Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
148
Lapor Hansip
01-12-2021 08:43

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya

Sewaktu agan masih kecil pastinya pernah dong mendengar atau membaca cerita rakyat Roro Jonggrang. Nah cerita rakyat ini adalah cerita yang berkembang di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya Picture : liputan6.com

Di cerita tersebut diceritakan bahwa ada seorang raja bernama Bandung Bondowoso yang terpikat dengan kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menikahinya, Roro Jonggrang membuat persyaratan bahwa Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi dalam 1 malam.

Bandung Bondowoso menuruti syarat tersebut dan mulai membangun candi dengan bantuan pasukan jin yang membuat pembangunan candi berlangsung sangat cepat, mengetahui hal tersebut Roro Jonggrang berupaya untuk menggagalkan pembangunan 1000 candi itu. Ia meminta bantuan pada dayang dan perempuan seluruh desa untuk menabuh lesung dan membakar jerami, agar suasananya terlihat seperti pagi hari. Para jin yang mengira bahwa fajar telah tiba membuat para jin pergi dan berhenti membangun candi itu, ternyata candi yang terselesaikan barulah 999, karena mengetahui bahwa semua ini adalah ulah Roro Jonggrang, maka murkalah Bandung Bondowoso yang kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung untuk melengkapi 1000 candi itu.


Namun pada faktanya, ternyata pembangunan candi Prambanan ini tidak ada kaitannya dengan Bandung Bondowoso dan candi Prambanan ini tidak dibangun dalam 1 malam saja. Mulai penasaran ya gan? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

SEJARAH CANDI PRAMBANAN

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya Picture : id.wikipedia.org

Pembangunan candi Prambanan ini diceritakan dalam prasasti Siwagrha, candi ini pertama kali di bangun oleh Rakai Pikatan sekitar tahun 850 Masehi, tujuan pembangunan candi ini adalah untuk memandingi kompleks percandian buddha, yaitu candi borobudur dan candi sewu. Seperti candi pada umumnya, candi Prambanan ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama dalam kepercayaan Hindu, yaitu dewa Brahma, dewa Wisnu dan dewa Siwa.

Sebenarnya nama candi Prambanan ini adalah Siwagrha, diberi nama Prambanan dikarenakan merujuk pada desa tempat candi ini dibangun dan didirikan. Sebenarnya, pembangunan candi Prambanan ini memakan waktu ratusan tahun, pertama kali dimulai oleh Rakai Pikatan, dilanjutkan oleh Raja Lokapala dan kemudian dilanjutkan lagi oleh Raja Balitung Maha Sambu. Tak berhenti di situ saja, candi Prambanan ini terus disempurnakan oleh Raja Raja Medang Mataram lainnya, seperti Raja Daksa dan Raja Tulodng.

ASAL USUL CERITA RAKYAT RORO JONGGRANG

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya Picture : phinemo.com

Pada abad ke 16 terjadilah gempa bumi yang dahsyat, gempa bumi yang terjadi pada abad ke-16 benar-benar telah meruntuhkan Candi Prambanan. Seiring dengan berlajannya waktu, banyak masyarakat dari luar yang mulai tinggal dan bermukim di sekitar reruntuhan candi Prambanan. Penduduk tersebut mulai mengetahui keberadaan candi Prambanan, namun dikarenakan tidak mengetahui sejarah siapa dan bagaimana pembuatannya, mulailah muncul legenda cerita rakyat dengan segala fantasinya yang melibatkan Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Dari sinilah asal usul legenda cerita rakyat Roro Jonggrang, seperti cerita rakyat pada umumnya, cerita ini merupakan cerita fiksi yang berisi dongeng dongeng saja yang disampaikan turun temurun dari mulut ke mulut, namun kita juga tetap harus menghormati cerita rakyat Roro Jonggrang ini, karena merupakan warisan budaya.

Demikianlah pembahasan dari saya, semoga dengan adanya artikel ini, dapat membuat agan agan mengetahui fakta sejarah dari siapa pembuat candi Prambanan dan proses pembuatan candi Prambanan.

Sekian, terima kasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
y.santoz245 dan 42 lainnya memberi reputasi
39
Masuk untuk memberikan balasan
sejarah--xenology
Sejarah & Xenology
0 Anggota • 5.6K Threads
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
Lapor Hansip
05-12-2021 20:47
Balasan post gringsing1
Maksudnya Herman Willem Daendels ya gan? Wkwk
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia