cakrawalailmuAvatar border
TS
cakrawalailmu
BELAJAR ASYIK (IPS) ALA GENERASI GEMILANG MURID-MURID SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG
"Setidaknya Belajar Tidaklah Hanya Tersekat Oleh Dinding Kokoh Yang Terkompilasi Pada Infrastruktur. Melainkan Alam dan Ibu Bumi, Kita Dapat Menghayati Apa Arti Pembelajaran"
Rusydi Salahuddin (rsmembumi), 2018

Pancaran rinai permata ialah bagian dari proses kehidupan. Hamparan tanah bersanding dengan pemanis alami atas kuasa dan ciptaan Tuhan YME merupakan komponen asas refleksi hidup yang perlu dinikmati serta dihayati secara ciamik dalam ragam dimensi sudut pandang tiap insan manusia. Analogi tersebut nampak jelas dan sakral dalam menghayati serta menapaki eloknya bumi. Belajar, bermain, eksplorasi potensi diri (bakat), pengembangan kreativitas yang sifatnya dekonstruktif (membangun) sangat penting guna menyeimbangkan antara cara berfikir dan bertindak.
Ā 
Relavansi tersebut acap kali menjadi alternatif dalam dunia pendidikan Indonesia. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang (Sistem Pendidikan Nasional) Sisdiknas, menyebutkan pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana guna menciptakan generasi emas Indonesia yang unggul, berbudi luhur dan pekerti, memupuk rasa nasionalisme, penguatan elemen spiritual dan lainnya yang tentu merujuk pada visi dan misi tujuan pemerintah dalam menciptakan iklim pendidikan yang berintegritas.

Disiplin ilmu-ilmu sosial yang terintegrasi secara komprehensif (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) atau P.IPS yang diajarkan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama, (SMP) dan MTs merupakan alternatif revolusioner agar generasi emas Indonesia dalam hal ini murid-murid SMP Alam Ar-Ridho mampu beradaptasi, menemukan jati diri, memiliki sikap sosial yang baik, humanis, dan bereputasi nasional bahkan internasional saat proses pembelajaran transfer khasanah keilmuan betul-betul tercapai sesuai kebutuhan dan peminatan. Cara pandang masyarakat saat menelaah kajian rumpun ilmu-ilmu sosial yang diajarkan pada sekolah formal, acap kali menjadi "problematika klasikal"Ā yang menjamur bahkan mengarat sampai saat ini. Sebagian masyarakat kita, mengatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial cenderung membosankan karena, satu sisi lebih menekankan pada teknik hafalan semata. Ada yang berpendapat bahwa orang-orang yang berkecimpung dalam ranah sosial tak dapat menyeselaikan permasalahan dibandingkan dengan orang yang menggeluti ilmu eksak macam (matematika, biologi, fisika, kimia, dll).

Namun tidak demikian, belajar IPS dengan mengkolaborasikan ragam model dan metode yang bersifat menyenangkan, inovatif, serta kreatif sesungguhnya pola belajar dan memahami pembelajaran bisa diintegrasikan dengan mengaitkan objek dan tema-tema yang berada di lingkungan masyarakat. Sejatinya tujuan pembelajaran IPS ialah, kelak bersenggama (berinteraksi) pada lingkungan masyarakat murid-murid mampu memecahkan masalah baik masalah pribadi dan masalah sosial dengan bijak dan cerdas. Selanjutnya, bekal hidup yang sangat luar biasa, anak didik perlu dibekali dengan knowledge, skill, attitude and value, bahkan harus dibekali dengan tindakan (action).

Sumber: Potret Pribadi
Aktivitas Proyek Bisnis Murid SMP Alam Ar-Ridho, Kota Semarang Dalam Kerangka Eksplorasi Bakat Pada Bingkai Lifeskill Dan Kesiapan Kemampuan Sosial
Sumber: Potret Pribadi
Aktivitas Bisnis Murid SMP Alam Ar-Ridho, Kota Semarang Dalam Kerangka Eksplorasi Bakat Pada Bingkai Lifeskill Dan Kesiapan Kemampuan Sosial

Melalui menulis cerita pendek, menulis puisi, berdiri di pinggir hamparan sawah yang sungguh luar biasa indah sembari mengamati petani yang dengan estetiknya memerankan keaktorannya untuk menciptakan dan memenuhi hajat masyarakat kita dengan menanam padi, melihat penjual jamu gendong, mengamati tukang becak yang penuh semangat dalam mengayuh roda becaknya, menikmati (eksplorasi) alam "Ibu Bumi" tanpa harus merusak (vandalisme), mencari keuntungan tanpa batas dan tentunya merugikan seluruh elemen kehidupan, tentunya masih banyak lagi hal unik dalam memahami "Ibu Bumi" (social studies). Menyenangkan bukan? Proses memahami pembelajaran IPS melalui alternatif macam uraian pada redaksi sebelumnya jika diimplementasikan secara utuh dan sakral capaian dan indikator pembelajaran diyakini mampu mencetak generasi emas yang ciamik, bermanfaat, dan bermoral.
Salam!

Rusydi Salahuddin
Jumat, 14 Januari 2022 I 11:41 WIB
Diubah oleh cakrawalailmu 14-01-2022 11:26
bukhorigan
rsmembumi
arsipojan
arsipojan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
924
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.5KThreadā€¢41.6KAnggota
Tampilkan semua post
rsmembumiAvatar border
rsmembumi
#1
Luar biasa. Lanjutkan semoga bermanfaat dan menginspirasi khususnya dalam mengoptimalkan pembelajaran yang menyenangkan dan tentu tidak membosankan saat belajar IPS. Semangat šŸ‘šŸ‘šŸ‘
cakrawalailmu
arsipojan
arsipojan dan cakrawalailmu memberi reputasi
2
Tutup
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.