanita, tapi tidak memberitahukan itu. Sampai suatu hari seisi rumah pergi keluar kecuali wanita itu. Ia tidak sengaja menemukan serangga itu dan memberitahu orang -orang saat mereka pulang. Mereka terkejut dan sedih, dan tak berapa lama kemudian seluruh keluarga itu meninggal karena wabah.

Di tahun 2022, bagi orang yang pernah mengalami kejadian supernatural, tentu cerita mistis itu sejalan dengan pengalaman mereka. Sementara orang - orang yang melihat dari sisi pandang yang berbeda, mungkin kisah hantu kesannya tidak se-mistis itu, meski mereka juga tidak menyangkalnya secara mutlak.

Kisah - kisah hantu yang telah ada sejak Sebelum Tahun Masehi tidak pernah hilang. Cerita kuno yang disisipkan pesan untuk tidak berbuat kerusakan akan terus diulang, dengan berbagai variasi bentuk dan nama.

Sumber Referensi:
Buku Anecdotes about Spirits and Immortals oleh Gan Bao
Diubah oleh telah.ditipu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamayoha24314 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk untuk memberikan balasan
sejarah--xenology
Sejarah & Xenology
0 Anggota • 5.6K Threads
Sejarah dari Kisah - Kisah Hantu Cina Klasik
23-01-2022 06:08
Hantu china dulu seingat gua ada vampire yg loncat2 gan, terus ditempet sama kertas yg ada tulisannya emoticon-Ngakak

__________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Mengenal Brainwave Software


Yang diatas cuma sebagian kecil kegunaan dari brainwave.

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia