Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
98
Lapor Hansip
06-12-2021 04:32

Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?

Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?
Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?

Kalau seandainya kita ditanya negara-negara di benua apakah yang paling miskin, mungkin sebagian besar dari kita langsung menjawab benua afrika. Ya nggak heran sih banyak berita-berita buruk yang sering keluar dari benua ini. Mulai dari kemunculan berbagai penyakit, praktek KKN, berbagai perang saudara yang gak ada habisnya, berita berdarah dan berbagai masalah serem lainnya. Terlepas dari berbagai masalah yang menghantuinya benua afrika, sebenarnya mempunyai kandungan berbagai kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Mulai dari aneka tambang, uranium,minyak, emas, perak, embaga dan berbagai hal lainnya.

Di satu sisi Afrika ini memiliki kekayaan yang sangat melimpah, namun disisi lain Mereka dipenuhi berbagai masalah yang membuatnya sulit menjadi negara maju. Kayak kata pepatah "tikus mati dilumbung padi". Apa sih yang membuat negara-negara di benua afrika yang sebenarnya sangat kaya dan sangat lama majunya? Apakah semua berita buruk yang disebutkan sebenarnya bersumber dari sejarah benua afrika?

Quote:Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?


Sebenarnya benua afrika sangat terkenal dengan kekayaan dan keeksotisan. Namun dibalik keindahan itu ada berbagai kisah tragis yang membuatnya tetap terbelakang. Afrika tidak bisa dilepaskan dari berbagai masalah yang sedikit mempengaruhi kualitas sumber daya. Salah satunya yaitu kualitas sumber daya manusia. Masyarakat afrika umumnya kurang memiliki pengetahuan dan penguasaan iptek, untuk mengolah kekayaan sumber daya alam negaranya sendiri. Yang tujuannya untuk agar mencapai kemakmuran.

Salah satu gejala masalah ini bisa dilihat dari jumlah anak yang pernah mengenyam pendidikan. Nilainya sangat rendah karena tingginya angka kemiskinan dari rakyatnya. Hal ini mempengaruhi tingkat literasi yang sangat rendah. Jangankan pendidikan, untuk urusan kebutuhan primer seperti pangan keluarga-keluarga afrika masih banyak yang kesulitan. Yang mengejutkan lagi adalah jika kita memakai mesin waktu, sebenarnya ada masa-masa dimana masyarakat afrika dipimpin oleh sebuah kerajaan yang makmur.

Afrika mulai dari zaman kerajaan Mesir kuno yang terkenal akan kemajuan di berbagai bidang. Bahkan mereka dapat membangun piramid kan? Ada juga yang karta kuno di masa kejayaannya, wilayahnya membentang sampai ke spanyol dan sebagian mediterania yang terkenal dengan kekayaan dan kekuatannya. Sampai-sampai menjadi rival dari republik romawi. Bukankah 2 peradaban kuno itu menunjukkan bahwa dalam sejarah afrika pernah menjadi bangsa yang maju?
Bahkan sangat maju dibandingkan peradaban kuno di tempat lain lho.

Quote:Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?


Memasuki abad pertengahan kejayaan Afrika juga masih belum hilang. Yakni kerajaan zimbabwe merupakan pusat kekuasaan dan perdagangan di afrika tengah. Terdapat juga kekaisaran song hai yang adalah pengelola dan pengontrol perdagangan sahara. Tapi yang paling terkenal dari semuanya adalah kerajaan mali yang mana terdapat universitas sankore yang didalamnya terdapat sebuah perpustakaan dengan koleksi kurang lebih 700.000 manuskrip. Mansa musa yang sering disebut sebagai salah satu orang terkaya dalam sejarah berasal dari wilayah tersebut lho.

Gak heran kalau tokoh 'black panther' dan wakanda sering disebut sebagai garis khayalan dari penguasa mansa musa dan kerajaan mali. Wow superhero yang terinspirasi dari afrika gan. Meskipun faktanya kini gak gitu, afrika dulu adalah salah satu peradaban yang cukup maju. Akan tetapi kolonialisme bangsa eropa lah yang mengubah segalanya. Membuat afrika berubah menjadi benua yang terbelakang. Sebagian dari peneliti percaya bahwa kebijakan kolonial yang diterapkan di afrika menjadi cikal bakal keterlambatan pembangunan afrika modern.

Kolonialisme melukai kebanggaan, harga diri dan kepercayaan rakyat afrika yang membuat masyarakatnya merasa lebih rendah dibandingkan bangsa kulit putih. Efek secara psikologis lebih mengerikan daripada efek yang ditimbulkan secara fisik gan. Dominasi dan sekuritas asing meninggalkan bekas dan menciptakan penghalang tak terlihat untuk perkembangan pertumbuhan dan inovasi afrika.

Quote:Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?


Namun tak sedikit juga peneliti yang percaya bahwa efek dari kolonialisme sebenarnya tidak terlalu signifikan. Tergantung dari negara penjajahnya, misalnya bekas koloni inggris yang biasanya memiliki kondisi yang lebih baik dibandingkan koloni prancis. Beberapa berpendapat bahwa kemiskinan yang menimpa afrika sebenarnya telah terjadi jauh lebih awal sebelum era kolonialisme. Dalam buku guns germs and steel terdapat sebuah pendapat bahwa afrika selalu dalam keadaan miskin. Hal ini diakibatkan sejumlah faktor ekologis yang sedikit banyak berpengaruh dalam perkembangan sejarah.

Tapi bukan hal yang tidak mungkin kalau beberapa tahun ke depan, afrika akan bangkit dengan ke khasnya sendiri dan jadi negara paling maju seperti wakanda. Gimana pandangan ente sekalian gan sis?

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial ya gan. Emang paling enak jadi tanaman kaktus aja ya gan biar gak ketemu kayak ginian di dunia per-acting-an wkwk. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v3ah1307 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
0 Anggota • 907.6K Threads
Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?
06-12-2021 11:40
Yah sebenernya kerajaan2 afrika yang kaya raya itu punya penyakit yang sama kerajaan pada umumnya, yakni perpecahan antara ahli waris/ anak-anaknya dan perpecahan antar suku di dalam kerajaan. Hal ini dijangkiti oleh seluruh jenis kerajaan dari tsar russia, monarki inggris sampai kerajaan majapahit. Jadi makanya ada yang bilang keunggulan sistem demokrasi yaitu untuk mencegah perpecahan yang dialami kerajaan2 dahulu, tapi itu juga masih sering diperdebatkan sekarang toh perpecahan di negara demokrasi juga ada...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus maniac
06-12-2021 14:36


tpi kenapa kerajaan2 di eropa bisa bangkit dari bobroknya sistem monarki, sementara kerajaan2 di asia/afrika nggak gitu?
2
profile picture
kaskus addict
07-12-2021 09:53
@amatir91 Jawaban simpel nya karena konflik, semakin banyak konflik maka semakin banyaj inovasi yang diciptakan manusia, walaupun etika dan moral sering bertentangan dengan inovasi tersebut.

Kerajaan Asia dan afrika bukan berarti tidak ada konflik tapi dibanding eropa yang intensitas konflik nya kesana kemari seperti contoh: dengan bangsa barbar nordic-jermanik, dengan musllim, dengan nomadic-streppe tribe spt mongol, dengan kerajaan2 di benua asia-afrika-amerika selatan, dengan bangsa2 pribumi di wilayah jajahan di jaman renaisans & kolonial, perang dunia I & II, perang dingin sampai perang di timteng.

Jadi asal muasal inovasi sering ditemukan ketika konflik bergejolak, namun yang jadi perdebatan apakah konflik2 tersebut worth it sampai menyebabkan gejolak pertentangan, perpecahan, tensi rasial, sampai perubahan iklim sekarang?
4
profile picture
kaskus addict
08-12-2021 15:40
Setuju ane gan. bisanya negara2 yg kaya akan sumber daya alamnya menjadi negara yg tertinggal, karena dari awal mereka sudah tercukupi jadi terkesan males.
2
profile picture
kaskus addict
08-12-2021 16:07
@dadonboyz1 Daripada malas mungkin lebih tepat kalau istilah nya stagnant. Kagak ada yg males gan kalau skala nya negara yang ada enggan/tidak mau menerima hal baru/kemajuan teknologi.... tapi itu juga sudah hal biasa, makanya ada rivalitas antara progresif vs konservatif. Toh negara maju seperti Amerika sekarang saja tetep ada kok progresif vs konservatif.
3
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia