Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
435
Lapor Hansip
22-01-2022 20:49

Jor-joran Utang Rp 1 M, Wanita Hamil Diteror Debt Collector, Terpaksa Jual Ginjal

Jor-joran Utang Rp 1 M, Wanita Hamil Diteror Debt Collector, Terpaksa Jual Ginjal

Seorang ibu muda yang sedang hamil 7 bulan, warga Mekarjaya, Sukmajaya, Kota Depok, menawarkan ginjalnya untuk dijual guna melunasi utangnya yang mencapai Rp 1 Miliar.

Melvi Monita (23), ibu dari dua anak ini mengaku sudah tidak kuat menghadapi teror dari penagih utang yang silih berganti mendatangi rumahnya.

Melvi dan keluarganya tinggal di rumah sewa yang terletak di Kampung Sugutamu, Mekarjaya, Kota Depok.


Karena tak kuat menghadapi teror, ia dan keluarganya pindah ke rumah orang tuanya yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

Saya berniat jual ginjal saya, daripada saya tertekan. Ada yang marah-marah. Kasihan ke anak juga," sambung Melva, dengan menangis, Jumat (21/1/2022)

Melvi pun menceritakan, bahwa ia telah membuat surat perjanjian dengan para penagih hutang yang berisi perjanjian pelunasan hutang pasca ginjalnya terjual.


"Saya bilang, saya belum ada uang, saya lagi berusaha jual ginjal. Kalau emang ada yang mau langsung hubungin saya," ungkap Melvi.

Melvi menyebut, jumlah utangnya yang mencapai Rp 1 Miliar disebabkan oleh bunga utang yang kian waktu kian membengkak.


Hal itu diperparah usai bisnis sembako miliknya bangkrut.

Saat masih aktif sebagai penjual sembako, ia meminjam uang kepada sejumlah orang untuk membeli 2.200 karton minyak goreng dengan modal Rp400 juta.

Awalnya, bisnis berjalan lancar karena harga minyak sedang murah. Lalu harga merangkak naik dan tiba-tiba anjlok 3 bulan lalu.

Jadi stok banyak gak ada yang beli. Mau gak mau saya harus jual rugi. Lalu dijual, rugi Rp200 juta," jelas Melvi.

Jika dihitung per karton, Melvi membeli satu karton minyak goreng sebesar Rp 230.000.

membayar rumah sewa, cicilan motor, biaya cek kehamilan dan segala kebutuhan rumah tangga lainnya.

Alhasil, demi memenuhi kebutuhan rumah tangga, Melvi terpaksa menjual satu karton minyak goreng seharga Rp 186.000.

"Saya minjam ke sana-sini buat menutupi kerugian ini. Terus saya minjem lagi buat mengganti yang saya pinjam. Jadi gali lubang tutup lubang," jelasnya.

Sementara itu, suami Melvi yang bekerja sebagai karyawan biasa, belum mampu melunasi tumpukkan utang mereka.

"Suami saya gajinya kecil, cukup buat bayar kontrakan, cicilan motor, susu anak, sama pampers," tukas Melvi.

https://palembang.tribunnews.com/amp...sa-jual-ginjal

usaha kok pake duit utang, untung belum datang, yang tukang pinjam sudah menagih..

Jadi jauhi itu kalau yg mau usaha..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihyunwoo dan 47 lainnya memberi reputasi
42
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
0 Anggota β€’ 633.8K Threads
Jor-joran Utang Rp 1 M, Wanita Hamil Diteror Debt Collector, Terpaksa Jual Ginjal
22-01-2022 20:53
Utangnya terlalu besar, harusnya jangan minjem melebihi 100jt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jihyunwoo dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
profile picture
kaskus maniac
22-01-2022 22:46
Harusnya jual otak,jgn jual ginjalπŸ˜„
3
profile picture
kaskus addict
23-01-2022 09:59
Mau 10 jt pun kl minjem di rentenir bisa jd berlipat2 dlm sekejap
5
profile picture
kaskus maniac
23-01-2022 14:12
Ujung-ujungnya minta donasi. Tai kucing
3
profile picture
kaskus geek
23-01-2022 16:43
Harusnya kalau profesional, kalau pinjam uang dalam jumlah besar harusnya ada jaminan yang lebih besar nilainya dari hutang itu apa gitu kek mobil, tanah, rumah emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus maniac
23-01-2022 17:47
@bukan.bomat karna doi kaga ada jaminan makanya pinjam ke rentenir klo ada mending kebank pasti cair tuh
2
profile picture
kaskus addict
23-01-2022 18:50
khan bertahap harusnya, bukan langsung jor joran, kek anak milyarder ajah nih mahmud... jual geprek onlen khan bisa, modal dikit untung bertaham... Ane kira suami doski bankir gan wkwkwk
0
profile picture
kaskus addict
23-01-2022 19:38
Hari gini kalo ga KPR jangan ngutang.. bunganya ga ngotak.
1
profile picture
aktivis kaskus
23-01-2022 23:59
klo itungan bisnis mah utang mah wajar gan
bahkan PO ama distributor aja tempo 7 hari, 14 hari ada yg 30 hari malah

yg jadi masalah itu hitungan si pebisnis nya
klo emg kg yakin barang lansung habis atau numpang lewat yah pesan sesuai kemampuan daya jual dong

salah pemerintah juga ini anjrriit bener berhubung ane juga pedagang , rasanya nyesek gan ada stock minyak lumayan banyak malah baru beli jeda kg sampe 24 jam mlm2 ada berita di tv jam 00.00 harga minyak seliter 14rb
klo mau turunin pake otak dong masa kg ada itungannya
klo di bandar juga turun gpp kita dagang modalnya di barang bukan uang cuma klo barang subsisi terbatas pula tapi gembar gembor seakan harga nasional yah ngeselin
bayangin emak2 mau beli semua pd ngoceh kan capek ladenin terpaksa ane masukin semua barang kg usa jual sekalian klo cuma nanya2

terus salahnya juga pinjem bukan di bank bunganya kg kira2 kg sesuai kemampuan daya jual , malah itungannya gali lobang tutup lobang

makanya jgn anggap remeh dagang resiko besar
pembeli kadang beli suka seenaknya
klo emg gampang dagang n untungnya gede banget padahal duduk doang yah dagang juga lah kan gampang n untung gede banget
aturan pd nyusahin pengusaha sih zaman skrg oalaaaah
3
profile picture
kaskus maniac
24-01-2022 01:46
@mbahqbul ya masa mau ngasih bantuan harus nunggu ente kaya dulu. Gini gan namanya dagang harus jago liat harga pasar masa harga minyak tinggi malah beli stok.

Ane kg suka kerja di suatu perusahaan ya tinggal keluar kg usah pamit kg usah bacot kg usah jelek jelekin kg usah cekcok. Ente pun gitu kalo emang kg suka berdagang ya tinggal tutup.

Ya kalo yolo gagal mati seharusnya, ini ngapain minta sumbangan. Manusia disini maunya untung tapi kg mau nerima resikonya, heran. Kalo kg beruntung sekarang ya tinggal sepuku. Mungkin reinkarnasi selanjutnya lebih beruntung.
0
profile picture
aktivis kaskus
24-01-2022 03:29
@amispelem ente ngaco klo ngomong ini bukan masalah lihat harga pasar
ini variable lain dr pasar kg ada hubungannya ama bubble
bukan masalah bantuannya jg
tp masalah gembar gembornya
klo kg liat pengumumannya jgn ngebacot ngasal, klo bantuan yah silahkan macam taun2 kmrn beras n sarden kg laku its oke
org paham itu bantuan n kg berpikir klo harga nasional turun
klo yg minyak berbeda seakan2 harga nasional turun
itu jelas berbeda pengertiannya seakan sukses menurunkan harga pokok nasional pdhal maah preet bantuan doang n kg seberapa jumlahnya
bantuan mah bantuan aja kg usa bawa2 harga seakan itu harga berlaku untuk nasional
mesti d tegaskan klo yg turun cuma bantuan
klo ibarat beras progam raskin
Jelas ada progamnya dan tujuan dan kg bakal org salah paham atas murahnya harga beras
Nah klo minyak nama programnya apa cok
Program minyak 1 harga seluruh indonesia
Itu arti 1 harga itu apa nasional apa bantuan pdhal jelas2 budget subsidi 7,6T selama 6bulan untuk menutupi selisih harga dan untuk 1 indonesia
Kira2 nutup kg cok , sekali pun kg d sunat sana sini utuh ttp dananya sampe bawah nutup kg cok , yg d subsidi bukan jenis tertentu tp semua sampai yg premium sekali pun macam sunco yg 50rban per 2 liter

Klo masalah naik turun harga ane uda paham kg usa ngajarin uda bbrp generasi, dan sudah ane jelaskan di atas pedagang itu hitungannya barang bukan uang , harga naik turun oke asal barang utuh jgn untung 1rb 2 rb besok2 barang kg kebeli , jual lbh murah 20rb pun oke asal besok kebeli lbh dr barang yg d jual
Jd barang dagangan utuh atau tambahartinya pedagang makan uang lebihnya saja yg d anggap penghasilan
Rugi bagi pedagang itu saat lu jual barang lu tapi lu kg bisa beli lagi tuh barang

Klo bela pemerintah jgn keterlaluan membabi buta tanpa pengetahuan , seakan ente pengangguran yg kerja dr membela dan dapat uang dr membela
Pake logika dikit n pahami kata2 org
Sudah d jelaskan d atas kg demen ane ama org yg salah sangka berpikir harga nasional sudah d serentakkan
Lu bayangin brp byk org yg ntah salah paham atau d bodohi gara2 bantuan ini n brp byk penjual capek jelasinnya
Klo asal ngebacot kan keliatan bodohnya
Klo ampe ane jelasin panjang lebar masih kg ngarti fix jelas otak lu ada kelainan atau mungkin emang ente hidup dr membela orang

Kerja nyata makanya jgn kerja macam beginian rugi sekolah tinggi2 n masa depan pun kg jelas
Dah banyak skrg d kaskus macam2 begini comment yg isinya oaalaaaah paham laah ane mah
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2022 04:13
@mbahqbul ya harga lagi tinggi ngapain beli banyak? yg mau jual ginjal itu beli di harga tinggi dia beli 230 per karton harga normal aja sekitar 150-180 gitu aja kg ngerti ente. Kalo itu mah salah masyarakat dan media lah yg males baca dan berpikir, kenapa malah nyalahin pemerintah gan? Padahal apa susahnya ngasih tau pelanggan toh itung itung interaksi juga. Serame apa sih sampe kg mau berinteraksi sama pelanggan?

lagian harga beda 1-2 ribu dari harga normal kok tengkulak satu ini rusuh. yg salah masyarakat dan media yg kena pemerintah. Yg gembor gemborin media yg kena pemerintah. Dikasih subsidi salah kg di subsidi salah juga padahal sembako memang pasti di stabilkan harganya dimanapun, ente tau harganya udah tinggi ya pasti ada stabilisasi harga lah. Logika dasar aja kg paham harga sembako itu pasti di stabilkan tapi gaya ngerti pasar hahahaha.

Nih ane perjelas yg blow up itu media bukan pemerintah. Pemerintah itu yg buat kebijakan. Ente kesel sama hal yg diluar kendali pemerintah tapi nyalahin pemerintah rofl. Dikira mau nyerang pemerintah karena kebijakannya taunya salah target. Duh duh duh
0
profile picture
aktivis kaskus
24-01-2022 04:21
@amispelem jelas kebodohan mu
emg iya yg menyiarkan media tapi isi pidatonya yg jd masalah intinya ane tanya sekali lagi sudah ane pertegas td uda ente tonton belom ?
Ane yakin belom fix pengganguran tak paham apa pun bisa memaksakan pendapat

N perlu di inget ente menerka2 ane menimbun bisa2nya nyebut ane tengkulak
d mana ane menyebutkan klo ane menimbun barang ane cuma bil ane ada stock n baru beli lagi stock jdnya skrg brg lumayan banyak baca lumayan bukan puluhan dus apa lagi 1 gudang
Jd bukan nimbun pikiran ente uda negatif makanya kerja jgn ngayal
Dan untuk info buat ente klo belom pernah dagang lawan emak2 jgn sok tau beda bersosialisasi dengan berdebat
Klo pengangguran isi otaknya dikit2 julit dikit2 julit
Klo orang dagang masa stock 2 3 biji tolol amat , minimal jg 2-5 dus
Klo 2 3 biji itu dapur goblok
Ke dapur sekarang periksa minyak mamak kau se minimal2 nya jg 2-3liter malah bisa2 ada 3 bungkus 2 liter
Makanya jd anak peka dikit jgn mentang2 beban keluarga kg mau tau urusan dapur , jgn nyusahin orang tua sadar nak hidup itu kg bisa semau gue

Untuk harga nh anak mami ane kasih paham harga normal kmrn 1 liter kisaran 20-22rb skrg jd 14rb itu buka 1rb 2 rb kok goblok amat kg bisa ngitung itu baru harga pasar tradisonal belom harga swalayan ama mall bisa 21-25 perliter cek makanya ceeek katanya modern uda canggih pinter preeet ceek jgn koar2 doang
Jgn sepelein hal yg kg ada kaitannya ama lu gegara hidup lu masih beban orang tua ama org yg usaha untuk hidup mandiri jelas beda pandangannya klo lu anggep itu murah knp kg lu bantu2 org yg membutuhkan subsidiin lah murah ini , omgan tanpa bukti tai bisa2nya ngajarin org
Mandiri makanya biar lu tau 1rb 2 rb itu berharga

Bodoh di pelihara kambing noh di pelihara biar gemuk
Bisa berargumen tp tak mau mencari tau ciri khas manusia gagal tak paham dunia tak ada pergaulan ujung2nya pengangguran beban orang tua
Uda ke baca ente mah
1
profile picture
kaskus maniac
24-01-2022 05:03
@mbahqbul kalo di pertegas malah ane yg kg terima sebodoh itu ane sampe harus di kasih tau "hanya di tempat tertentu"? Kalo ente butuh ya tidak heran ane juga.

Wkwkwkwk susah jadi orang objektif diserang semua kubu. Nuduh orang enak bener giliran dituduh langsung berkelit wkwkwkwk. ane aja beli 25/26 rb 2 liter berapa hari sebelum subsidi turun. Lagian rugi nyalahin orang ngaco.

Hahaha yg gagal paham ente yg tantrum ente. Ane cuman sebatas objektif sesuai keadaan bukan cari benefit kok dituduh tuduh. Ente yg punya kepentingan ane yg dibilang ngambil keuntungan wkwkwkwk. Trit tentang 1-2 bulan yg lalu jual minyaknya, malah di tubrukin sama subsidi baru turun wkwkwkwk. Iya iya ngangur enak daripada dah bloon, jualan rugi pula apa keahlian ente wkwkwkwkwk. bikin rugi? Ngutang kg bayar?

Seperti ane bilang kalo tidak mujur boleh sepuku. Mungkin reinkarnasi selanjutnya lebih baik. Bodoh.
0
profile picture
aktivis kaskus
24-01-2022 07:04
@amispelem baca lagi , ane sudah dengar n ntn berita jelas ane paham , yg ane sebut kg paham sape ? Dan ente ajaib bisa tau tanpa menonton pidatonya ajaib lebih sakti dr dukun
Masih bahasa indonesia ini belom bahasa asing jgn bodoh2 amat
Ud d jelaskan ane terima tp yg kg terima sape klo ane jual harga normal
Katanya ngaku beli 25 26rb tp bisa2nya ngm rugi 1rb 2rb kan ketawan nalar lu sejauh apa masa hitung2an dungu amat , jd antara dungu atau jawab semau ente kan
Keterlaluan bebal ente pantes masih jd beban orang tua merasa enak pula oaalaaah
Banyak2in baca n ntn tp yg ada nilai pendidikannya
Supaya kemampuan komunikasi n memahami bahasa ente minimal normal lah jgn d bawah rata2
Lu bukan menjawab sekedar keadaan apa lagi objektif jauh dr kata itu tp ente menjawab semau lu ngotot pdhal jelas dungu n salah kata , itu jelas berbeda karena yg d sautin comment ane dan ane jelasin dan masih pula bodoh mandang nya ntah gmn oaalaaahh
Dan perlu d pertegas ane tidak ad keuntungan dengam protes pemerintah apakah dengan ane protes bakal berubah ? Ane cuma menjelaskan sisi lain sisi gelap dr keputusannya bagaimana keadaan di lapangan yg sebenar2nya
Ente mah anak mami di rumah terus beban keluarga makan tgl makan uang tgl minta ente tau ape ?
Sekali pun pacaran jg oaalaaah bayarin ce pake duit ortu oaaalaaaahh itu jg kalo laku
Ente berBeda , jelas banget kemampuan nalar ente yg kg pernah mencoba mandiri jauuuhh ama anak sma yg baru lulus pun jauuuh
Org tuh abis lulus mikir masuk dunia yg sesungguhnya gmn bukan cuma berharap jd beban keluarga mangap kenyang

Tp yah saran ane sih
Tetaplah hidup walau tak berguna
Itu aje
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2022 08:12
Malah mestinya peras otak dan jangan terlalu gampang pinjam. Bunganya alhasil bengkak kan, apalagi sama pinjol yang nggak sah.
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2022 08:25
@chigo.ji3 ngutang ke bank di RI itu buat menengah bawah sangat sulit ( kcuali PNS), jaminan & syararnya macem2, akhirnya jalan pintas ya ke rentenir
1
profile picture
kaskus maniac
24-01-2022 09:27
@peternakkadrun asal ada jaminan gampang aja tuh
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2022 14:34
@amispelem @mbahqbul dr desember jg udah rame berita pemeirntah bakal nurunin harga minya goreng .masa ada jeda waktu beberapa minggu gk tau sih 😁😁
0
profile picture
newbie
24-01-2022 15:05
@amispelem @mbahqbul @truebluezz namanya juga lg but hurt, salah pemerintah dah. coba harga minyaknya naek, nyengir2 diaemoticon-Wakaka . pedagang mah mana tau teriakan ibu2 dan pedagang gorengan. yg penting cuan yg lain bodo amat. makanya pedagang di indo itu kebanyakan kapitalis aslinya.
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2022 15:27
ibu nya cakep.....emoticon-Big Grin you know what i mean
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 24 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia