Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
98
Lapor Hansip
06-12-2021 04:32

Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?

Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?
Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?

Kalau seandainya kita ditanya negara-negara di benua apakah yang paling miskin, mungkin sebagian besar dari kita langsung menjawab benua afrika. Ya nggak heran sih banyak berita-berita buruk yang sering keluar dari benua ini. Mulai dari kemunculan berbagai penyakit, praktek KKN, berbagai perang saudara yang gak ada habisnya, berita berdarah dan berbagai masalah serem lainnya. Terlepas dari berbagai masalah yang menghantuinya benua afrika, sebenarnya mempunyai kandungan berbagai kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Mulai dari aneka tambang, uranium,minyak, emas, perak, embaga dan berbagai hal lainnya.

Di satu sisi Afrika ini memiliki kekayaan yang sangat melimpah, namun disisi lain Mereka dipenuhi berbagai masalah yang membuatnya sulit menjadi negara maju. Kayak kata pepatah "tikus mati dilumbung padi". Apa sih yang membuat negara-negara di benua afrika yang sebenarnya sangat kaya dan sangat lama majunya? Apakah semua berita buruk yang disebutkan sebenarnya bersumber dari sejarah benua afrika?

Quote:Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?


Sebenarnya benua afrika sangat terkenal dengan kekayaan dan keeksotisan. Namun dibalik keindahan itu ada berbagai kisah tragis yang membuatnya tetap terbelakang. Afrika tidak bisa dilepaskan dari berbagai masalah yang sedikit mempengaruhi kualitas sumber daya. Salah satunya yaitu kualitas sumber daya manusia. Masyarakat afrika umumnya kurang memiliki pengetahuan dan penguasaan iptek, untuk mengolah kekayaan sumber daya alam negaranya sendiri. Yang tujuannya untuk agar mencapai kemakmuran.

Salah satu gejala masalah ini bisa dilihat dari jumlah anak yang pernah mengenyam pendidikan. Nilainya sangat rendah karena tingginya angka kemiskinan dari rakyatnya. Hal ini mempengaruhi tingkat literasi yang sangat rendah. Jangankan pendidikan, untuk urusan kebutuhan primer seperti pangan keluarga-keluarga afrika masih banyak yang kesulitan. Yang mengejutkan lagi adalah jika kita memakai mesin waktu, sebenarnya ada masa-masa dimana masyarakat afrika dipimpin oleh sebuah kerajaan yang makmur.

Afrika mulai dari zaman kerajaan Mesir kuno yang terkenal akan kemajuan di berbagai bidang. Bahkan mereka dapat membangun piramid kan? Ada juga yang karta kuno di masa kejayaannya, wilayahnya membentang sampai ke spanyol dan sebagian mediterania yang terkenal dengan kekayaan dan kekuatannya. Sampai-sampai menjadi rival dari republik romawi. Bukankah 2 peradaban kuno itu menunjukkan bahwa dalam sejarah afrika pernah menjadi bangsa yang maju?
Bahkan sangat maju dibandingkan peradaban kuno di tempat lain lho.

Quote:Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?


Memasuki abad pertengahan kejayaan Afrika juga masih belum hilang. Yakni kerajaan zimbabwe merupakan pusat kekuasaan dan perdagangan di afrika tengah. Terdapat juga kekaisaran song hai yang adalah pengelola dan pengontrol perdagangan sahara. Tapi yang paling terkenal dari semuanya adalah kerajaan mali yang mana terdapat universitas sankore yang didalamnya terdapat sebuah perpustakaan dengan koleksi kurang lebih 700.000 manuskrip. Mansa musa yang sering disebut sebagai salah satu orang terkaya dalam sejarah berasal dari wilayah tersebut lho.

Gak heran kalau tokoh 'black panther' dan wakanda sering disebut sebagai garis khayalan dari penguasa mansa musa dan kerajaan mali. Wow superhero yang terinspirasi dari afrika gan. Meskipun faktanya kini gak gitu, afrika dulu adalah salah satu peradaban yang cukup maju. Akan tetapi kolonialisme bangsa eropa lah yang mengubah segalanya. Membuat afrika berubah menjadi benua yang terbelakang. Sebagian dari peneliti percaya bahwa kebijakan kolonial yang diterapkan di afrika menjadi cikal bakal keterlambatan pembangunan afrika modern.

Kolonialisme melukai kebanggaan, harga diri dan kepercayaan rakyat afrika yang membuat masyarakatnya merasa lebih rendah dibandingkan bangsa kulit putih. Efek secara psikologis lebih mengerikan daripada efek yang ditimbulkan secara fisik gan. Dominasi dan sekuritas asing meninggalkan bekas dan menciptakan penghalang tak terlihat untuk perkembangan pertumbuhan dan inovasi afrika.

Quote:Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?


Namun tak sedikit juga peneliti yang percaya bahwa efek dari kolonialisme sebenarnya tidak terlalu signifikan. Tergantung dari negara penjajahnya, misalnya bekas koloni inggris yang biasanya memiliki kondisi yang lebih baik dibandingkan koloni prancis. Beberapa berpendapat bahwa kemiskinan yang menimpa afrika sebenarnya telah terjadi jauh lebih awal sebelum era kolonialisme. Dalam buku guns germs and steel terdapat sebuah pendapat bahwa afrika selalu dalam keadaan miskin. Hal ini diakibatkan sejumlah faktor ekologis yang sedikit banyak berpengaruh dalam perkembangan sejarah.

Tapi bukan hal yang tidak mungkin kalau beberapa tahun ke depan, afrika akan bangkit dengan ke khasnya sendiri dan jadi negara paling maju seperti wakanda. Gimana pandangan ente sekalian gan sis?

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial ya gan. Emang paling enak jadi tanaman kaktus aja ya gan biar gak ketemu kayak ginian di dunia per-acting-an wkwk. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v3ah1307 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
0 Anggota • 906.1K Threads
Inilah Sejarah Mengapa Benua Afrika Dikenal Miskin dan Terbelakang?
06-12-2021 05:55
Widiw padahal ribuan tahun lalu Afrika punya budaya dan peradaban yang tinggi kan? Kebudayaan sudan, mesir, lembah sungai niger, dll... Tapi kenapa pas jaman kolonialisme semua jadi kayak manusia gua yang liar?
emoticon-Mewek

Kalau bangsa yang peradaban dan teknologinya hancur karena kolonialisme kayaknya suku maya dan suku2 asli di amerika tengah+selatan, waktu dijajah eropa literatur sejarah dan keilmuan bangsa mereka dirusak dan dimusnahkan, hingga akhirnya mereka kehilangan peradaban tinggi (generasi penerus ga punya ilmu dari nenek moyangnya)
emoticon-Mewek

Jangan sampai indonesia kayak begitu ya gan, karena sekarang para kadrun bermaksud menghancurkan warisan peradaban nenek moyang indonesia yang adiluhung dengan melabeli haram/dosa semua kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan warisan leluhur bangsa....
emoticon-Takut

Jangan sampai indonesia jadi negara2 yang berkebudayaan barbar+negara bubar yang perang terus seperti negara2 asal kadrun laknat di timur tengah...
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ledgerr dan 21 lainnya memberi reputasi
18 4
14
profile picture
kaskus geek
06-12-2021 06:49
Wuich.... Agan pasti pemerhati kadrun ye?
1
profile picture
Auto Banned
06-12-2021 07:23
@pulaukapok kadrun itu bahaya laten gan, selevel sama PKI...
4
profile picture
kaskus geek
06-12-2021 07:55
@serapionIeo
Ada markas dan susunan organisasi nya mak?
1
profile picture
Auto Banned
06-12-2021 09:14
@pulaukapok ada HTI dan FPI sudah dibubarkan, nunggu MUI juga dibubarkan... Semoga disegerakan Aamiin ya Rabb
2
profile picture
kaskus geek
06-12-2021 09:20
@serapionIeo apa salahnya MUI mak?


Kl doa jelek biasanya mbalik loh.
2
profile picture
Auto Banned
06-12-2021 10:42
@pulaukapok MUI sarang teroris gan, ente ga lihat berita? doa ane baik gan ane berdoa supaya teroris dan organisasinya musnah dari bumi Indonesia... Doa yang jelek biasanya diucapkan sama para teroris dan akhirnya berbalik pada mereka, para anjing2 khilafah akhirnya banyak yg mati atau masuk penjara...
emoticon-Takut
2
profile picture
kaskus geek
06-12-2021 10:45
@serapionIeo wah.... Baru tahu kl MUI sarang teroris..
Agan cocok jd intel negara



Kl udah tahu kenapa mdak ditangkap n dibubarkan aja ya sekarang mak?

2
profile picture
Auto Banned
06-12-2021 10:48
@pulaukapok udah ada yang ketangkap bre pengurusnya, ane cuma lihat berita kok... Ya semoga lah segera dibubarkan, tapi memang agak susah karena banyak anjing khilafah di perpolitikan indonesia yang bakal giring isu dan menjadikannya senjata untuk menyerang pemerintah kalau MUI langsung dibubarkan... Kita tunggu aja strategi pak presiden kayak pas beliau hajar HTI dan FPI... Aamiin ya rabb....
1
profile picture
kaskus geek
06-12-2021 10:52
@serapionIeo pengurus yg ketangkep berapa?

Apa lebih de separt dan mereka sebagai pengurus inti/kunci?


Kl cuma 1&2 ndak mewakili wadah temen 2 muslim ini sebagai teroris.



Contohnya,TNI yg mbelot ke OPM/gam juga ada.
Sedikit persentase nya dan tidak menglobal bahwa TNI itu teroris/separatis.

emoticon-Shakehand2
2
profile picture
Auto Banned
06-12-2021 10:56
@pulaukapok lihat berita aja bre, pengurus di daerah juga ada yang intoleran tapi belum sampai ditangkap... Itu wakil ketua MUI juga dari ucapan2nya terindikasi terpapar paham anjing khilafah... Lebih baik dibubarkan saja MUI dan bentuk badan baru langsung di bawah kemetrian agama, daripada pelihara LSM sarang anjing khilafah yang pakai kedok ulama.... Ya ane berdoa yang terbaik untuk bangsa, semoga anjing2 khilafah dan paham islam radikal segera musnah, supaya Indonesia bisa kembali adem gak banyak ulama2 palsu yang memakai isu agama untuk bikin kerusuhan/pembangkangan... Aamii ya rabb...
2
profile picture
kaskus holic
06-12-2021 12:10
Afrika secara budaya juga sama gan dengan Indonesia, mereka juga multikultur yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Makanya rentan politik adu domba, Negara-negara penjajah umumnya memanfaatkan kondisi ini.

Semoga aja rakyat Indonesia semakin sadar akan hal ini. karena bumbu-bumbu konflik akan terus di suplai gan, jika masing-masing golongan sudah merasa paling superior maka konflik tidak dapat terhindarkan.

Beberapa contoh negara yang sudah bubar yaitu Austro-Hungary, Yugoslavia, Uni Soviet....
3
profile picture
kaskus maniac
08-12-2021 13:13
Indonesia bukannya udah hancur bre? Padahal dulu bisa bikin candi nyiptain bahasa sansekerta sampe bikin epos mahabrata
Skrg malah literasinya rendah, banyak sumbu pendek gegara liat di fb sama wag
2
profile picture
kaskus maniac
08-12-2021 13:31
Bukannya indonesia sudah

Korupsi kolusi nepotismenya sumbernya dari kolonialisme
2
profile picture
kaskus addict
08-12-2021 15:59
ngomong opo iki,,, sempak salib juga dari gurun sih..
2
profile picture
Auto Banned
08-12-2021 16:42
@Macancimuncang ya biasa sih kebiasaan kaum2 denial sini. Teriak kodran kadrun lah tuhan sembahannya aja kadrun. emoticon-Leh Uga
2
profile picture
kaskus geek
08-12-2021 16:51
@madjezzt
Indonesia bukannya udah hancur bre? Padahal dulu bisa bikin candi nyiptain bahasa sansekerta sampe bikin epos mahabrata
Skrg malah literasinya rendah, banyak sumbu pendek gegara liat di fb sama wag



Kita punya cansi milenial, cansi Hambalang.
1
profile picture
kaskus maniac
08-12-2021 17:08
Kadrun memang lucknut
2
profile picture
kaskus addict
08-12-2021 21:02
@serapionIeo sepertinya untuk mebubarkan MUI itu sangat susah, sebab label halal aja di MUI pdhal kemenag ada badan HALAL sama BPOM pemerintah. Asal anda tahu saja untuk posisi Eselon 1,2,3,4 di kemenag biar mulus banyak koneksi sama MUI, partai sama ormas, biar ada rekomendasi. Untuk jalur prestasi kyknya jarang". Apalagi perilaku pemerintah yg tambal sulam dalam tatanan pemerintah. Untung saja haji dibawah pengawasan pemerintah, coba klo enggak macem stempel halal.
0
profile picture
Auto Banned
08-12-2021 23:43
@afterimage90 susah kan bukan mustahil...

Semoga diberi kemudahan oleh Tuhan...

Aamiin ya rabb...
emoticon-Nyepi
0
profile picture
kaskus addict
08-12-2021 23:53
@serapionIeo ia cm susah bukan mustahil. Hal ini disebabin mereka saling tergantung. Tp yg paling lucu dan ingat mengenati ketetapan ramdhan dan syawal. Mereka mengakui MUI dan Kemenag tp pas sidang isbat jalan sendiri" walo sudah deal.
Pernah jg kasus mualaf , 2 org kakek cucu ingin jd mualaf jauh" dari medan dilain cerita mualaf wanita jogja di usir keluargnya. Minta bantuan MUI di arahin ke kemenag di kemenag jg bingung, akhirnya dibantu masuk mualaf oleh imam masjid istiqal. Untuk yg perempuan mualafnya diarahkan ke LBH ( stelah diusr identitasnya dimusnahkan oleh keluarganya).
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia